Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Penting Dalam Menghilangkan Bulu Ketiak Agar Aman dan Tidak Membuatnya Menjadi Hitam

tips menghilangkan bulu ketiak dengan baik dan benar agar ketek tidak menjadi hitam

Ingin tahu bagaimana cara serta tips menghilangkan bulu ketiak dengan baik dan benar? Jika iya, silakan baca artikel ini hingga tuntas karena di sini aku akan membagikannya berdasarkan pengetahuan yang aku dapatkan di internet, yang kemudian aku praktekkan dan ternyata terbukti berhasil. Ini penting, karena kalau sampai kamu mencukur rambut ketiak dengan metode yang salah, akibatnya kulit ketiak kamu bisa iritasi dan lama-kelamaan berubah menjadi hitam! Dan kalau ketiak sudah menghitam, biasanya akan mengurangi rasa percaya diri terutama bagi kaum wanita. 

Bagi wanita masa kini, menghilangkan bulu ketiak menjadi hal yang sangat lumrah bahkan seperti sebuah keharusan. Karena saat ini sudah bukan lagi seperti jaman mudanya mbak Eva Arnaz, di mana saat itu cewek yang bulu ketiaknya lebat dan hitam bisa terlihat lebih menggoda. Kalau sekarang, ketiak yang cerah, bersih dan bebas bulu merupakan dambaan hampir semua kaum perempuan.

Beda dengan pria, yang dari dulu hingga sekarang masih terpecah menjadi beberapa kubu dalam menyikapi keberadaan rambut di pangkal lengan ini. Ada yang sengaja membiarkannya rimbun karena merasa lebih jantan, atau memang dasarnya cuek dan tidak peduli dengan perawatan rambut ketiak. Ada yang sesekali mencukurnya agar lebih rapi. Ada pula yang begitu rajin membersihkannya sehingga keteknya senantiasa mulus kayak ketiak bayi.

Aku pribadi termasuk yang sesekali mencukurnya. Kadang hanya dipangkas sampai kira-kira tersisa satu senti dari permukaan kulit, tetapi kadang juga aku babat habis hingga botak dan licin. Bagi aku rasanya kurang nyaman saja kalau bulu ketek terlalu gondrong. Apalagi pas pakai kaos lengan pendek, terkadang bulunya suka menjuntai keluar sehingga menurunkan kadar ketampanan. Selain itu, bulu ketiak yang dibiarkan panjang, bisa menjadi lokasi bertumpuknya daki dan keringat yang akhirnya menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Baik bagi perempuan maupun laki-laki, menghilangkan bulu ketiak sebenarnya memiliki beberapa manfaat baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Seperti mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi keringat di area ketiak, mencegah bau badan, dan pastinya akan membuat lebih percaya diri ketika tampil memakai busana yang tidak menutupi area ketiak.

Nah, buat kamu yang selama ini belum pernah menghilang rambut ketiak dan berencana melakukannya untuk pertama kali, artikel ini akan memberikan tips penting dan juga bagaimana cara mencukur bulu ketiak dengan baik dan benar. Atau buat kamu yang sudah kerap melakukannya, tapi hasilnya kurang memuaskan dan lama-kelamaan kulit ketiak malah menghitam? Bisa jadi kamu mencukur bulu ketek dengan prosedur yang salah!

Pasalnya kulit di ketiak memiliki tekstur yang lebih lembut, sehingga kalau untuk menghilangkan bulunya kamu asal main kerok saja, akibatnya bisa kurang bagus! Mulai dari iritasi, lecet, hingga akhirnya kulit ketiak kamu menjadi gelap. Untuk itu, dalam mencukur rambut ketiak kamu perlu menerapkan metode yang baik dan benar dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pendekkan Pakai Guting Terlebih Dahulu


Jika bulu ketek kamu panjangnya sudah kebangetan, sebelum mencukurnya dengan pisau pencukur, kamu perlu melakukan pemendekan terlebih dahulu pakai gunting. Ini penting, karena akan memudahkan kamu nanti pada saat proses pemotongan menggunakan pisau cukur. Jika kamu paksakan langsung mencukur dalam kondisi masih gondrong, kemungkinan besar proses pencukuran menjadi lebih sulit dan lebih lama.

Tapi jika ketiak kamu tidak terlalu berbulu. Cuma tipis-tipis dan nggak terlalu panjang. Kamu boleh melewatkan langkah pertama ini, dan boleh langsung menuju ke tips yang kedua.

