Widget HTML #1

Penyebab Hilangnya Ranking Story di Wattpad

Dua bulan kemarin, aku membuat akun Wattpad sebagai media untuk mempublish novel Zuck Linn yang sebelumnya hanya menjadi tulisan mangkrak di folder handphone. Kenapa aku memilih Wattpad ketimbang Blog atau Fanpage?

Pertama, karya yang ditulis di Wattpad tidak bisa dibajak oleh orang lain. Beda sama Facebook yang kontennya gampang banget disalin terus ditempel di tempat lain, di Wattpad tulisan kita relatif terlindungi. Kalau pun masih ada yang berambisi menjiplak, paling tidak mereka harus mau bersusah ria mengetik ulang.

Sementara kalau blog, asal dipasangi script anti copas, sebenarnya juga aman dari tindak pencurian. Tapi akhirnya aku tetep memilih Wattpad karena alasan yang kedua, sebagai pengangguran yang tidak punya perusahaan penerbitan sendiri, tentu saja Wattpad menjadi tempat yang tepat untuk memajang karya biar dibaca banyak orang. Sebab bisa dibilang, Wattpad adalah sosial medianya para predator buku dan para penggemar nulis kelas militan.

Lebih dari itu, di Wattpad setiap hari buku-buku pada masing-masing genre akan diberi ranking, yang biasanya diupdate pada malam hari antara jam 19.00 - 21.00 WIB. Kebanyakan author di Wattpad termasuk aku, pasti ngarep banget karyanya menempati peringkat di angka sekecil mungkin. Kalau perlu setiap hari selalu masuk 2 besar! Tapi tentu saja itu tidak semudah membalik telapak tangan Hulk. Mengingat begitu banyaknya buku yang beredar, persaingannya amatlah sengit! Novel Zuck Linn sendiri posisi terbagusnya hanya pernah sampai di peringkat 28, kemudian turun naik turun naik turun turun turun terus hingga saat ini berada di 700 besar!

Turun naiknya story ranking di Wattpad dinilai dari banyaknya orang yang membaca, memberi vote serta meninggal komentar dalam satu hari. Jika semakin hari semakin ramai yang membaca, banyak yang voting dan berkomentar, maka hari demi hari peringkat cerita tersebut akan terus naik. Pun sebaliknya, kalau sebuah cerita yang diposting sepi pembaca dan minim respon, dijamin rankingnya tidak akan naik-naik.


Cara melihat Ranking Story kalau via PC cukup klik profil sang penulis, cek di bawah judul buku karyanya. Angka yang diawali tanda pagar itulah peringkat yang dimaksud. Sedangkan kalau lewat ponsel, klik saja menu 'rincian', peringkat buku dalam genre tertentu akan terpampang nyata di sana.

Ranking Story Wattpad


Tapi ada cerita-cerita yang peringkatnya tidak ada. Tidak adanya ranking story ini ada dua macam. Pertama karena memang belum keluar ranking-nya. Bisa jadi karena ceritanya masih baru, masih sedikit yang membaca, sehingga belum terdeteksi oleh Ranking Story Sistem Wattpad. Bisa juga akibat sang author lupa memasukkan genre tulisan. Karena setiap genre cerita memiliki rangking masing-masing.

Yang kedua, peringkatnya sudah pernah ada tapi kemudian lenyap tak terlihat. Kasus seperti ini pernah aku alami sendiri. Ranking Novel Zuck Linn yang sebelum-sebelumnya selalu tampil meyakinkan, tahu-tahu hilang! Tentu saja aku kebingungan dan merasa sangat kehilangan. Sebab waktu itu, Zuck Linn setiap hari selalu mendapat ranking yang bagus, selalu masuk 50 besar walau belum banyak yang baca dan cuma memiliki follower 156 umat. Sementara mayoritas yang masuk 50 besar pada saat itu adalah cerita-cerita yang sudah dibaca ratusan ribu bahkan jutaan kali, karya penulis-penulis yang sudah memiliki ribuan follower.

