Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Film yang Diangkat dari Cerita atau Novel Wattpad

Apa saja cerita novel di Wattpad Indonesia yang sudah difilmkan? Di postingan kali ini, blog ZUCKICI.COM akan menyajikan informasi tersebut, yaitu cerita-cerita fiksi di aplikasi Wattpad yang tak cuma dibukukan, tapi juga sekaligus sukses diadaptasi ke layar lebar meramaikan dunia perfilman tanah air.

Kalau yang hanya dibukukan, sudah sangat banyak cerita fiksi yang sebelumnya diterbitkan secara digital di Wattpad, akhirnya dicetak menjadi buku fisik. Baik diterbitkan mandiri melalui penerbit indie ataupun dicetak dengan mekanisme self publishing. Tak sedikit pula karya-karya tulis di Wattpad yang dibukukan oleh penerbit-penerbit mayor dan diedarkan di berbagai toko buku besar di Indonesia.

Daftar Film Indonesia yang Diangkat dari Novel Wattpad

Di artikel ini, saya hanya akan menyusun daftar cerita-cerita di Wattpad yang telah dibukukan dan juga difilmkan saja. Soalnya kalau yang hanya dibukukan, sudah sangat banyak jumlahnya dan tak mungkin disusun dalam satu artikel. Selain itu, saya juga tidak mengetahui buku apa saja yang diangkat dari cerita di aplikasi Wattpad. Apalagi yang diterbitkan lewat jalur indie.

Kalau yang dibukukan sekaligus difilmkan saya lumayan mengetahuinya. Sebab walaupun saya sudah tidak aktif menulis di Wattpad, tapi saya masih seorang Wattpader dan sesekali masih main ke dunia orange tersebut.

Selain itu saya juga salah satu moderator di grup Komunitas Wattpad Indonesia. Sehingga cukup tahu cerita-cerita apa yang lagi populer, banyak dibicarakan pengguna Wattpad, ditawar penerbit besar, kemudian diangkat ke layar lebar.

Saya sendiri beberapa tahun yang silam cukup aktif menulis Wattpad. Masa itu saya menulis sebuah cerita bergenre komedi dan berhasil meraup seratus ribu lebih viewers. Namun karena satu dan lain sebagainya, karya saya tersebut saya hapus dari situs Wattpad, lalu saya terbitkan ulang dan saya lanjutkan di blog ZUCKICI.COM ini. Jika teman-teman ingin membacanya, bisa di cek di kategori 'Serial Komedi Zuck Linn'.

Baik, tanpa banyak bacot lagi, berikut ini daftar film-film Indonesia yang diadaptasi dari cerita-cerita novel di Wattpad. Mulai dari tahun 2017, 2018, 2019, hingga tahun 2020 ini.

1. Dear, Nathan

Cerita 'Dear, Nathan' ditulis oleh author Wattpad bernama Erisca Febriani dengan username @Eriscafebriani. Hingga saat ini, cerita tersebut telah dibaca lebih dari 33,3 juta kali. Laris banget! Dan memang pada saat masih on going, cerita dengan tokoh utama Nathan dan Salma ini sangat populer. Sering nangkring di ranking #1 di genre fiksi remaja. Kelanjutan ceritanya selalu ditunggu-tunggu oleh banyak pembaca. Setiap kali part baru dipublikasikan, langsung panen ribuan vote dan komentar.

Tak heran ketika akhirnya diterbitkan dalam bentuk buku oleh penerbit Best Media, novel Dear Nathan meraih posisi best seller di berbagai toko buku. Hingga dicetak ulang beberapa kali. Novel Dear Nathan ini sendiri diterbitkan pertama kali bulan Maret tahun 2016.

Lalu setahun kemudian, tepatnya tanggal 23 Maret 2017, film Dear Nathan resmi dirilis di bioskop seluruh NKRI. Rapi Films yang membuat film tersebut. Dibintangi oleh Jefri Nicho sebagai Nathan, dan Amanda Rawles sebagai Salma. Dan sepertinya inilah pertama kalinya cerita di Wattpad Indonesia yang diangkat ke layar lebar.

