Kemeriahan Marching Band UNS Saat Kirab Obor Asian Games 2018 Melintas di Depan Bank Mandiri Solo

Kurang dari satu bulan lagi, perhelatan akbar Asian Games 2018 akan dimulai. Pesta olahraga se-benua Asia ini dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK) Jakarta, dan akan berlangsung hingga tanggal 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Dan hebatnya, ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Asian Games digelar di dua kota yang berbeda.

Bahkan tak cuma di dua kota saja, mengingat letaknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta, beberapa kota di Jawa Barat juga kebagian menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga. Termasuk cabang favorit saya yaitu sepakbola pria, yang sebagian pertandingannya digelar di stadion-stadion kota Bandung.

Kirab api Obor Asian games 2018

Untuk saat ini sedang berlangsung estafet api obor Asian Games 2018 keliling Indonesia. Api obor Asian Games tersebut berasal dari hasil penyatuan api abadi dari dua negara yaitu India dan Indonesia. Dipilihnya India karena negara tersebut merupakan tuan rumah pertama kali Asian Games pada tahun 1951. Sementara Indonesia adalah tuan rumah Asian Games pada edisi kali ini.

Proses pengambilan api obor Asian Games 2018 diawali di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, pada tanggal 17 Juli 2018 dengan cara mengarahkan cermin parabola langsung ke matahari. Lalu api abadi dari India tersebut dibawa ke Indonesia dan disatukan dengan api abadi yang ada di Mrapen, Jawa Tengah, dalam acara Torch Relay Concert Asian Games 2018 yang diadakan di Candi prambanan pada 19 Juli kemarin.

Selanjutnya, Api Obor Asian Games 2018 diarak keliling nusantara dengan menempuh jarak kurang lebih 18.000 kilometer. Melewati 54 kota dan kabupaten dalam 18 Provinsi. Kirab obor tersebut akan selesai pada 17 Agustus 2018 di Monumen Nasional, bertepatan dengan peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Untuk kemudian besoknya pada tanggal 18 Agustus, dibawa ke Stadion Utama GBK untuk pembukaan Asian Games 2018.

Bank Mandiri area Solo

Bank Mandiri, yang merupakan Official Prestige Partners Asian Games 2018 tentunya sangat mendukung event Kirab Obor Asian Games 2018 tersebut. Dan kebetulan kantor bank mandiri Area Solo yang berada di Jl Brigjend Slamet Riyadi, menjadi salah satu titik yang dilewati iring-iringan pembawa Obor Asian Games 2018.

Bentuk dukungan yang diberikan antara lain dengan mengundang MB UNS (Marching Band Sebelas Maret Surakarta) untuk beraksi saat pawai Obor Asian Games 2018 melintasi kantor Bank Mandiri. Dan perlu diketahui, grup marching band yang didatangkan tersebut bukanlah grup sembarangan. Mereka adalah marching band dari kampus UNS yang sudah mengantongi banyak sekali prestasi baik dalam maupun luar negeri.


Tak cuma marching band, di lokasi juga sejak pagi sudah ramai dengan karyawan-karyawan Mandiri  berseragam, anak-anak sekolah dan juga masyarakat umum yang sudah menunggu dan siap menyemangati peserta Kirab Obor Asian Games 2018 yang akan lewat di depan kantor Bank Mandiri.

Sayangnya, sampai lebih dari jam dua siang, para pembawa obor yang dinanti-nanti belum juga sampai. Tapi salutnya, mereka tetap sabar dan setia menanti rombongan pembawa api obor datang. Anak-anak marching band malah terus berlatih. Kebetulan di sekitar Bank Mandiri juga ada bazaar UKM, banyak stan yang menjual aneka jajanan, baju, aksesoris dan lain-lain. Jadi sambil menunggu bisa sambil belanja.


Dan setelah penantian selama hampir dua jam, akhirnya iring-iringan Obor Asian Games 2018 dengan dikawal pasukan keamanan tiba juga melintasi kantor Mandiri. Sontak suasana menjadi riuh dan ramai. Para karyawan Mandiri bernyanyi memberi semangat sambil memukul-mukulkan balon tepuk di tangan mereka.

Marching band UNS

Sementara regu marching band langsung beraksi sesuai tugas masing-masing. Ada yang menabuh marimba, meniup terompet, sementara para gadis berkostum merah putih menari sambil memutar-mutarkan bendera. Keren banget! Tidak salah bank Mandiri mengundang grup marching band dari UNS ini. 

Dan bukan hanya pembawa obor saja, Kirab Obor Asian Games 2018 di Surakarta ini juga diramaikan oleh berbagai komunitas sepeda ontel dan juga komunitas sepatu roda.

Marching band kampus UNS

Setelah Solo, selanjutnya arakan api Obor Asian Games 2018 akan menuju kota Blitar, Malang, dan daerah-daerah lain di Indonesia sampai tuntas di Jakarta pada pembukaan Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus nanti.

Mari sama-sama kita berdoa semoga Asian Games 2018 yang akan berlangsung di negara kita ini sukses. Baik sukses secara pelaksanaan, sukses dalam prestasi dan juga sukses menaikkan wibawa NKRI di mata Asia bahkan dunia pasca penyelenggaraan nanti.

Event ini akan diberitakan tak hanya oleh negara-negara peserta, tapi oleh berbagai negara lain di luar Asia. Jadi ini kesempatan emas mempromosikan kepada dunia bahwa Indonesia itu aman, damai, ramah dan indah. Mudah-mudahan berkat Asian Games ini kerja sama luar negeri Indonesia semakin banyak, wisatawan yang berkunjung ke tanah air terus meningkat, investor asing berdatangan dan produk-produk Indonesia semakin laris manis di mancanegara. Sehingga nantinya bangsa Indonesia jadi mandiri dan disegani dunia.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Gak cuma banget, tapi bangeds! ๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Waah ...meriah banget acara penyambutan Aaean Games ya.
    Semoga acaranya nanti berjalan lancar dan sukses.

    Mas Arizuna kenapa ngga jadi atlet sepakbola saja, mas ?.

    BalasHapus
  3. Tradisi api abadi ini seru banget ya. Seluruh nusantara kebagian.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.