Belajar dari Ditutupnya MyWapBlog

25 November 2016 MyWapBlog tutup! Sebuah kabar yang tentu saja sangat mengagetkan bagi para blogger yang menggunakan platform ini untuk aktivitas ngeblog sehari-hari.

"Aa-pah?!! Tu.. tup?!!" Mungkin begitu reaksi yang timbul saat pertama mengetahui berita itu, lengkap dengan mimik wajah tegang dan mata melotot kayak adegan di sinetron-sinetron TV 21 Inch.

Tapi sepertinya itu berlebihan. Buktinya aku juga punya blog di MyWapBlog tapi aku tidak terkejut. Aku biasa-biasa saja. Tidak ganteng dan juga bukan anak orang kaya. Masalahnya mungkin karena sudah lama tidak aktif di MWB, sehingga aku bisa lebih tegar atas penutupan platform blog yang sudah beroperasi sejak 2008 itu.

MyWapBlog tutup pada 25 November 2016
Blog aku di MyWapBlog

Beda dengan yang dirasakan teman-teman yang aktif menggunakan MWB, mereka pasti kaget dan tidak rela. Terlihat dari reaksi mereka di artikel pengumuman akan berhentinya layanan MyWapBlog yang dibanjiri lebih dari 700 komentar. Ada yang sedih, kecewa, tidak terima, protes, memaki marah-marah, bahkan sekarang kolom komentarnya sudah ditutup demi mencegah kerusuhan yang lebih anarkis.

Awalnya Arvind Gusta, pemilik MWB, menyatakan penutupan itu karena adanya masalah pribadi. Masalah pribadi seperti apa tidak disebutkan secara spesifik. Entah baru putus sama pacarnya atau mungkin sering ditanya 'kapan nikah?' sama penggemarnya, sehingga dia kesal dan tidak mood lagi mengurus MyWapBlog.

Sementara itu di antara blogger sempat timbul gosip kalau penutupan itu karena MWB bangkrut. Ada juga yang mengatakan MWB bermasalah karena penggunanya banyak yang menerbitkan konten yang melanggar hak cipta. Entah mana yang benar.

Tapi kemudian Arvind Gusta mengklarifikasi pernyataannya. Menurutnya, alasan penutupan MWB bukanlah masalah pribadi, tapi keputusan pribadi. Dalam satu tahun terakhir telah terjadi situasi yang benar-benar tidak kenal kompromi, yang menghisap semangat, gairah, motivasi, dan inspirasi, sehingga dengan sangat berat hati beliau memang harus menutup MyWapBlog.com. Padahal bulan November tersebut, MWB tepat berulang tahun yang ke-delapan. Dan di Indonesia sendiri, penggunanya sudah sangat banyak.

Penutupan itu sendiri dilakukan secara berkala:

Tanggal 5 dan 6 Oktober 2016 penutupan pendaftaran blog baru, tapi blog-blog yang sudah terdaftar masih bisa memposting konten.

Tanggal 15 Oktober 2016 disediakan alat migrasi alias pemindahan konten dari MyWapBlog ke platform Blogger atau Wordpress.

Tanggal 25 Oktober 2016 penutupan alat penerbitan konten. Jadi mulai tanggal ini sudah tidak bisa lagi mempublikasikan postingan baru. Mulai tanggal ini juga kolom komentar di MWB ditutup. Hmm... Bakalan tidak lagi kata-kata 'Nais info. Rateback, Bro. Kunbal, Gan. Dan sebagainya' mewarnai hari-hari.

Tanggal 31 Oktober 2016 disediakan alat URL Forwarding. Hal ini supaya nanti ketika ada pembaca mengakses blog MWB, akan teralih ke blog yang baru di Blogger ataupun WP.

Tanggal 15 November 2016 pemberitahuan terakhir bahwa terhitung mulai 25 November 2016 MyWapBlog benar-benar akan tutup. Bukan becanda semacam November Mop atau apalah. Jadi kalau sayang dengan konten yang sudah diterbitkan di MyWapBlog, segeralah dimigrasikan. 

Tanggal 24 November 2016 hari terakhir untuk mendapatkan file cadangan. Jika di tanggal ini konten belum dipindahkan ke Blogger atau Wordpress, maka akan terhapus dari dunia maya.

Tanggal 25 November 2016. Hiks! Hari yang menyedihkan itu akhirnya tiba. MyWapBlog.com yang biasanya buka 24 jam, resmi tutup dan tidak bisa diakses lagi! Hilang dari peredaran dunia maya!

Selamat tinggal MyWapBlog.com. Terima kasih Mr. Arvind Gupta. Meskipun aku tidak terlalu aktif, tapi sebuah kebanggaan pernah menjadi bagian dari keluarga besar MWB. Tetap ada rasa sedih di hati ini mendengar berita ini.

Dari penutupan ini, satu pelajaran bagi aku sebagai orang yang suka ngeblog, bahwa platform blogging itu bisa tutup sewaktu-waktu. Bisa jadi suatu saat nanti dengan alasan-alasan tertentu, giliran Blogger, Wordpress, Tumblr, Wattpad dan sebagainya yang menutup layanannya. Beberapa tahun lalu, platform blogging sebesar Multiply saja bisa tutup kan?

