Widget HTML #1

Begini Cara Mendapat No Antrian Online Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Biar Hemat Waktu dan Biaya

Cara mendaftar atau registrasi layanan nomor antrian online tahun 2019 untuk pencairan uang JHT secara manual di kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Topik tersebut yang akan coba aku bahas dalam postingan blog ZUCKICI.COM kali ini. Ini penting banget terutama buat teman-teman peserta BPJS TK yang udah resign dan ingin mengklaim uang tabungan JHT (Jaminan Hari Tua), siapa tahu berminat memanfaatkan layanan antrian on-line ini untuk proses pencairannya. Dan bagi yang masih karyawan aktif penting juga buat nambah pengetahuan, biar nanti pas udah berhenti bekerja bisa langsung mempraktekkannya.

Buat yang belum tau, layanan nomor antrian secara online ini merupakan program yang bisa dibilang masih baru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau disingkat BPJS TK, dan yang dulunya dikenal dengan nama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) ini. Sistem booking online nomor antrian klaim JHT tersebut resmi mulai digunakan sejak bulan Juli 2018 lalu.

Tapi harap diingat, bahwa mekanisme pendaftaran online nomer antrian ini hanya berlaku buat peserta yang hendak mengurus klaim saldo JHT secara langsung dengan mendatangi kantor BPJS TK. Sementara bagi kamu yang berencana mencairkan uang simpanan jaminan hari tua secara online lewat layanan e-Klaim JHT, nggak perlu lagi melakukan registrasi nomer antrean online seperti ini. Intinya, booking antrian online hanya diperuntukkan bagi peserta yang mengurus klaim secara manual di kantor BPJS TK, tidak berlaku bagi peserta yang mengajukan klaim secara online lewat layanan E-klaim JHT.

Layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan


Baca Juga: Tips dan Cara Agar Berhasil Mendapat Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Untuk Klaim Dana JHT

Misi dari program booking antrian online ini tentu saja untuk semakin mempermudah peserta dalam mengambil uang JHT-nya. Supaya pencairan dana JHT lebih efektif, efisien dan fleksibel. Peserta gak perlu lagi datang terburu-buru pagi-pagi banget ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, bahkan ada yang malamnya sampai menginap pasang tenda kemping di halaman kantor BPJS TK demi supaya besok paginya kebagian no antrean.

Dengan adanya registrasi no antrian secara online, peserta bebas mengatur jadwalnya sendiri mau datang hari apa jam berapa, mau pagi, pagi menjelang siang, siang, siang menjelang tidak masalah selama masih jam kerjanya kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana sih tata cara dan syarat mendapatkan atau registrasi kode booking online nomer antrian pencairan JHT tersebut? Gampang banget kok. Berikut ini rinciannya!

Sebelum memulai pendaftaran, sebaiknya cari tahu dulu apakah kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang kamu inginkan sudah menerapkan layanan nomer antrian online ini atau belum. Sebab untuk saat ini belum semua kantor cabang menerapkannya.

Maka, inilah daftar wilayah dan kantor-kantor cabang di wilayah tersebut yang sudah mendukung layanan memesan nomer antrian secara on-line. Sila dicek dan ricek apakah kacab BPJS Ketenagakerjaan di dekat tempat tinggalmu sudah terdaftar atau kah belum.

Wilayah DKI Jakarta

Kantor cabang BPJSTK Jakarta Ceger, Jakarta Cilandak, Jakarta Cilincing, Jakarta Gambir, Jakarta Gerogol, Jakarta Kebayoran Baru, Jakarta Kebon Sirih, Jakarta Kelapa Gading, Jakarta Mampang, Jakarta Mangga Dua, Jakarta Menara Jamsostek, Jakarta Pluit, Jakarta Pulo Gebang, Jakarta Rawamangun, Jakarta Salemba, Jakarta Slipi, dan Jakarta Sudirman.

Wilayah Banten

Kantor cabang BPJSTK kota Serang, Tangerang Batu Ceper, Tangerang BSD, Tangerang Cikokol, Tangerang Cikupa, dan Tangerang Cimone

Wilayah Jawa Barat

Kantor cabang BPJSTK kota Bandung Suci, Bekasi Kota, Bekasi Cikarang, Bogor Kota, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya, Purwakarta, Karawang, Cimahi, Bandung Soekarno Hatta, Bandung Lodaya, Bogor Cileungsi, Depok, dan Sumedang.

