Catat! Alamat 21 Penerbit Mayor yang Menerima Karya Para Penulis Pemula

Di kesempatan yang menyenangkan ini, ZUCKICI.COM akan membagikan daftar alamat penerbit-penerbit Mayor yang menerima karya penulis pemula di seluruh Indonesia, -walau pada kenyataannya mayoritas penerbit Mayor hanya terpusat di kota Jakarta dan Yogyakarta-. Tapi terlepas dari itu, daftar alamat seperti ini sangat penting peranannya bagi para calon penulis, mengingat rata-rata penerbit Mayor meminta naskah dalam bentuk hard copy yang dikirim langsung ke alamat redaksi.

Beberapa penerbit Mayor lainnya ada yang masih membolehkan file naskah dikirim via email berupa teks maupun pdf. Ada yang justru mengharuskannya demi mengurangi penggunaan kertas. Untuk itu, dalam artikel ini juga dicantumkan alamat surel penerbit Mayor yang mau menerima penawaran naskah melalui email.

Tapi sebelumnya sudah tahu belum bahwa dalam hal penerbitan buku itu terdapat dua macam cara? Sudah? Sudah atau belum? Kalau belum, boleh dibaca ulasannya di artikel sebelum ini.
Lapak penjual buku bekas murah di pinggir jalan

Baiklah untuk menghemat ruang dan waktu, inilah daftar 21 penerbit Mayor yang menerima naskah penulis pemula.

1. Gramedia Pustaka Utama

Penerbit Gramedia pasti sudah tidak asing lagi bagi para penulis dan pembaca. Sudah tak terhitung buku-buku terbitan Gramedia meramaikan blantika buku nusantara, baik fiksi maupun non fiksi. Mulai dari jamannya serial Lupus karya Hilman Hariwijaya, hingga buku-buku kekinian seperti novel Hujan karya Tere Liye, Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, Jingga dan Senja oleh Esti Kinasih dan buanyak lagi.

Semua penulis pasti berharap banget bisa menerbitkan buku di Gramedia. Meski untuk menembus penerbit ini terbilang susah dan butuh kesabaran lebih bahkan untuk penulis ternama sekalipun. Peminatnya sangat banyak sehingga butuh waktu berbulan-bulan bagi penerbit untuk menyeleksi setiap naskah yang masuk.

Tapi biarpun seleksi naskahnya sangat ketat, antriannya panjang, saingannya juga cukup banyak, ada beberapa penulis yang akhirnya sukses menerbitkan buku pertamanya di Gramedia. Hal ini membuktikan bahwa penerbit Gramedia juga terbuka untuk penulis-penulis pemula.

Bagi yang ingin bersaing menerbitkan buku di Gramedia, kirimkan naskahmu yang sudah dijilid rapi ke alamat di bawah ini:

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37. Jakarta 10270

Website: gpu.id
Twitter: @gramedia

2. Elex Media Komputindo

Penerbit Elex Media Komputindo masih saudaraan sama Gramedia. Meski dulunya dikenal sebagai penerbit buku-buku komik, saat ini Elex Media Komputindo juga menerbitkan novel dan juga buku-buku Islami pada pada lini Quanta. Beberapa novel terbitan Elex Media Komputindo antara lain Pagi Gerimis karya Nurhasanah, Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H) karya Ariadi Ginting yang ceritanya dulu sempat heboh di Kaskus, ada juga buku Teman Tapi Menikah karya pasutri Ayudia dan Ditto, dan masih banyak lagi.

