Hal-hal Penting yang Saya Persiapkan untuk Melaksanakan Ibadah Umroh

Saya yakin, setiap umat muslim pasti ingin mengunjungi tanah suci Mekkah untuk beribadah, baik itu ibadah umroh dan terutama menunaikan rukun islam ke-5 yaitu naik haji. Termasuk saya, sedari kecil dari mulai saya belajar mengaji dan mengenal agama Islam dan mengetahui kalau Mekkah adalah kota sucinya umat Islam, tempat lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW, dan juga tempat berdirinya Ka'bah yang merupakan kiblatnya umat muslim sedunia dan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, saya sangat ingin sekali ke sana.


Keinginan itu sempat hilang teralihkan dengan kesibukan sekolah dan juga pekerjaan. Namun beberapa tahun terakhir ini, keinginan untuk berkunjung ke tanah suci Mekah kembali membuncah. Berawal dari saya yang sering traveling ke berbagai tempat di Indonesia, terus kepikiran kenapa sekali-kali tidak traveling ke luar negeri?

Sempat muncul keinginan jalan-jalan ke Thailand atau Malaysia, namun setelah saya pikir-pikir lagi, suasana di Thailand dan Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Akhirnya saya batalkan keinginan tersebut. Di saat bersamaan, tiba-tiba muncul ide untuk melaksanakan ibadah umroh saja, yang merupakan impian saya sejak kecil.

Semakin lama keinginan umroh itu semakin kuat. Akhirnya saya mulai menabung dan Ishaa Allah tahun depan saya akan mewujudkan keinginan saya melaksanakan ibadah umroh. Dan sembari menabung, saya juga mempersiapkan hal-hal penting lainnya demi lancarnya ibadah umroh saya nanti. Persiapan-persiapan tersebut antara lain;

  • 1. Mempelajari Lebih Detail Tentang Ibadah Umroh
Sebelumnya saya hanya tahu ibadah Umroh itu berkunjung ke tanah suci Mekkah, masuk ke Masjidil Haram, melihat Ka'bah dan beribadah di sana. Sekedar itu. Tidak tahu ritual-ritual lengkapnya seperti apa.

Semenjak hati mantap ingin melaksanakan Umroh, saya pun mulai belajar baik dari buku, internet, ustadz dan juga beberapa orang yang pernah umroh. Dari sana saya jadi tahu apa saja hal-hal yang wajib dilakukan, yang Sunnah, dan yang tidak boleh dilakukan saat umrah.

  • 2. Melengkapi Dokumen-dokumen yang Diperlukan
Hal berikutnya adalah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai persyaratan untuk berangkat umroh. Karena ibadah umroh ini sama dengan berkunjung ke negara lain, tentunya banyak berkas atau dokumen yang harus dilengkapi agar bisa terbang ke negara Arab Saudi.

Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan tersebut antara lain, Paspor, KTP, KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran, Foto berwarna, dan Kartu Kuning Vaksin Meningitis.

  • 3. Mempersiapkan Fisik dan Kesehatan
Umroh merupakan kegiatan ibadah yang tidak bisa sering saya tunaikan, bahkan setelah ini entah kapan lagi saya bisa melakukannya. Jadi nanti, kesempatan ini harus saya gunakan untuk beribadah sebaik-baiknya dan sekhusyuk-khusyuknya.

Agar saat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umroh nanti saya bisa fit, saya harus mempersiapkan fisik dan kesehatan sejak jauh hari. Kita tahu, ibadah umroh itu banyak mengandalkan aktivitas fisik. Kalau stamina tidak prima, kegiatan ibadah bisa kurang maksimal.

  • 4. Mencari Tahu Perlengkapan Apa Saja Yang Perlu Dibawa
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan untuk persiapan ibadah umroh adalah barang-barang apa saja yang perlu saya bawa ke sana. Saya ingin ibadah umroh saya selain menjadi sesuatu yang sakral, juga menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan seperti liburan, bukan malah menjadi beban karena kebanyakan barang bawaan.

Selain perlengkapan umroh seperti kain ihram, sarung, buku doa dan Al Qur'an kecil, saya juga perlu membawa barang-barang untuk keperluan sehari-hari seperti pakaian, jaket, peralatan mandi, sendal, dan pelembab serbaguna untuk melindungi kulit dari panasnya cuaca di Arab Saudi. Smartphone juga penting untuk menjaga komunikasi dengan kerabat, dan juga untuk foto-foto.

  • 5. Mencari Travel Umroh Terpercaya
Saya sebenarnya ingin umroh sendiri tanpa agen travel, tapi karena proses pengurusan visa untuk umrah sudah tidak bisa dilakukan secara perorangan, dan juga ini pertama kalinya saya ke luar negeri, khawatir nanti di sana sulit mencari hotel, alat transportasi, dan sebagainya, akhirnya saya memutuskan umroh menggunakan biro travel seperti kebanyakan orang. Apalagi saat ini sudah banyak travel umroh di sekitar tempat tinggal saya.

Tapi tentunya dalam mencari travel umroh harus hati-hati, jangan sembarangan tergiur diskon. Ciri-ciri travel umroh yang saya cari adalah yang telah mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia, sudah sering memberatkan jamaah umroh, dan menyediakan paket umroh yang murah.

  • 6. Persiapan Komunikasi dan Internet
Hal lain yang tak kalah penting yang saya persiapkan untuk umroh adalah pulsa handphone untuk komunikasi dengan keluarga selama saya di Saudi Arabia. Ini penting banget karena keluarga saya terutama Ibu, paling tidak bisa kalau tidak mendengar kabar saya lebih dari sehari. Jadi meski saya nanti jauh di luar negeri, komunikasi dengan keluarga harus tetap lancar. Bukan cuma pulsa telepon, persiapan data internet juga saya pikirkan supaya sesekali bisa mengakses informasi dan berita apa yang lagi trending di tanah air.

Supaya kebutuhan komunikasi dengan keluarga, juga kebutuhan akses internet berjalan lancar, saya ingin operator dengan jaringan yang kuat dan dengan harga terjangkau.

Nah, untuk kemudahan nelpon, SMS, dan akses internet sepuasnya saat melaksanakan ibadah umroh di Saudi Arabia, teman saya menyarankan agar saya menggunakan Paket Umroh & Haji XL. Kebetulan saya dan teman saya tersebut memang pengguna XL sejak lama. Penasaran dengan saran teman saya tersebut, saya pun mencari tahu tentang apa itu Paket Umroh & Haji XL.

Paket Umroh & Haji XL

Paket Umroh & Haji XL merupakan paket khusus dari XL Axiata buat penggunanya yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau pun haji. Paket Umroh & Haji XL ini bisa dipakai untuk internetan, nelpon, dan sms dengan harga mulai dari Rp 149ribu. Terjangkau banget kan? Dengan harga yang terjangkau jadi bisa ibadah dan komunikasi dengan lancar dan tenang selama di Saudi Arabia.

Selain harganya yang terjangkau, untuk mengaktifkan Paket Umroh & Haji XL ini pengguna tidak perlu ganti kartu SIM. Artinya kartu XL sehari-hari saya juga bisa saya gunakan di Arab Saudi, tanpa perlu membeli kartu perdana XL khusus selama di Tanah Suci. Saya hanya perlu mengaktifkan Paket Umroh & Haji XL saja.

Paket Umroh & Haji XL bisa diaktifkan ketika masih di tanah air, ataupun ketika sudah tiba di tanah suci.

Cara daftar Paket Umroh & Haji XL

Untuk mengaktifkan atau daftar Paket Umroh dan Haji XL ada dua cara. Bisa dengan membuka aplikasi myXL, kemudian pilih paket sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak memiliki aplikasi myXL, daftarnya bisa melalui USSD dengan cara tekan *123*747# dan pilih paket yang kita inginkan. Proses pendaftaran ini dilakukan saat masih di tanah air Indonesia.

Nah saat sudah tiba di tanah suci Mekkah, kita tinggal memastikan layanan data roaming di ponsel dalam keadaan aktif. Gampang banget kan?

Syarat & Ketentuan Paket Umroh & Haji XL
 
  • Layanan Internet & Blackberry harian dapat langsung digunakan tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu
  • Pelanggan HARUS melakukan aktivasi Paket Umroh & Haji terlebih dahulu sebelum menggunakannya
  • Harga Paket Umroh & Haji sudah termasuk PPN 10%
  • Pelanggan dapat membeli lebih dari satu Paket Umroh & Haji, adapun kuota akan diakumulasi dari masa berlaku dihitung yang paling lama
  • Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL untuk melakukan aktivasi, cek paket, dan cek kuota Paket Umroh & Haji
  • Saldo akan dipotong langsung setelah aktivasi berhasil dan masa aktif paket akan dihitung setelah pelanggan tiba di Arab Saudi (Loc-up)
  • Pelanggan akan kembali ke tarif dasar ketika bonus kuota telepon dan SMS atau masa berlaku paket telah habis
  • Setelah kuota batas pemakaian wajar habis, maka pelanggan tetap dapat menggunakan internet sampai dengan masa aktif kuota berakhir tanpa biaya tambahan.

Keren! Terima kasih banget pokoknya buat teman saya yang sudah memberi tahu Paket Umroh dan Haji XL ini. Karena XL, semua #JADIBISA ibadah dan komunikasi lancar. Dan kerennya lagi, Paket Umrah & Haji XL ini gampang dicari karena sudah tersedia di banyak Online Store seperti Traveloka Apps, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa dan Ayopop Apps.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

1 komentar:

  1. Sepakat bgt dg poin2 di atas.. Biar ibadah umrahnya makin khusyuk.. Btw xl oke juga ya

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.