Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siap-siap! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Segera Dibuka Bulan November Ini

Kartu Prakerja
source: prakerja.go.id

Pemerintah berencana membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja dalam waktu dekat ini. Hingga saat ini, Kartu Pra Kerja yang merupakan program bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilan sudah sampai gelombang 10. Gelombang ke-10 ini sendiri sudah berakhir pada tanggal 31 November pukul 23.59 WIB kemarin. Untuk gelombang yang ke-11, rencananya akan segera dibuka di bulan November ini. 

Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi calon peserta Kartu Prakerja yang sudah pernah mengikuti tes di gelombang-gelombang sebelumnya namun selalu gagal. Atau bagi masyarakat yang belum pernah mendaftar dan ingin mencoba ikut program tersebut. Sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program yang digagas oleh presiden Joko Widodo ini. Selain mendapatkan keterampilan baru atau ketrampilan yang sudah dimiliki akan semakin terasah, peserta Kartu Pra Kerja juga akan mendapat bantuan finansial. 

Lewat Kartu Prakerja, peserta yang lulus pendaftaran bisa mengikuti berbagai kursus keterampilan baik secara online maupun offline. Mulai dari pelatihan keahlian (skilling), meningkatkan kompetensi dibidang yang sedang ditekuni (upskilling), hingga belajar keterampilan baru (reskilling). Ada berbagai pelatihan yang telah disediakan program Kartu Prakerja, seperti cara berjualan online, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Setelah selesai melakukan pelatihan, nantinya peserta Kartu Prakerja akan memperoleh sertifikat dan juga insentif. Total manfaat yang akan diterima oleh setiap peserta Kartu Prakerja adalah sebesar Rp 3.550.000. Dana tersebut akan diberikan secara bertahap selama 3 sampai 4 bulan, mulai dari sebelum pelatihan hingga setelah rampungnya pelatihan. Dana akan dibayarkan melalui rekening bank maupun dompet digital milik masing-masing peserta. 

Rincian manfaat yang akan diterima setiap peserta Kartu Pra Kerja adalah:

  • Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000. Insentif ini tidak bisa dicairkan karena digunakan untuk biaya pembelian pelatihan
  • Insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, yang akan dikirim ke nomor rekening atau akun dompet digital milik peserta.
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei. Di mana akan ada 3 kali survei, sehingga totalnya Rp 150.000

Program Kartu Prakerja ini sendiri awalnya direncanakan hanya sampai gelombang 10 saja. Namun ternyata cukup banyak peserta Kartu Prakerja dari gelombang 1 hingga 10 yang dicabut kepersertaannya lantaran tidak melakukan pembelian pelatihan, sehingga masih ada anggaran yang tersisa. Dana yang tidak dimanfaatkan oleh peserta-peserta dari gelombang-gelombang sebelumnya tersebutlah yang rencananya akan disalurkan untuk peserta Kartu Pra Kerja gelombang 11 nanti.

Untuk diketahui, kepersertaan seseorang di program Kartu Prakerja akan dicabut apabila dalam tempo 30 hari sejak dinyatakan lolos tidak membeli pelatihan pertama. Project Manager Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mencatat hingga saat ini sudah ada sekitar 310.212 peserta Kartu Prakerja dicabut kepersertaannya. Dari jumlah tersebut, ada sekitar Rp 1,1 triliun anggaran milik para peserta Kartu Prakerja yang akhirnya tidak terserap.

Mendaftar Jadi Peserta Program Kartu Prakerja

Bagi masyarakat yang tertarik mendaftar sebaiknya terus memantau Berita Terbaru Kartu Prakerja agar tidak ketinggalan informasi mengenai kapan pastinya pendaftaran gelombang 11 ini dimulai. Kalau belum memiliki akun di program Kartu Prakerja, bisa registrasi dari sekarang dengan mempersiapkan KTP atau KK untuk pengisian data diri, email dan nomor telepon aktif untuk verifikasi. Cara pendaftarannya cukup mudah. Silakan buka website resmi Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id), kemudian ikuti langkah-langkah diberikan di sana. Jika sudah memiliki akun, tinggal menunggu pengumuman dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11.

Namun jangan lupa juga dengan kriteria untuk bisa mendaftar Kartu Pra Kerja. Sebagaimana gelombang-gelombang sebelumnya, syarat dan kriteria mendaftar Kartu Prakerja gelombang 11 adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Selain itu, ada juga beberapa kriteria yang tidak bisa ikut atau ditolak jika mendaftar Kartu Prakerja. Kriteria-kriteria tersebut yaitu:

  • Pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
  • Aparatur Sipil Negara, TNI/POLRI, Kepala Desa dan perangkat Desa, serta Direksi, Komisaris.
  • Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD).
  • Peserta yang sudah mendaftar sebagai penerima segala jenis bansos di Kementerian Sosial (Kemsos)
  • Para pekerja yang sudah masuk sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Posting Komentar untuk "Siap-siap! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Segera Dibuka Bulan November Ini"

Berlangganan via Email