Bagi yang berminat menawarkan naskah ke Elex Media Komputindo, silakan kirim naskah hard copy ke alamat:

PT Elex Media Komputindo
Gedung Kompas Gramedia Lantai 2
Jalan Palmerah Barat 29 – 37
Jakarta Pusat, 10270

Website: elexmedia.id
Twitter: @elexmedia

3. Grasindo

Penerbit Grasindo juga masih bagian dari Kompas Gramedia Group. Jika Elex Media Komputindo lebih banyak menghadirkan buku-buku komik, Grasindo banyak menelurkan buku-buku pelajaran. Meski demikian Grasindo juga menerima naskah-naskah fiksi berupa K-Fiction (Korean Fiction),Novel Komedi, Novel Islami, Wattpad Fiction dan Novel Lokal. Contoh novel-novel keluaran Grasindo diantaranya Dear, Mantan Tersayang oleh Ary Yogeswary, Safa’s Story karya Sirhayani, Barbielle karya Mpok Mercy Sitanggang dan lain-lain.

Untuk mengajukan naskah ke Penerbit Grasindo, bisa dikirim ke alamat di bawah ini:

PT Grasindo
Gedung Kompas Gramedia Blok 1/lantai 3
Jalan Palmerah Barat No. 29-37
Jakarta, 10270

Website: grasindo.id
Twitter: @grasindo_id

4. Penerbit Mizan

Mizan Publishing juga merupakan penerbit Mayor yang sudah sangat ternama dan tidak kalah dengan Gramedia. Penerbit yang sudah berdiri sejak tahun 1983 ini memiliki banyak lini untuk mengelompokkan banyaknya naskah yang masuk ke redaksi.

Untuk novel-novel remaja biasanya diterbitkan di DAR Mizan dan Pastel Books, contohnya Dilan Dia Dilanku tahun 1990, Dilan Dia adalah Dilanku tahun 1991, Milea Suara dari Dilan, semuanya karya Pidi Baiq.

Jika tertarik membukukan karya di Penerbit Mizan, berikut ini alamat redaksinya:

Mizan Publishing
Jln. Cinambo 135. Cisaranten Wetan, Bandung 40294

Website: mizanpublishing.com
Twitter: @PenerbitMizan

5. Gagas Media

Selain buku-buku non fiksi, Gagas Media banyak menerbitkan novel-novel romantis remaja dan dewasa muda, sebut saja Refrain karya Winna Efendi, Apapun Selain Hujan karangan Orizuka, Dia yang ditulis oleh Nonier, dan banyak lagi.

Salah satu syarat mengirimkan naskah ke Gagas Media adalah naskah sudah selesai dan dijilid rapi. Pemberitahuan mengenai nasib naskah apakah diterima atau ditolak akan diterima penulis antara 3 hingga 4 bulan kemudian.

Inilah alamat pengiriman naskah:

Redaksi Gagas Media
Jalan Haji Montong No. 57, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI 12630.

Website: gagasmedia.net
Twitter: @GagasMedia

6. Bukune

Penerbit Bukune membuka lowongan naskah-naskah lucu berupa novel komedi dan kisah nyata pengalaman-pengalaman hidup yang kocak. Tapi tentu saja yang diterima adalah komedi berkualitas, menginspirasi dan tidak basi.

Bukune kerap menerbitkan karya para selebtwit dan blogger. Beberapa buku produksi Bukune antara lain Cado-cado karya Ferdiriva Hamzah, Luntang Lantung karangan Roy Saputra, Past & Curious karya Agung Satriawan, Relationshit karya Alit Susanto, dan lain-lain.

Penerbit yang salah satu pendirinya adalah Raditya Dika ini menerima naskah hanya dalam bentuk hard copy. Silakan dikirim ke alamat:

Redaksi Bukune
Jl. H. Montong No. 57
Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630

Website: bukune.com
Twitter: @Bukune

7. Media Kita

Media Kita adalah penerbit buku-buku yang anak muda banget. Penerbit ini masih satu group dengan Gagas Media dan Bukune. Buku-bukunya Boy Chandra rata-rata lahir di Media Kita. Misalnya Origami Hati, Jauh dan Cinta, Sebuah Usaha Melupakan, Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu, Satu di 2018 dan lain-lain.

