Sederet Manfaat Investasi yang Perlu Kaum Muda Ketahui

Jika ditanya apa itu investasi? Pasti tiap orang akan berbeda-beda dalam menjelaskannya meskipun maksudnya sama. Kalau menurut ilmu ekonomi, inventasi adalah pengeluaran penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian. Namun dalam bahasa sederhana sehari-hari, investasi kurang lebih artinya menanamkan modal untuk memperoleh keuntungan di waktu yang akan datang.

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja yang penting ada kemauan dan memiliki kemampuan. Dan sebagai kaum muda, tentunya kita juga musti melek investasi. Mengenal apa saja manfaatnya kemudian mulai berinvestasi dengan memilih jenis investasi yang tepat.

Manfaat Investasi Untuk Kaya di masa tua

Sudah saatnya kaum muda atau milenial memutar uang miliknya untuk investasi. Bukan didiamkan dalam tabungan, apalagi dihabiskan untuk nongkrong di cafe tiap malam, traveling tiap akhir pekan, shopping tiap habis gajian, menjadi bucin alias budak cinta, dan hal-hal tidak begitu penting lainnya. Boleh kok bersenang-senang mengisi masa muda, tapi tentu harus memikirkan juga mau hidup seperti apa nanti di masa tua.

Dengan rajin investasi di masa muda, pastinya kita akan bisa hidup makmur di masa tua. Dan sebenarnya, manfaat investasi bukan dirasakan ketika sudah tua saja. Ada yang bisa langsung dirasakan sedari muda. Pasalnya ada banyak sekali manfaat dan keuntungan dari investasi. Beberapa di antaranya seperti berikut ini:

  1. Investasi jauh lebih efektif dalam menambah nilai uang dibandingkan menabung. Ya, menabung memang bagus, tapi lebih bagus lagi kalau mengarahkan uang tersebut untuk investasi. Dengan berinvestasi, nilai uang kita akan bertambah seiring waktu. Sementara menabung, pertambahannya sangat sedikit karena bunga tabungan yang tak seberapa, dan sangat mungkin nilainya malah berkurang akibat inflasi.
  2. Berinvestasi akan mengubah kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Yang tadinya boros dan suka menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting, akan berubah menjadi sosok yang hemat dan bertanggung jawab terhadap setiap rupiah uang yang dimilikinya.
  3. Investasi bisa menjadi jalan untuk mempercepat terwujudnya impian. Misalnya ingin jalan-jalan ke Eropa, kalau ongkosnya disiasati dengan cara menyisihkan gaji nyelengin sedikit demi sedikit, tentu akan sangat lama mimpi tersebut akan terlaksana. Tapi jika uang tersebut diinvestasikan secara tepat, sehingga bisa berkembang biak dan berlipat ganda, pastinya mimpi jalan-jalan ke mancanegara itu akan lebih cepat menjadi nyata.
  4. Dengan berinvestasi, kita akan memiliki sumber pendapatan yang lain selain dari gaji. Jaman sekarang, di mana kebutuhan serta keinginan yang begitu banyak, membuat kita perlu berbuat sesuatu agar memperoleh penghasilan tambahan. Dan investasi adalah tindakan yang tepat karena akan sangat menambah pemasukkan. Bahkan seiring waktu, aset kita justru akan menghasilkan uang yang lebih besar daripada gaji.
  5. Bisa pensiun dini! Di saat pendapatan dari investasi sudah jauh lebih tinggi dibanding upah bekerja, tentunya kita sudah bisa resign dari perusahaan untuk lebih serius berinvestasi atau mau bersantai-santai saja menikmati hidup. Di Indonesia saat ini usia pensiun 57 tahun, tapi dengan berinvestasi kita bisa pensiun lebih cepat. 40 tahun, 35 tahun, 30 tahun, atau bahkan lebih muda lagi.
  6. Bisa hidup makmur dan sejahtera karena bebas finansial. Sehingga kita tidak perlu bekerja lagi untuk mencari uang, tapi justru uang yang bekerja untuk kita. Jadi walau tanpa bekerja keras, penghasilan tetap lancar dari aset-aset investasi yang kita miliki.
  7. Dan berbagai manfaat investasi lainnya yang nanti bisa kamu rasakan sendiri ketika kamu sudah terjun menjadi seorang investor.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat investasi di atas, aku yakin pasti kalian jadi kepikiran untuk mulai berinvestasi. Itu sangat bagus! Karena semakin cepat kamu melakukan investasi, tentunya kebebasan finansial kamu juga bisa lebih cepat diraih.