Wilayah Jawa Tengah

Kantor cabang BPJSTK kota Cilacap, Klaten, Kudus, Magelang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang Maja Pahit, Semarang Pemuda, Surakarta, Tegal, dan Ungaran.

Wilayah DI Yogyakarta

Kantor cabang BPJSTK kota Yogyakarta.

Wilayah Jawa Timur

Kantor cabang BPJSTK kota Surabaya Karimunjawa, Malang, Jember, Banyuwangi, Blitar, Madura, Bojonegoro, Gresik, Surabaya Darmo, Surabaya Rungkut, Kediri, Pasuruan, Mojokerto, Madiun, Sidoarjo, dan Surabaya Tanjung Perak.

Wilayah DI Aceh

Kantor cabang BPJSTK kota Banda Aceh, Langsa, Lhoksumawe, dan Meulaboh.

Wilayah Sumatera Utara

Kantor cabang BPJSTK kota Medan Kota, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Tanjung Morawa, Medan Utara, Kisaran, dan Binjai.

Wilayah Sumatera Barat

Kantor cabang BPJSTK kota Padang, Bukit Tinggi dan Solok.

Wilayah Riau & Kep. Riau

Kantor cabang BPJSTK kota Pekanbaru Kota, Tanjung Pinang, Batam Nagoya, Batam Sekupang, Dumai, dan Rengat.

Wilayah Sumatera Selatan

Kantor cabang BPJSTK kota Palembang dan Muara Enim.

Wilayah Bangka Belitung

Kantor cabang BPJSTK kota Pangkal Pinang.

Wilayah Bengkulu

Kantor cabang BPJSTK kota Bengkulu.

Wilayah Jambi

Kantor BPJS TK kota Jambi dan Muara Bungo.

Wilayah Lampung

Kantor cabang BPJSTK kota Bandar Lampung dan Lampung Tengah.

Wilayah Kalimantan

Kantor cabang BPJSTK kota Pontianak, Banjarmasin, Sampit, Kotabaru, Palangkaraya, Pangkalan Bun, Samarinda, Bontang, Balikpapan, Tarakan, dan Berau.

Wilayah Bali

Kantor cabang BPJSTK kota Denpasar dan Gianyar.

Wilayah Nusa Tenggara

Kantor cabang BPJSTK kota Mataram dan Kupang.

Wilayah Sulawesi

Kantor cabang BPJSTK kota Makassar, Palopo, Manado, Palu, Kendari, dan Gorontalo.

Wilayah Maluku

Kantor cabang BPJSTK kota Ambon.

Wilayah Papua

Demikianlah list kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sampai saat ini bisa digunakan untuk pendaftaran online nomor antrian pencairan JHT.

Apakah kacab BPJS TK di daerahmu ada di daftar tersebut?

Jika belum sabar saja, kedepannya aku yakin semua kantor cabang akan menerapkan sistem registrasi antrian on-line ini. Jika sudah, selamat dan mari lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu akses ke website BPJS Ketenagakerjaan yang khusus menangani antrian online klaim JHT yaitu: https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Formulir pendaftaran no antrian online klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Ketika sudah terbuka formulir isian seperti contoh gambar di atas. Langsung saja masukkan data-data yang diminta dengan lengkap dan benar.

Isi semua data kependudukan dan kepesertaan mulai dari NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama sesuai KTP Elektronik, nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) dan nomer HP kamu yang masih aktif.

Kemudian pilih wilayah pelayanan dan kantor cabang pelayanan yang kamu inginkan. Tentu saja kacab BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung layanan antrian on-line ini.

Selanjutnya pilih tanggal kedatangan. Jangan lupa pilihnya tanggal yang bertepatan dengan hari-hari kerja kantor BPJS TK yaitu dari hari Senin hingga Sabtu.

