Inilah 5 Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik Alami

Tidak semua bakteri yang ada di dunia ini memiliki sifat parasit atau merugikan manusia, nyatanya ada banyak sekali diantaranya yang justru berperan baik di dalam membantu untuk mengobati beberapa jenis penyakit, khususnya adalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Salah satu jenisnya adalah probiotik, pastinya tidak begitu asing dengan istilah yang satu ini mengingat pada beberapa jenis produk makanan terkadang disertai dengan kandungan probiotik atau bakteri baik. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna adalah yang paling umum dijumpai.

Yogurt

Pada dasarnya kegunaan dari probiotik ini begitu banyak, selain untuk menjaga kesehatan saluran cerna, maka juga dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imuns, karena ikut serta bekerja dalam melawan bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh. Selain dari suplemen, sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang disertai dengan kandungannya, diantaranya adalah:

1. Yogurt

Yogurt, merupakan salah satu olahan susu yang di fermentasi dengan menggunakan beberapa jenis bakteri baik, diantaranya adalah Lactobacillus atau Acidophillus yang memiliki banyak peran baik di dalam menjaga kesehatan pencernaan, dapat membantu lancarkan pencernaan.

2. Kefir

Kefir, kefir ini sendiri sebenarnya juga termasuk hasil fermentasi, namun susu kambing, bukan susu sapi yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya.

3. Sauerkraut

Sauerkraut, ini adalah makanan yang berasal dari fermentasi sayuran, diantaranya adalah kol yang sudah dimasak dengan bumbu-bumbu juga sebelumnya, dikenal kaya akan probiotik dan vitamin, sayuran fermentasi yang satu ini juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah alergi.

4. Tempe

Tempe, hasil fermentasi dari kacang kedelai yang sering dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari ini tak hanya dikenal enak, melainkan juga kaya akan kandungan gizi dan mengandung probiotik.

5. Kimchi

Kimchi, merupakan makanan khas dari Korea yang terbuat dari fermentasi sayuran seperti lobak, kol dan juga sawi dengan tambahan bumbu-bumbu tertentu, menghasilkan rasa yang asin, asam dan juga gurih. Tak hanya enak, melainkan juga dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Sumber probiotik untuk kesehatan saluran cerna ini dapat dikonsumsi setiap hari, ada juga versi suplemennya yang bisa didapatkan di Go Apotik.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.