Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Sablonan Di Baju Ternyata Gampang Banget! Berikut Langkah-langkahnya

Buat kamu yang butuh informasi bagaimana cara menghilangkan sablonan di baju ataupun kaos, di postingan kali ini aku akan coba membahasnya berdasarkan pengalaman aku sendiri, yang kebetulan pernah beberapa kali berhasil menghapus sablon pada pakaian.

cara menghilangkan sablonan di baju paling ampuh

Tentunya ada banyak alasan kenapa seseorang ingin membuang gambar ataupun tulisan sablon di bajunya. Mungkin karena sudah bosan, sablonnya salah, sablonannya jelek, dan sebagainya. Bisa juga karena sablonnya sudah mulai rusak terkelupas akibat salah perawatan. Sehingga sekalian dihilangkan saja daripada tidak bagus dipandang.

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sablon pada pakaian. Tapi di sini, aku hanya akan membagikan tiga cara saja, yang menurut aku paling praktis dan mudah karena bahan dan peralatan yang dibutuhkan juga gampang didapat. Tiga cara ini juga yang selalu aku praktekkan setiap kali ingin menghapus sablonan yang menempel di baju.

Cara Pertama


Cara kesatu ini yang paling sering aku gunakan, terutama jika sablonan yang ingin dibuang hanya bagian-bagian tertentu saja, bukan seluruhnya. Juga apabila yang akan dihilangkan adalah sablonan yang sudah mulai terkelupas, atau bahkan sudah banyak yang rontok, maka untuk sekalian melenyapkan seluruh sablon yang tersisa, cara pertama ini cukup praktis dan efektif.

Caranya sangat sederhana. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan juga mudah didapat:

  • Premium atau bensin, sebagai bahan utama untuk melunakkan daya rekat sablon pada kain.
  • Kain kering yang tebal sebagai perantara supaya bensin tidak merembes.
  • Pisau kecil, sebagai alat bantu untuk mengelupas sablonan yang membandel.

Dan berikut langkah-langkah melepaskan sablon pada kain menggunakan bensin:

  1. Balik kaos yang akan dibuang sablonannya, sehingga bagian luar ada di dalam, dan bagian dalam ada di luar.
  2. Letakkan kaos yang telah dibalik tersebut pada bidang datar. Kalau aku biasanya diletakkan di lantai.
  3. Masukkan kain kering di bagian dalam pakaian yang telah dibalik tadi. Jadi posisi kain kering ini menempel dengan bagian depan atau permukaan sablon.
  4. Oleskan bensin pada bagian belakang sablon sampai basah. Harus hati-hati saat melakukan ini, pastikan jauh dari api dan jangan sambil merokok.
  5. Diamkan sampai bensin yang menempel di belakang sablonan mengering.
  6. Setelah kering, balik lagi kaosnya ke posisi kayak mau dipakai. Kemudian kelupas sablonannya mulai dari pinggir. Bisa menggunakan kuku, atau agar lebih mudah bisa pakai pisau. Tapi tentunya harus hati-hati jika menggunakan pisau, supaya tidak justru menggores kain.
  7. Jika masih ada sablonan yang sulit terkelupas, ulangi langkah ketiga sampai kelima, hingga seluruh bagian sablon yang ingin dibuang benar-benar bersih.
  8. Terakhir cuci pakaian yang telah berhasil dihilangkan sablonnya tersebut. Bilas sampai bersih dan tambahkan cairan pewangi pakaian agar aroma bensinnya hilang.

Cara Kedua


Kalau kamu tidak ingin menghilangkan sablonan menggunakan bensin. Mungkin tidak suka baunya, atau takut nanti kebakaran. Kamu bisa mencoba cara kedua ini, yang juga sama mudahnya dengan yang pertama di atas. Alat yang diperlukan juga sederhana:

  • Setrika listrik
  • Kain kering atau bisa juga kertas
  • Minyak kayu putih atau alkohol juga bisa

Dan berikut tahap demi tahap melepaskan sablon pada pakaian menggunakan setrika:

  1. Letakkan kaos yang akan dilepas sablonannya pada bidang datar. Bisa di meja, papan setrikaan, atau kalau aku biasanya aku beber di ubin.
  2. Tutupi bagian sablon dengan kain kering. Kalau aku kadang aku menggunakan kertas HVS. Pernah juga menggunakan kertas timah yang terdapat di bungkus rokok, terutama jika sablonan yang mau dibuang cuma sedikit tidak terlalu lebar.
  3. Hubungkan setrika ke colokan listrik. Tunggu antara 3 sampai 5 menit agar setrika mendapatkan panas yang maksimal.
  4. Setelah setrika panas, tempelkan ke kain kering atau kertas yang menutupi sablon tadi. Gosok perlahan-lahan sambil sedikit ditekan.
  5. Angkat kain kering atau kertas penutup sablon. Sampai di sini, biasanya sablonan sudah bisa ditarik sedikit demi sedikit.
  6. Ulangi proses ke-4 dan ke-5 sampai bagian sablonan yang ingin dihilangkan bersih sesuai keinginan kamu.
  7. Supaya lebih mudah, setelah disetrika dan kain kering penutup sablon diangkat, kamu bisa mengolesi bagian sablon dengan alkohol atau bisa juga minyak kayu putih. Oleskan pada saat sablonan masih panas. Kemudian setelah sablonan mengkerut dan terlihat retak-retak, tarik sablonan yang telah pecah-pecah tersebut dengan tangan ataupun pisau.
  8. Jika masih ada sablonan yang masih sulit dilepas, ulangi prosesnya sampai bagian yang ingin kamu hilangkan bersih.
  9. Terakhir cuci pakaian yang telah berhasil dibuang sablonannya tersebut.

