Widget HTML #1

Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Cerita di Wattpad Meski Memiliki Follower Sedikit

Halo. Kali ini aku akan membuka rahasia bagaimana cara dan tips meningkatkan jumlah pembaca atau viewers cerita di Wattpad meski kita hanya memiliki follower sedikit. Terutama bagi author-author baru, pasti ingin tahu trik dan caranya agar tulisan baik cerita atau novel yang ditulis di Wattpad banyak yang baca dan diberi vote oleh para readers.

Siapa sih yang nggak seneng kalau tulisan di Wattpad dibaca ribuan bahkan jutaan kali?

Semua author pasti akan senang dan berharap bisa seperti itu. Selain menjadi hal yang membahagiakan sekaligus membanggakan, larisnya sebuah cerita di Wattpad bisa menjadi pintu gerbang menjadi seorang penulis profesional bagi pengarangnya. Sudah banyak cerita-cerita di Wattpad yang ditawar penerbit untuk dibukukan malah ada juga yang sampai difilmkan dan disinetronkan.

Membaca Wattpad Novel Online

Tapi, agar cerita yang ditulis di Wattpad sukses dibaca hingga ribuan bahkan jutaan kali itu bukan perkara gampang! Butuh kerja keras dan strategi yang tepat. Lain hal kalau kamu seorang seleb Wattpad, yang memiliki pengikut puluhan ribu, memperoleh ribuan pembaca mungkin tidak akan terlalu sulit.

Sementara bagi para newbie, penulis-penulis pendatang baru di Wattpad, atau yang sudah lama punya akun tapi followersnya segitu-gitu aja, untuk mendapat 1000 view saja itu sulit serta butuh kesabaran. Kita yang harus aktif menjemput pembaca.



Tapi tidak perlu pesimis. Harus kudu musti wajib tetap semangat! Berikut ini ada beberapa tips mendongkrak jumlah pembaca, meski kita baru menjadi warga Wattpad yang belum memiliki banyak pengikut.

Cekidot!

Buat Cover Yang Unik dan Menarik


Tips paling pertama supaya cerita di Wattpad banyak dapat viewers dan vote adalah merancang cover sebagus mungkin. Meski ada quotes legendaris “Jangan menilai buku dari sampulnya!”, jangan lantas membuat cover asal-asalan. Para pembaca juga tidak akan peduli dengan quotes itu. Sampul yang terlihat bagus akan membuat netizen penasaran untuk membuka isinya.

Termasuk aku, umpama di beranda Wattpad ada rekomendasi lima cerita, pasti yang akan aku klik adalah buku dengan sampul yang paling unik dan menarik. Di situ kadang ungkapan 'jangan menilai buku dari kulitnya’ baru akan terbukti. Banyak cover-cover PHP, Pemberi Harapan Palsu. Sampulnya bagus banget, ternyata isinya biasa-biasa saja bahkan buruk!

Sebaliknya, ada beberapa buku bercover ala kadarnya, tapi nggak nyangka isinya warbyasah. Seperti buku genre humor yang sedang kubaca sekarang-sekarang ini. Keren dan lucunya lucu banget. Kalau mau ikutan membaca silakan  Di Sini!

Dalam dunia perbukuan termasuk dunia perbukuan online seperti Wattpad, cover turut mempengaruhi keberhasilan sebuah buku di pasaran. Cover bisa menjadi daya tarik pertama selain judul. Jadi kalau ingin karya yang akan dipublikasikan di Wattpad meraih sukses besar, salah satu langkah awal yang tak boleh diabaikan adalah membuat cover yang kece badai!

Cara membuat cover buku di Wattpad bermacam-macam. Malah ada aplikasi android khusus membuat sampul Wattpad namanya Covers By Wattpad. Bisa juga diracik sendiri lewat aplikasi edit foto seperti Photoshop, Pixlr Editor, Canva dan lain-lain. Atau kalau nggak bisa membuat sendiri, bisa pesan ke jasa pembuat sampul buku yang banyak beredar di internet.

