Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resep Singkat Membuat Udang Balado yang Gurih dan Nikmat

Udang Balado yang Gurih dan Nikmat

Bagi orang – orang yang sudah pernah merasakan lezatnya masakan udang balado, mereka pasti akan ketagihan. Rasanya yang begitu gurih dan nikmat memang sangat menggugah selera dan membuat seseorang untuk bisa mencobanya lagi dan lagi. Jika anda belum pernah merasakan kelezatan-nya, maka tak ada salahnya untuk mencobanya lebih dulu, toh udang juga merupakan makanan bergizi.

Mengingat kandungan gizinya yang begitu banyak, maka olahan udang balado ini memang paling cocok jika digunakan sebagai olahan lauk harian keluarga atau setidaknya seminggu sekali. Namun, bagaimana kalau ternyata anda belum bisa mengolah masakan tersebut? Tenang saja, disini kami akan memberikan resep nya yang singkat dan mudah untuk dipahami. Berikut adalah ulasannya!

Bahan – bahan yang harus disiapkan untuk membuat udang balado

  1. Udang besar dengan ukuran 500 gr
  2. 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  3. ½ sdt merica bubuk 
  4. Lengkuas 2cm 
  5. Minyak goreng untuk menumis 
  6. Gula pasir secukupnya 
  7. Air bersih 
  8. Garam secukupnya 
  9. Penyedap rasa jika diperlukan 

Bumbu – bumbu yang harus disiapkan untuk membuat udang balado

  1. 6 butir bawang merah 
  2. 3 siung bawang putih 
  3. 1 buah tomat merah 
  4. 3 butir kemiri 
  5. 25 buah cabai rawit 
  6. 3 buah cabai besar 
  7. ½ sdt terasi bakar 

Langkah – langkah pembuatan udang balado

  1. Kupas lebih dulu kulit udang hingga semua kulitnya terkelupas sempurna, lalu cuci hingga benar – benar bersih dengan menggunakan air bersih yang mengalir supaya kotoran – kotoran yang menempel bisa langsung jatuh terbawa air. Setelah dirasa cukup bersih, tiriskan udang tersebut sejenak hingga tetesan airnya berkurang. 
  2. Masuk minyak goreng ke dalam wajan kira – kira 3 sdm. Panaskan sebentar, lalu masukan bumbu - bumbu yang telah disiapkan. Tumis bumbu tersebut hingga tercium bau yang harum. Jangan lupa juga untuk menambahkan batang serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan. 
  3. Tuangkan air secukupnya pada wajan, lalu tunggu saja hingga muncul – muncul gelembung – gelembung yang menandakan air tersebut sudah mendidih 
  4. Setelah airnya mendidih bersama tumisan bumbu udang balado tadi, masukan udangnya. 
  5. Tambahkan penyedap rasa, garam, gula pasir serta merica bubuk. Setelah itu aduk – aduk hingga semua bahan tercampur dan sampai dagingnya matang 
  6. Ketika udangnya sudah benar – benar matang, anda bisa mengangkatnya untuk ditiriskan 
  7. Udang balado siap dinikmati bersama.

Seperti itulah langkah – langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat udang balado sendiri di rumah. Sederhana sekali bukan? Meskipun masakan ini sudah marak dijual di pasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain mendapatkan pengalaman baru dalam memasak, hal tersebut juga bisa menghemat uang pengeluaran untuk makan keluarga. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep Singkat Membuat Udang Balado yang Gurih dan Nikmat"

Berlangganan via Email