9 Tips Agar Blog Sering Mendapat Tawaran Kerjasama Job Review dan Artikel Placement

Di kesempatan ini, aku akan sharing tentang bagaimana cara supaya blog kita sering memperoleh tawaran kerjasama artikel berbayar, baik itu job review atau pun artikel placement. Tips ini aku tulis berdasarkan kisah nyata pengalaman pribadiku dalam mengelola beberapa blog, termasuk blog ZUCKICI.COM ini yang Alhamdulillah beberapa kali dipercaya mereview beberapa brand dan juga event-event dari perusahaan-perusahaan ternama.

Untuk diketahui, artikel sponsor merupakan salah satu sumber penghasilan para blogger selain dari memasang iklan CPC, menyediakan slot iklan mandiri, menjalankan program afiliasi, jualan produk sendiri dan dari berbagai sektor lainnya. Artikel berbayar kurang lebih artinya kita menerbitkan tulisan di blog kita dan dibayar sesuai kesepakatan.

Setidaknya ada dua jenis artikel berbayar yang sudah dikenal di kalangan blogger dan advertiser. Pertama paid review, di mana kita menulis sendiri artikel review berdasarkan ketentuan yang diberikan advertiser. Dan satu lagi artikel placement, untuk yang ini kita tinggal mempublish saja karena artikelnya sudah disediakan oleh pihak advertiser dan harganya biasanya lebih murah daripada artikel yang kita tulis sendiri.

Job Review dan Artikel Placement untuk Blogger

Bagi setiap Blogger, mendapat tawaran kerjasama artikel berbayar, baik yang nulis sendiri maupun artikel placement menjadi hal yang sangat menggembirakan. Selain menambah jumlah postingan di blog, juga menambah pundi-pundi rupiah di dalam tabungan. Karena sebagai Blogger, tanpa dibayar pun memang sudah seharusnya semangat menulis demi mengisi konten di blognya. Apalagi kalau dapat sponsored articles, tentu semangatnya semakin menjadi-jadi.

Tapi untuk bisa mendapatkan tawaran kerjasama artikel berbayar tentu bukan perkara mudah, meski juga bukan merupakan sesuatu yang sulit. Dibutuhkan kiat-kiat khusus agar blog kita layak mendapat job review maupun artikel placement. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang telah aku praktekkan di dalam blog ini, sehingga akhirnya akhir-akhir ini lumayan sering mendapat job artikel berbayar. Cekidot!

Tampilan Blog

Tampilan blog menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan apakah perusahaan, brand atau agen-agen iklan mau menawarkan kerjasama artikel berbayar dengan blog kita. Kalau tampilannya berantakan, banyak widget-widget yang tidak penting, perpaduan warna yang lebay misalnya background warna biru, tulisan berwarna kuning, widget-widget berwarna merah, apalagi kalau ditambah dengan gaya nulis yang asal-asalan, bahasa alay dan banyak singkatan-singkatan, jangan mimpi ada pihak-pihak yang sudi menjalin kerjasama dengan blog kita.

Untuk itu, kalau punya cita-cita menjadikan blog sebagai salah satu sumber rezeki dari kerjasama artikel berbayar, kita musti serius mendadani blog kita setampan mungkin. Beli template premium, buat navigasi yang rapi, pasang widget yang penting-penting saja, atur tata warna yang adem dan tidak menyakiti mata pengunjung. Kemudian setiap mau menerbitkan artikel baru, tulis dengan sebaik-baiknya sehingga enak dibaca, jangan menyingkat-nyingkat kata kayak nulis SMS, dan hindari sejauh langit dan bumi penggunaan bahasa alay!

Rajin Posting Artikel Baru

Hal penting lain yang menjadi patokan advertiser sebelum memutuskan bekerjasama dengan blog kita adalah keseriusan kita dalam mengisi blog dengan tulisan-tulisan terbaru. Sebagai blogger, tentu tugas utama kita adalah menulis di blognya. Semakin sering kita memposting artikel, akan semakin besar pula peluang kita mendapat job artikel review.

Bayangkan saja, bagaimana brand akan berminat berkerjasama dengan sebuah blog, jikalau artikel terbarunya saja sudah diterbitkan sejak Desember 2017? Bisa-bisa dikira pemilik blognya sudah mati.

Sediakan Menu Kontak

Ini kelihatan sepele, soalnya aku lihat masih ada saja Blogger yang entah sengaja atau tidak, tidak menyediakan menu kontak di situsnya. Padahal menu kontak penting banget peranannya apalagi jika berharap sering mendapat job artikel berbayar. Jangan sampai kesempatan mendapat job terlewatkan hanya gara-gara kita tidak memasang menu kontak di blog, sehingga advertiser sulit menghubungi kita.