Ada banyak macam investasi yang bisa kamu pilih di jaman sekarang ini, bahkan kalau mau kamu bisa melakukan beberapa investasi sekaligus. Berikut ini beberapa jenis investasi yang bisa kamu pelajari.

  • Deposito


Deposito bisa menjadi pilihan buat investor pemula dan ingin berinvestasi tanpa resiko. Cara kerja investasi ini adalah dengan menaruh uang kita di bank atau perusahaan. Mirip seperti menabung, bedanya suku bunga yang bakal kita dapatkan dari deposito jauh lebih tinggi dibanding menabung.

Dalam investasi ini, syaratnya kita tidak boleh mengambil dana yang telah kita depositokan sampai waktu yang telah disepakati, bisa tiga bulan, enam bulan, satu tahun dan seterusnya.

  • Saham


Membeli saham sebuah perusahaan bisa menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin berinvestasi dengan cara yang benar. Saham umumnya dibuat dalam bentuk surat berharga yang menunjukkan kepemilikan. Misalnya kamu membeli 50% saham sebuah perusahaan, itu berarti kamu sudah menguasai setengah dari total aset yang dimiliki perusahaan tersebut.

  • Obligasi


Berinvestasi di pasar modal tidak hanya dalam bentuk saham, namun ada juga yang namanya Obligasi atau surat hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan ataupun pemerintah. Jika memiliki uang banyak, kita bisa berinvestasi dengan meminjamkan dana kita kepada perusahaan atau pemerintah. Nantinya surat hutang obligasi ini akan menghasilkan bunga pinjaman yang akan diberikan kepada kita selaku pihak yang meminjamkan dana.

  • Reksadana


Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor, yang kemudian uang yang telah terkumpul tersebut akan dikelola oleh manajer investasi. Nantinya apapun hasilnya, entah itu keuntungan atau justru kerugian, akan dibagi rata dengan seluruh investor yang terlibat.

  • Unit Link


Unit Link merupakan jenis investasi yang mengkombinasikan asuransi dengan investasi. Di Unit Link kita akan memperoleh keuntungan ganda berupa proteksi sekaligus investasi. Jadi selain mendapat asuransi yang akan melindungi kita dari kejadian-kejadian tak terduga, kita juga akan mendapatkan manfaat investasi yang akan menambah aset kita. Makanya produk investasi jenis ini sangat digemari akhir-akhir ini.

Namun tentunya kita harus hati-hati ketika hendak berinvestasi dalam bentuk Unit Link. Kita musti memilih Unit Link dari perusahaan yang sehat, terpercaya, serta memiliki track record yang bagus dalam membayar klaim para nasabahnya. Salah satu produk Unik Link terpercaya adalah PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Unit Link ini cocok untuk investasi jangka panjang. Karena alokasi investasi sebesar 30% dan tambahan investasi hingga 10% setiap pembayaran premi.

Keunggulan lainnya dari PRULink Generasi Baru adalah bebasnya biaya administrasi! Ini keren banget, karena kebanyakan produk Unit Link memiliki biaya administrasi baik secara bulanan, kuartal, semester, hingga tahunan. Selain itu, PRULink Generasi Baru juga dilengkapi dengan layanan e-Policy, yaitu pengiriman laporan melalui surat elektronik (e-mail), pembayaran Premi secara autodebet rekening bank dan bisa memantau transaksi secara elektronik.

  • Properti


Jika memiliki uang yang banyak, berinvestasi dengan membeli properti merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Misalnya membeli rumah, kalaupun tidak ditempati bisa dikontrakkan sehingga kita mendapatkan passive income. Selain itu, harga properti selalu naik setiap saat. Nanti beberapa tahun kemudian, seandainya rumah tersebut ingin dijual pasti harganya sudah lebih mahal.

  • Emas


Investasi logam mulia atau emas ini merupakan jenis investasi yang sudah banyak dilakukan orang sejak dulu kala. Cara kerjanya hampir mirip dengan investasi properti. Misalnya membeli emas sekarang, kemudian kita simpan dijual beberapa tahun kemudian, pasti harganya akan lebih tinggi yang bahkan bisa berkali-kali lipat.

Itulah berbagai manfaat serta jenis-jenis investasi yang perlu kita ketahui sebagai kaum muda. Mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa menambah wawasan teman-teman seputar dunia investasi. Terima kasih sudah membaca, dan yuk mulai berinvestasi dari sekarang, demi kehidupan finasial yang lebih baik di masa mendatang.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.