Judul Yang Keren


Cara selanjutnya agar cerita kamu di Wattpad banyak yang membaca dan menyukai adalah memberikan judul novel yang keren. Jadi selain sampul, judul juga ikut andil dalam menarik minat readers untuk membaca karya kita. Membuat judul memang bukanlah pekerjaan yang mudah tapi sebenarnya juga tidak terlalu susah. Susah-susah gampang. Gampang-gampang susah.

Namun jika ingin buku yang kamu terbitkan di Wattpad dibaca banyak orang, jangan meremehkan faktor judul. Pikirkan judul yang unik, tidak pasaran, mampu membuat penasaran pembaca dan mudah merasuk dalam ingatan mereka.

Buat Prolog Sebagus-bagusnya


Prolog merupakan bagian awal sebuah buku cerita fiksi, yang bisa menentukan nasib buku tersebut apakah akan terus dibaca atau ditinggalkan.

Tanpa bermaksud mengesampingkan bagian-bagian lain, bagian prolog memang perlu diberi penanganan khusus. Tulis prolog sebaik-baiknya, sehingga mampu memikat pembaca untuk membaca bagian-bagian berikutnya hingga akhir!

Share ke Sosial Media


Cara paling mudah meraup banyak pembaca adalah dengan membagikan setiap bagian cerita ke jejaring sosial dan surat elektronik. Jika mengakses melalui website di desktop (komputer/laptop), tinggal klik ikon-ikon sosmed yang ada di akhir setiap part. Media sosial yang tersedia cukup komplit seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Tumblr, Pinterest dan Email.

Ikon Share berbagai Sosial Media

Sementara kalau via aplikasi Wattpad di smartphone Android ataupun iOS, media sharingnya jauh lebih banyak lagi. Bisa ke semua aplikasi sosial yang ada di gadget kamu, seperti BBM, WhatsApp, Line, ShareIt, Blogger, Instagram, SMS, Bluetooth dan aplikasi sosial lain yang terinstal di handphone kamu.

Dan biar sharingnya efektif, lakukan di waktu-waktu pengguna media sosial sedang banyak yang online. Tapi sebaiknya bagikan sewajarnya saja. Kalau terlalu sering bisa-bisa kita malah dianggap nyepam dan dihapus dari daftar pertemanan.




Promosikan di Blog Pribadi


Bagi author yang merangkap sebagai seorang blogger, punya kesempatan bagus merekomendasikan karya yang diposting di Wattpad kepada para pembaca blognya.

Dari pengamatanku, di search engine, tulisan-tulisan di blog lebih unggul dibanding tulisan yang ada Wattpad. Oleh karena itu, blog bisa menjadi media yang tepat untuk mempromosikan novel kamu yang dipublikasikan di Wattpad.

Cara mempromosikannya dengan menulis artikel review yang berisi sinopsis novel dan keunggulan-keunggulannya. Selain itu, juga bisa dengan membuat barner iklan di sidebar yang ditanami link menuju cerita kamu yang ada di Wattpad.

Rajin Membaca dan Mengapresiasi Karya Author Lain


Menjadi penulis tapi malas membaca apalah jadinya. Membaca adalah salah satu nutrisi penting bagi seorang penulis. Membaca akan memperkaya kosa kata. Dari membaca bisa mendapat banyak inspirasi. Tanpa membaca, lama-lama seorang penulis bisa mengalami kekeringan ide.

Dan sebagai penulis di Wattpad, membaca dan mengapresiasi karya author lain bisa mendapat lebih dari itu. Kita bisa memperoleh ilmu sekaligus berteman akrab dengan mereka. Di kesempatan lain, mereka pasti gantian membaca dan mengapresiasi tulisan kita.

Cara mengapresiasinya cukup dengan memberi vote dan komen setiap selesai membaca satu part karya mereka. Pastikan kamu benar-benar membaca tulisan mereka, sehingga komen yang kamu berikan tidak melenceng jauh dari isi cerita.

Sapa Mereka Para Kutu Buku


Tidak semua orang yang membuat akun Wattpad bertujuan untuk mempublikasikan karya. Banyak banget yang tujuannya murni sebagai pembaca. Ciri-cirinya; tidak memiliki karya, mengikuti banyak author, punya pengikut sedikit bahkan 0 followers, reading list-nya banyak, dan di riwayat aktivitas di dindingnya ia sangat aktif memberi vote dan komen pada buku-buku yang dibacanya.

