Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Full Stack Development? Berikut Tempat Kursusnya

Full Stack Development

Untuk mengetahui lebih dasar tentang apa itu full stack development, sebaiknya Anda pahami dulu tentang website, atau bahkan sudah bisa membuat satu website.

Karena full stack development adalah kemampuan untuk bisa mengembangkan bagian ujung depan dan ujung belakang web dimana Anda dapat mempelajarinya di tempat kursus full stack developer.

Yang paling utama dalam pengenalan apa itu full stack development adalah front end development dan juga back and development, untuk itu untuk lebih mengetahui apa itu full stack development simak 2 bagian penting berikut.

1. Front End development

Front End development adalah bagian situs web yang terlihat oleh pembaca situs web dan juga bisa berinteraksi dengan pengguna situs web. Dan front end development ini bisa dibuat dengan 3 bahasa pemrograman yaitu :

a. HTML (HyperText Markup Language)

HTML sering disebut sebagai tulang punggung dari satu web, karena setiap situs web dibuat dengan HTML. Walaupun saat ini sudah tersedia HTML5 untuk membuat satu web, namun HTML5 juga merupakan pemgembangan dari HTML.

b. CSS (Cascading Style Sheets)

CSS adalah yang mengontrol tampilan HTML, dimana CSS berfungsi untuk menetapkan warna, gambar latar belakang web, ukuran font, dan semua aturan halaman HTML sesuai keinginan pengguna.

c. JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman untuk membuat satu web lebih menarik, jika CSS bisa lebih kompleks mengontrol tampilan warna, background, dan bahkan font pada HTML, disini JavaScript lebih kompleks lagi untuk mempercantik tampilan dengan animasi, dan jika lebih dikembangkan bisa untuk pengembangan fitur web.

2. Back End development

Back end development adalah bagian situs web yang tersembunyi, yang dikembangkan dengan 3 bahasa pemrograman yaitu :

a. PHP (Hypertext Preprocessor)

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang dinamis, dimana PHP berfungsi untuk mengubah konten dan juga fungsi website, supaya interaksi user lebih aktif kepada pembaca situs web. Jika Anda sudah mengelola satu situs web, dimana Anda bisa mengupdate content, mengedit, bahkan menghapus, semuanya dikerjakan oleh PHP.

b. Ruby

Adalah salah satu bahasa pemrograman yang dinamis seperti PHP namun berorientasi pada objek. Dan ruby ini juga berperan penting dalam back end development.

c. Python

Berbicara tentang python, berarti akan membahas tentang data, walau python difungsikan untuk bahasa pemrograman untuk back end development, python juga saat ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi.

Ketika fungsi dua development web diatas digabung itulah yang akan menjadi full stack development, jadi ketika Anda sudah bisa memahami fungsi dua development diatas, Anda sudah bisa memahami apa itu full stack development. Dan berikut rangkuman tugas dan tanggung jawab full stack development yang wajib Anda ketahui.

  1. Membuat tampilan website lebih menarik baik ketika offline dan online.
  2. Mengembangkan website tetap bagus tampilannya walaupun diakses dengan kondisi jaringan yang kurang bagus.
  3. Membuat tampilan data lebih rapi dan menarik.
  4. Memperbaiki jika ada masalah pada server dan membuat website selalu aman untuk diakses.
  5. Membuat web bisa diakses oleh semua jaringan tersedia.
  6. Mengembangkan web untuk lebih bagus lagi.

Itulah rangkuman penting untuk mengenal apa itu full stack development, dan jika Anda ingin menjadi seorang full stack development, Anda bisa mengikuti kelas di Codeva, terlebih untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Bandung, dan Surabaya.

Kami merekomendasikan Codeva untuk Anda karena saat ini Codeva dikenal sebagai tempat kursus full stack development yang lebih mengutamakan peserta didiknya untuk langsung siap terjun di lapangan kerja, sehingga materi pembelajaran yang digunakan adalah materi yang disusun berdasarkan pasar kerja.

Jika Anda ingin berkunjung langsung ke central office Codeva Jakarta, Anda bisa berkunjung langsung ke Bellagio Mall Lantai UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan Atau Untuk informasi lebih lanjut kunjungi websitenya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Full Stack Development? Berikut Tempat Kursusnya"

Berlangganan via Email