Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Alasan Kenapa Bunda Perlu Coba Menitipkan Anak di Daycare

Apa itu Daycare? Bagaimana cara menitipkan anak di sana? Apa saja fasilitasnya? Bagaimana tips memilih Daycare yang tepat dan aman?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah beberapa kekhawatiran orang tua yang ingin menitipkan anak ke Daycare. Beberapa kekhawatiran itu memang wajar terjadi apalagi Mama yang tidak mudah percaya untuk menitipkan si kecil ke pihak lain.

3 Alasan Kenapa Bunda Perlu Coba Menitipkan Anak di Daycare

Lalu bagaimana cara mengatasi kekhawatiran tersebut? Caranya dengan mengetahui apa itu Daycare, kelebihan serta manfaat yang akan orang tua dapatkan saat menitipkan anak di Daycare dan tips memilih Daycare. Nah untuk itu, Mama dan Papa bisa menyimak informasi berikut ini untuk mendapatkan berbagai informasinya.

Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa itu Daycare?

Daycare adalah sebuah tempat penitipan anak bagi orang tua yang tidak memiliki Asisten Rumah Tangga atau babysitter di rumah. Mama dan Papa bisa mencoba menggunakan jasa Daycare saat ingin berpergian atau bekerja. Meskipun ada beberapa orang tua yang tidak mempercayakan anaknya untuk diasuh oleh jasa Daycare, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba karena Daycare memiliki manfaat dan kelebihan.

Daycare sudah lama hadir untuk membantu para orang tua yang memiliki jadwal terbang yang padat. Jasa penitipan anak yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat anak nyaman dan tidak rewel. Jadi, Mama dan Papa tidak usah khawatir lagi untuk menitipkan anak di Daycare karena jasa ini dijamin aman.

Selain itu Daycare juga memiliki beberapa jenis, seperti Daycare di rumah, Daycare yang telah disediakan oleh sekolah anak, dan Daycare yang disediakan oleh layanan lainnya seperti rumah sakit dan kantor. Oleh karena itu, Mama bisa menitipkan anak sesuai dengan kebutuhan dan situasi.

3 Alasan Kenapa Harus Memilih Daycare

Nah setelah mengetahui apa itu Daycare, selanjutnya Papa dan Mama harus mengetahui apa saja kelebihan dan alasan kenapa harus menggunakan jasa yang satu ini agar semakin yakin. Penasaran apa saja informasinya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Memiliki Banyak Fasilitas dan Layanan

Kelebihan Daycare yang pertama adalah adanya banyak fasilitas yang bisa membuat anak semakin nyaman. Beberapa contohnya adalah disediakannya makanan ringan, sarapan, makan siang, hingga makan malam tergantung jam Mama menitipkan anak. Anak juga akan mendapatkan berbagai jenis permainan yang menghibur,

Saat menitipkan anak di Daycare, pengasuh akan membuatkan sebuah jadwal kegiatan, hal ini akan mengasah sikap disiplin. Selain itu, di Daycare anak akan lebih mudah simpati dan mudah beradaptasi dengan lingkungan karena akan berbaur dengan anak lainnya. Mama dan Papa juga tidak perlu khawatir karena Daycare telah menyiapkan layanan pengawasan secara daring agar Mama dan Papa bisa ikut memantau.

2. Mengasah Kemampuan Bersosialisasi Anak

Ketika menitipkan anak di Daycare, anak akan berbaur dengan anak-anak lainnya dan lingkungan baru. Hal ini akan membuat anak lebih mudah belajar tentang rasa tanggung jawab, berbagi, bekerja sama, saling bergantian, dan antri. Tentunya beberapa hal ini tidak bisa dipraktekkan di rumah.

Apalagi jika Mama memiliki anak tunggal, keberadaan teman adalah hal yang sangat berarti bagi si kecil. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa Daycare. Mama dan Papa hanya perlu mengetahui apa saja tips memilih Daycare yang aman seperti yang akan kami bahas di informasi selanjutnya.

3. Guru atau Pengasuh Sudah Berpengalaman

Keluarga Kiddo juga tidak perlu khawatir karena para guru dan pengasuh yang bekerja di Daycare sudah terjamin memiliki pengalaman dan sangat profesional di bidangnya. Tentunya dengan pengalaman yang telah dimiliki oleh pengasuh akan membuat anak lebih mudah mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan usianya.

Namun, jika Mama dan Papa tidak mempercayai pengalaman dan kualitas dari pengasuhnya, Mama Papa bisa melihat apa saja tips memilih Daycare agar semakin yakin.

3 Tips Memilih Daycare yang Aman

Setelah mengetahui apa saja alasan menitipkan anak di Daycare, apakah Mama dan Papa sudah yakin? Jika belum, maka Ayah dan Ibu wajib menyimak informasi di bawah ini.

1. Lokasi Tidak Terlalu Jauh

Tips memilih Daycare yang pertama adalah pilihlah jasa penitipan anak yang dekat dengan rumah. Mama bisa mencari Daycare terdekat rumah agar anak mudah dijemput dan bisa dipantau dengan mudah. Selain itu, dengan lokasi yang dekat juga Ayah Ibu tidak perlu khawatir anak akan pergi ke tempat yang lebih jauh.

2. Memiliki Izin Usaha

Izin usaha sangat diperlukan untuk sebuah Daycare, hal ini disebabkan karena dengan adanya izin usaha maka akan lebih meyakinkan orang tua untuk menggunakan jasa yang satu ini. Mama dan Ayah bisa bertanya langsung ke bagian resepsionis atau melihat informasinya di website Daycare yang bersangkutan.

3. Memiliki Pengasuh yang Imbang dan Profesional

Memiliki tenaga pengasuh yang profesional juga menjadi tips memilih Daycare yang selanjutnya. Pengasuh yang profesional bisa membuat kegiatan Daycare lebih tersusun dengan baik, anak pun akan betah berlama-lama disana tanpa merasa rewel.

Sekilas Tentang Kiddo.id

Jika Mama dan Papa masih bingung akan menggunakan jasa Daycare mana, Kiddo.id siap untuk membantu memberikan rekomendasi penitipan anak terbaik dan aman. Kiddo.id sebagai platform terbaik di Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai Daycare terbaik. Untuk informasi lebih lanjutnya mengenai apa saja rekomendasi Daycare, Mama dan Papa bisa langsung berkunjung ke laman m.kiddo.id karena disana terdapat ratusan Daycare recommended.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips memilih Daycare. Jika Mama dan Papa masih penasaran, bisa langsung berkunjung ke laman Kiddo.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lainnya. Bagaimana menurut Mama dan Papa?


Ref:

https://www.parenting.co.id/balita/kelebihan+daycare+untuk+anak

http://ibudanmama.com/pola-asuh/kelebihan-dan-kelemahan-menitipkan-si-kecil-ke-day-care/

https://www.alodokter.com/pilih-babysitter-atau-daycare-ini-kelebihan-dan-kekurangannya

https://id.theasianparent.com/daycare-adalah


1 komentar untuk "3 Alasan Kenapa Bunda Perlu Coba Menitipkan Anak di Daycare"

  1. Wah betul nih. Dulu temen aku juga nitipin anaknya ke daycare karena dia sibuk kerja kan, dan di daycare anaknya jadi mengerti hal-hal kecil kayak misalnya diajarin untuk bilang "makasih mama" setelah dibantu atau diberikan sesuatu ke si anak. Tentu kaget dong mamanya karena berasa anaknya jadi lebih smart dan cerdas :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email