Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Apa Itu Corona dan Hal-hal yang Perlu Dilakukan Untuk Menghadapi Virus Tersebut

Sebagaimana diketahui, hampir seluruh negara di dunia saat ini dilanda wabah virus Corona Covid-19, meski ada beberapa negara yang sudah cukup berhasil menekan penyebaran virus tersebut. Di Indonesia sendiri, hingga saat saya menulis artikel ini (5 Mei 2020), sudah ada 12.071 kasus positif, dengan 872 meninggal dunia dan 2.197 sembuh.

Tentunya penting bagi kita sebagai masyarakat untuk mengetahui lebih jauh apa itu corona dan bagaimana penularannya, sehingga kita bisa melakukan hal-hal yang bisa meminimalisir ancaman dari virus tersebut.

Masker untuk mencegah tertular virus Corona covid-19

Dari apa yang saya baca dari berbagai sumber terpercaya, virus Corona atau Coronavirus sebenarnya bukanlah virus baru. Ini virus lama yang sudah ada sejak tahun 1930-an, tapi Corona yang sedang terkenal sekarang ini adalah jenis baru. Virus Corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada hewan dan juga manusia. Dan hingga saat ini, sudah ada tujuh virus Corona yang telah teridentifikasi, antara lain HCoV-229E, HCoV-OC43, HCoV-NL63, HCoV-HKU1, SARS-COV, MERS-COV dan yang sekarang SARS-CoV-2.

Infeksi dari virus Corona SARS-CoV-2 bisa menyebabkan penyakit dengan gejala demam, flu, batuk, dan sesak napas. Penyakit akibat nfeksi virus SARS-CoV-2 pertama kali ditemukan di Wuhan, China, pada akhir Desember 2019 lalu. Sehingga dinamakan COVID-19, yang merupakan kependekan dari Coronavirus Disease 2019. 

Dari China, hanya dalam waktu beberapa bulan saja, Covid-19 telah menyebar ke hampir semua negara di dunia. Termasuk Indonesia yang mengumumkan kasus positif pertama kali pada bulan Maret lalu. Dan di bulan Mei sekarang ini, sudah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia.

Virus Corona covid-19 menular dari tetesan cairan yang dikeluarkan oleh individu yang telah terjangkit virus ketika batuk atau bersin, yang kemudian mengenai individu lain. Atau bisa juga cairannya menempel dahulu di sebuah benda yang kemudian tersentuh oleh orang lain, dan orang lain tersebut kemudian memegang hidung atau mulutnya. Dan meski lebih rentan menyerang para lansia, virus ini sebenarnya juga bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Oleh karena itu, kita semua perlu melakukan langkah-langkah nyata supaya terhindar dari risiko-risiko yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini.

1. Jaga Kebersihan


Menjaga kebersihan menjadi hal yang wajib dilakukan menghadapi mewabahnya virus Corona covid-19 ini. Terutama dengan rutin mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada sabun, bisa menggunakan anti septik atau hand sanitizer.

Hindari menyentuh bagian wajah apabila belum cuci tangan. Walau secara kasat mata tangan tampak bersih, tapi kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel atau tidak. Memegang mata, hidung dan mulut tanpa cuci tangan, bisa meningkatkan resiko tertular virus SARS-CoV-2.

2. Di Rumah Saja


Strategi terbaik menghadapi virus Corona agar tidak tertular dan semakin menyebar adalah dengan di rumah saja. Pemerintah juga telah menganjurkan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan dengan melakukan social distancing dan juga physical distancing. Bekerja dari rumah, beribadah di rumah, dan juga tidak mudik di hari raya Idul Fitri tahun ini.

3. Jaga Jarak dan Pakai Masker


Jika terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja maupun keperluan-keperluan mendesak lainnya, jangan lupa jaga jarak dan mengenakan masker. Hindari berjabat tangan apalagi cipika-cipiki jika bertemu sahabat atau saudara saat di luar.

Mengingat ada beberapa kasus orang yang sudah terjangkit covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala, jadi kita tidak tahu dari banyaknya orang yang kita temui barangkali ada yang sebenarnya sudah positif. Maka dari itu, untuk meminimalisir tertular virus Corona, saat di tempat umum kita harus menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

4. Jaga Kesehatan


Selain menjaga jarak dan kebersihan, kita juga harus mengimbanginya dengan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya agar daya tahan tubuh kita lebih kuat. Karena sistem imun tubuh yang kuat akan menangkal dan melindungi kita dari infeksi virus ini. Cara menjaga kesehatan yang baik adalah dengan makan makanan sehat dan bergizi, rajin berolahraga, tidur cukup dan teratur, serta menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, kita bisa juga memberi perlindungan diri dari resiko virus Corona covid-19 dengan menggunakan asuransi kesehatan terbaik seperti PRUTop. Apa itu PRUTop?

PRUTop atau PRUTotal Critical Protection merupakan Produk Asuransi Tambahan (Riders) inovasi dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), dengan memberikan manfaat untuk membantu kita menghindari ancaman kondisi kritis misalnya karena wabah virus Corona covid-19 ini.

Dan bukan cuma karena virus Corona, berbagai penyebab penyakit dan kondisi kritis lainnya juga akan dilindungi oleh PRUTop. Sesuai dengan nama produknya: PRUTotal Critical Protection! Sehingga siap memberi perlindungan kesehatan kepada masyarakat secara total! Bahkan perlindungan untuk penyakit-penyakit di masa depan yang belum ditemukan (future-proof). Termasuk juga perlindungan untuk penyakit baru, seperti infeksi virus Corona covid-19 ini.

Hingga pertengahan tahun lalu, pasti banyak yang tidak menyangka akan ada penyakit infeksi virus Corona covid-19 yang telah menelan ribuan nyawa ini. Dan kita juga tidak tahu, di masa-masa mendatang akan ada penyakit-penyakit apalagi yang bisa mengancam manusia. Bisa jadi muncul virus Corona jenis baru lagi, atau justru muncul penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya. Makanya penting dari sekarang untuk bersiap dan selalu waspada dengan memberikan perlindungan diri. Seperti itu.

Baik. Kiranya sampai di sini saja artikel sederhana tentang apa itu Corona dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi virus tersebut. Intinya, jangan lupa sering cuci tangan, makan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, di rumah saja, jaga jarak serta pakai masker jika terpaksa harus keluar rumah. Dan bila perlu, lindungi diri kita dari risiko-risiko virus Corona dengan menggunakan perlindungan terbaik seperti Asuransi Tambahan inovatif PRUTotal Critical Protection (PRUTop). Terima kasih sudah membaca. Mudah-mudahan pandemi virus Corona covid-19 ini segera berakhir.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Corona dan Hal-hal yang Perlu Dilakukan Untuk Menghadapi Virus Tersebut"

Berlangganan via Email