Dan tidak hanya sampai layar lebar saja. Ketenaran Dear Nathan juga sampai merambah ke layar kaca! Jadi selain dibukukan dan difilmkan, cerita Dear Nathan yang berawal dari Wattpad ini juga disinetronkan dengan judul Dear Nathan: The Series yang tayang di RCTI. Dalam versi sinetron, Nathan diperankan oleh Zikri Daulay, sedangkan Salma diperankan  oleh Syifa Hadju.

2. A : Aku Benci & Cinta

Cerita 'A : Aku Benci & Cinta' ditulis oleh Wulan Fadila dengan nama akun Wattpad @wulanfadi. Berkisah tentang kehidupan persahabatan dan percintaan remaja dengan empat tokoh utama yang semuanya berawalan huruf A: Alvaro, Athala, Anggia dan Alexander.

Di Wattpad, cerita ini sangat tranding pada masanya. Dibaca jutaan kali. Mendapatkan banyak bintang dan kerap mendapat peringkat #1 di Wattpad Rank genre Fiksi Remaja. Pada akhir tahun 2015, cerita A diterbitkan oleh Best Media dalam bentuk novel, dengan cover bergambar 3 helai bulu yang yang membentuk huruf A.

Dan pada tahun 2017, oleh rumah produksi MD Pictures, novel tersebut diadaptasi ke layar lebar. Film 'A : Aku Benci & Cinta' dibintangi oleh aktor-aktor muda pendatang baru pada saat itu, mulai dari Jefri Nichol, Indah Permatasari, Amanda Rawles, Brandon Salim hingga Syifa Hadju. Filmnya sendiri resmi tayang di bioskop pada 16 Agustus 2017.

3. Revan & Reina

Revan & Reina menjadi film pertama di tahun 2018 yang diadaptasi dari cerita di Wattpad. Film ini diproduksi WB Pictures, bercerita tentang drama romantis remaja antara Revan dengan Reina yang diperankan oleh Bryan Domani dan Angela Gilsha, dan mulai tayang di bioskop pada tanggal 29 Maret 2018.

Di Wattpad sendiri, novel Revan & Reina sudah dibaca lebih dari 8.000.000 kali dan memperoleh ratusan ribu bintang. Pengarangnya adalah Christa Bella dengan nama akun @bellawrites.

Sebelum difilmkan, cerita Revan & Reina juga telah diterbitkan dalam bentuk buku oleh penerbit IKON yang merupakan imprint dari penerbit Serambi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Cerita di Wattpad Meski Memiliki Follower Sedikit

4. The Perfect Husband

Tak sampai sebulan kemudian, dunia perfilman Indonesia kembali diramaikan film adaptasi dari Wattpad. Screenplay Film The mempersembahkan The Perfect Husband yang rilis di bioskop tanggal 12 April 2018. Film dengan tokoh utama Ayla dan Arsen ini dibintangi oleh Amanda Rawles dan Dimas Anggara.

Sebelum diangkat ke film, The Perfect Husband merupakan cerita populer di Wattpad yang ditulis oleh akun @penulisrahasia yang adminnya mbak Indah Riyana, dan sukses dibaca lebih dari 6 juta kali. Lalu dibukukan oleh penerbit Romancious yang merupakan imprint dari penerbit Fantisious.

5. Assalamualaikum Calon Imam (ACI)

Sebulan kemudian, tepatnya 9 Mei 2018, bioskop Indonesia kembali diramaikan film Wattpadlit alias film yang diangkat dari cerita Wattpad. Judulnya Assalamualaikum Calon Imam (ACI). Film ini dipersembahkan oleh Prized Production dan Vinki Production, dengan sutradara Findo Purwono HW.

Film drama religi bernuansa islami ini mengisahkan pencarian cinta sejati seorang gadis bernama Fisya (Natasha Rizki). Tokoh-tokoh utama lainnya di film ini yaitu Jidan (Andi Arsyil), Salsya (Merdi Octav), dan Alif (Miller Khan).

Di Wattpad sendiri, cerita yang ditulis oleh
Ima Madaniah atau @madani_ ini telah dibaca sebanyak 4 juta kali. Dan juga telah dibukukan oleh penerbit Coconut Books pada Desember 2017 untuk cetakan pertama.

