Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Gejala Diabetes Tipe 2 Yang Patut Diwaspadai

Adanya beberapa gejala diabetes yang paling umum dan sering dialami seperti rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan kaki atau tangan mengalami mati rasa. Padahal tanpa disadari masih adanya beberapa gejala lainnya yang menjadi pertanda jika kadar gula darah kamu mengalami masalah. Dan bahkan adanya beberapa gejala yang menunjukkan hal positif sehingga kamu tidak akan menyadari jika sedang mengalami gejala diabetes militus tipe 2. Kamu patut waspada ketika mengalami 5 gejala dibawah ini :


  • 1. Terjadinya Perubahan Pada Kulit
Pertanda awal tingginya kadar gula atau terjadinya gejala diabetes biasanya adalah adanya bercak pada bagian lipatan kulit dan berwarna gelap pada bagian belakang leher, siku ataupun buku buku jari. Meski memang masalah genetika atau kondisi hormonal bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan kulit yang serupa. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu mengecek kadar gula darah kamu.

mengecek kadar gula darah

Tingginya kadar insulin ternyata dapat mendorong pertumbuhan sel sel kulit, melanin, pigmen didalam sel sel ini sehingga akan munculnya bercak bercak hitam pada kulit. Dengan mengurangi berat badan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan juga dapat membantu untuk membersihkan bercak hitam pada kulit. Tetapi kamu juga bisa mengobatinya dengan mendatangi dokter kulit untuk terapi laser.

  • 2. Semakin Kuatnya Penglihatan
Kemungkinannya kamu telah mengetahui jika penglihatan tiba tiba menurun itu bisa menjadi pertanda munculnya gejala diabetes. Tetapi didalam kenyataannya diabetes ini bisa membuat menjadi lebih baik atau lebih buruknya penglihatan. Lalu apa yang menyebabkannya? Terjadinya diabetes ini akan menyebabkan bergesernya kadar cairan didalam tubuh termasuk dalam mata kamu, yang pada akhirnya menyebabkan tidak menentunya penglihatan.

  • 3. Gatal Terus Terusan
Terjadinya diabetes bisa menyebabkan terganggunya sirkulasi darah yang bisa menyebabkan kekeringan dan gatal. Adanya beberapa pasien yang baru didiagnosis menderita diabetes mengatakan jika mereka merasakan gatal pada bagian tangan dan kaki bagian bawahnya. Sehingga nantinya dokter akan mempertimbangkan hubungan gatal yang dirasakan dengan gejala diabetes lainnya.

  • 4. Mendengkur Sangat Kencang
Setengah dari penderita diabetes tipe 2 biasanya akan mengalami gangguan pernapasan ketika tidur. Jika kamu salah satunya yang mendengkur keras ketika tidur dan disiang hari akan mengantuk secara berlebihan, maka sebaiknya kamu melakukan tes gula darah. Adanya sebuah penelitian di Kanada yang menemukan jika sekitar 23 % dari pasien yang didiagnosis mengalami gangguan tidur obstruktif ringan atau sedang, gangguan tidur pada umumnya, dimana hal ini dapat mengembangkan diabetes dalam waktu 5,5 tahun. Pasien yang mengalami gangguan napas ketika tidur ini cenderung akan melepaskan hormone stress selama tidur, sehingga nantinya dapat meningkatkan kadar gula darah kamu.

  • 5. Berkurangnya Pendengaran
Jika kamu merasa mulai berkurangnya pendengaran maka cobalah untuk mengecek kadar gula darah. Pasalnya terjadinya gangguan pendengaran ini bisa menjadi gejala awal terjadinya diabetes. Orang yang tinggi kadar gula darahnya tetapi belum juga memenuhi kriteria telah mengalami diabetes, maka 30 % lebih kemungkinannya itu mengalami gangguan pendengaran jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki glukosa normal.

Para peniliti mempercayai jika terjadinya kerusakan akibat diabetes ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf dekat telinga. Hal inilah yang menyebabkan pendengaran kamu mengalami gangguan.

Dengan mengetahui 5 gejala diabetes tipe 2 diatas, maka ketika kamu mengalami salah satu gejalanya bisa langsung melakukan pengobatan dengan mendatangai dokter.

Posting Komentar untuk "5 Gejala Diabetes Tipe 2 Yang Patut Diwaspadai "

Berlangganan via Email