Dan dalam memilih tanggal, syaratnya adalah maksimal 7 hari setelah hari registrasi atau pendaftaran. Umpamanya kamu melakukan pendaftaran pada tanggal 11 Desember, berarti tanggal yang bisa dipilih hanyalah dari tanggal 12 hingga 18 Desember. Lebih dari itu gak boleh. Selain itu hari sabtu, minggu dan hari-hari libur nasional yang terdapat dalam rentang waktu 7 hari tersebut jangan dipilih, karena kantor BPJS TK tutup. Jika dalam rentang waktu 7 hari tersebut kuota sudah penuh, berarti kita tidak bisa registrasi pada hari tersebut dan bisa mencoba di hari yang lainnya.

Setelah mendapat tanggal kedatangan, selanjutnya silahkan pilih jam kedatangan yang kamu inginkan. Terserah mau jam berapa, yang penting masih jam kerjanya kantor BPJS TK. Dan yang paling penting lagi, kuota untuk jam kamu ingini tersebut masih tersedia.

Selanjutnya isi captcha yang tertera dengan benar.

Jika sudah yakin semua data yang diisi lengkap dan benar, langsung saja klik Simpan

Isi Cetak Ulang untuk mencetak ulang.

Sampai di situ tahap demi tahap proses registrasi antrian online pencairan dana JHT telah rampung. Selanjutnya kamu akan mendapat kode booking beserta jadwal kedatangan. Terakhir no antrian yang sudah didapat tersebut silakan diprint out untuk nanti dibawa ke Kantor Cabang BPJS TK yang dituju sesuai jadwal yang telah kita tentukan. Dengan ketentuan seperti berikut ini:

  • Peserta harus datang minimal 30 menit sebelum jam yang dipilih di dalam formulir registrasi no antrian.
  • Wajib menunjukkan bukti sudah melakukan registrasi no antrian secara online. Buktinya berupa no antrian yang telah di-print out tadi.
  • Peserta akan dilayani sesuai dengan tanggal dan jam yang dipilih pada saat pendaftaran. Makanya jangan sampai telat datangnya!
  • Bagi yang tidak atau terlambat hadir pada tanggal dan jam yang telah dipilih, maka no antrian online dianggap hangus. Tidak berlaku lagi. Dan kalau ingin memperoleh nomor antrian online lagi, maka harus mendaftar dari awal lagi.
  • Sebelum berangkat ke kantor BPJS TK untuk proses pencairan, pastikan semua syarat dan ketentuan klaim JHT sudah terpenuhi. Pastikan juga seluruh berkas-berkas persyaratannya jangan sampai ada yang ketinggalan, baik yang asli maupun salinannya. Soalnya kurang satu berkas saja, klaim JHT kamu akan ditolak tanpa ampun.

Seperti itulah tata cara mencairkan saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan menggunakan layanan registrasi nomor antrian online. Pendaftaran no antrian online ini bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone maupun PC/Laptop.

Sebenarnya layanan ini sangat bagus untuk proses klaim saldo JHT. Namun karena banyak sekali peserta yang ingin registrasi, sementara kuota yang diberikan tidak banyak, akhirnya untuk mendapatkan no antrian secara online ini seperti untung-untungan. Ada yang sekali daftar langsung dapat, namun ada juga yang udah daftar berkali-kali tapi gagal maning gagal maning.

Penyebab mengapa ada yang sampai nggak kebagian no antrian on-line ya itu tadi, kuotanya memang dibatasi, jatahnya sudah habis. Hal tersebut dipicu karena terbatasnya jam kerja dan jumlah karyawan di setiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak sebandingnya antara jumlah peserta yang ingin mengklaim JHT dengan petugas yang melayani pengajuan klaim. Jadi, tips dan cara agar mendapat nomor antrian secara on-line menurutku adalah dengan terus mencoba. Bersabar jika ternyata tak kebagian, kemudian mencoba dan terus mencoba lagi di lain kesempatan sampai berhasil!

