Begini Cara Mendapat No Antrian Online Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Biar Hemat Waktu dan Biaya

Cara mendaftar atau registrasi layanan nomor antrian online untuk pencairan uang JHT secara manual di kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Topik tersebut yang akan coba aku bahas dalam postingan blog ZUCKICI.COM kali ini. Ini penting banget terutama buat teman-teman peserta BPJS TK yang udah resign dan ingin mengklaim uang tabungan JHT (Jaminan Hari Tua), siapa tahu berminat memanfaatkan layanan antrian on-line ini untuk proses pencairannya. Dan bagi yang masih karyawan aktif penting juga buat nambah pengetahuan, biar nanti pas udah berhenti bekerja bisa langsung mempraktekkannya.

Buat yang belum tau, layanan nomor antrian secara online ini merupakan program yang bisa dibilang masih baru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau disingkat BPJS TK, dan yang dulunya dikenal dengan nama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) ini. Sistem booking online nomor antrian klaim JHT tersebut resmi mulai digunakan sejak bulan Juli 2018 lalu.

Tapi harap diingat, bahwa mekanisme pendaftaran online nomer antrian ini hanya berlaku buat peserta yang hendak mengurus klaim saldo JHT secara langsung dengan mendatangi kantor BPJS TK. Sementara bagi kamu yang berencana mencairkan uang simpanan jaminan hari tua secara online lewat layanan e-Klaim JHT, nggak perlu lagi melakukan registrasi nomer antrean online seperti ini. Intinya, registrasi online no antrian hanya diperuntukkan bagi peserta yang mengurus klaim secara manual di kantor BPJS TK, tidak berlaku bagi peserta yang mengajukan klaim secara online lewat layanan E-klaim JHT.

Layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Misi dari program nomer antrian online ini tentu saja untuk semakin mempermudah peserta dalam mengambil uang JHT-nya. Supaya pencairan dana JHT lebih efektif, efisien dan fleksibel. Peserta gak perlu lagi datang terburu-buru pagi-pagi banget ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, bahkan ada yang malamnya sampai menginap pasang tenda kemping di halaman kantor BPJS TK demi supaya besok paginya kebagian no antrean.

Dengan adanya registrasi no antrian secara online, peserta bebas mengatur jadwalnya sendiri mau datang hari apa jam berapa, mau pagi, pagi menjelang siang, siang, siang menjelang tidak masalah selama masih jam kerjanya kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana sih tata cara dan syarat mendapatkan atau registrasi online nomer antrian pencairan JHT tersebut? Gampang banget kok. Berikut ini rinciannya!

Sebelum memulai pendaftaran, sebaiknya cari tahu dulu apakah kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang kamu inginkan sudah menerapkan layanan nomer antrian online ini atau belum. Sebab untuk saat ini belum semua kantor cabang menerapkannya.

Maka, inilah daftar wilayah dan kantor-kantor cabang di wilayah tersebut yang sudah mendukung layanan memesan nomer antrian secara on-line. Sila dicek dan ricek apakah kacab BPJS Ketenagakerjaan di dekat tempat tinggalmu sudah terdaftar atau kah belum.

Wilayah DKI Jakarta
Kantor cabang BPJSTK Jakarta Ceger, Jakarta Cilandak, Jakarta Cilincing, Jakarta Gambir, Jakarta Gerogol, Jakarta Kebayoran Baru, Jakarta Kebon Sirih, Jakarta Kelapa Gading, Jakarta Mampang, Jakarta Mangga Dua, Jakarta Menara Jamsostek, Jakarta Pluit, Jakarta Pulo Gebang, Jakarta Rawamangun, Jakarta Salemba, Jakarta Slipi, dan Jakarta Sudirman.

Wilayah Banten
Kantor cabang BPJSTK kota Serang, Tangerang Batu Ceper, Tangerang BSD, Tangerang Cikokol, Tangerang Cikupa, dan Tangerang Cimone

Wilayah Jawa Barat
Kantor cabang BPJSTK kota Bandung Suci, Bekasi Kota, Bekasi Cikarang, Bogor Kota, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya, Purwakarta, Karawang, Cimahi, Bandung Soekarno Hatta, Bandung Lodaya, Bogor Cileungsi, Depok, dan Sumedang.