Maka ketika salah satu sumber kebahagianku bermain Wattpad hilang, aku langsung lemas kelimpungan. Aku coba ubek-ubek seluruh pengaturan di Wattpad, tapi tidak menemukan menu mengembalikan rangking. Googling ke sana kemari juga sama sekali tidak mendapat solusi. Coba bertanya pada langit tua langit tak mendengar. Ingin bertanya kepada rumput yang bergoyang sayangnya rumputnya lagi diem. Mau buat laporan kehilangan ke kepolisian kayaknya juga kurang pantas.

Akhirnya hanya bisa pasrah, membiarkan novel Zuck Linn tak beranking. Tapi di dalam kepasrahan itu aku justru menemukan jawaban atas semuanya. Ternyata biang kerok dari hilangnya ranking ada di pemilihan bahasa di bagian 'edit cerita' yang berubah menjadi English, dari yang sejak awal kupilih Bahasa Indonesia. Tanpa pikir panjang langsung saja aku kembalikan ke Bahasa Indonesia. Beberapa menit kemudian... Jeng! Jeng... Ranking story-nya kembali nongol ganteng! Yess! Senengnya bukan main.

Tapi yang masih sulit untuk aku mengerti, kenapa bahasanya bisa berubah sendiri? Iya benar sebelum peristiwa itu aku memang mengedit beberapa part, tapi beneran pilihan bahasanya tak kuubah sepeserpun. Dan yang paling aneh, hal itu terulang lagi beberapa kali. Setiap habis ngedit, ranking-nya hilang, dan penyebabnya sama, pilihan bahasa berubah sendiri ke English. Entah cuma aku, atau author-author Wattpad lain juga pernah mengalami hal serupa.

Jadi kalau kamu penulis Wattpad berbahasa Indonesia dan mengalami nasib kehilangan ranking, coba masuk ke menu 'Pekerjaan Saya' trus ke klik Judul Buku, setelah berada di halaman 'Edit Info Cerita Anda' periksa bagian pilihan bahasa. Kalau yang tercantum adalah English, kembalikan saja ke bahasa Indonesia, klik SIMPAN, lalu kembali ke profil, dan lihat apa yang terjadi.

Penyebab hilangnya rank story lainnya adalah gara-gara mengubah posisi isi 'daftar isi' atau bagian cerita. Ini juga aku alami sendiri. Kronologinya begini, awalnya novel Zuck Linn tanpa dilengkapi prolog, terus di saat cerita sudah sampai bagian 33, barulah kepikiran membuat prolog. Akhirnya aku tulis prolognya di bagian 34, lalu aku seret ke bagian paling atas di atas bagian 1, karena yang namanya prolog tentu saja berada pada awal cerita.

Pertamanya novelku baik-baik saja, namun pada malam harinya story ranking-nya hilang dari peradaban! Dan baru muncul dua hari kemudian dengan kondisi yang amat mengenaskan. Bayangkan saja, saat menghilang ranking story yang tertera 36, begitu kembali sudah jauh terdegradasi ke posisi 612! Silet mana silet?!!

Maka dari itu, kalau teman-teman author Wattpad tidak ingin mengalami hal serupa, sebaiknya jangan mengubah posisi part atau bagian cerita, mengganti genre cerita, mengedit judul part. Karena hal itu membuat algoritma pada ranking story system Wattpad juga berubah. Kurang lebih seperti itu.

Secara umum sebenarnya penyebab ranking story hilang atau belum ada adalah karena rangkingnya masih berada di atas #1000. Bisa karena ceritanya masih baru sehingga belum banyak yang membaca. Atau bisa juga cerita yang sudah lama tapi tidak pernah diupadate, sehingga jumlah pembaca perharinya menurun.

Novel karyaku yang pernah aku tulis di Wattpad =>> Zuck & Linn

Demikian saja artikel tentang hal-hal yang menyebabkan ranking story di Wattpad hilang. Semoga berguna bagi kemajuan sepakbola tanah air. Salam Bahagia!