Nah, kalau ketemu akun dengan ciri seperti itu, jangan sungkan menyapa mereka. Tawarkan ceritamu kepada mereka. Lakukan dengan kata-kata sopan dan bersahabat. Jangan memaksa.

Gabung di Komunitas


Banyak sekali komunitas-komunitas Wattpad di sosial media, termasuk di group-group sosial media messenger berbasis chating kayak Line, BBM dan WhatsApp. Bergabunglah di komunitas yang menurut kamu cocok. Tapi jangan sekedar gabung. Sesekali kamu harus aktif berdiskusi di dalam komunitas itu. Jangan cuma sekedar promosi-promosi cerita sendiri.

Biasanya di dalam group juga ada pengguna Wattpad yang berbaik hati menawarkan jasa merekomendasi cerita. Jangan sia-siakan kesempatan itu, coba tawarkan karya kamu.

Rutin Menulis


Cara paling efektif agar karya di Wattpad banyak yang baca dan vote adalah dengan rajin mengupdate cerita. Ini berkaitan dengan salah satu ciri khas Wattpad dimana cerita bisa diposting secara berkala part demi part. Mirip episode dalam sinetron TV. Nah, supaya jumlah pembaca karangan kita terus naik, kita harus rutin menerbitkan kelanjutan cerita yang kita tulis sampai tamat. Entah satu hari satu part, tiga hari satu part, atau seminggu satu part.

Kalau tidak rutin meneruskan cerita, apalagi dibiarkan terbengkalai hingga berbulan-bulan, dijamin para pembaca lama akan lari dan sulit mendapatkan pembaca baru.

Membuat Banyak Part


Jika menulis untuk penerbit ada batas maksimal jumlah halaman dan karakter, menulis di Wattpad tidak ada aturan seperti itu. Author bebas menumpahkan imajinasi fiksi sebanyak yang dia mampu. Selama mampu menyajikan plot cerita yang menarik, syah-syah saja seorang pengarang di Wattpad menulis hingga ratusan part.

Cara ini sangat ampuh meningkatkan jumlah viewer dan vote sebuah cerita di Wattpad. Misalnya kamu bisa menulis 100 part, kemudian dalam satu part dibaca 10.000 kali saja, tinggal dikalikan berapa total viewnya. Udah jutaan! Saking efektifnya, beberapa author ada yang sengaja menambah-nambah part yang padahal bukan termasuk plot cerita.

Membuat Judul Yang Nyerempet-nyerempet Buku Populer


Cara ini semacam mendompleng judul cerita lain yang sedang ngehits di Wattpad. Sering terjadi, membuat judul yang sedikit mirip dengan buku-buku yang sedang populer, juga akan berimbas kepada cerita yang berjudul mirip tersebut ikut laris manis. Hal ini terjadi karena sistem di Wattpad yang selalu merekomendasikan cerita-cerita serupa kepada pembacanya. Semakin banyak pembaca buku yang sedang ngetop itu, semakin sering pula buku-buku lain yang berjudul mirip-mirip tersebut direkomendasikan.

Misalnya ada buku berjudul ‘Wali Kelasku Tunanganku’ dibaca jutaan kali dan selalu masuk 10 besar ranking story Wattpad, nah terkadang ada author-author yang memanfaatkan situasi ini dengan memodifikasi judul tersebut tapi dengan jalan cerita yang berbeda. Misalnya diberi judul 'Asmara Wali Kelas’, 'Ada Apa Dengan Wali Kelas?’, 'Walikelas Berkelas’, 'Walikelas Vs Walikota’, dan sebagainya.

Isi Konten Yang Sebaik Mungkin!


Puncak dari segala tips dan cara di atas adalah isi buku yang bagus! Meliputi plot cerita yang menarik, nama-nama tokoh yang nggak pasaran, konflik yang bikin baper dan membuat penasaran pembaca untuk terus menikmati hingga part terakhir. Penempatan tanda baca yang tepat pada tempatnya. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami walau tidak mengikuti EYD secara paripurna.

Percuma saja kita rajin promosi ke lapak-lapak author lain, gencar share ke sosial media, sampul buku yang amat sangat artistik, judul buku yang super duper keren, prolog yang begitu memukau, tapi isi ceritanya justru amburadul dan sama sekali tidak menarik. Jalan cerita yang biasa-biasa saja bahkan cenderung tak jelas.