Tapi hal tersebut jangan sampai menyurutkan semangat kita untuk ngeblog. Apalagi kalau memakai platform Blogger, kita tidak perlu kuatir. Blogger dimiliki oleh raksasa internet Google, jadi kemungkinan tutupnya sangat kecil. Happy Blogging. ^^


Jangan Lewatkan

22 comments:

  1. Kok saya biasa2 j ya bang
    Engfa kayak yg punya akun disitu
    .
    Trus kapan nih blog abang nyusul? Eh

    ReplyDelete
  2. Bang mau tanya kalo mau mencairkan jamsostek gk pake surat dari perusahaan yg lama bs apa gk bang?
    Terus gimana solusinya bang?
    Trima kasih.

    ReplyDelete
  3. Yang namanya blog gratisan tidak boleh berharap terlalu banyak. Karena blog gratisan banyak disalah gunakan ,pelanggaran hak cipta atau konten yang agak aneh-aneh hot.
    aku belum pernah merasakan mywab karena temanku sudah putus semangat dulu, tapi mywab juga pernah berjasa memperkenal peta kampung halamanku.

    ReplyDelete
  4. justru saya belum pernah di mywapblog, jadi ya gak kaget juga gak biasa. hehe

    ReplyDelete
  5. untung saya g punya blog di mywapblog.

    saya kira kalos udah buka begitu ga akan tutup tutup.
    blogger gimana ya

    ReplyDelete
  6. Disayangkan banget kemungkinan karena tidak mampu menyewa hosting.

    Padahal banyak banget yang udah jadi membernya, kalau sedikit pendapatan memang membingungkan sih. Anehnya itu yang banyak membernya itu berisi blog audio mp3 atau aplikasi java. Berarti ketika peredaran mereka ditutup secara resmi otomatis database dari harddisknya akan dihapus wah menyedihkan banget. Pasti banyak broken link, makasih mas infonya.

    Sekalipun menyedihkan dengan kenyataannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kabarnya ada gantinya seperti xtgem dan lainnya.

      Tapi fitur dan layanan pasti akan terasa beda.

      Delete
  7. detail banget kronologinya gan hee, saya ikut prihatin

    ReplyDelete
  8. Sayang banget yah, kesian membernya yg sebanyak itu jadi pada gimana gituh, mending pake blogger aja lebih aman.

    ReplyDelete
  9. sayyonara for mywablog....mungkin kata itulah yang mungkin bisa saya ketik di kolom komentar ini, apa mau dikata Sang Admin mywabblog sudah menyatakan Mywablog tutup usia selama lamanya

    ReplyDelete
  10. Tinggal menunggu hari semua fitur dan aktivitasnya akan dihilangkan.

    Sampai jumpa mywapblog yang pernah eksis di dunia maya.

    ReplyDelete
  11. Terkubur sudah dunia maya MyWapBlog...
    Pindah tempat yuk.. Haha

    ReplyDelete
  12. Saya bahkan baru tahu sekrng klo mywapblog ditutup. Pas saya mau buka blogku ehh ga bisa hilang begitu aja.. jelas saya sedih krna disana banyak tulisanku yg belum sempat saya pindahkan, dan alhasil semua tulisanku yg saya tulis disana raib begitu saja, lalu harus bagaimana lagi. Dan apa yg harus saya lakukan... sedih bnget kehilangan tulisan yg selama ini disave disana.

    ReplyDelete
  13. Sedih mendengarnya saya dulu jg pernah punya mwb dan banyak belajar darisana juga. di tahun 2009 dan 2010 mwb adalah web yang sangat keren cukup dengan hp butut berbasis java kita sudah bisa ngeblog. dan sekarang sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal

    ReplyDelete
  14. Yaaaah.... Pantes gak bisa diakses lagi. Baru tau infonya maret 2017, hiks

    ReplyDelete
  15. aku blm sempet mindahin blog kesayanganku , kira" masih bisa di pindahin gk ya skrng :( wktu penutupan mwb aku pensi ngeblog gk tau berita nya sudah gk bsa di buka lgi :(

    http://minyakvarash.wordpress.com

    ReplyDelete
  16. Kalo blogger sih tutup kalo google bangkrut, tapi kurasa tidak

    ReplyDelete
  17. Btul skali kata-katanya terakhir. Kita tidak perlu takut blogger akan di tutup sebab blogger di pegang raksasa internet yakni google. Meskipun banyak org di luar sana memerintah segera pindah dari blogger ke wordpress org sebab suatu saat blogger di tutup pasti kalian sibuk deh. Tapi tak papa meskipun blogger pada akhirnya resmi untuk ditutup. Pastinya kita yang ngeblog di blogger sibuk deh urusin migrasi :v

    ReplyDelete
  18. gara² adblocker jadi penghasilan arvind berkurang sehingga tidak mampu sewa hosting lagi...

    ReplyDelete
  19. padahal bnyk pengalaman ngeblog dr mwb,ganti blog jd ribet lg

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.