Apakah Absensi Online Merupakan Solusi Karyawan Dengan Tempat Dinas Jarak Jauh?


Tidak dapat dipungkiri, waktu kehadiran akan menjadi kontrol pihak management perusahaan mengenai kinerja karyawannya. Absensi merupakan salah satu data autentik yang harus dijaga keasliannya. Beberapa perusahaan mengenakan sanksi berupa pemotongan gaji jika beberapa karyawannya tidak tepat waktu karena hal ini erat kaitannya dengan produksi perusahaan. 

Pastinya, perusahaan tidak mau merugi dengan memberikan gaji sama antara karyawan yang rajin dan disiplin dalam bekerja dengan karyawan yang bermalas malasan. Fingerprint masih menjadi favorite perusahaan bahkan instansi pendidikan saat ini. Bagaimana jika karyawan tersebut di tugasnya di luar kota atau di cabang perusahaan yang lain, apakah fingerprint masih relevan? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini:


1. Apa itu absensi online?


Absensi ini dilakukan menggunakan tools aplikasi absensi online, dimana rekap absensi realtime sangat dibutuhkan oleh admin pusat kantor. Oleh karena itu absensi online bisa menjadi solusi untuk karyawan yang ada di luar kantor. Absensi online adalah sistem yang tidak memerlukan mesin absensi, sehingga memungkinkan karyawan di luar kantor dapat melakukan absensi melalui ponsel mereka. 

Absensi ini bekerja dengan cara, karyawan mengirimkan jam kehadiran serta mengirim foto yang menunjukkan kehadiran mereka di tempat kerja dalam kondisi realtime. Data tersebut akan diolah admin dengan mudah dan cepat. Selain itu, perusahaan dapat mengurangi biaya kebutuhan mesin absensi.


2. Efisiensi biaya dari pengurangan mesin absensi


Dengan absensi online, perusahaan multibranch akan lebih mudah melakukan kontrol pada admin pusat. Karena data yang dikirim realtime. Selain itu perusahaan tidak perlu menyediakan banyak mesin absensi di tiap branch. 

Jika ada 100 cabang di seluruh daerah berapa biaya tiap mesin absensi jika diakumulasi. Hal mengenai biaya juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan.


3. Realtime data dapat meminimalisir kecurangan


Dengan adanya data berupa foto dan waktu tiba di tempat kerja. Admin akan langsung mengetahui realtime yang ada dan tidak bisa dilakukan pengubahan data. 

Data akan disimpan pada karyawan dan admin sehingga tidak rentan terhadap adanya kecurangan dari admin ataupun karyawan.


4. Analisa karyawan menjadi lebih mudah


Sudah disinggung beberapa kali mengenai data yang dikirim dalam pembahasan sebelumnya. Begitulah sistem ini bekerja, dengan adanya data realtime yang dikirim dan diterima, maka dengan mudah perusahaan pusat lebih mudah melakukan kontrol kinerja atau reward dan punishment kepada karyawan.


5. Adanya efektifitas lebih bagi karyawan


Dengan adanya sistem absensi online lebih mempercepat proses bekerja. Setiap pekerja yang ditugaskan mungkin akan memiliki banyak keperluan di luar kantor, misal seperti survey lapangan atau bertemu klien di luar kantor, jika harus ke kantor dilanjutkan ke tempat kerja pasti akan memperumit pekerjaan. Akan lebih efektif dan efisien jika absensi melalui smartphone mereka.

Jadi tunggu apalagi untuk mengganti sistem absensi di perusahaan anda segera beralihlah ke Aplikasi HR terbaik di Indonesia, LinovHR. 

LinovHR merupakan salah satu HR Software terbaik hasil karya putra – putri tanah air. Fitur dan fungsinya lengkap untuk membantu tugas tim HR menjadi lebih efektif dan terotomatisasi. Coba LinovHR sekarang juga, gratis.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.