2. Pastikan Pisau Cukur yang Akan Digunakan Masih Tajam


Tips penting dalam mencukur bulu ketiak supaya nyaman dan tidak mengakibatkan kulit ketiak menjadi hitam adalah dengan menggunakan pisau cukur yang benar-benar tajam! Pasalnya, jika yang kamu pakai pisau cukur yang sudah tumpul, bulu-bulunya pasti sulit terpotong bahkan mungkin akan tersangkut-sangkut di pisau, membuat kamu harus berulang-ulang dalam melakukan pengerokan. Dan jika dikerok terlalu berulang-ulang apalagi dengan kondisi pisau yang tidak tajam, tentu akan meningkatkan resiko iritasi maupun luka tergores. Iritasi dan luka tersebut akhirnya membuat kulit ketiak berubah menghitam.

pisau cukur menghilangkan bulu ketiak

Untuk itu, pastikan saat menghilangkan bulu ketiak kamu menggunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Tujuannya agar bulu-bulunya terpotong dengan mudah sehingga hasilnya bersih maksimal. Jangan pernah memakai pisau cukur tumpul apalagi yang sudah berkarat.

3. Kulit Ketiak Harus Lembab Pada Saat Proses Pencukuran


Cara mencukur bulu ketiak yang benar dan aman selanjutnya adalah dengan membasahi area ketiak pada saat pencukuran. Kamu bisa membasuhnya dengan air, mengoleskan krim/gel khusus untuk pencukur bulu, atau kalau mau lebih praktis dan gampang kamu juga bisa mencukur bulu ketek sambil mandi di bawah guyuran air shower.

Intinya ketiak harus dalam keadaan lembab ketika bulunya mau dicukur. Kulit ketiak yang lembab, dijamin akan membuat rambut ketek kami lebih gampang dikerok sehingga minim iritasi.

4. Cukur Dari Arah yang Berbeda-beda


Cara menghilangkan bulu ketiak yang benar pada saat pencukuran adalah dengan dicukur dari berbagai arah. Tujuannya supaya hasilnya benar-benar bersih sempurna. Kalau hanya ke satu arah saja, hasilnya cenderung kurang bersih. Kalaupun bersih, pasti butuh waktu yang relatif lebih lama.

Hal ini karena biasanya bulu ketiak tumbuh tidak beraturan. Ada yang tumbuh ke atas, ke bawah, ke samping kanan dan juga ke samping kiri. Maka untuk mencukurnya kamu musti menyesuaikan dengan arah pertumbuhannya tersebut. Jika bulunya tumbuh ke atas, kamu harus mencukur ke arah yang berlawanan yaitu ke bawah. Begitupun sebaliknya.

5. Olesi Area Ketiak Dengan Pelembab Sehabis Bercukur


Tips penting lainnya agar ketiak tidak hitam setelah bulunya dicukur adalah dengan mengoleksi pelembab setelah selesai mencukur. Menurut beberapa ahli, ketika seseorang mencukur bulu ketiak, ada sekitar 1/3 permukaan kulit ketiak atau sekitar 2-3 mg kulit ketiak bagian terluar akan ikut terkelupas. Menyisakan kulit muda yang lebih sensitif dan rentan iritasi yang jika dibiarkan akan menjadi lapisan kering, rusak, kasar dan ujungnya kulit ketiak menjadi hitam.

Dengan mengolesi pelembab setelah dicukur, akan membuat kulit ketiak kembali rileks dan menjaganya tetap lembab. Sehingga dampak kulit ketiak menjadi gelap bisa dihidari. Kemudian setelah pelembab, kamu juga bisa menggunakan deodoran yang memiliki kandungan bahan untuk mencerahkan kulit ketiak. Tapi sebaiknya untuk deodoran, kamu pakainya beberapa jam pasca pencukuran. Jangan langsung digunakan begitu selesai mencukur.

Kalau aku sih biasanya ketika selesai memangkas bulu ketiak sampai gundul, aku olesi pelembab alami berupa minyak kelapa, kemudian tiduran dengan lengan terbuka biar area ketiak bisa bernafas setelah mungkin trauma akibat bergesekan dengan pisau cukur. Habis itu mandi, nah setelah mandi baru aku gunakan deodorant.

Untuk deodorannya biasanya aku pakai Rexona Men Activ-White. Produk satu ini selain mampu mencegah iritasi, juga punya kemampuan mencerahkan kulit ketiak hingga 5x lebih efektif! Jadi cocok banget buat kamu para lelaki yang rutin memangkas rambut ketiak.

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan bulu ketiak dengan baik dan benar. Silakan dipraktekkan dengan sebaik-baiknya, agar kulit ketiak kamu tetap aman dan tidak membuatnya menjadi berwarna gelap atau hitam walau bulunya sering dicukur. Terima kasih sudah membaca. Kalau menurut kamu tulisan ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya ke teman-teman lewat tombol sosial media Facebook, Twitter dan WhatsApp yang ada di akhir artikel ini.

1 komentar untuk "Tips Penting Dalam Menghilangkan Bulu Ketiak Agar Aman dan Tidak Membuatnya Menjadi Hitam"

  1. Ngeri perih kalau pakai alat cukur untuk mencukur kumis gitu, tapi boleh dicoba... Hahaha tapi rexona juga bisa bikin ketiak hitam lho mas, memang harus rajin mandi dan digosok sih supaya enggak hitam akibat daki juga.

    BalasHapus

Berlangganan via Email