Wilayah Jawa Tengah
Kantor cabang BPJSTK kota Cilacap, Klaten, Kudus, Magelang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang Maja Pahit, Semarang Pemuda, Surakarta, Tegal, dan Ungaran.

Wilayah DI Yogyakarta
Kantor cabang BPJSTK kota Yogyakarta.

Wilayah Jawa Timur
Kantor cabang BPJSTK kota Surabaya Karimunjawa, Malang, Jember, Banyuwangi, Blitar, Madura, Bojonegoro, Gresik, Surabaya Darmo, Surabaya Rungkut, Kediri, Pasuruan, Mojokerto, Madiun, Sidoarjo, dan Surabaya Tanjung Perak.

Wilayah DI Aceh
Kantor cabang BPJSTK kota Banda Aceh, Langsa, Lhoksumawe, dan Meulaboh.

Wilayah Sumatera Utara
Kantor cabang BPJSTK kota Medan Kota, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Tanjung Morawa, Medan Utara, Kisaran, dan Binjai.

Wilayah Sumatera Barat
Kantor cabang BPJSTK kota Padang, Bukit Tinggi dan Solok.

Wilayah Riau & Kep. Riau
Kantor cabang BPJSTK kota Pekanbaru Kota, Tanjung Pinang, Batam Nagoya, Batam Sekupang, Dumai, dan Rengat.

Wilayah Sumatera Selatan
Kantor cabang BPJSTK kota Palembang dan Muara Enim.

Wilayah Bangka Belitung
Kantor cabang BPJSTK kota Pangkal Pinang.

Wilayah Bengkulu
Kantor cabang BPJSTK kota Bengkulu.

Wilayah Jambi
Kantor BPJS TK kota Jambi dan Muara Bungo.

Wilayah Lampung
Kantor cabang BPJSTK kota Bandar Lampung dan Lampung Tengah.

Wilayah Kalimantan
Kantor cabang BPJSTK kota Pontianak, Banjarmasin, Sampit, Kotabaru, Palangkaraya, Pangkalan Bun, Samarinda, Bontang, Balikpapan, Tarakan, dan Berau.

Wilayah Bali
Kantor cabang BPJSTK kota Denpasar dan Gianyar.

Wilayah Nusa Tenggara
Kantor cabang BPJSTK kota Mataram dan Kupang.

Wilayah Sulawesi
Kantor cabang BPJSTK kota Makassar, Palopo, Manado, Palu, Kendari, dan Gorontalo.

Wilayah Maluku
Kantor cabang BPJSTK kota Ambon.

Wilayah Papua
Kantor cabang BPJSTK kota Jayapura, Mimika dan Sorong.

Demikianlah list kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sampai saat ini bisa digunakan untuk pendaftaran online nomor antrian pencairan JHT.

Apakah kacab BPJS TK di daerahmu ada di daftar tersebut?

Jika belum sabar saja, kedepannya aku yakin semua kantor cabang akan menerapkan sistem registrasi antrian on-line ini. Jika sudah, selamat dan mari lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu akses ke website BPJS Ketenagakerjaan yang khusus menangani antrian online klaim JHT. Biar lebih gampang langsung saja klik Di Sini.

Formulir pendaftaran no antrian online klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Ketika sudah terbuka formulir isian seperti contoh gambar di atas. Langsung saja masukkan data-data yang diminta dengan lengkap dan benar.

Isi semua data kependudukan dan kepesertaan mulai dari NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama sesuai KTP Elektronik, nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) dan nomer HP kamu yang masih aktif.

Kemudian pilih wilayah pelayanan dan kantor cabang pelayanan yang kamu inginkan. Tentu saja kacab BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung layanan antrian on-line ini.

Selanjutnya pilih tanggal kedatangan. Jangan lupa pilihnya tanggal yang bertepatan dengan hari-hari kerja kantor BPJS TK yaitu dari hari Senin hingga Sabtu.

