Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Cerita di Wattpad Meski Memiliki Follower Sedikit

Halo. Kali ini aku akan membuka rahasia meningkatkan jumlah pembaca atau viewer cerita di Wattpad meski kita hanya memiliki follower sedikit.

Siapa sih yang nggak seneng kalau tulisan di Wattpad dibaca ribuan bahkan jutaan kali?

Semua author pasti akan senang dan berharap bisa seperti itu. Selain menjadi hal yang membahagiakan sekaligus membanggakan, larisnya sebuah cerita di Wattpad bisa menjadi pintu gerbang menjadi seorang penulis profesional bagi pengarangnya. Sudah banyak cerita-cerita di Wattpad yang ditawar penerbit untuk dibukukan malah ada yang sampai di filmkan. aku

Membaca Wattpad Novel Online

Tapi, agar cerita yang ditulis di Wattpad sukses dibaca hingga ribuan bahkan jutaan kali itu bukan perkara gampang! Butuh kerja keras dan strategi yang tepat. Lain hal kalau kamu seorang seleb Wattpad, yang memiliki pengikut puluhan ribu, memperoleh ribuan pembaca mungkin tidak akan terlalu sulit.

Sementara bagi para newbie, penulis-penulis pendatang baru di Wattpad, atau yang sudah lama punya akun tapi followersnya segitu-gitu aja, untuk mendapat 1000 view saja itu sulit serta butuh kesabaran. Kita yang harus aktif menjemput pembaca.

Baca Juga: (3 Cara Menerbitkan Buku yang Akan Mewujudkan Mimpimu Menjadi Penulis)

Tapi tidak perlu pesimis. Harus kudu musti wajib tetap semangat! Berikut ini ada beberapa tips mendongkrak jumlah pembaca, meski kita baru menjadi warga Wattpad yang belum memiliki banyak pengikut.

Cekidot!

Buat Cover Yang Unik dan Menarik

Meski ada quotes legendaris “Jangan menilai buku dari sampulnya!”, jangan lantas membuat cover asal-asalan. Para pembaca juga tidak akan peduli dengan quotes itu. Sampul yang terlihat bagus akan membuat netizen penasaran untuk membuka isinya.

Termasuk aku, umpama di beranda Wattpad ada rekomendasi lima cerita, pasti yang akan aku klik adalah buku dengan sampul yang paling unik dan menarik. Di situ kadang ungkapan 'jangan menilai buku dari kulitnya’ baru akan terbukti. Banyak cover-cover PHP, Pemberi Harapan Palsu. Sampulnya bagus banget, ternyata isinya biasa-biasa saja bahkan buruk!

Sebaliknya, ada beberapa buku bercover ala kadarnya, tapi nggak nyangka isinya warbyasah. Seperti buku genre humor yang sedang kubaca sekarang-sekarang ini. Keren dan lucunya lucu banget. Kalau mau ikutan membaca silakan Klik Disini!

Dalam dunia perbukuan termasuk dunia perbukuan online seperti Wattpad, cover turut mempengaruhi keberhasilan sebuah buku di pasaran. Cover bisa menjadi daya tarik pertama selain judul. Jadi kalau ingin karya yang akan dipublikasikan di Wattpad meraih sukses besar, salah satu langkah awal yang tak boleh diabaikan adalah membuat cover yang kece badai!

Cara membuat cover buku di Wattpad bermacam-macam. Malah ada aplikasi android khusus membuat sampul Wattpad namanya Covers By Wattpad. Bisa juga diracik sendiri lewat aplikasi edit foto seperti Photoshop, Pixlr Editor, Canva dan lain-lain. Atau kalau nggak bisa membuat sendiri, bisa pesan ke jasa pembuat sampul buku yang banyak beredar di internet.

Judul Yang Keren

Selain sampul, judul juga ikut andil dalam menarik minat readers untuk membaca karya kita. Membuat judul memang bukanlah pekerjaan yang mudah tapi sebenarnya juga tidak terlalu susah. Susah-susah gampang. Gampang-gampang susah.

Namun jika ingin buku yang kamu terbitkan di Wattpad dibaca banyak orang, jangan meremehkan faktor judul. Pikirkan judul yang unik, tidak pasaran, mampu membuat penasaran pembaca dan mudah merasuk dalam ingatan mereka.

Buat Prolog Sebagus-bagusnya

Prolog merupakan bagian awal sebuah buku cerita fiksi, yang bisa menentukan nasib buku tersebut apakah akan terus dibaca atau ditinggalkan.

Tanpa bermaksud mengesampingkan bagian-bagian lain, bagian prolog perlu diberi penanganan khusus. Tulis prolog sebaik-baiknya, sehingga mampu memikat pembaca untuk membaca bagian-bagian berikutnya hingga akhir!

