Tips Maintenance Genset 6 Bulanan

Perawatan genset itu ada beberapa jenis dilihat dari durasi atau waktunya. Ada perawatan harian, minggunan, bulanan, 6 bulanan dan tahunan. Nah kali ini kita akan membahas mengenai pemeliharaan genset tiap 6 bulan. Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan pada saat melakukan pemeliharaan tersebut.

Genset Caterpillar

Informasi ini berdasarkan sumber dari http://sewatama.com/id/product/power-rental/ yang dikenal sebagai pakar genset di Indonesia. Dijelaskan, merawat genset itu amat penting untuk memastikan mesin ini selalu siap untuk bekerja optimal.

Pada perawatan 6 bulanan yang perlu dilakukan adalah memeriksa level perlindungan termal pendingin tiap enam bulan. Gunakan tester yang sesuai untuk jenis cairan pendingin yang digunakan. Kemudian pada saat yang sama, periksa juga pada bagian belt untuk memastikan kondisinya masih baik dan bisa berfungsi dengan lancar.

Bila diperlukan, bisa juga mengganti oli mesin dan filter. Penggantian ini perlu dilakukan jika memang kondisi oli dan filter sudah waktunya untuk diganti. Pastikan untuk menggunakan minyak pelumas yang direkomendasikan agar tenaga genset ini bisa tetap berfungsi dengan baik.

Pada bagian filter udar dan filter bahan bakar juga perlu dicek. Biasanya filter ini termasuk komponen yang paling rentan karena tugasnya untuk melakukan penyaringan.

Kedua hal ini perlu diperhatikan saat melakukan perawatan genset. Tapi kadang hal ini yang sering diabaikan.

Selain itu, periksa juga pada bagian alternator. Jika kotor, harus dibersihkan. Komponen ini bisa berkurang fungsinya biasaya karena kotor, panas, dan lembab.

Kotoran dapat mencegah terjadinya perpindahan panas. Sedangkan kondisi panas dapat merusak komponen tersebut dan kondisi lembab membuatnya juga bisa tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, selalu pastikan pada bagian alternator agar bisa berfungsi secara optimal.

Maintenance Genset Sewatama

Di Sewatama memberikan pedoman pemeliharaan genset terperinci yang harus diikuti. Dengan begitu mesin genset ini selalu bisa berfungsi dengan baik dan awet.

Yang perlu dilakukan agar genset ini tetap berkinerja optimal adalah dengan mengikuti jadwal perawatan genset dan servis sesuai waktunya. Dengan begitu genset ini nantinya bisa berfungsi dengan baik sampai bertahun-tahun.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.