Widget HTML #1

Kadar Kolesterol Normal Dipengaruhi Faktor Usia dan Jenis Kelamin

Kadar Kolesterol Normal Dipengaruhi Faktor Usia dan Jenis Kelamin

Kadar kolesterol normal dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari berat badan, usia hingga jenis kelamin. Semakin bertambahnya usia, tubuh setiap orang cenderung lebih menghasilkan banyak kolesterol, maka penting untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mengetahui kadar kolesterol secara teratur.

Apabila terdapat pertanyaan yang sekiranya berhubungan langsung pada kondisi kesehatan maka bisa konsultasi dengan dokter secara online. Caranya pun sangat mudah hanya dengan menggunakan aplikasi, download di sini.

Kolesterol normal pria dan wanita berdasarkan usia

Tingkat kolesterol mempunyai peranan yang sangat penting bagi seseorang dengan riwayat penyakit kardiovaskular. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh usia hingga jenis kelamin.

Berikut daftar kadar kolesterol normal berdasarkan usia yang dapat dipahami dengan baik:

1. Kolesterol normal usia di bawah 19 tahun

Untuk usia yang masih di bawah 19 tahun maka kolesterol normalnya kurang dari 170 mg/dl. Sementara untuk non HDL kurang dari 120 mg/dl dengan LDL kurang dari 100 mg/dl serta HDL 45 mg/dl.

2. Kolesterol normal pria

Total kolesterol normal yang ada pada pria dengan kisaran usia 20 tahun ke atas yakni angka 125 sampai 200 mg/dl. Sedangkan untuk tipe kolesterol normalnya non HDL yakni kurang dari 130 mg/dl

Sementara itu untuk LDL kurang 100 mg/dl serta HDL 40 mg/dl atau bahkan bisa lebih. Maka penting sekali melakukan pengecekan tingkat kolesterol secara rutin untuk menjaga kesehatan.

3. Kolesterol normal wanita

Tingkat kadar kolesterol normal pada wanita tidak jauh berbeda dengan pria yakni angka 125 sampai 200 mg/dl. Sementara untuk kadar tipe kolesterol Non HDL yakni kurang dari 130 mg/dl, dengan LDL kurang dari 110 mg/dl serta HDL 50 mg/dl.

Kadar Kolesterol untuk anak-anak dan dewasa

Kolesterol bukan diartikan sebagai penyakit yang jahat untuk tubuh sebab kolesterol masih dibutuhkan oleh tubuh dengan kadar angka yang normal. Akan tetapi penting sekali memperhatikan bahwa untuk batas normal dari tingkat kolesterol tentunya sangat berbeda antara anak-anak dan juga orang dewasa.

Penghitungan kadar kolesterol secara menyeluruh terdiri atas LDL, HDL dan juga trigliserida. Sedangkan untuk kadar totalnya dalam darah tidak dapat dilakukan penghitungan apabila ketiga komponen tersebut tidak disebutkan.

1. Kadar kolesterol normal anak-anak

Kolesterol memang cenderung akan terkena pada orang dewasa namun jangan salah akan kemungkinan kolesterol tinggi bagi anak-anak. Kadar kolesterol totalnya bagi anak usia 2 sampai 19 tahun yakni 170 mg/dl.

Sementara untuk tipe kolesterol LDL normalnya yakni 100 mg/dl dan kadar HDL anak 45 mg/dl. Selain itu untuk kadar lemak yang bukan protein di dalam tubuh yaitu kurang dari 120 mg/dl.


2. Kadar kolesterol dewasa

Perbandingan total kolesterol untuk anak-anak dan dewasa mempunyai perbedaan yang cukup banyak. Kolesterol normal untuk orang dewasa dengan angka 125 sampai 200 mg/dl dengan LDL kurang dari 100 mg/dl.

Sementara itu untuk kadar HDL jenis kelamin pria dan wanita mempunyai perbedaan yang sudah tercantum di atas. Bagi pria yang memasuki usia 45 sampai 65 tahun dan wanita di usia 55 sampai 65 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar zat lemak dalam 1 hingga 2 tahun sekali.

Manfaat kadar kolesterol normal bagi tubuh

Zat lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang proses metabolisme. Berikut inilah beberapa manfaat dari kolesterol untuk tubuh dengan batasan angka normal:

1. Melindungi sel

Di dalam tubuh terdiri atas kumpulan sel yang sudah membentuk jaringan dan juga organ. Setiap sel yang ada mempunyai lapisan terluar menjadi pelindung dan salah satunya dari kolesterol.

Zat inilah yang mempunyai sifat lemak kaku dan lebih ideal dalam menjaga keutuhan sel. Dengan sel yang kuat maka bisa membentuk jaringan serta organ dan berfungsi lebih optimal.

2. Membantu dalam produksi vitamin D

Tidak hanya dari sumber makanan saja, tubuh juga mampu memproduksi vitamin D yang secara otomatis ketika terkena cahaya matahari. Caranya mengubah kolesterol di dalam kulit menjadi calcitriol.

Salah satu jenis senyawa yang disalurkan ke hati dan ginjal secara langsung hingga menghasilkan vitamin D. Vitamin D inilah yang mempunyai peranan sangat besar dalam menjaga kesehatan tulang hingga gigi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Membentuk hormon

Kadar kolesterol normal yang satu ini merupakan bahan dasar untuk pembentukan hormon khususnya steroid dengan cakupan testosteron, estrogen dan progesteron. Setiap hormon seks tersebut mempunyai peranan dalam mengatur fungsi reproduksi yang ada pada manusia.

Zat ini juga mampu membentuk hormon kortisol serta aldosteran. Keduanya mempunyai peranan penting juga untuk mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh dan juga merespon tingkat stres.

4. Membentuk asam empedu

Asam empedu pada umumnya dibentuk oleh liver yang dibantu oleh kolesterol di dalam darah. Asam empedu sendiri mempunyai fungsi dalam memecah lemak makanan agar mudah diserap tubuh dan berfungsi sebagai energi baru.

5. Menjaga fungsi pada otak

Hampir 25 persen zat lemak yang ada di dalam tubuh banyak terkandung pada bagian otak. Zat inilah yang mempunyai peranan untuk memperlancar sambungan antara saraf satu dan lainnya dengan sebutan sinaps, fungsinya mengatur otak.

Fungsi lain yang dimiliki oleh zat ini yakni dalam hal kesehatan otak untuk memelihara sel otak. Namun semua zat lemak yang ada sangat mudah didapatkan dengan mengatur kadar kebutuhan normal bagi tubuh.

Demikianlah beberapa uraian mengenai kadar kolesterol normal yang pada pria dan wanita. Perbedaan tingkat kolesterol normal banyak dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin.

Posting Komentar untuk "Kadar Kolesterol Normal Dipengaruhi Faktor Usia dan Jenis Kelamin"