Bagi yang ingin menerbitkan buku di Media Kita, file naskah bisa dikirim ke email: naskah@mediakita.com. Boleh juga dikirim dalam versi cetak ke alamat:

Redaksi Media Kita
Jl. H. Montong No. 57
Jagakarsa Ciganjur, Jakarta Selatan, 12630.

Website: mediakita.com
Twitter: @mediakita

8. Noura Books

Noura Books Publishing merupakan penerbit Mayor bagian dari Mizan Group. Baru-baru ini Noura Books menerbitkan dua buah novel yang diangkat dari cerita film Posesif dan Kartini. Buku Noura Books lainnya adalah Luka Dalam Bara karya Bernard Batubara.

Penulis yang berkarya di Nourabooks, bisa mengirimkan soft copy naskah ke alamat email: redaksi@noura.mizan.com

Sementara alamat naskah hard copy adalah:

Redaksi NOURA PUBLISHING
Jl. Jagakarsa Raya no. 40 Rt 07/04
Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12620
Telp. 021-7888 0556

Website: nourabooks.co.id
Twitter: @nourapublising

9. DIVA Press

Penerbit Diva Press sering mengadakan lomba menulis berhadiah besar. Pernah beberapa tahun lalu hadiah utamanya jalan-jalan ke Malaysia menonton pagelaran MotoGP. Penerbit Diva Press juga rutin mengadakan pelatihan menulis gratis bertajuk Kampus Fiksi ke berbagai kota.

Buku-buku fiksi terbitan Diva Press contohnya Bingkai Magenta karya Ghyna Amanda, kemudian novel Le Mannequin; Hatiku Tidak Ada di Paris dan novel Pameran Patah Hati, dua-duanya ditulis oleh Mini GK.

Penerbit Diva Press menerima kiriman naskah dari semua kasta penulis baik yang masih pemula maupun yang sudah ternama. Naskah boleh dikirim ke email sekred.divapress@gmail.com

Sementara kantor Diva Press bercokol di:

Sampangan Gg. Perkutut No.325-B Jl. Wonosari, Baturetno, Banguntapan Yogyakarta, 55197.

Website: divapress-online.com & blogdivapress.com
Twitter: @divapress01

10. Bentang Pustaka

Sudah banyak buku-buku best seller yang dihasilkan Penerbit Bentang Pustaka. Novel-novel karya Andrea Hirata mulai dari yang pertama Laskar Pelangi hingga yang terbaru Sirkus Pohon, semuanya terbit di Bentang Pustaka. Serial Supernova yang ditulis Dee juga Bentang Pustaka penerbitnya. Novel TKI (Tenaga Kerja Istimewa) karya Naiqueen yang sempat booming di Wattpad juga sudah dibukukan dengan baik oleh Bentang Pustaka. Dan lain-lain.

Dan Bentang Pustaka membuka kesempatan seluas-luasnya kepada siapapun untuk menerbitkan buku dan meraih sukses seperti penulis-penulis tersebut. Meski termasuk penerbit Mayor papan atas, tapi cara pengiriman naskah ke Bentang Pustaka malah terbilang mudah. Tidak harus berupa naskah yang di-print out. Justru dianjurkan dikirim lewat email ke redaksi@bentangpustaka.com

Atau kalau tetap ngotot ingin mengirim via pos ini alamatnya:

Redaksi PT Bentang Pustaka
Jalan Plemburan No. 1 Pogung Lor, RT 11 RW 48 SIA XV Mlati, Sleman, DIY, 55284.

Website: bentangpustaka.com
Twitter: @bentangpustaka

11. Penerbit Andi

Penerbit Andi merupakan penerbit tua yang tetap eksis hingga hari ini. Perusahaan yang sudah berdiri sejak awal tahun 1980 ini menerbitkan segala jenis buku kecuali buku nikah. Buku fiksi terbitan Andi Publisher yang saat ini lagi laris dan wara-wiri di toko buku adalah Cahaya di Penjuru Hati by Alberthiene Endah.

