Jembatan Baru Kenjeran, Spot Foto Paling Instagramable di Kota Surabaya

Setelah Suramadu, hadir satu lagi jembatan megah di kota Surabaya. Namanya Jembatan Kenjeran yang kabarnya menjadi salah satu dari 10 jembatan terbaik di dunia. -

Jembatan Baru Kenjeran Surabaya
Menoleh ke samping aja. Ke belakang banyak kenangan, eh genangan.

Bagi yang pernah jalan-jalan ke berbagai tempat di Surabaya, judul di atas mungkin rada-rada berlebihan. Bisa saja ada yang menilai kalau lokasi foto terbagus di kota buaya itu di bangunan tua di Jalan Gula, Gerbong Kereta Api Sidotopo, House Of Sampoena, Gang Dolly dan lain sebagainya. Penilaian anak-anak Instagram tentu banyak yang tidak sama.

Pun aku, walau masih tergolong anak Instagram kemarin sore, yang kebetulan hampir khatam mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di seputar kota Surabaya, memilih Jembatan Baru pantai Kenjeran lama, sebagai lokasi foto paling Instagramable. Maaf buat yang tak sependapat.

Ini salah satu foto aku di Jembatan Baru Kenjeran yang dimuat Instagram.

Foto kiriman Arizuna Zukirama (@zuckici) pada

Sudah lebih sekali aku berkunjung ke Jembatan ini. Kalau gak salah sekitar dua kali gitulah. Yang pertama dulu pas kebetulan lewat ada urusan kerja, mampir sebentar untuk cekrak-cekrek narsis nggak jelas sampai dapat ratusan foto. Dan kunjungan yang kedua terjadi belum lama ini, kala menjadi free guide untuk Neng Josie, solo backpaker asal Solo.

Uniknya Desain Jembatan Baru Kenjeran
Pagiku cerahku matahari bersinar, kugendong tas merahku di pundak. Guruku tersayang.. :D

Untuk yang kedua itu memang benar-benar untuk bertamasya. Bukan sekedar parkir terus pemotretan gak jelas. Meski di trip Kenjeran Bridge part 2 ini ritual foto-fotonya juga tetap ada. Habis bagaimana lagi, di era sosial media seperti yang kita rasakan saat ini, jalan-jalan jelas terasa kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan acara foto-fotoan. Ditambah lagi view Jembatan Kenjeran yang memang keren tiada tara, sukses membuat tangan gatel ingin segera mengaktifkan kamera.

Buat kalian yang mau tobat nakal dan ingin kembali ke jalan yang lurus, sebaiknya jangan ke Jembatan Kenjeran. Sebab meskipun ini jembatan, tapi bentuknya berkelok sehingga bentuk jalannya tidak lurus, muehehe. Tapi memang benar desain jembatannya cukup unik, melengkung bagus kayak tendangan pisang David Beckham. Banyak juga yang mengatakan mirip busur panah.

Foto di Jembatan Baru Kenjeran
Biarin jembatannya melengkung. Selama bukan janur kuning yang melengkung, masih ada kesempatan. #lah

Ukuran jembatan layang Kenjeran panjangnya 800 meter dengan lebar 32 meter. Sementara tingginya yang 12 meter itu ditopang oleh 12 tiang pancang. Selain untuk pemerataan ekonomi dan pembangunan terutama di kawasan Bulak, Surabaya, pembangunan jembatan ini juga untuk daya tarik pariwisata. Bahkan diharapkan bisa menjadi ikon baru kota Surabaya.

Kenapa jembatan ini begitu Instagramable? Karena pengunjung bisa berfoto-foto dengan latar panorama yang mantap. Ada pemandangan selat Madura, jembatan Suramadu di kejauhan, kampung warna-warni, Taman Hiburan Pantai (THP) pantai Kenjeran Lama, pagar jembatannya pun ditanami bunga-bunga, sehingga bisa menambah bagus hasil foto saat berpose di pinggir jembatan.

Foto pengunjung jembatan baru kenjeran
Jembatannya di atas air.

Lebih kerennya lagi, di bagian tengah jembatan, ada semacam anjungan atau panggung atau entah apa sebutan tepatnya aku kurang tahu. Yang pasti berbentuk rangka-rangka besi yang berdiri lumayan tinggi kayak menara. Pengunjung diperbolehkan naik dan berfoto-foto di atasnya.

Tapi khusus kaum wanita, kalau mau naik dilarang memakai rok. Tapi bukan berarti polos tak mengenakan apapun. Maksudnya harus memakai bawahan berupa celana. Karena begini, panggung itu lantainya dari besi berlubang-lubang seperti lubang jaring. Jadi kalau cewek naik memakai rok, terus pengunjung yang di bawah mendongak ke atas, you know lah apa yang akan terjadi.

Berikut ini beberapa foto aku dan neng Josie saat jalan-jalan ke jalan tol Jembatan Baru Kenjeran beberapa waktu lalu.

Pantai Kenjeran Lama
Background pantai Kenjeran Lama.

Foto cantik di Jembatan Kenjeran
Si manis jembatan Kenjeran.

Anjungan Jembatan Kenjeran
Naik ke sini dilarang memakai rok. Makanya aku pake celana.

berfoto di atas jembatang kenjeran
Tempatnya instagramable. Wajahnya instagenic.


berfoto di selat Madura
Berasa naik kapal.

Jembatan Suroboyo Kenjeran
No caption.

Kampung warna-warni pantai kenjeran lama
Di belakang ada pemandangan kampung warna-warni.

foto kampung warna-warni dari jembatang kenjeran
Yang di belakang itu sehat gak sih??

Kalau mau lebih berkesan lagi, sobat traveler silakan datang ke Jembatan Baru Kenjeran pada malam minggu. Khusus di malam tersebut, di Jembatan Kenjeren ada hiburan air mancur warna-warni yang begitu spektakuler mirip Wonder Full di Marina Bay, Singapura.

air mancur menari jembatan kenjeran
Di belakang yang warna biru itulah kolam air mancur menari. Tapi karena ini siang hari jadi belum dinyalain.

Tapi jangan sampai kelewatan, sebab pertunjukkan air mancur menari ini hanya berdurasi satu jam, malah kadang cuma 60 menit. Start pukul 20.00 dan berakhir 21.00 WIB. Tarian air mancur ini diiringi lagu Jembatan Merah dan Surabaya Oh Surabaya, serta dihiasi dengan tata cahaya yang cantik dan mempesona.

Sedikit tambahan informasi, jembatan yang dalam pembangunannya menelan anggaran hingga 199 milyar ini, menurut Bu Risma telah menjadi salah satu dari 10 jembatan terbaik di planet bumi. Membelah garis pantai Kenjeran Lama, menghubungkan Jalan Kenjeran menuju arah timur sampai ke Jalan Ir. Soekarno (MERR) dan Jalan Laguna Surabaya.

foto di jembatan kenjeran sore hari
Ngelirik helm tak bertuan.

Didirikan di atas Pantai Kenjeran Lama, tentu kehadiran jembatan ini bisa mempermudah pengunjung Taman Hiburan Pantai (THP) di Pantai Kenjeran Lama yang ingin melanjutkan rekreasi ke Pantai Ria Kenjeran Baru alias Kenjeran Park (KenPark).

Rugi kalau sudah sampai ke Pantai Kenjeran Lama tidak sekalian ke Pantai Ria Kenjeran Baru. KenPark tak kalah menarik, di sana ada beberapa tiruan bangunan-bangunan di luar negeri seperti Pagoda Tian Ti, Patung Dewi Kwan Im yang diapit sepasang naga raksasa, Patung Budha Catur Muka, Atlantis Land dan lain-lain.

pengunjung jembatan baru kenjeran
Di dalam keramaian aku masih merasa ganteng.

Bagaimana? Tertarik melancong ke Jembatan Baru Kenjeran? Buat kalian di luar kota, aku sarankan ke sini sabtu sore. Sorenya menyaksikan sun set, lalu berlanjut di malam hari menonton kerennya air mancur menari pantai Kenjeran. Dan kalau berminat pepotoan di atas anjungan jembatan, jangan lupa jangan memakai rok. Happy Traveling.


Jangan Lewatkan

16 comments:

  1. sekarang rame gambar blognya, doyan ngetrip neh :) duet trip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trip tipis-tipis di sekitar rumah wae, Sam. Mau duet sama sampeyan, sampeyan ndak ada ngontek ngajak-ngajak lagi hahaha...

      Delete
  2. Follback www.mangandosetiawan.com

    Salam kenal
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. wah sangat kontras panoramanya,,,,oky lah ntar kapan kapan kalau transite di surabya tak mampir kesitu

    ReplyDelete
  4. Koplok bgt caption2nya, memcolok mata bgt pemandangannya, kunjungable bgt

    ReplyDelete
  5. Wah emang keren banget mas..Nice shoot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas Walidin. Asal jeprat jepret aja sebenarnya dan dengan kamera murah meriah...

      Delete
  6. Wah asyik sekali lihat foto-fotonya...bagus-bagus sekali obyek fotonya

    ReplyDelete
  7. wah untuk spot foto mantap banget ya.. jadi pengen kesana, tapi gak punya waktu. haha

    ReplyDelete
  8. Duh kenapa aku pas nyampe sby nemu blog ini,free guide-in aku juga dong kakkak #ngarep

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.