Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ingin Bebas Finansial? Ini Tips Mengatur Keuangan yang Patut Anda Coba

Mengatur keuangan bisa dibilang susah-susah gampang. Oleh karena itu agar Anda bisa merasakan bebas finansial tanpa ada tanggungan hutang apapun, maka tips mengatur keuangan dengan baik tentu harus dilakukan. Saat ini Anda sudah bisa mencari berbagai tips menarik seputar keuangan melalui website atau langsung berguru kepada pakarnya.

uang kertas dan logam


Cara Mengelola Keuangan yang Tepat

Tahukah Anda jika mengatur keuangan sama saja mempelajari agar biaya pemasukan dan pengeluaran dapat berlangsung dengan seimbang. Untuk bisa menyeimbangkannya, maka Anda perlu mengetahui secara detail berbagai pengeluaran yang akan dilakukan mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Jika saat ini Anda masih kesulitan dalam mengatur keuangan, ini dia cara mengatur keuangan dengan baik yang bisa Anda ikuti:


1. Atur Gaji dengan Prinsip 50-20-30


Untuk bisa terbebas dari beban finansial dan arus keuangan bisa berjalan dengan baik, maka Anda bisa mencoba mengatur gaji dengan menggunakan konsep 50-20-30. Bagaimana maksudnya? Maksudnya, jika Anda sudah mendapatkan gaji, maka alokasikan 50% untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan tagihan, 20% untuk tabungan dan dana darurat, serta 30% untuk dana hiburan.


2. Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini


Walaupun kebanyakan orang berfikir bahwa gaji hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sekarang, maka mulai rubahlah fikiran Anda dan mulai persiapkan dana pensiun sejak dini. Anda bisa mulai mempersiapkan dana pensiun dengan mengalokasikan 10% dari gaji atau pendapatan.


3. Lunasi Hutang Segera


Dibandingkan dengan menambah tingkatan gaya hidup, cara paling baik untuk mengatur keuangan adalah melunasi hutang dengan segera. Jangan tergiur dengan berbagai barang cicilan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Dibandingkan dengan itu, fokuslah untuk mulai melunasi berbagai jenis hutang yang Anda punya dengan tepat waktu. Jika sudah mulai dicicil dan dibayar, maka Anda sudah bisa mulai mengendalikan arus keuangan.


Pengeluaran yang banyak tentu bisa menambah beban finansial. Untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, maka Anda harus mulai melakukan penghematan pengeluaran salah satunya pulsa. Untuk bisa melakukan berbagai transaksi pulsa dengan lebih hemat dan cepat, Anda bisa mengunjungi website https://www.smartfren.com/id/shop/entertainment/Other.

Posting Komentar untuk "Ingin Bebas Finansial? Ini Tips Mengatur Keuangan yang Patut Anda Coba "

Berlangganan via Email