Apalagi kalau diperparah dengan banyaknya singkatan-singkatan bahkan terselip tulisan-tulisan alay. Kalau seperti ini, baru membaca dua atau tiga bagian saja, pembaca akan segera enyah dan tak akan kembali lagi.


Demikianlah tips serta cara ampuh meningkatkan jumlah pembaca karya tulisan di Wattpad bagi author baru yang hanya memiliki sedikit follower. Beberapa cara di atas sudah aku terapkan di novel Zuck Linn, novel komedi yang telah aku terbitkan di Wattpad. Dan hasilnya cukup lumayan menaikkan trafik pembaca meski di dunia orange tersebut aku hanyalah seorang fakir follower. Happy Writing.

80 komentar untuk "Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Cerita di Wattpad Meski Memiliki Follower Sedikit"

Comment Author Avatar
thanks infonya :)
Baca ceritaku juga di wattpad ya :) Follow bakal follback kok :)
http://my.w.tt/UiNb/trUFE9t2OE
@NTitiaAlie
thanks
Comment Author Avatar
https://my.w.tt/UiNb/CAVnXOtrLI rawan baper :)
Comment Author Avatar
Baca juga ya judul novel ku yang berjudul an unvorgivabel angel
Comment Author Avatar
Wah mantap nih bisa dicoba kayaknya
Comment Author Avatar
Jangan lupa Yah Baca Cerita Aku,Nanti Difollow Ntar Aku Folback
Comment Author Avatar
http://my.w.tt/UiNb/E4DPEzxZlG haloo terimakasih infonya ka ,,jangan lupa baca ff aku yaa ,yang follow aku follback :*
Comment Author Avatar
Halo juga. Udah difollow ya. :)
Comment Author Avatar
Makasih infonya
Oh ya jangan lupa mampir di ff ku ya
Judul ceritanya Scharletta
Comment Author Avatar
Mampir ya di wattpadku
Psikopat, Romantis (Katanya) - Prolog by @ardysetyo #wattpad https://my.w.tt/UiNb/ftAQ5cfrYG
Comment Author Avatar
Semoga banyak yang baca. :)
Comment Author Avatar
Iya makasih. Jgn dbaca doang, vote juga
Comment Author Avatar
mampir ke wattpadku yaa https://www.wattpad.com/user/Intnhryni
Comment Author Avatar
Oke. Nanti mampir deh pas pulang dari main futsal.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Terima kasih juga telah berkunjung dan membaca. Semoga sukses berkarya di Wattpad.
Comment Author Avatar
makasih infonya, baca ceritaku ya https://www.wattpad.com/483126282-run-if-you-can-prolog butuh sarannya, kakak. hihihi
Comment Author Avatar
Hay, saya penulis baru di Wattpad, baca cerita saya ya, link nya di bawah ini ↘️⬇️↙️

https://my.w.tt/UiNb/sl94tOuyoH
Comment Author Avatar
Baca juga wattpad aq love story dalan liyane, journey of love, true love, misteri gudang tua, misteri telaga angker, cinta pertama wattpadku @Kayla Ekawati follow pasti di follback thanks
Comment Author Avatar
Makasih infonya. Kalau berkenan, mampir ke cerita saya, ya, Kak. Masih newbie nih ^_^

https://www.wattpad.com/489778328-claire-de-lune-i-decision-decision

Makasih ^_^
Comment Author Avatar
Pengen ikut promo, siapa tau dapat followers https://www.wattpad.com/user/alfinada06

Follpw ya => alfinada06 newbie
Comment Author Avatar
Hai kak. Terima kasih untuk infonya. Mampir ke cerita ku ya kak.https://my.w.tt/UiNb/8dHlIJfOrI
Sekalian follow dan masukannya ya kak, baru netes nih. Promosiin sekalian juga boleh *eh ���� yang lain boleh juga follow akun aku @diaherfira ntar langsung difollback. ����
Comment Author Avatar
Mampir juga yok ke fanfic aku. Ditunggu vot dan comment nya. Dan jangan lupa buat follow oke. https://my.w.tt/UiNb/1TSHckAPbJ judulnya 'one thing - niall horan'
Comment Author Avatar
Terimakasih untuk infonya... mampir ke lapak newbie yaa https://my.w.tt/UiNb/R4KgjA45kJ