6. EL

Di hari yang sama, yaitu 9 Mei 2018, bioskop Indonesia juga diramaikan dengan satu lagi film adaptasi novel Wattpadlit yang berjudul EL. Film ini dibuat oleh MVP Pictures dan dibintangi oleh Aurelie Moeremans dan Achmad Megantara. 

Uniknya, selain rilis di tanggal yang sama dengan film ACI, film El juga dikomandoi oleh sineas yang sama yaitu Findo Purwono HW.

Sebelum difilmkan, EL merupakan karya tulis di Wattpad karangan Luluk HF atau Hidayatul Fajriyah dengan akun id @Luluk_HF, yang sukses dibaca lebih dari 30M. Bercerita tentang Mario Adipati Haling, seorang pengusaha sukses yang diumurnya sudah hampir 30 tahun belum pernah merasakan kisah percintaan. Hingga pada suatu hari, ia bertemu dengan gadis remaja yang memiliki sifat ajaib dan kepribadian penuh misteri bernama Dafychi Guanni Freedy.

Sebelum rilis dalam bentuk film, EL juga telah dibukukan oleh penerbit Bintang Media pada November 2017.

7. R : Raja, Ratu & Rahasia

Di tahun 2018, kembali salah satu karya dari @wulanfadi a.k.a Wulan Fadila dilayarlebarkan. Setelah di tahun 2017, novelnya yang A : Aku Benci & Cinta difilmkan, tahun ini giliran R : Raja, Ratu & Rahasia yang beruntung mengalami nasib yang sama.

Film R diproduksi Starvision dengan sutradara Findo Purwono HW dan rilis di bioskop pada 12 Juli 2018. Sementara Raja dan Ratu, yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini diperankan oleh Brandon Salim dan Aurora Ribero.

Di Wattpad, R: Raja, Ratu & Rahasia memang tergolong cerita fiksi remaja yang sangat populer kala itu. Terbukti sudah 25 juta kali dibaca dengan 1,6 juta vote. Dan sudah dibukukan juga pada April 2016 oleh penerbit Best Media.

8. Serendipity

Tidak kalah dengan Wulan Fadila, Erisca Febriani juga berhasil membuat salah satu karyanya kembali dipinang rumah produksi perfilman. Setelah di tahun 2017 novel Dear Nathan, di tahun 2018 giliran karyanya yang berjudul Serendipity yang diadaptasi ke layar lebar.

Film Serendipity dibuat PH Virgo Film, dibintangi oleh dua bintang muda, Maxime Bouttier dan Mawar De Jongh, serta rilis ke bioskop seluruh tanah air pada 9 Agustus 2018.

Saat masih on going di Wattpad, Serendipity termasuk cerita yang banyak disukai readers meski tak sepopuler cerita Erisca Febriani yang Dear Nathan. Dan tentunya selain difilmkan, Serendipity juga telah diterbitkan dalam bentuk buku pada November 2016 oleh penerbit Inari.

9. Dear Nathan: Hello Salma

Erisca Febriani benar-benar membuktikan kalau penulis-penulis remaja itu di Wattpad tidak bisa dipandang remeh. Ia mencetak hattrick dengan satu lagi salah satu karyanya di Wattpad diadaptasi ke layar lebar. Setelah Dear Nathan dan Serendipity, untuk yang ketiga kalinya ini giliran novel Hello Salma.

Di Wattpad, novel yang merupakan sekuel atau sambungan dari cerita Dear Nathan ini berhasil mendapat 2,6 juta viewers, dan telah diterbitkan oleh penerbit Coconut Books pada Maret 2018.

Untuk versi movie, Hello Salma kembali diisi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol sebagai bintang utama. Disutradarai oleh Indra Gunawan, dengan Rapi Film sebagai rumah produksinya. Film ini sendiri dirilis pada 25 Oktober 2018.

10. Matt & Mou

Mengawali tahun 2019, kembali film adaptasi dari novel Wulan Fadila menghiasi layar bioskop tanah air. Tak kalah dengan Erisca Febriani, Wulan Fadila juga sukses hattrick dengan sekali lagi karyanya di Wattpad diangkat ke layar lebar. Kali ini adalah novelnya yang berjudul Matt & Mou.