21 komentar untuk "Begini Cara Mendapat No Antrian Online Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Biar Hemat Waktu dan Biaya"

Comment Author Avatar
Sya kesulitan di tanggal..
Ga bsa d sentuh..
Comment Author Avatar
Bener bgt ... giliran SDH dpt tgl dijamnya gga bisa full semua padahal SDH dilakukan tengah malam pukul 00.00 msh ga bisa .. ada aja kendalanya ..
Comment Author Avatar
sy sudah lakukan berkali2 mlm siang subuh masih ga bisa2
Comment Author Avatar
Sudah dari jam 00: 00 dan jam 06: 00 tetap aja susah dapat no antrian padahal lagi butuh biaya, bukanya di permudah malah makin sulit untuk bisa mencairkan JHT,, HADEEEH GIMANA NICH TOLONG DONK PERBAIKI SISTEM NYA! !
Comment Author Avatar
Ass... Maaf pak/ibu, kenapa untuk klik tanggal kedatangan nya susah banget ya.. Terus gimana itu? Emang nya gak bisa ya kalau daftar langsung ke kantor nya? Susah banget sih!
Comment Author Avatar
ini susah seksli gk bisa masukin tangal kedatangan dan waktu nya sudah di coba ber ulang2 sampai jam 00 00 tetep gk bisa gimana solusinya biar bisa mudah
Comment Author Avatar
Memang begitulah kendala sistem antrian online. Kuotanya sedikit tak sebanding dengan banyaknya peserta yang hendak klaim JHT. Silakan dicoba lagi, Pak. Semoga berhasil.
Comment Author Avatar
Antrian online dipwk susahnya minta , daftr dari jam 00 sampai pagi ttp aja susah.
Comment Author Avatar
Coba klaim JHT dengan metode lain, Pak. Selain menggunakan layanan antrean online di kantor cabang, pengajuan klaim juga dapat dilakukan melalui bank mitra kerja sama (SPO), seperti bank Mandiri BNI, BJB, BRI, BTN dan Bukopin. Terima kasih.
Comment Author Avatar
Maaf knp ya blm bisa mengisi data sy padahal Ud satu bln lebih ko blm bisa Jg
Comment Author Avatar
Itu artinya antriannya selalu penuh, Pak. Kuotanya sudah habis. Silakan mengajukan antrean kembali esok hari dan coba secara berkala. Anda juga dapat mengganti tanggal pengajuan berikutnya yang masih tersedia atau mengganti kantor cabang tujuan terdekat lain.
Comment Author Avatar
tolong ya sy mnt info nya mksh
Comment Author Avatar
Maaf, Pak. Ini maksudnya info apa?
Comment Author Avatar
Udah tau di karawang pekerja dan perusahaan ny banyak kantor bpjs ketenagakerjaan cuman 1 antrian sehari cuma 30-40 itupun gg beres mana yang dinamain mempermudah ? Mempersulit iya
Mau jam berapa juga di kantor bpjs Karawang masih penuh terus
Comment Author Avatar
Memang seperti itulah kendala antrian online untuk klaim JHT di kantor cabang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba mengajukan klaim melalui bank mitra kerja sama (SPO), seperti bank Mandiri BNI, BJB, BRI, BTN dan Bukopin. Di sana tidak menerapkan sistem antrian online.
Comment Author Avatar
Sya udh dapet kantor cabang udh dpat tanggal ny trus saya klik tanggal ny loading terus.. Udh 1 bln saya ini nahan sabar masalah ni kita nge chat di ke gini di baca ga sih ama pihak" Yg terkait ??
Comment Author Avatar
Memang banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengeluhkan sistem antrian online ini. Biar keluhan anda cepat ditanggapi oleh pihak BPJSTK, anda bisa kirim email ke care@bpjsktenagakerjaan.go.id atau menghubungi call center BPJSTK di 175. Terima kasih. :)
Comment Author Avatar
udah berkali-kali daftar antrian online,,,penuh terus,padahal sangat butuh sekali,,,tolong d perbaiki sistem kerjanya...terus terang saya jadi malas ngurusnya,,terimakasih..
Comment Author Avatar
saya udauh isi no antrian tp tidak ada tapilan poto scan.
malah d balasanya d email...tp sampe sekarang blm ada email yg masuk
Comment Author Avatar
di zaman sulit,aturan pun dipersulit
Comment Author Avatar
Minta info bagaimana klo klaim BPJS di wakilkan pihak keluarga,syarat2 apa yg harus di siapkan?

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.