Dan dalam memilih tanggal, syaratnya adalah maksimal 7 hari setelah hari registrasi atau pendaftaran. Umpamanya kamu melakukan pendaftaran pada tanggal 11 Desember, berarti tanggal yang bisa dipilih hanyalah dari tanggal 12 hingga 18 Desember. Lebih dari itu gak boleh. Selain itu hari sabtu, minggu dan hari-hari libur nasional yang terdapat dalam rentang waktu 7 hari tersebut jangan dipilih, karena kantor BPJS TK tutup. Jika dalam rentang waktu 7 hari tersebut kuota sudah penuh, berarti kita tidak bisa registrasi pada hari tersebut dan bisa mencoba di hari yang lainnya.

Setelah mendapat tanggal kedatangan, selanjutnya silahkan pilih jam kedatangan yang kamu inginkan. Terserah mau jam berapa, yang penting masih jam kerjanya kantor BPJS TK. Dan yang paling penting lagi, kuota untuk jam kamu ingini tersebut masih tersedia.

Selanjutnya isi captcha yang tertera dengan benar.

Jika sudah yakin semua data yang diisi lengkap dan benar, langsung saja klik Simpan

Isi Cetak Ulang untuk mencetak ulang.

Sampai di situ tahap demi tahap proses registrasi antrian online pencairan dana JHT telah rampung. Selanjutnya kamu akan mendapat no antrian beserta jadwal kedatangan. Terakhir no antrian yang sudah didapat tersebut silakan diprint out untuk nanti dibawa ke Kantor Cabang BPJS TK yang dituju sesuai jadwal yang telah kita tentukan. Dengan ketentuan seperti berikut ini:

  • Peserta harus datang minimal 30 menit sebelum jam yang dipilih di dalam formulir registrasi no antrian.
  • Wajib menunjukkan bukti sudah melakukan registrasi no antrian secara online. Buktinya berupa no antrian yang telah di-print out tadi.
  • Peserta akan dilayani sesuai dengan tanggal dan jam yang dipilih pada saat pendaftaran. Makanya jangan sampai telat datangnya!
  • Bagi yang tidak atau terlambat hadir pada tanggal dan jam yang telah dipilih, maka no antrian online dianggap hangus. Tidak berlaku lagi. Dan kalau ingin memperoleh nomor antrian online lagi, maka harus mendaftar dari awal lagi.
  • Sebelum berangkat ke kantor BPJS TK untuk proses pencairan, pastikan semua syarat dan ketentuan klaim JHT sudah terpenuhi. Pastikan juga seluruh berkas-berkas persyaratannya jangan sampai ada yang ketinggalan, baik yang asli maupun salinannya. Soalnya kurang satu berkas saja, klaim JHT kamu akan ditolak tanpa ampun.

Seperti itulah tata cara mencairkan saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan menggunakan layanan registrasi nomor antrian online. Pendaftaran no antrian online ini bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone maupun PC/Laptop.

Sebenarnya layanan ini sangat bagus untuk proses klaim saldo JHT. Namun karena banyak sekali peserta yang ingin registrasi, sementara kuota yang diberikan tidak banyak, akhirnya untuk mendapatkan no antrian secara online ini seperti untung-untungan. Ada yang sekali daftar langsung dapat, namun ada juga yang udah daftar berkali-kali tapi gagal maning gagal maning.

Penyebab mengapa ada yang sampai nggak kebagian no antrian on-line ya itu tadi, kuotanya memang dibatasi, jatahnya sudah habis. Hal tersebut dipicu karena terbatasnya jam kerja dan jumlah karyawan di setiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak sebandingnya antara jumlah peserta yang ingin mengklaim JHT dengan petugas yang melayani pengajuan klaim. Jadi, tips dan cara agar mendapat nomor antrian secara on-line menurutku adalah dengan terus mencoba. Bersabar jika ternyata tak kebagian, kemudian mencoba dan terus mencoba lagi di lain kesempatan sampai berhasil!

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.