Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ketahui Berbagai Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal Berikut Ini

Penting bagi kita untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Sehingga dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, kita bisa melakukan pencegahan agar ginjal selalu sehat dan terhindar penyakit batu ginjal. Untuk diketahui, penyakit batu ginjal adalah kondisi ketika terjadi endapan material keras berupa garam dan mineral di dalam ginjal. Penyakit ini menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Diperkirakan, 15 persen wanita dan 10 persen pria pernah mengalami masalah batu ginjal ini.

Orang yang menderita penyakit batu ginjal akan mengalami beberapa gejala seperti sakit di pinggang, di punggung, di bawah tulang rusuk, menjalar ke perut hingga selangkangan, yang saking sakitnya bisa membuat penderitanya mual hingga muntah-muntah. Kemudian ketika penderita batu ginjal mengalami infeksi, ia akan mendapat keluhan sering buang air kecil padahal tidak banyak minum, saat kencing terasa sakit atau panas, kebelet pipis tapi cuma keluar sedikit (anyang-anyangan), urine berwarna gelap, berbau bahkan berdarah. Ketika terjadi infeksi, pengidap batu ginjal juga akan merasakan meriang, menggigil dan demam yang tinggi.

Berbagai Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Di lingkungan masyarakat, banyak yang meyakini kalau batu ginjal diakibatkan oleh kurangnya mengkonsumsi air putih. Tidak salah memang. Namun yang perlu digarisbawahi, kurang minum bukan satu-satunya penyebab terjadinya penyakit batu ginjal. Masih ada beberapa faktor lain.

Dan berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan munculnya penyakit batu ginjal.

Kurang Minum Air Putih

Seperti yang banyak dipercaya di tengah masyarakat, bahwa jarang minum air putih bisa membuat penyakit batu ginjal. Dan itu memang benar. Ketika seseorang kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), tubuh akan lebih sulit menghilangkan bakteri biang infeksi saluran kencing. Sehingga mineral pembentuk batu yang biasanya bisa hilang dengan minum air putih yang terbuang bersama urine, justru akan mengendap dan mengkristal di ginjal.

Terlalu Banyak Menkonsumsi Makanan yang Mengandung Garam

Makanan-makanan yang tinggi kandungan garamnya (sodium) juga bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal, terlebih jika dikonsumsi berlebihan. Pasalnya kandungan garam yang terlalu banyak di dalam urine akan menghambat penyerapan kalsium, yang kemudian memicu pembentukan batu ginjal. Contoh makanan yang mengandung sodium tinggi adalah cemilan asin, makanan kaleng, makanan cepat saji dan makanan-makanan yang diawetkan.

Mengkonsumsi Protein Hewani Berlebihan

Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit batu ginjal. Kandungan protein hewani yang terdapat pada daging itu bersifat asam. Dan apabila kandungan asam pada urine meningkat akibat konsumsi daging berlebihan, maka risiko terbentuknya batu ginjal juga meningkat.

Makanan Tinggi Oksalat

Selain sodium dan protein hewani, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan yang tinggi oksalat juga akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Urine yang mengandung banyak kalsium oksalat dan asam urat bisa membentuk batu di dalam ginjal. Contoh makanan dan minuman yang tinggi kandungan oksalat-nya adalah teh hitam, kopi, tempe, tahu, bayam, buah bit, belimbing dan kacang-kacangan.

Pemanis Buatan Dalam Makanan dan Minuman

Pemanis buatan yang ditambahkan di dalam minuman ataupun makanan, juga ditenggarai bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal. Pemanis buatan membuat ginjal bekerja lebih ekstra saat diolah, sehingga berisiko membentuk batu di dalam ginjal.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk ginjal. Kandungan asam fosfat yang tinggi di dalam minuman bersoda akan membuat ginjal bekerja lebih keras dalam mengolahnya dan tentunya ini akan memicu terbentuknya batu ginjal.

Obesitas

Bukan rahasia umum jika kelebihan berat badan itu memang tidak sehat. Berbagai gangguan kesehatan siap mengintai orang yang obesitas, salah satunya penyakit batu ginjal ini. Badan yang terlalu gemuk, bisa memicu perubahan kadar asam di dalam urine, yang kemudian menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Mengalami Gangguan Pencernaan

Orang yang mengalami masalah pencernaan juga berpotensi terkena batu ginjal. Hal ini karena gangguan pencernaan akan menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi tidak normal, lebih jarang. Nah, ketika air kencing tidak dikeluarkan sebanyak dalam kondisi normal, tubuh dapat menyerap lebih banyak oksalat dari usus yang akan tercampur bersama urine.

Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang bisa menyembuhkan penyakit, namun jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang justru menimbulkan gangguan kesehatan yang lain. Misalnya penyakit batu ginjal ini, yang bisa terjadi akibat dari obat-obatan tertentu seperti obat diuretik, antibiotik, obat untuk HIV, suplemen kalsium dan vitamin C.

Faktor Keturunan

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, faktor keturunan atau genetik juga mempengaruhi resiko seseorang bisa mengidap batu ginjal. Seseorang yang orang tua atau saudaranya memiliki penyakit batu ginjal, akan lebih berpotensi mengalami penyakit serupa.


Nah setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan terjadinya penyakit kencing batu atau batu ginjal di atas, kita bisa melakukan beberapa upaya agar terhindar dari penyakit tersebut. Upaya-upaya tersebut antara lain:

  • Cukupi asupan air putih kira-kira 8 - 12 gelas perhari.
  • Kurangi makanan-makanan yang memiliki kandungan garam atau sodium tinggi.
  • Jangan berlebihan memakan makanan yang mengandung protein hewani.
  • Jangan berlebihan mengkonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan oksalat tinggi.
  • Batasi mengkonsumsi suplemen vitamin C dan jangan sedikit-sedikit minum obat warung.
  • Jauhi makanan dan minuman dengan pemanis buatan.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Hindari minuman bersoda
  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga, menjauhi minuman keras dan tidak merokok.

Selain dengan melakukan pencegahan tersebut, kita juga bisa melaksanakan medical check up (MCU) ataupun berkonsultasi ke dokter supaya mendapatkan diagnosis dan juga penanganan yang tepat. Ini penting sekali mengingat penyakit batu ginjal bisa saja muncul dengan gejala yang tidak terlalu terasa. Atau ketika sering ada rasa sakit di pinggang atau punggung hanya dianggap sakit biasa, kecapean. Padahal bisa jadi itu merupakan tanda-tanda batu ginjal.

Untuk berkonsultasi dengan dokter, bisa dengan cara mendatangi rumah sakit terdekat. Atau kalau mau yang lebih mudah dan praktis bisa dilakukan dari rumah, kita bisa berkonsultasi secara daring lewat aplikasi kesehatan yang bisa diunduh di smartphone. Salah satu aplikasi kesehatan yang aku rekomendasikan adalah Halodoc.

Menurut aku, hingga saat ini Halodoc masih menjadi aplikasi layanan kesehatan terbaik di Indonesia. Dan sebenarnya bukan hanya lewat aplikasi saja, Halodoc juga bisa diakses melalui website halodoc.com yang isi dan tampilannya tidak jauh berbeda dengan yang versi apk.

Lewat Halodoc, berbagai layanan kesehatan tertentu bisa pengguna peroleh secara online. Seperti mencari dokter terdekat sesuai kebutuhan medis, berkonsultasi mengenai masalah kesehatan yang dialami lewat fitur chat, telepon bahkan video call. Dan jika harus berobat secara langsung, pengguna bisa membuat jadwal temu dengan dokter yang diinginkan. Kita juga bisa membeli obat dan produk kesehatan secara online yang nantinya akan diantarkan oleh kurir ke alamat kita. Selain itu di Halodoc juga banyak artikel-artikel bermanfaat yang bisa kita baca untuk menambah pengetahuan kita tentang kesehatan.

3 komentar untuk "Ketahui Berbagai Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal Berikut Ini"

  1. Minumair putih itu kadang sering lupa karena kelamaan depan komputer hiks..

    BalasHapus
  2. Betul banget nih kalau kurang minum air putih menjadi faktor penyebab batu ginjal atau kencing batu. Kalau aku akhir-akhir ini lagi cari informasi seputar donor darah dan anemia di Halodoc.

    BalasHapus
  3. Ya ampun banyak banget penyebab yang bisa bikin kena penyakit batu ginjal... Untung aku enggak masuk ke kategori itu semua. Aku doyan banget minum air putih, haus atau gak haus tetep minum karena udah terbiasa. Garam juga secukupnya. Enggak obesitas, enggak cacingan juga. Semoga kita semua sehat selalu ya dan selalu mengutamakan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus

Berlangganan via Email