Apa Itu Kanker Serviks? Ini Dia Penjelasannya

Perlu anda ketahui bahwa kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker yang satu ini timbul saat ada sel-sel di leher rahim atau serviks yang tidak wajar, serta berkembang terus dengan tidak terkendali. Sehingga sel-sel tersebut bisa berkembang dengan cepat yang akhirnya bisa mengakibatkan tumor pada serviks. Dan tumor yang sangat ganas nantinya berkembang menjadi penyebab kanker serviks.

Wanita dirawat di RS

Selain itu, kanker serviks ini juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia. Bahkan, menurut data Kementerian Kesehatan RI, sedikitnya terjadi 1500 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia. Akan tetapi, tes pap smear secara rutin bisa membantu untuk mengetahui adanya kanker serviks secara dini. Namun biasanya pada tahap awal kanker serviks ini jarang menunjukkan gejala. Gejala baru akan muncul ketika kanker sudah menyebar dan memasuki tahap stadium lanjut. Dalam banyak kasus, kanker serviks ini sering berkaitan dengan infeksi menular seksual (IMS).

1. Gejala Kanker Serviks


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya pada tahap awal, wanita yang terkena kanker serviks awal dan pre-kanker tidak akan mengalami gejala apapun. Soalnya, kankers serviks tidak menunjukkan gejala sampai tumor terbentuk. Kemudian tumor ini bisa mendorong organ di sekitar serta mengganggu sel-sel sehat. Adapun gejala-gejala kanker serviks yang perlu anda waspadai sebagai berikut:
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
  • Terjadi perdarahan yang tidak wajar pada miss v.
  • Nyeri pada panggul (di perut bagian bawah).
  • Terasa sakit saat melakukan hubungan seks.
  • Terasa nyeri di pinggang (punggung bawah) atau kaki.
  • Tubuh terasa lemas dan mudah lelah.
  • Berat badan menurun drastis padahal sedang tidak diet.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Keluar cairan dari miss v yang tidak normal, seperti beraroma bau yang menyengat dan disertai darah.
  • Salah satu kaki membengkak.

2. Penyebab Kanker Serviks


Perlu diketahui bahwa kanker serviks ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPH). Dan infeksi virus ini akan lebih meningkat pada orang yang melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan. Selain itu, kanker ini bisa disebabkan dengan perilaku seksual beresiko, seperti melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kondom, atau menggunakan mainan seks (sek toys). Bukan hanya itu, wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin (imunisasi) HPV pastinya akan lebih rentan terkena infeksi HPV yang bisa menimbulkan kanker serviks.

3. Jenis dan Stadium Kanker Serviks


Tentunya deteksi jenis kanker yang dialami oleh pasien akan membantu dokter untuk memberikan penanganan yang tepat. Dalam hal ini, ada 2 jenis kanker serviks yang perlu anda waspadai, yakni:

Adenokarsinoma: Jenis kanker servik ini berawal pada sel kelenjar pada saluran leher rahim.

Karsinoma sel skuamosa (KSS): KSS ini merupakan jenis kanker serviks yang paling sering terjadi. Dan KSS ini bermula pada sel skuamosa, yakni sel yang melapisi bagian luar serviks.

Sedangkan, tahap atau stadium digunakan guna menjelaskan tingkat penyebaran kanker. Jadi, semakin tinggi stadium kanker, maka akan semakin luas penyebarannya. Dalam hal ini, ada 4 jenis stadium kanker serviks yang perlu diwaspadai, yaitu stadium 1, 2, 3, hingga stadium 4 (stadium akhir, yang menandakan kanker sudah menyebar ke organ serta jaringan tubuh yang lainnya).

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.