Film yang menceritakan kisah persahabatan Matt dan Mou ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier, diproduksi oleh MD Pictures dan tayang di bioskop mulai 24 Januari 2019.

Sebelum sukses dipinang Production House, Matt & Mou lebih dulu sukses diterbitkan oleh penerbit Gagas Media pada Oktober 2016.

11. Sin

Jelang akhir tahun, kembali muncul film adaptasi Wattpad setelah beberapa bulan tidak ada semenjak yang terakhir Matt & Mou di bulan Januari. Kali ini sebuah film berjudul 'Sin' yang resmi rilis di bioskop pada 10 Oktober 2019.

Cerita yang di Wattpad sudah dibaca 25,7 juta dan vote 1,4 juta ini ditulis oleh Faradita dengan nama akun @Faradisme. Bercerita tentang drama percintaan remaja, dengan tokoh utama Ametta Rinjani dan Raga Angkasa.

Sin telah dicetak menjadi buku oleh penerbit Kubus Media pada September 2017. Sebelum kemudian dilirik Falcon Pictures untuk difilmkan. Di Film, Sin dibintangi oleh Bryan Domani yang berperan sebagai Raga, dan Mawar Eva de Jongh berakting sebagai Metta.

Baca Juga: Catat! Alamat 21 Penerbit Mayor yang Menerima Karya Para Penulis Pemula

12. Senior

Tahun 2019 memang tidak sebanyak tahun 2018 cerita Wattpad yang dijadikan film. Tercatat hanya tiga film saja, yaitu Matt & Mou, Sin, dan yang terakhir film 'Senior' ini, yang ditayangkan di bioskop mulai tanggal 21 November 2019.

Film ini diproduksi Max Pictures dan Bentang Pictures, dengan menghadirkan bintang-bintang film muda seperti Jerome Kurnia, Rebbeca Klopper, dan Ariella Calista Ichwan. Untuk kursi sutradara diisi oleh Indra Gunawan.

Dibaca lebih dari 20 juta kali saat dipublish di Wattpad, novel Senior juga cukup sukses manakala dibukukan oleh penerbit Pastel Books pada Februari 2018. Novel ini buah karya dari Eko Ivano Winata yang kalau di Wattpad menggunakan nickname @Katakokoh.

Seperti kebanyakan novel teenlit lainnya, novel ini bercerita tentang drama percintaan remaja anak sekolah. Di novel Senior ini, tokoh utamanya Nakula si ketua MOS, dan Aluna si siswi baru di SMA Sevit.


13. Surat Dari Kematian

Film Surat Dari Kematian menjadi film pertama yang diadaptasi dari cerita Wattpad di tahun baru 2020. Dan juga menjadi cerita Wattpad begenre horor pertama yang diangkat ke film. Sebelumya kebanyakan genre drama percintaan mulu!

Film Surat Dari Kematian dipersembahkan oleh Max Pictures dengan sutradara Hestu Saputra. Bintang-bintang yang terlibat dalam film ini antara lain Carissa Perusset, Endy Arfian, Jerome Kurnia, dan Dannia Salsabila. Dan rilis di bioskop Indonesia pada tanggal 6 Januari 2020.

Film ini diangkat dari stori di Wattpad berjudul sama karya Adham T. Fusama, yang kalau di dunia jingga tersebut menggunakan nama pena @AdhamTFusama. Di sana, Surat Dari Kematian telah meraih satu juta viewers, dan juga telah diterbitkan dalam versi buku oleh Falcon Publishing pada bulan November 2018.

14. Dignitate

Masih di bulan Januari, kembali film adaptasi novel Wattpad menghiasi layar bioskop NKRI. Kali ini sebuah film berjudul Dignitate, yang diangkat dari cerita di Wattpad dengan judul yang sama, karya Hana Margaretha dengan username @radexn.

