Hadapi Luka Bakar dengan Bahan Alami

Panas dan nyeri, dua kata yang pasti akan Anda rasakan saat menderita luka bakar. Bahkan, beberapa orang kesulitan untuk bergerak saat memiliki luka bakar. Sehingga, wajar jika luka bakar merupakan salah satu luka yang perlu mendapatkan penanganan serius agar bisa disembuhkan lebih cepat.

Untuk menyembuhkan luka bakar, Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang alami. Bahan-bahan tersebut tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan saja melainkan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar.

Foto luka bakar diperban

Apa sajakah bahan herbal yang dimaksud? Sebelum mengetahuinya, kunjungi laman berikut ini  https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi terlebih dahulu.

Air Dingin

Saat mengalami luka bakar, hal pertama yang akan Anda rasaan tentu rasa nyeri dan panas akibat api yang menyambar kulit Anda. Rasa panas dan nyeri tersebut perlu diredakan segera agar Anda tidak merasa kesakitan saat menderita luka bakar. Untuk meredakannya, air dingin bisa menjadi bahan alami yang mudah untuk didapatkan. 

Air dingin merupakan cara termudah untuk membuat luka bakar yang semula terasa panas jadi dingin seketika. Anda bisa membasuhkan air dingin pada area luka bakar secara perlahan. Selain bisa memberikan efek dingin, air dingin yang Anda basuhkan pada luka bakar juga berguna untuk membersihkan luka tersebut. Gunakan air yang bersih agar tidak ada bakteri yang ikut masuk ke dalam luka dan bisa menimbulkan infeksi.

Arang Aktif

Arang merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Sifat arang aktif mampu membantu mencegah infeksi dan membersihkan luka dari benda-benda asing. Anda dapat menggunakan arang untuk membantu mengatasi luka bakar dengan cara mencampurnya bersama ramuan minyak seperti minyak zaitun.

Oleskan campuran arang dan minyak agar luka bakar terbebas dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Jika ada serpihan yang menempel di kulit saat luka bakar terjadi, aplikasikan salep arang aktif dan tutuplah dengan menggunakan perban yang bersih selama beberapa jam. Nantinya, serpihan tersebut akan keluar tertarik oleh ramuan arang aktif yang Anda gunakan bersamaan dengan dicabutnya perban.


Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.