@SusiLw22
Comment Author Avatar
Ikut kasih masukan juga buat nambah viewers di Wattpad

https://arirasid.blogspot.co.id/2018/01/tips-menulis-novel-dan-cara-menambah.html
Comment Author Avatar
Wuah, luar biasah, musti dicoba, cuma buat2 cover itu susah deh, engga jago desain soalnya.
Comment Author Avatar
Iya nnt aku mampir di cerita kalian tp jangan lupa follow aku puisiseila_7526
Comment Author Avatar
Thank you infonya
Mampir kecerita aku yuk
https://my.w.tt/c4E5AW8NEK
Comment Author Avatar
Bermanfaat bgt. Jangan lupa mampir ke wattpad ku ya hehe https://my.w.tt/yCwWb1NQOK
Comment Author Avatar
Kak aku mau tanya nih.
Kan aku sebelumnya bikin cerita nah abis itu aku ngerasa ceritaku itu gajelas, laku ak hapus part-partnya bukan lapak ceritaku. Dan ketika ak udh mantep mau nulis lg, aku nulisnya di lapak ak sebelumnya. Nah sekarang cerita ku itu byk votenya drpd readers... kok bisa ya, kak?
Memang sih bbrp ada yg bomvote, to gak semua kok.
Comment Author Avatar
W_O_W WOW heheeh aku mau promot akun wattpad aku boleh kan...
ID WP : DespitaLiana06
Thank You
Comment Author Avatar
OTW melakukan tips² nya nih...
Oiya numpang pm story aku
judulnya “The Promise {HIATUS}”.... ID WP : DespitaLiana06
Comment Author Avatar
Silahkan datang ke akun wattpadku ya man teman @choidae fellany Chandra hendrawan
Comment Author Avatar
Thanks ka sarannya bole di follow ni akun wattpad aku namanya devalaj
Comment Author Avatar
Thanks infonya ya.. Boleh dong mampir ke cerita saya di https://my.w.tt/UVWbSV082M ..
Comment Author Avatar
Numpag promo ya kak. Baca cerita ku di Wattpad https://my.w.tt/a7An9tXBfN
Comment Author Avatar
https://my.w.tt/PwOGs4i9pN numpanv promo
Comment Author Avatar
Numpang Promo Kakak❤Btw,Thanks Artikelnya yaa💕
https://my.w.tt/UiNb/0fbbmn5VYN
Comment Author Avatar
Thanks buat info nya yang sangat bermanfaat :)
Jangan lupa mampir juga ya https://my.w.tt/0AOzhsrfsO
Comment Author Avatar
Blog yang sangat bermanfaat. Saya penulis baru. Mampir juga ke wattpad aku ya https://my.w.tt/X6lhpPUOZO
hehehe
Comment Author Avatar
Follow aku watpaad aku, @fangirlshalu
Comment Author Avatar
Baca cerita aku yuk https://my.w.tt/rIg2ElFLpQ
Comment Author Avatar
https://my.w.tt/AjXam20uxR jangan lupa mampir ke ceritaku ya kak, oh iya kak makasih postingannya membantu
Comment Author Avatar
Wah.makasih banget atas informasinya kak.

Dan jangan lupa mampir ke cerita aku http://my.w.tt/YaydsyUF7S
Comment Author Avatar
Hi, semanya 👋 mampir ke wattpad aku yuk
https://my.w.tt/eeRet5rVHThttps://my.w.tt/eeRet5rVHT
Comment Author Avatar
Kuy fllow akun aku
@DevaAryanti121
Fllbck? Dm aj
Comment Author Avatar
Ikut promosi, semoga bisa nambah https://my.w.tt/gohchV5qZX
Comment Author Avatar
Hi semuanya, mampir kecerita ku yu ini tulisan hasil karyaku yang pertama semoga aja suka klik link ini ya https://my.w.tt/8t0IJaKdNY