Di dunia jingga, cerita Dignitate telah dibaca lebih dari 11 juta kali. Lalu dibukukan oleh penerbit Love Able pada tahun 2017. Sebelum akhirnya dilirik rumah produksi MD Pictures untuk diangkat ke layar lebar dan dilaunching pada 23 Januari 2020. 

Dignitate versi movie dibintangi oleh Al Ghazali dan Caitlin Halderman, serta disutradarai oleh Fajar Nugros.

15. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Kembali Wattpadlit dengan tema horor diangkat ke layar lebar. Kali ini sebuah cerita berjudul 'Aku Tahu Kapan Kamu Mati' karangan Arumi Ekowati, yang kalau di Wattpad menggunakan nama @Arumi_e. Di Wattpad, cerita ini telah memperoleh 4,2 juta viewers dan lebih 200k vote.

Ceritanya emang bagus banget sih. Sudah dibukukan juga lewat penerbit Loveable pada tahun 2018. Kemudian untuk versi filmnya dirilis pada 5 Maret 2020.

Film Aku Tahu Kapan Kamu Mati dibuat oleh Maxima Pictures dengan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Serta dimainkan oleh aktor dan aktris muda berbakat tanah air mulai dari Natasha Wilona, Ria Ricis, hingga Al Ghazali. 

16. Mariposa

Mariposa, yang ditulis Luluk H.F ini bisa dibilang karya yang cukup fenomenal di Wattpad bahasa Indonesia tahun 2018. Hingga saat ini telah dibaca 112 juta kali dan mendapat 3,68 juta vote atau like. Sebelum diadaptasi menjadi film oleh rumah produksi Falcon Pictures Dan Kharisma Starvision Plus, Mariposa dibukukan terlebih dahulu oleh penerbit Coconut Books pada tahun yang sama dan sempat menjadi best seller di banyak toko buku.

Mariposa versi film disutradarai oleh Fajar Bustami, dan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama tanah air seperti Angga Yunanda, Adhisty Zara, Abun Sungkar, Ariyo Wahab, Ersa Mayori, dan lain-lain. Film bergenre drama komedi romantis ini rilis pada 12 Maret 2020.

Sayang banget akibat mewabahnya viros covid-19 dan himbauan social distancing, Film Mariposa terpaksa harus turun layar lebih cepat. Namun kabarnya akan kembali ditayangkan setelah situasi normal.

Mariposa menjadi Wattpadlit kedua dari Luluk H.F yang difilmkan, setelah sebelumnya novel El juga diangkat ke layar lebar pada tahun 2018.

Baca Juga: Cara Efektif Mendapatkan Banyak Followers di Wattpad Untuk Pemula

17. ...... (giliran karya kamu!)

Silahkan tulis di komentar judul novelmu di Wattpad. Mudah-mudahan karya kamu tersebut yang akan difilmkan selanjutnya. 

Itulah daftar lengkap cerita-cerita di Wattpad yang selain diterbitkan ke dalam bentuk buku, juga sudah diangkat ke layar lebar dalam bentuk film. Semoga tulisan sederhana ini bisa menambah semangat teman-teman yang saat ini sedang berkarya di Wattpad. Keep writing!

5 komentar untuk "Daftar Film yang Diangkat dari Cerita atau Novel Wattpad"

  1. baca karya ku yang berjudul THA ya kak di wattpad. benar. THA saja

    BalasHapus
  2. Wattpad karya sahabtku, judulnya Fighting with My Halu
    Smoga da yg baca
    Makasih yaa

    BalasHapus
  3. Ada yang single atau jomblo? Pasti ada kan? Kuy baca cerita ku yang berjudul "Single or jomblo?" Masih on going heheh

    https://my.w.tt/eqJJRKHYw8

    Tapi mas mba udah punya gandengan boleh baca juga kok, tidak di haramkan :D

    BalasHapus
  4. Yang mau membaca kasus pembunuhan berantai. Yuk baru upload part 1 nya!! Segera cari di MS Problem. Cari kelanjutan kisahnya di sini..
    Yuk yang minat!!
    MS Problem

    BalasHapus
  5. Baca deh cerita Vanesha yg penulisnya kak olak yg akunnya @tahadeey pasti kalian pada mewek

    BalasHapus

Berlangganan via Email