Tertarik menerbitkan buku di sini? Silakan ajukan naskah terbaikmu baik via email ke: naskahbukuandi@gmail.com

Bisa juga melalui pos atau TIKI ke:

Penerbit Andi
Jalan Beo no. 38-40 Yogyakarta 55281
HP 085225509692

Website: penerbitandi.com
Twitter: @AndiBuku

12. Penerbit Stiletto Book

Dari logo penerbitnya yang bergambar sepatu hak tinggi, bisa disimpulkan kalau Stiletto Book adalah penerbit buku-buku yang cewek banget. Memang mayoritas buku-buku yang dihasilkan Stiletto Book bertemakan wanita. Misalnya Impian Maya karya Nuning Soesibjo, Remember Paris by Icha Ayi, dan lain-lain.

Temanya memang tentang wanita, tapi Stiletto Book menerima karya dari jenis kelamin apa saja. Para pejantan tangguh tidak dilarang ambil bagian menerbitkan buku di sini. Dan untuk mengirimkan naskah dianjurkan banget melalui email supaya tidak menghabis-habiskan kertas.

Kirimkan terlebih dahulu sampel naskahmu yang berupa 30 halaman pertama melalui email ke: redaksi@stilettobook.com

Jika pihak Stiletto Book terpesona dengan 30 halaman pertama naskahmu, kamu akan diminta mengirimkan seluruh isi naskah untuk dievaluasi lebih lanjut apakah layak terbit atau tidak.

Alamat kantor:

Penerbit Stiletto Book
Jalan Melati No. 171 Sambilegi Baru Kidul
Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Website: stiletto.com
Twitter: @Stiletto_Book

13. Penerbit Ikon

Penerbit Ikon merupakan Imprint dari penerbit Serambi. Beberapa buku populer yang dihasilkan penerbit Ikon di antaranya Jodoh Untuk Mira karya Alnira dan No Place Like Home oleh Alma Aridatha.

Ada juga buku-buku yang berasal dari penulis-penulis Wattpad seperti novel Fasava karya penulis Aniqotuz Zahro dengan nama akun @TheSkycraper. Kemudian novel Revan Reina milik Christa Bela yang bahkan sukses difilmkan.

Pasti ingin dong menerbitkan buku seperti nama-nama di atas? Kalau iya, jangan ragu-ragu mengirimkan karanganmu ke Penerbit Ikon. Boleh kok dikirim via email ke: redaksi@penerbitikon.com.

Mau dikirim via paket pos atau JNE juga boleh! Nih alamatnya:

Redaksi Penerbit Ikon
Jln. Rambutan VIII No. 4
Komplek Mahkamah Agung R.I Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Website: serambi.co.id
Twitter: @penerbitikon

14. Penerbit Inari

Penerbit Inari inilah yang membukuan novel Serendipity karya Erisca Febriani, penulis novel best seller Dear Nathan. Sekedar info, Serendipity dan Dear Nathan sama-sama novel karya Erisca Febriani yang sebelumnya di-posting di Wattpad dan meraup jutaan pembaca di sana. Bedanya, Dear Nathan diterbitkan melalui Penerbit Best Media, sementara Serendipity dibukukan oleh Penerbit Inari.

Kalau ingin menawarkan naskah ke Penerbit Inari, tak perlu dikirim via pos apalagi Gojek, cukup melalui email ke Naskah.Inari@gmail.com

Website: penerbitinari.com
Twitter: @penerbitinari

15. Penerbit Bintang Media

Bintang Media Publishing cukup banyak membukukan novel-novel yang berasal dari dunia orange alias Wattpad. Seperti misalnya Pangeran Kelas karya Hendra Putra, Annoying Boy karya Inesia Pratiwi,dua novel karya Yessy N yaitu The Bad Boy in Suit dan novel The Jerk Wants Me, novel EL karya Luluk HF dan banyak lagi.