Ohya satu lagi! Siapa tau aja disini ada yg suka baca kata kata motivasi klik link ini https://my.w.tt/Z4HnmqVdNY siapa tau bakal termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi😊dan semoga bermanfaat
Comment Author Avatar
Makasih infonya :-)
Numpang promo cerita aku ya
https://my.w.tt/Fuk0jTsEI0
Ayuuk dibaca
Comment Author Avatar
Makasih infonya kak:)
Numpanh oromo cerita aku ya judul nya separation;)
Comment Author Avatar
makasih banyak infonya...
Jngn lupa lihat wattpad ku di https://www.wattpad.com/804194076-pesan-dariku-untuk-calon-imam-ku-kelak-intuisi
Comment Author Avatar
Wahh thanks kak infonya berguna banget.

Yuk mampir ke ceritaku "BEAR (Bella & Arland)" by "nurlillah_dta"
Comment Author Avatar
Wah, trik yg sgt membantu. Baru2 ini q beraniin buat up cerita di watpad. Seneng sih akhirnya bisa ngelakuin, tp sedih juga yg baca sedikit. Mungkin cover nya kali ya yg kurang menarik. Trus kurang promisi juga wkwk. Masih malu kalo promosi ke temen2.

Numpang promo ya, kak. Hehe.
https://www.wattpad.com/story/222196702-the-daily-life-of-handsome-girl-original-story
https://www.wattpad.com/story/222349054-cats-diary
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum semua🤗
Mampir ke cerita aku yuu
https://my.w.tt/OJ1RG7my75
Comment Author Avatar
Yuk mampir ke cerita aku
Keilyn First Love
https://my.w.tt/XNWYmSnaC6
Comment Author Avatar
Yuk kakak-kakak mampir

https://my.w.tt/MRBQth4LP6

Makasih 😊😊
Comment Author Avatar
Izin promosi🙏

Judul cerita: KARENA WAKTU TIDAK AKAN PERNAH KEMBALI.
Genre: Percintaan.
Deskripsi cerita: Muhammad Reza Dirgantara seorang anak tunggal dari pasangan Ridwan Dirgantara dan Jessica Mawardi. Keluarga tersebut adalah keluarga yang sangat kaya raya dan terkenal di negara ini, karena sukses memilikki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang property, kendaraan, dan lain-lain. Reza sendiri menjabat sebagai CEO di kantor pusat, Di usianya yang 27 tahun.
Bagaimana jadinya jika Reza dijodohkan dengan Nadhira Hardiwijaya??
Nadhira adalah putri dari pasangan Doni Hardiwijaya dan Amelia Lestari. Nadhira bekerja sebagai dokter spesialis anak, ayahya bekerja sebagai kepala rumah sakit Citra Medika, dan bundanya hanya ibu rumah tangga. Nadhira merupakan dokter idaman di rumah sakit milik ayahnya, karena usianya yang masih 23 tahun, dan wajahnya yang sangat cantik.
Status: on going.
Link: https://my.w.tt/4mxRvfk4Q6
Comment Author Avatar
https://www.wattpad.com/story/235005102?utm_medium=link&utm_content=share_writing&utm_source=android
Jangan lupa Yah Kak Mapir Dicerita Difollow Nanti Aku Folbck
Comment Author Avatar
Kak boleh mampir ke cerita pertama ku
Judul: Soleil
Genre: romance, teen fiction

Link: https://my.w.tt/Hgco1etjW6

Ketika Evelyn Hermawan seorang gadis yang masih tenggelam dalam rasa sakit masa lalunya, bertemu dengan Arga, sosok tengil namun hangat, juga selalu tampak ceria.

Bagi Evelyn Arga tampak seperti matahari, sosok yang hangat, namun menyilaukan.

