Kebun Teh Kemuning, Satu Lagi Tempat Bagus di Tawangmangu Untuk Travelling

Alamat atau Lokasi Kebun Teh Kemuning ada di Ngargoyoso, Desa Kemuning, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Panorama kebun tehnya yang menyegarkan, serta letaknya yang strategis berada di jalur keluar masuk pengunjung Candi Cetho dan pendaki Gunung Lawu via jalur Candi Ceto membuat Kebun Teh Kemuning kerap dijadikan tempat ampiran favorit oleh para traveler.

Pemandangan alam objek wisata kebun teh Kemuning

Sering terjadi, saat traveling menuju ke suatu tempat kita akan melewati tempat-tempat lain yang tak kalah menarik. Kejadian seperti ini pasti akan dialami oleh para wisatawan yang akan bertandang ke Candi Cetho. Sebelum sampai di tujuan, suka tidak suka mereka akan disuguhi pemandangan indah kebun teh lereng Gunung Lawu. Itu mutlak. Karena salah satu jalan di kebun teh tersebut, merupakan satu-satunya akses menuju ke dan kembali dari Candi Cetho. 

Mayoritas pengunjung Candi Cetho terutama saat pulang, pasti akan berhenti menikmati hijaunya kebun teh yang terhampar luas. Berbukit-bukit dan berselimut kabut. Banyak spot foto keren yang Instagenik dan Instagramable. Udaranya segar. Suasananya sudah pasti adem. Perkebunan itu ada di sepanjang jalan, jadi pelancong yang berhenti tidak terfokus di satu tempat. Mereka bisa memilih sembarang.

Argowisata Kebun Teh Kemuning Tawanangu Karanganyar

Sebenarnya tanpa harus mampir, panoramanya tetap bisa dinikmati sambil jalan. Tapi tentu tingkat kepuasannya tidak maksimal. Juga tidak bisa foto-foto untuk dipamerkan kepada teman-teman yang kurang piknik. Dan model menikmati pemandangan sambil jalan itu sudah dipakai saat berangkat tadi. Jadi pulangnya memang banyak menyempatkan yang mampir.

Pun aku dan Neng Josie. Kami singgah di kebun teh karena mau melihat pohon teh. Pastinya seperti itu. Namanya juga kebun teh, tentu yang dilihat pohon teh. Kalau yang mau dilihat nyamuk, semut rang-rang, laler ijo, harimau, gajah, tentu singgahnya ke kebun binatang.

Menyaksikan tanaman teh secara langsung seperti itu bagiku adalah peristiwa yang sangat langka. Jadi kesempatan itu harus dimanfaatkan sejadi-jadinya. Sebelumnya aku baru dua kali melihat kebun teh: kebun teh Sirah Kencong, Blitar dan Kebun Teh di Pematang Siantar. Tapi sekedar melihat. Yang di Blitar melewati kebun teh dengan tujuan utamanya ke air terjun Sirah Kencong. Yang di Pematang Siantar lebih parah lagi, cuma bisa melihat dari dalam mobil.

Sementara di kebun teh Kemuning ini aku bisa berbaur di tengah-tengah mereka. Bisa memandang dari dekat warna mereka yang hijau kayak daun. Dan bersentuhan langsung dengan daunnya, yang konon air olahannya yang telah basi bisa dimanfaatkan untuk membesarkan sesuatu.

Foto gadis cantik di kebun teh

Baiklah, supaya kamu yang menemukan artikel ini tidak cuma membaca cerita perjalanan yang nggak berkesan dan tanpa makna, aku share sedikit informasi tentang kebun Teh Kemuning. Siapa tahu bisa menjadi referensi serta menambah wawasan wisata kita semua.

Harga tiket masuk ke objek wisata kebun teh Kemunin, kalau sekedar muter-muter di kawasan perkebunan adalah Rp 0 alias gratis. Tapi di area yang dinamakan Kali Pucung, ada berbagai wahana permainan dan hiburan seperti flying fox, paralayang, menyusuri arus sungai menaiki ban, menunggang kuda, paint ball, dan sebagainya. Nah untuk menikmati semua itu nggak gratis, kecuali kalau itu semua milik nenek lo.

Ada juga trek bersepeda yang seru banget, menembus kabut dan membelah luasnya perkebunan teh. Lintasan sepeda ini berada di area Padepokan Segara Gunung dan Dusun Sumber Sari. Udah giti bagi traveler yang mau kemah, panitia juga telah menyediakan beberapa camping ground. Tapi paling favorit adalah Bumi Perkemahan Segara Gunung.

Biar traveling ke kebun teh Kemuning semakin klop, jangan lupa minum teh asli yang dipetik dari perkebunan teh Kemuning. Sajian istimewa itu bisa didapatkan warung-warung teh yang banyak terdapat di sana seperti Resto Kemuning Indah, Omah Kodok, Bale Branti dan kabarnya yang paling terkenal adalah kedai teh Ndoro Dongker. Di sini aku cuma sekedar ngasih tau aja. Soalnya aku sendiri juga nggak mampir di satu pun warung yang aku promosikan itu.

Spot Foto keren di kebun teh Kemuning

Itulah sepenggal kisah kami singgah di Argowisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu Karanganyar. Buat teman-teman traveler yang punya planning ke Candi Cetho atau mendaki Gunung Lawu via Candhi Cetho, sambil lewat tidak ada salahnya mampir ke sini. Happy Traveling.

Jangan Lewatkan

2 comments:

  1. kalo musim penghujan banyak pacetnya mas....jangan lupa untuk mampir ngeteh sejenak di warung tehnya :D

    ReplyDelete
  2. bukan bagus lagi mas tapi luar biasa indahnya dan sejuknya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.