Selain buku dari penulis-penulis di Wattpad, penulis dari kalangan umum juga boleh banget berkarya di Bintang Media. Kebetulan penerbit ini hanya menerima naskah lewat email saja. Ini alamatnya: bintangmediaqu@gmail.com

Website: penerbitbintangmedia.com
Twitter: @bintangmediaqu

16. Penerbit Kata Depan

Sepertinya Kata Depan masih tergolong pendatang baru di dunia penerbitan Mayor Indonesia. Meski begitu penerbit ini sudah menerbitkan buku-buku berkualitas kayak Be Calm Be Strong Be Grateful karya Wirda Mansyur. Ada juga buku-buku yang diadaptasi dari cerita-cerita di Wattpad seperti Auntum Rhapsody karya Amarissa dan The Perfeck Love yang ditulis Indah Riyana.

Kata Depan menerbitkan novel-novel bergenre romance remaja, romance dewasa muda dan novel inspiratif. Kalau teman-teman punya naskah fiksi bergenre seperti itu, coba kirim saja ke Kata Depan Publishing yang alamatnya:

Redaksi Kata Depan
Perum Executive Village E9
Jl. Curug Agung No. 36, Tanah Baru, Beji
Depok 16426

Website: katadepan.com
Twitter: @KataDepan_

17. Falcon Publishing

Mungkin banyak yang masih asing dengan nama Penerbit Falcon. Falcon Publishing lahir akhir tahun lalu dan merupakan cabang perusahaan dari Falcon Picture. Jika Falcon Picture bergerak di bidang produksi film, maka Falcon Publishing fokus di bidang penerbitan buku fiksi. Buku-buku keren yang sudah diluncurkan Falcon Publishing antara lain Anak Rantau karya A Fuadi, Anna dan Bara karangan Ghyna Amanda, Menemani Setiap Detik Rasa Sepi oleh Anindria Ryandisza, Jomblo Reebot karya Adhitya Mulya yang juga sudah diangat ke layar lebar oleh Falcon Picture.

Mumpung masih penerbit baru, sehingga mungkin masih belum banyak antrian dan saingan, buruan tawarkan naskahmu ke penerbit Falcon.

Cara pengajuan naskah ke penerbit Falcon sangat simpel, yaitu cukup mengirim 5 bab pertama naskah novel kamu via email ke publishing@falcon.co.id. Jika penerbit tertarik, kami akan dihubungi untuk dimintai naskah secara utuh.

Website: falconpublishing.co.id
Twitter: @falconfiksi

18. Gradien Mediatama

Penerbit Gradien Mediatama juga sangat welcome sama penulis-penulis pemula. Buku terbaru terbitan Gradien Mediatama adalah Simfoni Hujan karya penulis Tumblr bernama Tiflunium, Pada Sebuah Kata Pergi karya Gentakiswara. Buku paling seru yang pernah aku baca adalah serial Anak Kost Dodol yang ditulis Dedew Rieka.

Kalau ingin mencoba peruntungan menerbitkan buku di Gradien, silakan saja kirimkan naskah ke alamat email: redaksi@gradienmediatama.com

Website: gradienmediatama.com
Twitter: @gradien

19. Penerbit Twigora

Di bawah naungan PT Roro Jaya Sejahtera, Penerbit Twigora siap menjadi wadah bagi penulis-penulis pemula dalam menerbitkan karya. Buku-buku terbitan Twigora yang sudah beredar di toko buku di antaranya adalah karya-karya Christian Simamora seperti Come On Over, As Seen On TV, Marry Now Sorry Letter dan lain-lain. Ada juga novel Out Of Love karangan Adelia Azfar

Cara mengajukan naskah ke Twigora agak berbeda dengan penerbit-penerbit lain. Tidak melalui email juga bukan via pos. Caranya adalah dengan masuk ke website penerbit Twigora, kemudian meng-upload file naskah ke fitur yang telah disediakan.

