Rekomendasi Dokter Terdekat untuk Penderita Stroke

Stroke merupakan kondisi gejala gawat darurat yang membuat aliran darah menuju otak terputus dan biasanya tanpa asupan darah maka sel otak akan mati. Stroke iskemik merupakan jenis stork yang disebabkan oleh darah yang masuk ke otak terhalang karena adanya pembekuan darah, penumpukan timbunan lemak ini ada dalam lapisan pembuluh darah dan biasanya lepas memblokir aliran darah pada otak, dan stroke ini bersifat embolik dari bagian lain tubuh yang pindah menuju otak. Memiliki 15% dari kasus yang menyebabkan masalah stroke. Jika mengalami gejala muntah, sulit berjalan, lumpuh, sulit bicara, sulit menggerakkan mata, sulit berjalan, napas tidak teratur dan hilang kesadaran segera hubungi dokter terdekat.
 
Stroke hemoragik
 
Stroke hemoragik merupakan keadaan ketika pembuluh darah menuju otak mengalami kebocoran maupun pecah yang mampu menyumbang sekitar 13% pada total kasus. Darah yang bocor akan menghambat jaringan lalu menumpuk dan menyebabkan koma dan kematian jika mengalami pendarahan lanjutan. Penyebab stroke ini adalah aneurisma dan malformasi arteriovenosa. Gejala yang berbeda adalah leher kaku, koma, kejang, kebingungan, tidak mampu melihat cahaya yang terang, sakit kepala parah dan merasakan mual dan muntah yang memberikan cairan menyembur. Gejala stroke ringan yang mengganggu fungsi otak disebabkan oleh adanya hambatan pada aliran darah dan kerusakan otak secara permanen dan kondisi ini membuat pasokan darah serta oksigen tidak cukup terpenuhi.

Berikut adalah terapi yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Latihan keterampilan motorik yang membantu koordinasi dan kekuatan sehingga otot akan kembali, biasanya terapi ini akan membuat otot lidah menjadi lemah sehingga akan membuat otot lebih mampu menelan dan berbicara.
  • Terapi mobilitas yang dibantu dengan alat bantu berjalan, penahan pada pergelangan kaki, tongkat dan kursi roda dan akan memperkuat bagian pergelangan kaki dalam membantu dukungan berat badan.
  • Terapi contraint induced yang dilakukan untuk anggota tubuh yang akan mengalami dampak kondisi tertentu, anggota tubuh ini akan ditingkatkan fungsinya dan digunakan sebagai penggunaan paksa.
 
Dapat juga menggunakan terapi range of motion untuk perawatan dan latihan yang memiliki tujuan untuk mengurangi rasa tegang pada otot. Terapi gangguan kognitif maupun terapi wicara yang mampu meningkatkan pemrosesan, keterampilan sosial, penilaian dan memori untuk membantu seseorang mengembalikan kemampuannya untuk memahami setiap lawan bicara. Pengobatan psikologis yang membantu dalam partisipasi maupun konseling sehingga mempengaruhi rasa gelisah, kewaspadaan dan gerakan. Dapat melakukan pengobatan alternatif seperti akupuntur, pijat dan terapi oksigen yang diperoleh dari pasien.

Berikut adalah mengidentifikasi tanda adanya gejala stroke:

  • Wajah ketika tersenyum perhatikan apakah satu sisi mengalami penurunan ke bawah atau merasakan tebal sekitar bagian mulut.
  • Lengan jika mengangkat kedua bagian lengan apakah terasa lemas atau merasakan seperti jatuh kearah bagian bawah.
  • Bicara ketika mengucapkan kata-kata yang tidak jelas, suara mulai sengau atau parau dan mengalami perubahan pada volume suara dan menjadi sulit ketika berbicara.
  • Waktu jika mengalami gejala maka segera hubungi dokter dan terima perawatan dalam 3 jam.

Jika mendapatkan gejala maka pastikan mendapatkan hubungan dokter terdekat sehingga akan segera menganjurkan pertolongan pertama yang diperoleh. Jika tidak mendapatkan pertolongan pertama akan memberikan resiko yang cukup besar seperti kematian hingga cacat. Sebaiknya mendapatkan pengobatan untuk menghindari kerusakan otak, sebaiknya dapat pertolongan 4,5 jam ketika mengalami gejala strok dan tindakan ini untuk mengangkat gumpalan darah setelah 24 jam terjadi.

1 Komentar untuk "Rekomendasi Dokter Terdekat untuk Penderita Stroke"

  1. Salam dari penggemar zuzklin om . wkwkwkwkwk saya dari karawang om. sehat selalu untuk blog dan si omnya, saya cowo ya om

    BalasHapus
Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel