Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Investasi Emas Sebaiknya Batangan Atau Perhiasan?

Investasi Emas Sebaiknya Batangan Atau Perhiasan?

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap instrumen investasi emas maka memilih jenis emas yang tepat adalah hal yang mesti dilakukan. Lazimnya, investasi emas dilakukan dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan. Dimana masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahannya.

Meski begitu, pemilihan jenis emas akan sangat mempengaruhi nilai investasi yang akan dilakukan. Maka dari itu, sejak saat ini, Anda harus pertimbangkan terlebih dahulu, jenis emas apa yang akan dipilih. Dengan begitu, keuntungan yang didapat pun menjadi semakin maksimal. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan Anda simak investasi emas perhiasan dan emas batangan berikut ini!

Emas Batangan

Investasi emas Antam batangan merupakan yang paling banyak orang pilih hingga saat ini. Sebab, emas batangan kerap dianggap sebagai investasi yang paling ideal untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan emas batangan memiliki harga jual yang tinggi serta lebih stabil.

Kemurnian emas batangan juga terjamin. Dimana saat Anda melakukan pembelian, maka akan disertai dengan sertifikat. Pada sertifikat tersebut disebutkan berat, ukuran, serta tingkat kadarnya. Sertifikat tetap disertakan meskipun Anda melakukan investasi emas online. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut apabila akan mulai berinvestasi.

Emas Perhiasan

Semua orang sepertinya menyukai bentuk cantik dari perhiasan emas. Inilah yang kerap dijadikan alasan banyak orang melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan. Jadi, Anda pun bisa berinvestasi sekaligus mengenakan aksesoris yang menunjang penampilan. Perhiasan juga lebih mudah didapatkan ketimbang emas batangan. 

Toko perhiasan emas pun lebih banyak tersedia di berbagai daerah. Sehingga, Anda lebih mudah menemukannya. Meski begitu, emas perhiasan belum bisa memberi keuntungan yang besar. Sebab, proses pembuatan perhiasan akan dikenakan sejumlah biaya yang dapat dibilang sangat besar, bahkan, bisa mencapai 20% dari harga emas.

Biaya pembuatan tidak akan dihitung saat Anda akan menjualnya lagi. Jadi, toko hanya akan membayar sejumlah nilai emas pada perhiasan saja. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih investasi emas perhiasan dengan bentuk yang tidak terlalu rumit. Sebab, semakin rumit, maka akan semakin besar biaya pembuatannya. 

Mana Yang Paling Tepat?

Investasi emas memang instrumen yang paling banyak dipilih. Setiap jenis emas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu, sesuaikan dengan tujuan investasi Anda. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya di masa mendatang.

Namun, Anda bisa mempertimbangkan emas Antam batangan untuk investasi karena bisa memberikan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, emas batangan juga tidak disertai dengan biaya-biaya lain dalam pembuatannya. Sehingga, Anda bisa meminimalisir berkurangnya keuntungan yang akan didapatkan.

Kemurnian emas batangan juga lebih tinggi. Bahkan, bisa dibilang mencapai 99,99%. Sehingga, harga jualnya juga akan menjadi lebih tinggi lagi apabila disimpan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Sehingga, keuntungan investasi emas pun semakin maksimal.

Selain memilih jenis emas yang tepat, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar investasi emas Anda bisa memberikan keuntungan maksimal, diantaranya :

1. Selalu Mengecek Harga Pasar

Apabila Anda akan melakukan investasi emas online maupun manual, silahkan cermati harga emas yang terbaru di pasaran. Dengan begitu, Anda pun bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan. Jika harga emas dengan tidak stabil atau naik turun, maka sebaiknya tunda beberapa saat untuk berinvestasi.

Sebaiknya, Anda tidak memulai investasi ketika harga melonjak. Hal ini dikarenakan adanya risiko kerugian pada masa mendatang.

2. Membeli di Tempat yang Terpercaya

Investasi emas juga harus dilakukan pada tempat yang tepat. Sebaiknya, benar-benar membeli emas pada toko yang kredibel. Jika secara online, Anda bisa membelinya di Pegadaian Digital, LM online, marketplace, atau di Ladara Emas. Pastikan situs tersebut sudah mendapat perizinan dari Kominfo dan menjadi anggota dari AFTECH seperti Ladara Emas.

Jadi, apapun jenis investasi emas Anda, pastikan Anda memilih tempat membeli yang terpercaya seperti Ladara Emas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Investasi Emas Sebaiknya Batangan Atau Perhiasan?"

Berlangganan via Email