Website: twigora.com
Twitter: @TWIGORA

20. Penerbit Haru

Haru Media alias Penerbit Haru menerbitkan novel-novel bertema Jepang dan Korea. Makanya banyak novel-novel terjemahan dari penulis-penulis Jepang dan Korea yang terbit di sini. Tapi bukan berarti penulis dalam negeri tidak diterima.

Buku-buku karya penulis lokal yang terbit di Haru Media seperti Oppa & I: Love karya Orizuka dan Lia Indra Andriana, Melody to The Moon karya Arini Putri dan lain-lain.

Nah kalau teman-teman punya naskah fiksi berlatar Jepang, Korea, Indonesia, Taiwan, Malaysia, Zimbabwe dan sebagainya, coba saja tawarkan ke penerbit ini. Naskah dikirim via email ke naskah.haru@gmail.com

Website: penerbitharu.com
Twitter: @penerbitharu

21. Penerbit Republika

Penerbit Republika terkenal dengan buku-buku yang Islami. Novel-novelnya novelis kang Abik alias Habiburrahman El Shirazy rata-rata lahir di sini. Mulai dari Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih hingga Ketika Cinta Bertasbih 2 dan lain sebagainya. Sebagian novel-novel Darwis Tere Liye juga terbit di Republika.

Meski banyak menerbitkan buku-buku karya penulis kenamaan, Penerbit Republika cukup ramah buat penulis pemula yang bercita-cita menerbitkan buku. Silakan kirim naskah beserta biodata penulis, sinopsis, dan poin keunggulan naskah via email ke redaksipab@republikapenerbit.com

Kalau ingin dikirim dalam bentuk hard copy ini alamatnya.

REPUBLIKA PENERBIT
Jl. Kavling Polri Blok I No. 65 Jagakarsa,
Jakarta Selatan, 12260

Website: bukurepublika.id
Twitter: @bukurepublika
Baca Juga: Kata Mereka Tentang Novel Zuck Linn
Demikianlah alamat-alamat penerbit Mayor yang menerima karya para penulis pemula. Sengaja aku sertakan alamat websitenya supaya teman-teman bisa cek langsung mengenai detail syarat-syarat pengiriman naskah. Di artikel ini masih terbatas, hanya sebatas alamat dan sedikit informasi tentang penerbit, untuk tahu selengkapnya mengenai tata cara dan persyaratan menawarkan naskah, teman-teman harus berkunjung ke situs penerbit yang bersangkutan. Iya, harus! Soalnya masing-masing penerbit memiliki persyaratan dan peraturan yang berbeda-beda.

Atau bisa juga kepoin Twitter resmi masing-masing penerbit yang nama akunnya juga sudah aku tulis itu. Di sana teman-teman bisa bertanya-tanya kepada adminnya tentang bagaimana mekanisme dan prosedur penerbitan. Selain itu, rata-rata di bio akun Twitter mereka mencantumkan link yang mengarah ke artikel tentang tata cara mengirimkan naskah. Happy Writing!

Jangan Lewatkan

4 comments:

  1. Heemm! Sepertinya Cukup Menarik Nih Tentang Penerbit Mayor, Jadi Tambah Wawasan Buat Aku.. Thanks Sob Sudah Berbagi. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  2. Kalau saya belum PEDE nih mas ngajuin naskah ke penerbit mayor diatas saya malah ingin coba self ppublishing seperti di Nulisbuku lebih bebas tanpa penolakan

    ReplyDelete
  3. bukannya ini semua penerbit major ya mas? Maksud saya, sepertinya semua penerbit major menerima tulisan penulis pemula yah? contohin yg ngga dong mas di next posting hahahahha *ditabok*

    ReplyDelete
  4. walah, lengkap sekali kang daftar Penerbit bukunya hehehe....

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.