Widget HTML #1

Tips Memanaskan Mobil yang Harus Diketahui

Ketika memiliki mobil, maka yang harus diketahui adalah bagaimana cara merawatnya. Salah satu perawatan yang penting adalah dengan cara memanaskan mobil. Mobil terdiri atas berbagai komponen dan juga mesin, sehingga mobil perlu dipanaskan agar seluruh mesin dan komponen tetap bekerja dengan prima. Kamu harus tahu hal ini saat ingin memiliki mobil. Berikut ini penjelasan mengenai cara memanaskan mobil yang benar.

Tips penting dalqam Memanaskan Mobil

Langkah Dasar Memanaskan Mobil

Ada dua jenis mobil yaitu mobil matic dan juga mobil manual. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara kerja hingga komponen yang cukup berbeda. Untuk itulah cara memanaskan kedua jenis mobil tersebut juga berbeda.

1. Cara Memanaskan Mobil Matic

Mobil matic saat ini telah banyak digunakan dan dipilih orang. Hal tersebut karena mobil matic memiliki sistem pengoperasian yang lebih mudah dibandingkan mobil manual. Karena mobil matic tidak menggunakan tuas kopling manual sehingga pengendara tidak perlu memainkan kopling dengan tuas secara terus menerus.

Cara memanaskan mobil matic pertama yaitu, memastikan bahwa transmisi mobil dalam posisi "P" atau transmisi parking. Tujuannya agar mobil tidak akan bergerak karena cengkraman dari bagian mesin ke transmisi. Kemudiaan saat memanaskan mesin mobil, perlu dipastikan bahwa kamu hanya membiarkan idle tanpa harus memainkan pedal gas. Memanaskan mobil matic sangatlah penting karena untuk mengisi kembali daya aki yang berkurang.

2. Cara Memanaskan Mobil Manual

Selanjutnya untuk memanaskan mobil manual. Sebenarnya tidak berebda jauh dengan memanaskan mobil matic. Hanya saja yang membedakan adalah saat memanaskan diperhatikan agar posisi transmisi mobil harus dalam keadaan Netral atau "N". Hal ini berguna untuk mencegah mobil tiba-tiba melaku ketika dipanaskan. Saat dipanaskan kamu tidak perlu memainkan pedal gas.

Tips Memanaskan Mobil

Mobil yang jarang dipanaskan dapat mempengaruhi sirkulasi pelumasan pada mesin sehingga mobil akan sulit dihidupkan. Itulah mengapa sangat penting untuk memanaskan mobil secara rutin agar menghindari masalah dan kerusakan pada mesin maupun beberapa komponen mobil. Beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk memanaskan mobil, yaitu:

1. Atur Durasi dalam Memanaskan Mobil

Saat memanaskan mobil perlu diatur durasi dalam memanaskan mobil. Hal ini dipengaruhi berdasarkan jenis dan mesin mobil yang digunakan. Mobil dengan mesin injeksi, perlu dipanaskan selama kurang dari 5 menit. Sedangkan untuk mobil yang belum menggunakan mesin injeksi, bisa melakukan pemanasan mesin selama 5-10 menit agar putaran mesin dan komponen dapat bekerja dengan sempurna.

2. Tidak Memainkan Pedal Gas

Sangat penting diketahui, saat memanaskan mobil tidak perlu menekan dan juga memainkan pedal gas. Lalu pastikan saat memanaskan mobil dilakukan di ruang terbuka yang teraliri udara. Hal tersebut karena ketika mobil dipanaskan, maka mesin akan membuang gas yang berbahaya, sehingga ketika memanaskan mobil di ruang terbuka maka gas berbahaya tersebut akan hilang dan tidak terhirup.


Bagi kamu yang mencari mobil bekas, perlu mengecek apakah kondisi mesin berfungsi dengan baik. Kita tidak tau apakah pemilik sebelumnya rajin merawat mobil apa tidak. Untuk itu pastikan membeli mobil bekas di tempat yang aman dan terjamin kondisi mobilnya. Kamu bisa kredit mobil bekas lewat mobbi karena sudah terpercaya aman. Semua mobil diperiksa kelayakannya sebelum dipasarkan.

Mobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang terpercaya, dahulu dikenal dengan nama mo88i. Kamu bisa menjual maupun membeli mobil dengan nyaman dan aman melalui platform ini.

1 komentar untuk "Tips Memanaskan Mobil yang Harus Diketahui"

Comment Author Avatar
Pernah aku pakai mobil matic, dan pas mau dinyalain mesinnya untuk dipanasin, ternyata mobilnya lompat dilanjut mesin mati, kagetlah kita orang yang didalem. Seketika panik. Jadi yang kita lakuin cukup tenangin diri dulu karena pasti ada yang salah, dan begitu sadar ternyata bener, transmisi masih di P lol

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.