Dalam sudut pandang Arga Evelyn sama indahnya dengan malam, anggun, terkadang dingin, namun tak jarang akan cerah, tapi selalu tampak misterius.
Comment Author Avatar
Bantu baca ya kakak",sekalian bantu vote. Kalau ada yang kurang,boleh komentar juga hehehe,makasih ;) masih newbie btw https://www.wattpad.com/story/228361602-fakgirl-or-sadgirl
Comment Author Avatar
Hai Kaka ini karyaku, baca-baca boleh juga.

https://my.w.tt/egkxXeZPx7
Comment Author Avatar
Kak makasih infonya y. Sekalian numpang promot.
https://my.w.tt/9FrfiAyAy7.
Maaf kalo ceritanya jelek..karena ini cerita petama aku..🙏
Comment Author Avatar
Halo kak! Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat. Kalau berkenan bisa mampir ke ceritaku kak, menerima kritik dan saran.
Judul: When I See Them, I'll Scream
Author: @Naora_
Link: https://my.w.tt/31wyJXu8x8
Comment Author Avatar
Halo kak! Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat. Kalau berkenan bisa mampir ke ceritaku kak, menerima kritik dan saran.
Judul: When I See Them, I'll Scream
Author: @Naora_
Link: https://my.w.tt/31wyJXu8x8
Comment Author Avatar
https://www.wattpad.com/story/235005102?utm_medium=link&utm_content=share_writing&utm_source=android
Mampir yahh kak😊
Comment Author Avatar
Mampir juga yuk, di cerita saya Judul cerita : "GISA"
Author : @auliaa1509
Comment Author Avatar
https://my.w.tt/pOrDDCcaj9
Udah pernah denger cerita cinta segiempat belum,bagi yang penasaran bisa ni baca cerita aku selain mengandung bawang juga mengandung banyak humor lo, yuk baca😍🤩🧡🧡
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Selama berabad-abad, dunia telah terpecah antara Kekaisaran, Path the Chastity (secara harfiah berarti "Jalan Kesucian"), dan Kedaulatan Felix, Paradise the Witch (secara harfiah berarti "Surga sang Penyihir"). Tanpa akhir yang jelas, tampaknya perang akan terus berlanjut selama beberapa abad lagi. Namun, takdir pertemuan antara Kitarou, Penerus Black Steel (secara harfiah berarti "Baja Hitam"), dan Elisabeth, Destruction Witch (secara harfiah berarti "Penyihir Kehancuran"), mengubah sejarah. Penerus Black Steel termuda, Kitarou adalah seorang pemuda cinta damai yang membenci peperangan dan hanya tahu cara bertarung. Namun, dia ingin mengakhiri perang itu dengan kedua pedang sucinya «Claymore» Perak dan Hitam, yang telah dia warisi dari Dewan Kaisar. Penyihir Kehancuran (Destruction Witch) ingin menghancurkan Kekaisaran dan menyatukan dunia di bawah panji Kedaulatan Felix.

Impian seorang pemuda dan pemudi saling bentrok ketika mereka mencoba mengubah dunia dengan metode mereka sendiri. Meskipun mereka adalah musuh bebuyutan, ksatria tersebut terpikat oleh kecantikan serta martabat putri, dan sang putri tergerak oleh kekuatan dan cara hidup ksatria.

Akankah perseteruan di antara mereka akan berakhir?

https://www.wattpad.com/story/221731088
Comment Author Avatar
Hallo? Ayo mampir ke cerita wattpad aku,ini yah....

https://www.wattpad.com/story/257739157?utm_source=android&utm_medium=link&utm_content=share_reading&wp_page=reading&wp_uname=Jeonghan17_Cheonsa&wp_originator=Dr42xJmMxXfUqWsSd3Q7tPoHLbpZUIDClj69X7buTE8EOPtHB5ozBNnXCRyqC5cvbza%2B6dEJVzHSKksC%2F4rZfgkWeHOf7VZW6EwRrqErQL3OMDFmZ5umEa7xKXST8WWc

VOTE DAN COMENT AKU TUNGGU
Comment Author Avatar
Hai,
Berkenan mampir ke ceritaku(Fantasy-Werewolf) dan memberikan sedikit coretan? Bila ada waktu silahkan mampir❤️

Regards,
Moonstrerax


Blurb:
Cerita ini memuat kehidupan manusia serigala yang diombang-ambing oleh takdirnya. Kamu akan menemukan sedikit humor, action, serta percikan mystery yang membumbui tiap chapternya. Tidak seperti cerita werewolf pada umumnya yang selesai bila sudah menemukan matenya, ia malah dihadapkan dengan masalah-masalah yang tak terduga dan mulai meragukan ikatan dari sepasang mate, hal apa yang memengaruhinya?