34 komentar untuk "Penyebab Hilangnya Ranking Story di Wattpad"

Comment Author Avatar
saya sering baca wattpad. sekali posting fiksi, tapi blm kelar hehe... Akun wattpad-nya udah saya follow ya... pengen baca2 juga :)
Comment Author Avatar
Terima kasih, Mbak. Langsung tak followback. :)
Comment Author Avatar
oo disitu ya di tulisanya zuck lin itu. saya meluncur ah.
Comment Author Avatar
saya malah baru ngerti yang namanya wattpad mas..saya coba daftar dulu deh
Comment Author Avatar
Saya belum buat nih kang akun wattpad soalnya baru tahu gituh, mungkin kalau sudah daftar boleh dicek deh.
Comment Author Avatar
Segera buat sebelum menyesal. :)
Comment Author Avatar
jadi wattpad ini selain untuk menyimpan dokume fiksi juga melindungi pencurian copy paste ya mas..
Comment Author Avatar
Ya secara otomatis apa yang diposting di sana akan tersimpan, kecuali dihapus oleh pemosting atau diblok pihak Wattpad karena melanggar aturan...
Comment Author Avatar
Jadi udah tamat ni episodenya kang?
Comment Author Avatar
Belum. Hanya saja sedang belum sempat melanjutkan...
Comment Author Avatar
kangen ingin ketemu penulisnya, mau minta tanda tangan :)
Comment Author Avatar
Jangankan minta tanda tangan, minta doa restu pun akan aku berikan, Mas.
Comment Author Avatar
Hapeku masih jadul Le.. Cuma bisa rider oraiso ngepot WePe-mu Le... Tapi aku tetap merider mu hingga bahagia ke anak cucu
Comment Author Avatar
Ternyata begitu, wah sepertinya mas udah lama ya akunnya.

Saya juga adamssein nama akunnya dah lama.

Udah ada yang dibukukan dari ceritanya?
Comment Author Avatar
Belum kepikiran membukukan, Mas. Biar saja begitu, gratis untuk siapa saja, hehe..

Belum terlalu lama, pertengahan juli kemarin daftar wattpad..
Comment Author Avatar
baru tau lho ada site yang beginian, wattpad, menampung karya para pengembala bahasa utnuk dinikmati umum tanpa khawatir dibajak oleh orang lain. semagta yakk, saya mau intip dulu ke wattpad
Comment Author Avatar
Nggak usah ngintip, Gan. Langusng masuk aja, pintu terbuka lebar. :)
Comment Author Avatar
Aa...berarti rank wattpad itu sifatnya ngga permanen ya? Bisa kesalip gitu sama cerita baru yg ngga kalah rame?
Comment Author Avatar
Iya. Bisa salip menyalip kayak karapan sapi. :D
Comment Author Avatar
baru tau sy Mas tentang ini....cocok banget buat yg hooby nulis...
Comment Author Avatar
Cocok juga buat yang baca buku-buku fiksi. Di sana ada buanyak cerita fiksi berbagai genre dan bisa dibaca gratis. :)
Comment Author Avatar
Hai mas, kalau sudah pernah ganti genre berapa lama untuk masuk ranking lagi? Saya lihat ada cerita baru yang readersnya masih dikit tapi masuk ranking sedangkan cerita saya nggsk :(
Comment Author Avatar
Asal rajin melanjutkan cerita, kemudian banyak yang baca, pasti karya kamu segera masuk ranking lagi. :)
Comment Author Avatar
Karyaku beberapa hari lalu selalu dapat rank #20 terus setelah aku unpub beberapa bagian tiba-tiba aja rankingnya gk muncul, sampai sekarang. Padahal pemilihan bahasanya tetep sama bhasa Indonesia. Cara mengatasi nya gimana? mohon bantuannya.
Comment Author Avatar
Halo ka, maaf kebetulan cerita wattpad saya juga punya masalah yang sama, tapi pas di cek bahasanya ternyata gaberubah tetep bahasa indonesia, dua hari lalu rankingnya masih ada, tapi sekarang rankingnya tidak kembali, kira2 ada cara lain ga ya??
Comment Author Avatar
Tapi kak, aku ngga pernah merubah apa pun bahkan semua aman seperti pertama kali aku edit cerita kok rankingnya hilang itu knp?
Comment Author Avatar
Kak, aku ada di rank #17
Tapi kok readers aku pada gak bisa liat rank aku ya kak. Tolong di jawab kak, bingung aku
Comment Author Avatar
Tapi kak punya ku itu biasanya part 3 itu udah ada ranknya tapi sekarang udah 8 part belum ada gimana kak

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.