Curriculum Vitae dengan Bahasa Inggris Ternyata Jauh Lebih Diunggulkan untuk Melamar Kerja

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin melamar pekerjaan adalah membuat CV. Bagaimanapun CV atau curriculum vitae ini memiliki peran yang sangat penting apakah nantinya lamaran kamu akan diproses lebih lanjut ataukah tidak. Maka dari itu pastikan mulai dari sekarang kamu sudah memilikinya, sehingga nanti ketika sudah ada lowongan kerja kamu bisa langsung mendaftar, tidak perlu lama-lama lagi karena belum memiliki CV.

Membuat CV atau Resume Berbahasa Inggris

Namun penting juga buat kamu untuk memahami bagaimana cara membuat CV yang baik dan juga benar. Karena kalau dari segi CV saja sudah tidak menarik, pihak HRD perusahaan biasanya juga tidak akan memanggil kamu untuk proses selanjutnya yaitu wawancara atau interview. Salah satu cara agar CV atau resume kamu menarik di mata HRD ialah menuliskannya dengan menggunakan bahasa Inggris. Makanya saat ini cukup banyak para pencari kerja yang tidak lagi menggunakan daftar riwayat hidup berbahasa Indonesia, melainkan berbahasa Inggris karena bisa mendapatkan nilai lebih.

Dan itu memang benar, mereka yang menggunakan CV berbahasa asing ini nantinya akan mendapatkan nilai plus dalam melamar kerja. Hal tersebut karena:
  1. Membuktikan kemampuan berbahasa Inggris kamu, sehingga dianggap lebih unggul jika dibandingkan dengan calon pelamar yang lainnya. Di mana kebanyakan masyarakat Indonesia memang masih memakai CV yang berbahasa Indonesia. 
  2. Jadi nilai lebih di hadapan HRD, dengan CV berbahasa inggris ini ternyata juga bisa memberikan nilai lebih, khususnya dari segi soft skill yang dimiliki artinya kamu juga bisa berbahasa asing. 
  3. Peluang untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya juga semakin tinggi, keuntungan tambahan yang juga bisa dirasakan disini tidak lain adalah kemungkinan kamu dipanggil untuk wawancara atau tahap lanjutan dalam melamar pekerjaan juga akan semakin tinggi, dibandingkan dengan mereka yang kemampuannya standard atau biasa-biasa saja.

Sukses Mengikuti Interview Kerja

Jadi jangan ragu untuk menggunakan CV yang berbahasa asing, namun pastikan hanya riwayat hidup saja yang memakai bahasa Inggris, melainkan asah atau bekali diri kamu dengan kemampuan dalam berbahasa asing juga. Mulai ikuti les bahasa inggris untuk orang dewasa sekarang juga, cari lembaga les yang berkualitas, bukan abal-abal, seperti diantaranya adalah di English First, jaminan kualitas tenaga pengajar bahkan ada garansinya.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

3 komentar:

  1. Aku pernah buat CV berbahasa inggris pake desain infografis keren, tetep aja gak ada panggilan diterima kerja. wkwkwkwk dasar lagi apes ini kayaknya

    BalasHapus
  2. di sini (malaysia) CV memang wajib dalam English event apply kerja dengan pihak pemerintah... sebabnya dari situ boleh tahu kebolehan kita berbahasa Inggeris

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.