Share ke Sosial Media

Cara paling mudah meraup banyak pembaca adalah dengan membagikan setiap bagian cerita ke jejaring sosial dan surat elektronik. Jika mengakses melalui website di desktop (komputer/laptop), tinggal klik ikon-ikon sosmed yang ada di akhir setiap part. Media sosial yang tersedia cukup komplit seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Tumblr, Pinterest dan Email.

Ikon Share berbagai Sosial Media

Sementara kalau via aplikasi Wattpad di smartphone Android ataupun iOS, media sharingnya jauh lebih banyak lagi. Bisa ke semua aplikasi sosial yang ada di gadget kamu, seperti BBM, WhatsApp, Line, ShareIt, Blogger, Instagram, SMS, Bluetooth dan aplikasi sosial lain yang terinstal di handphone kamu.

Dan biar sharingnya efektif, lakukan di waktu-waktu pengguna media sosial sedang banyak yang online. Tapi sebaiknya bagikan sewajarnya saja. Kalau terlalu sering bisa-bisa kita malah dianggap nyepam dan dihapus dari daftar pertemanan.

Promosikan di Blog Pribadi

Bagi author yang merangkap sebagai seorang blogger, punya kesempatan bagus merekomendasikan karya yang diposting di Wattpad kepada para pembaca blognya.

Dari pengamatanku, di search engine, tulisan-tulisan di blog lebih unggul dibanding tulisan yang ada Wattpad. Oleh karena itu, blog bisa menjadi media yang tepat untuk mempromosikan novel kamu yang dipublikasikan di Wattpad.

Cara mempromosikannya dengan menulis artikel review yang berisi sinopsis novel dan keunggulan-keunggulannya. Selain itu, juga bisa dengan membuat barner iklan di sidebar yang ditanami link menuju cerita kamu yang ada di Wattpad.

Rajin Membaca dan Mengapresiasi Karya Author Lain


Menjadi penulis tapi malas membaca apalah jadinya. Membaca adalah salah satu nutrisi penting bagi seorang penulis. Membaca akan memperkaya kosa kata. Dari membaca bisa mendapat banyak inspirasi. Tanpa membaca, lama-lama seorang penulis bisa mengalami kekeringan ide.

Dan sebagai penulis di Wattpad, membaca dan mengapresiasi karya author lain bisa mendapat lebih dari itu. Kita bisa memperoleh ilmu sekaligus berteman akrab dengan mereka. Di kesempatan lain, mereka pasti gantian membaca dan mengapresiasi tulisan kita.

Cara mengapresiasinya cukup dengan memberi vote dan komen setiap selesai membaca satu part karya mereka. Pastikan kamu benar-benar membaca tulisan mereka, sehingga komen yang kamu berikan tidak melenceng jauh dari isi cerita.

Sapa Mereka Para Kutu Buku

Tidak semua orang yang membuat akun Wattpad bertujuan untuk mempublikasikan karya. Banyak banget yang tujuannya murni sebagai pembaca. Ciri-cirinya; tidak memiliki karya, mengikuti banyak author, punya pengikut sedikit bahkan 0 followers, reading list-nya banyak, dan di riwayat aktivitas di dindingnya ia sangat aktif memberi vote dan komen pada buku-buku yang dibacanya.

Nah, kalau ketemu akun dengan ciri seperti itu, jangan sungkan menyapa mereka. Tawarkan ceritamu kepada mereka. Lakukan dengan kata-kata sopan dan bersahabat. Jangan memaksa.

Gabung di Komunitas

Banyak sekali komunitas-komunitas Wattpad di sosial media, termasuk di group-group sosial media messenger berbasis chating kayak Line, BBM dan WhatsApp. Bergabunglah di komunitas yang menurut kamu cocok. Tapi jangan sekedar gabung. Sesekali kamu harus aktif berdiskusi di dalam komunitas itu. Jangan cuma sekedar promosi-promosi cerita sendiri.

Biasanya di dalam group juga ada pengguna Wattpad yang berbaik hati menawarkan jasa merekomendasi cerita. Jangan sia-siakan kesempatan itu, coba tawarkan karya kamu.

Rutin Menulis

Salah satu ciri khas Wattpad adalah cerita yang diposting secara berkala part demi part. Mirip episode dalam sinetron TV. Supaya jumlah pembaca karangan kita terus naik, kita harus rutin menerbitkan kelanjutan cerita yang kita tulis sampai tamat. Entah satu hari satu part, tiga hari satu part, atau seminggu satu part.

Kalau tidak rutin meneruskan cerita, apalagi dibiarkan terbengkalai hingga berbulan-bulan, dijamin para pembaca lama akan lari dan sulit mendapatkan pembaca baru.

Membuat Banyak Part

Jika menulis untuk penerbit ada batas maksimal jumlah halaman dan karakter, menulis di Wattpad tidak ada aturan seperti itu. Author bebas menumpahkan imajinasi fiksi sebanyak yang dia mampu. Selama mampu menyajikan plot cerita yang menarik, syah-syah saja seorang pengarang di Wattpad menulis hingga ratusan part.