Athanasia- berasal dari bahasa yunani yang artinya abadi- shewolf tangguh yang sangat dimanjakan oleh takdir menyenangkan. Adanya undangan ke suatu pesta membuatnya sebuah pertemuan dengan pasangan hidup sejatinya. Bukannya malah senang dan berakhir happy ending, Ia malah berhadapan dengan potongan-potongan rahasia yang akan mengungkap jalan takdirnya yang sebenarnya. Siapakah jati dirinya yang sebenarnya?

Enjoy the adventure and solve the mastermind behind each sentence, have fun.

https://www.wattpad.com/story/238001437
Comment Author Avatar
Misi numpang lewat
Izin promosi kak yaaaa

Percintaan karyawati bobrok dan CEO protective

Happy reading

https://www.wattpad.com/story/262501170?utm_source=android&utm_medium=link&utm_content=share_reading&wp_page=reading&wp_uname=anakpongoet&wp_originator=h3Kvyq4OU3ZPVuxilo3Z0LLDly7Pg2zRENxyWS%2BADX6lSTu%2Be3Kpxrq8PkgDkz%2FNNNdQudWeG4rJdrVkz7CQgry7o4tn8RG%2F2z1hv9XKU1Nq%2FZiHjj2xFNqz9bIfK8zk

Ditunggu kehadiran kalian
Jangan lupa simpan di library kalian yaa
Comment Author Avatar
Misi numpang lewat kakak kakak.
Izin promosi yaa kak.

Serpihan hati.

https://www.wattpad.com/story/266100178?utm_source=android&utm_medium=link&utm_content=share_reading&wp_page=reading&wp_uname=shyafira_&wp_originator=hGhldPwgcUhK14ymLmgFV58KDXzXckey9FZaC0stTNtaykMhaamPngcS5dfp1l5%2FPXKSFyib0hhx2e5hA32JUoMn%2FcWzvVqHBgwpShqT0zI3sn%2FMZEAioDscGIXnm2KU

Di tunggu kehadiran kakak kakak.
Jangan lupa di simpan di library juga ya.
Vote dan komennya.

_jika ada waktu ya kak, jangan lupa mampir. Makasih🤍.
Comment Author Avatar
"Oii Griz?! Lo cantik, pinter. Kenapa gak nyari pacar aja sih?! Biar hidup lo gak kelabu terus! Haha!" ucap salah satu teman sekelasnya, awalnya memuji. Tapi, mengejek diakhir.

"Pffttt... HAHA BELOK KALI, Ups canda belok.." timpal teman satunya lagi.

Griz menoleh dan menatap mereka tajam.

"Hahaha.. Lucu banget.." Griz mengejek mereka dengan muka datarnya.

"Lagian tujuannya diadain sekolah itu buat nambah ilmu, nambah wawasan. Bukan nambah koleksi mantan! HAHAHAHA!" Dia meniru gaya tawa dua siswi tadi.

"Belajar yang pinter ya sayang - sayangku.." Griz tersenyum sembari mengacak ngacak rambut dua teman, ups bukan teman. Lebih tepatnya dua siswi di kelasnya. Lalu, pergi begitu saja.

Mereka berdecak kesal, karena merasa direndahkan.

https://www.wattpad.com/story/274898314?utm_source=android&utm_medium=link&utm_content=story_info&wp_page=story_details_button&wp_uname=imzeenim&wp_originator=Z4SIcFOMNkny3YcGOIIC49wL10VOzGQEDIowCo5UozpjKH8zqEG3gj2gsM2zFoIMOsP0MWicX09bz%2BU8sExJv5euKWvv7abzu9CoNly5fHtPZYImj46AhNbN9SqUnGVG
Comment Author Avatar
Wattpad ku guyss,, kunjungi nanti aku follow back
Comment Author Avatar
Miss you bastard

Judul karya ku
Yuks kunjungi guys

Dapat follow back dari aku
Comment Author Avatar
numpang promo juga kaka,

https://www.wattpad.com/user/marschaevelyn05

tengkiu sekali
Comment Author Avatar
Ini punyaku:

悲しみ, ร้องไห้ 和 눈물

link:
https://www.wattpad.com/1183331518-life-is-good-kpop-and-anime-stories

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.