Widget HTML #1

Jenis Bahan Bakar Terbaik Berdasarkan Rasio Kompresinya

Jenis Bahan Bakar Terbaik Berdasarkan Rasio Kompresinya

Setiap kendaraan membutuhkan bahan bakar supaya bisa dijalankan. Sehingga menentukan bahan bakar yang bagus untuk mesin kendaraan menjadi hal penting. Pasalnya setiap kendaraan membutuhkan jenis bahan bakar yang berbeda-beda.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih bahan bakar adalah rasio kompresi atau compression ratio. Nilai rasio kendaraan akan menentukan bahan bakar mana yang paling baik untuk merawat mesin kendaraan.

Sekilas Tentang Compression Ratio

Compression ratio sering dijadikan standar dalam pemilihan bahan bakar untuk kendaraan. Baik mobil maupun motor memiliki nilai rasionya sendiri-sendiri. Setiap pabrik sudah memberikan keterangan dan aturan untuk memilih bahan bakar.

Arti dari compression ratio adalah angka perbandingan pada volume silinder ketika piston ada di titik terbawah dan teratas. Jika posisi piston sedang berada di bawah, maka volumenya menjadi besar. Kemudian piston akan bergerak guna memadatkan udara serta bahan bakar sampai ke posisi full.

Apabila perbedaan volumenya semakin besar, artinya kepadatan di dalamnya juga meningkat. Sehingga mesin akan membutuhkan jenis bahan bakar yang angka RON-nya tinggi. Oleh karena itu penting untuk memahami compression ratio sebelum menentukan bahan bakar.

Cara Memilih Bahan Bakar Berdasarkan Compression Ratio

Angka pada perbandingan compression ratio memiliki pengaruh yang besar terhadap pemilihan jenis bahan bakar. Namun sebelumnya, para pemilik kendaraan harus memahami tentang hubungan antara bilangan oktan (RON) dengan compression ratio.

Jenis kendaraan dengan nilai compression ratio lebih tinggi akan menghasilkan emisi buang yang kecil. Kondisi tersebut biasanya dipengaruhi oleh bilangan oktan yang tinggi. Apabila kendaraan yang memiliki nilai kompresi tinggi diberi BBM dengan oktan kecil, maka mesin akan cepat rusak.

Untuk menghindari kerusakan pada mesin, pemilik mobil harus mengetahui besaran oktan pada setiap kendaraan. Berikut adalah beberapa compression ratio dengan nilai oktan dan rekomendasi jenis bahan bakar yang bisa dipilih:

Compression Ratio Bilangan Oktan Jenis Bahan Bakar Minyak
9-10:1 RON 90 Pertalite
10-11:1 RON 92 Pertamax atau Shell Super
11-12:1 RON 95 Pertamax Plus, Shell-V Power, Revvo 95, BP95
>12:1 RON 98 Pertamax Turbo

Tips Merawat Mesin Agar Awet

Selain memperhatikan compression ratio, ada hal lain yang harus dilakukan supaya mesin jadi lebih awet. Salah satunya adalah tidak menggonta-ganti jenis bahan bakar yang digunakan. Mesin yang terlalu sering diberi bahan bakar dengan jenis berbeda akan mudah panas dan kehilangan tenaga.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan zat aditif deterjen pada bahan bakar yang memberikan efek tertentu pada mesin. Jika terlalu sering digonta-ganti, mesin harus terus menyesuaikan performanya dengan karakteristik setiap bahan bakar.

Angka pada rasio kompresi akan menentukan jenis bahan bakar yang bagus untuk kendaraan. Selain itu supaya mesin tidak gampang rusak, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan besaran bilangan oktan. Sehingga tarikan mesin jadi ringan dan awet.





Posting Komentar untuk "Jenis Bahan Bakar Terbaik Berdasarkan Rasio Kompresinya"