Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengetahui Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi

Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi

Penting bagi kita untuk mengenali ciri serta gejala kolesterol tinggi agar bisa waspada dengan gangguan metabolik tersebut. Pasalnya menurut para ahli, banyak orang yang tidak menyadari kalau dirinya mengalami kondisi kolesterol yang tinggi. Sehingga tidak berusaha menjalankan pola hidup sehat agar kadar kolesterolnya tetap normal. Padahal jika dibiarkan, kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius dan berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, perlemakan hati dan gangguan ginjal.

Sebenarnya secara alami tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membangun selubung saraf, membran sel tubuh, hormon, vitamin D, serta berfungsi mencerna lemak. Kandungan kolesterol tersebut tersebar ke seluruh tubuh seperti otak, saraf, jantung, dan lainnya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh supaya terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya akibat meningkatnya kadar kolesterol.

Lalu bagaimana sih cara mengenali ciri dan gejala kolesterol tinggi itu?

Berikut beberapa tanda-tanda yang sering dialami oleh mereka yang kadar kolesterol dalam tubuhnya naik.

1. Rasa Tidak Nyaman Pada Kaki


Cara mengenali apakah kita mengalami kolesterol tinggi atau tidak adalah dengan peduli dengan rasa tidak nyaman di bagian-bagian tubuh kita sendiri, misalnya bagian kaki. Jika telapak kaki, betis, lutut dan paha sering merasakan sakit dan nyeri. Atau kaki sering kebas dan kesemutan. Atau otot kaki terasa melemah hingga agak kesulitan untuk digunakan untuk berjalan. Kita perlu waspada karena bisa jadi itu adalah gejala kolesterol tinggi.

Meskipun tidak selalu rasa tidak nyaman di kaki karena gejala kolesterol tinggi, namun keluhan tersebut memang cukup sering dirasakan oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi. Berbagai keluhan sakit di kaki tersebut lantaran aliran darah kurang lancar akibat arteri tersumbat oleh tumpukan kolesterol jahat.

2. Rasa Tidak Nyaman di Leher Bagian Belakang


Selain rasa sakit di kaki, cara deteksi dini kolesterol tinggi juga bisa dari leher belakang atau tengkuk. Apabila tengkuk kita sering merasa nyeri, patut dicurigai itu akibat kadar kolesterol yang naik. Hal ini akibat penumpukan kolesterol di pembuluh darah pada area leher, sehingga menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

Meski memang sakit pada leher belakang bukan merupakan sebuah kepastian seseorang mengalami kolesterol tinggi, tapi tentunya kita musti waspada.

3. Sakit Kepala


Jika kepala sering pusing, kita juga perlu waspada. Jangan selalu menganggap remeh itu hanya sakit kepala biasa atau cuma mumet karena mikirin hidup. Kepala yang sering pusing juga bisa mengindikasikan kita terkena kolestrol tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena kolesterol yang tinggi bisa mengurangi kadar oksigen di dalam darah, sehingga asupan darah ke dalam otak ke dalam otak menjadi berkurang.

Sakit Kepala Gejala Kolesterol Tinggi

4. Nyeri di Dada


Munculnya rasa yang tidak nyaman di bagian-bagian tubuh kita sendiri memang menjadi cara paling mudah mengetahui gejala kolesterol tinggi tanpa menggunakan alat. Termasuk rasa sakit di dada. Karena itu bisa jadi merupakan indikasi bahwa kadar kolesterol di dalam darah kita sangat tinggi, yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah menuju jantung, sehingga efeknya membuat dada kita terasa sangat sakit dan sulit bernapas.

5. Jantung Mudah Berdebar-debar


Jantung yang mudah berdebar-debar juga bisa menjadi pertanda kolesterol naik. Tingginya kolesterol di dalam tubuh, membuat kerja jantung dalam memompa darah menjadi lebih berat, sehingga jantung akan terasa berdebar-debar lebih cepat.

6. Disfungsi Ereksi


Ada beberapa penyebab kenapa seseorang lelaki bisa mengalami impotensi atau difungsi ereksi. Salah satunya karena kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan aliran darah menuju alat vital tersumbat oleh tumpukan kolesterol jahat pada pembuluh darah.

Itulah beberapa cara mengetahui ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi. Meski gejala-gejala tersebut belum tentu dikarenakan naiknya kadar kolesterol, tapi seyogyanya kita perlu waspada dan berhati-hati. Mulai menerapkan pola hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat, menghindari makanan-makanan yang bisa memicu kenaikan kadar kolesterol, tidur yang cukup, jangan merokok, menjaga berat berat badan tetap ideal, rajin bergerak dan berolahraga.

Jangan mentang-mentang masih muda lalu mengabaikan gaya hidup sehat. Sering begadang, males olahraga dan beraktivitas, hobi rebahan, makan sembarangan, perokok berat, alkoholik, dan berbagai pola hidup tidak sehat lainnya. Karena dewasa ini kolesterol tinggi bukan hanya dialami oleh orang tua saja, tapi juga sudah banyak menyerang kawula muda. Apalagi kalau punya riwayat keturunan dari orang tua yang memiliki kolesterol tinggi. Ini makin rentan.

Demikian. Semoga info kesehatan kali bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa bagikan artikel ini di Facebook, Twitter, Pinterest ataupun WhatsApp agar teman-teman kita yang lain ikut mengetahui informasi tentang pentingnya mengetahui gejala-gejala kolesterol tinggi ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi"

Berlangganan via Email