Cara ini sangat efektif meningkatkan jumlah viewer sebuah cerita. Misalnya kamu bisa menulis 100 part, kemudian dalam satu part dibaca 10.000 kali saja, tinggal dikalikan berapa total viewnya. Udah jutaan! Saking efektifnya, beberapa author ada yang sengaja menambah-nambah part yang padahal bukan termasuk plot cerita.

Membuat Judul Yang Nyerempet-nyerempet Buku Populer

Cara ini semacam mendompleng judul cerita lain yang sedang ngehits di Wattpad. Sering terjadi, membuat judul yang sedikit mirip dengan buku-buku yang sedang populer, juga akan berimbas kepada cerita yang berjudul mirip tersebut ikut laris manis. Hal ini terjadi karena sistem di Wattpad yang selalu merekomendasikan cerita-cerita serupa kepada pembacanya. Semakin banyak pembaca buku yang sedang ngetop itu, semakin sering pula buku-buku lain yang berjudul mirip-mirip tersebut direkomendasikan.

Misalnya ada buku berjudul ‘Wali Kelasku Tunanganku’ dibaca jutaan kali dan selalu masuk 10 besar ranking story Wattpad, nah terkadang ada author-author yang memanfaatkan situasi ini dengan memodifikasi judul tersebut tapi dengan jalan cerita yang berbeda. Misalnya diberi judul 'Asmara Wali Kelas’, 'Ada Apa Dengan Wali Kelas?’, 'Walikelas Berkelas’, 'Walikelas Vs Walikota’, dan sebagainya.

Isi Konten Yang Sebaik Mungkin!

Puncak dari segala cara di atas adalah isi buku yang bagus! Meliputi plot cerita yang menarik, nama-nama tokoh yang nggak pasaran, konflik yang bikin baper dan membuat penasaran pembaca untuk terus menikmati hingga part terakhir. Penempatan tanda baca yang tepat pada tempatnya. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami walau tidak mengikuti EYD secara paripurna.

Percuma saja kita rajin promosi ke lapak-lapak author lain, gencar share ke sosial media, sampul buku yang amat sangat artistik, judul buku yang super duper keren, prolog yang begitu memukau, tapi isi ceritanya justru amburadul dan sama sekali tidak menarik. Jalan cerita yang biasa-biasa saja bahkan cenderung tak jelas.

Apalagi kalau diperparah dengan banyaknya singkatan-singkatan bahkan terselip tulisan-tulisan alay. Kalau seperti ini, baru membaca dua atau tiga bagian saja, pembaca akan segera enyah dan tak akan kembali lagi.

Demikianlah tips meningkatkan jumlah pembaca tulisan di Wattpad bagi author yang hanya memiliki sedikit follower. Beberapa cara di atas sudah aku terapkan di novel Zuck Linn, novel komedi yang telah aku terbitkan di Wattpad. Dan hasilnya cukup lumayan menaikkan trafik pembaca meski di dunia orange tersebut aku hanyalah seorang fakir follower. Happy Writing. ^^

Baca Juga: Catat! Alamat 21 Penerbit Mayor Yang Menerima Karya Para Penulis Pemula

Jangan Lewatkan

15 comments:

  1. thanks infonya :)
    Baca ceritaku juga di wattpad ya :) Follow bakal follback kok :)
    http://my.w.tt/UiNb/trUFE9t2OE
    @NTitiaAlie
    thanks

    ReplyDelete
  2. http://my.w.tt/UiNb/E4DPEzxZlG haloo terimakasih infonya ka ,,jangan lupa baca ff aku yaa ,yang follow aku follback :*

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya
    Oh ya jangan lupa mampir di ff ku ya
    Judul ceritanya Scharletta

    ReplyDelete
  4. Mampir ya di wattpadku
    Psikopat, Romantis (Katanya) - Prolog by @ardysetyo #wattpad https://my.w.tt/UiNb/ftAQ5cfrYG

    ReplyDelete
  5. mampir ke wattpadku yaa https://www.wattpad.com/user/Intnhryni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. Nanti mampir deh pas pulang dari main futsal.

      Delete
  6. Makasih infonya, berguna banget untuk yang masih pemula kayak aku. Jangan lupa mampir juga ke wattpadku ya https://www.wattpad.com/user/maput13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan membaca. Semoga sukses berkarya di Wattpad.

      Delete
  7. makasih infonya, baca ceritaku ya https://www.wattpad.com/483126282-run-if-you-can-prolog butuh sarannya, kakak. hihihi

    ReplyDelete
  8. Hay, saya penulis baru di Wattpad, baca cerita saya ya, link nya di bawah ini ↘️⬇️↙️

    https://my.w.tt/UiNb/sl94tOuyoH

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.