Perluas Pergaulan

Selain menyediakan menu kontak dan menanti pihak-pihak yang hendak mengajukan kerjasama artikel berbayar menghubungi kita, supaya blog sering memperoleh job kita juga musti aktif jemput bola. Jadi jangan hanya menunggu, kita juga musti keluar kandang untuk memburu job.

Caranya adalah dengan memperluas pergaulan, berteman baik dengan sesama blogger, sehingga bisa saling tukar informasi jika ada lowongan sponsored articles. Join di group-group Facebook maupun WhatsApp yang membagikan info job untuk blogger. Daftar juga menjadi publisher di situs-situs penyedia job untuk blogger.

Dan tak ada salahnya juga memberanikan diri kirim email ke perusahaan-perusahaan, menawarkan kerjasama dalam bentuk artikel review dengan blog kita.

Relasi Blogger

Kerjakan Sesuai Brefing

Saat mendapat job artikel berbayar, segera kerjakan jangan menunda-nunda apalagi sampai melewati deadline. Lebih mudah kalau yang didapat berupa artikel placemen, bisa langsung publish tanpa perlu susah mencari ide dan bahan tulisan. Tapi nggak ada salahnya diedit sedikit agar bahasanya sesuai dengan blog kita. Yang penting tidak mengubah inti artikel dan backlink yang telah dibuat advertiser.

Sementara jika dapatnya job review yang kita harus menulis sendiri, segera kerjakan sesuai persyaratan yang diminta. Berapa jumlah minimal katanya, berapa backlink yang harus ditanam, linknya wajib dofollow atau boleh nofollow, dan segera posting sebelum deadline yang telah ditentukan.

Pihak advertiser pasti akan senang jika kita bertanggungjawab mengerjakan job yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Di kesempatan lain, saat ada job artikel lagi, mereka tidak segan-segan menghubungi kita untuk diajak kerjasama kembali. Tapi kalau kita mengerjakan asal-asalan, advertiser pasti kapok dan cukup sekali saja bekerjasama dengan kita.

Tinggikan Skor DA dan PA

Nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan tingkat kepopuleran sebuah blog di mata mesin pencari. Rata-rata sekarang ini setiap ada lowongan artikel berbayar pasti menanyakan nilai DA dan PA blog. Semakin besar nilai DA/PA blog, semakin besar pula kesempatan sering memperoleh job, dan biasanya semakin mahal pula nilai bayaran yang akan diterima.

Maka dari itu, kalau blog kita masih rendah nilai DA PA-nya, segera digenjot biar nantinya bisa laris manis tawaran job-nya. Caranya dengan aktif ngeblog, rajin blogwalking, rutin dan teratur menerbitkan tulisan terbaru yang berkualitas, dan juga rajin menjadi penulis tamu di blog-blog lain yang di dalam artikelnya mencantumkan backlink ke blog kita.

Tingkatkan Pengunjung Blog

Tak hanya DA & PA, para advertiser juga terkadang meminta data statistik pengunjung blog kita. Dan pastinya, mereka lebih suka mengajak kerjasama dengan blog-blog yang traffik-nya tinggi.

Makanya sebagai blogger, berusaha meningkatkan visitor blog merupakan sebuah keharusan yang tak boleh ditawar. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendongkrak pageview blog, mulai dari rajin berkunjung dan berkomentar di blog lain, share postingan ke media sosial, menerapkan SEO di blog, bikin artikel viral, dan lain sebagainya.

Merampingkan Alexa Rank

Dari pengalamanku, sebenarnya sudah jarang pihak pemasang iklan menanyakan berapa Alexa Rank blog. Buktinya banyak blog yang Alexa Rank-nya gendut tetap lancar job artikel review dan artikel placement-nya. Tapi memang sesekali masih ada yang meminta data Alexa Rank kita, terutama kalau jobnya mereview sebuah produk.

Dan sama seperti meningkatkan nilai DA/PA dan visitor, untuk mengecilkan Alexa Rank kita juga musti konsisten ngeblog. Kalau sering vakum, apalagi jika tidak banyak artikel blog kita yang page one di search engine, maka dapat dipastikan ranking Alexa-nya akan sulit mengecil.

Pasang Domain dan Hosting

Nah ini. Ini yang menurutku paling penting dari semua tips sebelumnya. Hampir semua pemilik brand pasti menginginkan produknya diulas di blog TLD (Top Level Domain). Sudah sangat jarang brand yang mau bekerja sama dengan blog-blog gratisan. Kalaupun ada itu pasti bukan brand-brand ternama, dan bayarannya pun biasanya murah.

Bahkan bukan hanya ekstensi domain, sekarang ini blog self hosting juga menjadi prioritas bagi sebagian advertiser. Malahan ada advertiser yang terang-terangan tidak menerima costume domain blogger yang gratisan. Sebab blog hosting, kelihatan jauh lebih profesional dan terpercaya.

Sayang banget kalau tampilan blog kita keren, DA/PA tinggi, statistik ratusan ribu, Alexa Rank-nya ramping, gaya nulis memukau, tapi masih memakai sub domain gratisan. Kalau seperti itu kondisinya jangan berharap banyak akan ada yang menghubungi kita menawarkan job.

Nah, supaya blog dilirik oleh para advertiser, kita harus musti wajib pasang domain, syukur-syukur sekalian hosting biar makin terlihat serius dan profesional. Apalagi sekarang harga domain dan hosting sudah sangat terjangkau dan bisa hemat dengan beli secara paketan. Misalnya di Hostinger, dijamin hemat banget karena kita beli web hosting murah, trus dapat bonus domain gratis.

Paket Web Hosting Hostinger

Amankan Blog Kita!


Satu hal yang tak kalah penting agar blog kita sering digandeng brand untuk mereview produk mereka adalah tingkat keamanan blog kita. Para advertiser tentu akan berpikir ulang ketika mau mengajak kerjasama, tapi ternyata blog kita belum jelas tingkat keamanannya. Bisa saja mereka beranggapan kita kurang profesional karena tidak memberikan perlindungan kepada blog, sehingga masih ada ruang terbuka bagi hacker dan cyber crime lainnya untuk berbuat jahat seperti mencuri data, memalsukan pesan, dan tindakan memata-matai aktivitas blogging kita.

Blog yang sudah terjamin keamanannya adalah yang telah memiliki sertifikat SSL, yang ditandai dengan adanya Gembok Hijau di kolom alamat situs, dan alamat URL-nya diawali dengan HTTPS, bukan lagi HTTP. Dimana kata 'S' berarti security (keamanan).

Gembok hijau Situs

Selain untuk memberi perlindungan, mengaktifkan sertifikat SSL juga ampuh menaikkan peringkat SEO blog kita. Karena ternyata keamanan sangat memengaruhi peringkat SEO sebuah blog. Dan kalau peringkat SEO sebuah situs sudah naik, tentu akan memberi dampak positif ke hal-hal lainnya. Skor DA/PA meningkat, ranking Alexa-nya mengecil dan visitor yang semakin banyak. Kalau sudah demikian, niscaya tawaran job artikel review bakal berdatangan silih berganti. Makanya menginstal sertifikat SSL itu sangat penting banget untuk meraih kepercayaan dan keamanan advertiser dan juga pengunjung blog kita.

Cara mengaktifkan sertifikat SSL ini cukup mudah dan harganya juga murah. Beli SSL di Hostinger kita bisa memilih yang cukup bayar sekali saja tapi dengan masa aktif seumur hidup, bisa digunakan untuk selama-lamanya tanpa biaya tambahan. Udah gitu ada jaminan 30 hari uang kembali. Jika dalam waktu 30 hari setelah pembelian kita tidak puas, kita tinggal memberi tahu pihak Hostinger dan membatalkan pembelian sertifikat SSL. Dan uang kita akan dikembalikan tanpa syarat apa pun.

SSL Murah Hostinger

Kiranya itulah beberapa tips jitu supaya blog kita sering mendapat tawaran kerjasama artikel berbayar, yang aku rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pengalaman teman-teman sesama blogger. Semoga bermanfaat dan berhasil juga diterapkan di blog teman-teman semua.

Dan percayalah, kalau di blog kita artikelnya sudah mencukupi, tamplate-nya menarik, sudah TLD, apalagi kalau web hosting, ditambah sudah bersertifikat SSL, cepat atau lambat kita pasti akan mendapatkan job artikel pertama kita. Kuncinya sabar serta rajin berburu job artikel berbayar, jangan hanya menunggu advertiser yang menghubungi duluan.

Terima kasih. Silakan tambahkan di kolom komentar jika teman-teman memiliki tips yang lain.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

4 komentar:

  1. Mantap nih tipsnya. Lumayan kalau hobi bisa mendatangkan rejeki 😍

    BalasHapus
  2. Beberapa sudah diterapkan dan semoga job makin mengalir. Buat tabungan masa depan. Aamiin ��

    BalasHapus
  3. Pantesan blog saya nggak pernah dapat job artikel, soalnya masih blog gratisan. Harus segera beli domain juga nih... πŸ˜€

    BalasHapus
  4. Dan artikel ini termasuk artikel sponsor gak sih? Hehehe..

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.