Cara Ketiga


Cara ketiga ini bisa dilakukan apabila kamu ingin menghapus seluruh sablonan yang ada di pakaian. Bahan utama yang dibutuhkan adalah produk pemutih pakaian. Dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan ember dan pakaian yang mau dihapus sablonannya.
  2. Rebus air secukupnya, kira-kira cukup untuk merendam baju yang sablonnya ingin dibuang tersebut.
  3. Sambil menunggu air mendidih, olesi permukaan sablon yang ada di baju dengan cairan pemutih pakaian.
  4. Setelah air yang direbus tadi mendidih, tuangkan ke dalam ember yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Masukkan segenggam deterjen bubuk dan 100 ml cairan pemutih ke dalam ember yang telah diisi air panas.
  6. Aduk sebentar dengan kayu atau alat lainnya sampai larut dan merata. Jangan pakai tangan nanti melepuh.
  7. Masukkan pakaian yang sablonannya ingin dihapus ke dalam ember berisi air panas. Kemudian diamkan kira-kira 5 sampai 10 menit.
  8. Setelah direndam 5 sampai 10 menit, dan air mulai menghangat, kucek bagian baju yang bersablon. Setelah sablonan mulai mengelupas, silahkan ditarik-tarik menggunakan kuku.
  9. Ulangi proses perendaman dan pengelupasan sampai seluruh sablon bersih terkelupas.
  10. Lanjutkan dengan proses mencuci baju seperti biasa, dan tambahkan cairan pewangi untuk menghilangkan bau pemutih pakaian.
  11. Selesai!
cara menghapus sablon pada pakaian

Itulah tiga cara ampuh menghilangkan sablon pada pakaian yang pernah aku coba. Selain cara-cara tersebut, sebenarnya aku juga pernah menjajal menghapus sablon di baju dengan metode mengolesi odol atau lotion anti nyamuk, lalu dikerok-kerok pakai uang logam. Akan tetapi hasilnya kurang memuaskan. Lebih lama dan tidak bisa benar-benar bersih. Masih terlihat sisa-sisa dan bekas sablonan.

Ketiga cara di atas aku gunakan untuk menghilangkan sablonan jenis polyflek. Kayak membuang tulisan merek produk yang ada di Jersey klub bola lokal. Pernah juga menghapus sablonan polyflek di t-shirt hadiah sebuah event. Soalnya t-shirt-nya bagus tapi sablonannya jelek. Dan sablon-sablon polyflek di beberapa kaos lainnya. Jadi untuk pakaian-pakaian yang disablon dengan teknik sablon selain polyflek, yang daya rekatnya lebih kuat, ada kemungkinan cara menghilangkan dengan bensin atau setrika ini akan kurang efektif.

Untuk sablon jenis rubber, plastisol, pigmen, flocking, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan cairan M3, yang merupakan cairan khusus pembersih sablon. Cairan M3 ini bisa kamu beli di toko-toko sablon. Karena memang tidak semua sablonan di baju bisa dihilangkan dengan mudah. Tergantung jenis sablon dan juga jenis kain yang disablon. Paling benar memang merawat sablonan yang sudah ada di pakaian. Menjaga agar tidak terkelupas dan tetap bagus dipandang, sehingga tidak perlu repot-repot menghapusnya.

Merawat sablon di pakaian bisa dengan cara tidak direndam terlalu lama pada saat mau dicuci. Kemudian mencucinya juga jangan pakai mesin cuci, tapi dengan dikucek pakai tangan secara hati-hati, tanpa disikat apalagi di bagian sablonannya. Pada saat merendam, juga jangan lupa gunakan deterjen yang mendukung perawatan untuk baju bersablon, misalnya Rinso Anti Noda Deterjen Cair Classic Fresh. Varian Rinso satu ini memang diformulasikan untuk menghilangkan kotoran dalam sekali kucek, jadi cocok banget digunakan untuk mencuci baju bersablon kesayangan kamu.

Selain itu agar sablonan awet, proses penjemurannya juga harus kamu perhatikan baik-baik. Yang paling penting jangan dijemur di bawah matahari. Sebaiknya dikeringkan di tempat teduh. Kalau terpaksa dijemur di bawah matahari, posisi bajunya musti dibalik bagian sablonnya ada di dalam. Demikian juga pada saat menyetrika, baju harus dibalik sehingga yang disetrika adalah bagian belakang sablonan. Seperti itu.

Demikianlah 3 cara mudah menghilangkan sablonan polyflek di baju ataupun kaos. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tutorial menghapus sablon pada pakaian. Dan kamu juga bisa membagikan artikel ini via tombol Facebook, Twitter dan WhatsApp yang ada di bawah, jika ingin teman-teman kamu mengetahui informasi ini. Terima kasih.

1 komentar untuk "Cara Menghilangkan Sablonan Di Baju Ternyata Gampang Banget! Berikut Langkah-langkahnya"

  1. Pernah coba cara yang kedua, berhasil sih walau agak sulit. Nanti mau coba tips yang ketiga.

    BalasHapus

Berlangganan via Email