Cara Mendapatkan Banyak Followers di Wattpad Untuk Pemula

Ini tentang tips meningkatkan jumlah pengikut di Wattpad, terutama bagi kamu penulis yang baru bergabung dengan dunia orange tersebut. Sebab aku haqqul yakin, semua author Wattpad pasti menginginkan akunnya diikuti oleh banyak orang. Hanyalah pencitraan jika ada yang bilang, "Gue cuma nyalurin hobi menulis aja. Nggak butuh followers!"

Dari banyaknya orang yang mengikuti, bisa menjadi tolok ukur keberhasilan seorang dalam berkarya di Wattpad. Ramainya pengikut akan mempermudah sebuah part cerita memperoleh banyak pembaca dan vote ketika part tersebut di-posting, sehingga nantinya cerita tersebut bisa mendapatkan peringkat yang bagus di dalam ranking sistem Wattpad.

Sedikit banyaknya jumlah follower juga bisa menjadi salah satu pertimbangan penerbit yang akan mengangkat cerita-cerita di Wattpad ke dalam bentuk buku. Dengan perhitungan semakin banyak pengikut, maka peluang buku akan laris terjual semakin besar.

Bagi seorang penulis Wattpad, banyaknya followers bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Itu berarti tulisan-tulisannya diterima dan disukai oleh banyak netizen. Sementara bagi para pembaca, author berfollower banyak biasanya akan disegani sebagai selebritis Wattpad.

Followers Wattpad

Sayangnya untuk memperoleh banyak pengikut di Wattpad bukanlah perkara gampang, tapi sebenarnya juga bukan sesuatu yang sulit asal mau berusaha. Ada penulis yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di Wattpad tapi pengikutnya tetap sedikit. Di lain sisi, ada author yang baru beberapa bulan bergabung sudah berhasil meraup followers hingga ratusan ribu. Setidaknya fakta tersebut membuktikan, bahwa, membuat orang lain mau mengeklik tombol follow akun kita itu tidak tergantung pada sudah berapa lama kita bergabung di Wattpad.



Lalu bagaimana cara jitu menambah atau menaikkan jumlah followers di Wattpad? Terutama bagi authors pendatang baru?

Berikut ada beberapa tips yang bisa teman-teman coba. Cara memperbanyak pengikut di Wattpad ini aku susun dari hasil pengalaman pribadi, dan juga dari pengamatan pribadi terhadap penulis-penulis Wattpad Indonesia yang telah sukses memiliki puluhan hingga ratusan ribu pengikut tanpa menggunakan auto followers!

Tidak Menggunakan Nama Pena & Foto Profil Alay

Tips pertama adalah hindari menggunakan nama akun yang alay. Misalnya campuran huruf dan angka-angka hingga sulit dibaca. Sebaiknya menggunakan nama pena yang sederhana namun unik, dan mudah tertanam di ingatan para pembaca. Kalau percaya diri dengan nama asli, justru lebih bagus menggunakan nama asli, atau kalau tidak sedikit dimodifikasi.

Kemudian soal profil picture. Saat membuat akun, secara otomatis kita akan memiliki foto profil default dari Wattpad yang biasanya berupa gambar bunga, asu, hitam putih dan sebagainya. Maka ubahlah foto default tersebut dengan foto kamu sendiri. Pasang foto kamu yang paling bagus dan tidak kekanak-kanakan.

Ini kelihatannya sepele. Iya ini memang sepele banget bahkan tidak terlalu penting jika kamu membuat akun Wattpad sekedar untuk menjadi pembaca. Tapi kalau ingin jadi author yang bermimpi memiliki banyak pengikut, penting sekali untuk menggunakan nama akun dan gambar profil yang normal.

Foto dan nama yang baik akan membuat kamu terlihat profesional. Pembaca juga akan menilai kamu sebagai orang yang ingin serius berkarya. Dan jangan lupa, nama yang kamu pilih bisa menjadi brand kamu di dalam dunia literasi di masa-masa mendatang.

Jika kamu memakai nama dan foto alay, jangankan memfollow, melihat saja mungkin orang sudah euwwwhhh... (nahan jijik).

Mulai Terbitkan Tulisan

Selanjutnya mulailah memposting karya barang 2, 3 part atau lebih. Karena kebanyakan pengguna Wattpad memfollow seseorang pasti karena ingin membaca dan menyukai karyanya. Jadi, kalau halaman Wattpadmu masih kosong, atau isinya cuma daftar bacaan dan library, mustahil kamu akan bisa meraih banyak followers.

Membaca Novel Online Wattpad

Promo

Sebagai newbie, sebagus apapun kita dalam menulis cerita di Wattpad, pasti akan sulit mendapatkan pembaca jika tidak melakukan promosi. Menterkenalkan karya kita bisa dengan cara share di semua sosial media milik kita, di lapak-lapak penulis lain, di blog pribadi, melalui group-group Wattpad yang kita ikuti, dan bisa juga dengan menawarkan kepada readers melalui Direct Messenger atau Wall akun Wattpad mereka.

Nanti setelah banyak yang mengetahui karya kita, pasti akan ada yang mulai menjadi follower akibat menyukai cerita kita dan ingin mendapat notifikasi saat kita melanjutkan cerita tersebut.

Kebetulan, tips tentang bagaimana cara memperoleh banyak viewers di Wattpad sudah aku bahas secara detail di artikel lain. Jika tidak sibuk, silakan dibaca di sini.

Follow Akun Lain

Ikuti dulu akun-akun Wattpad lain. Hal ini untuk memancing mereka bersedia memfollow balik akun kamu. Dan tak ada salahnya meminta langsung kepada mereka agar follow back. Kalau ternyata sudah berminggu-minggu mereka tak kunjung follback, hak kamu jika kamu ingin unfollow orang-orang sombong itu.

Lakukan Follow Back

Sebagai author pemula di Wattpad, jangan malu-malu untuk mengikuti balik orang-orang yang bersedia memfollow kita. Terutama jika yang follow itu sesama author. Manfaatnya selain untuk mempertahankan mereka tetap mau jadi follower, juga untuk menjalin persahabatan dengan mereka.

Privat Cerita

Caranya dengan mengatur privasi beberapa part cerita hanya bisa dibaca oleh pengikut. Jadi para non followers tidak akan bisa membaca karya kita secara utuh. Meski terkesan egois, tapi ini merupakan trik paling ampuh dalam mendongkrak jumlah followers di Wattpad.

Apalagi kalau karyamu memiliki plot cerita yang bagus dan memancing penasaran pembaca untuk membacanya hingga bagian akhir, dengan mempraktekkan trik ini, dijamin kamu akan panen followers!

Gabung Komunitas

Utamanya untuk penulis-penulis pendatang baru di Wattpad, disarankan untuk bergabung dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dalam satu wadah komunitas. Di era internet sekarang ini, cukup banyak komunitas Wattpad di dunia maya. Cari dan pilih komunitas yang hidup, artinya anggota-anggota di dalam komunitas tersebut cukup aktif berinteraksi.

Salah satu paguyuban Wattpad yang aku sarankan adalah group Facebook bernama Komunitas Wattpad Indonesia. Di sana tempat berkumpulnya para author dan reader Wattpad dari seluruh pelosok tanah air. Di group itu kita bisa mempromosikan karya kita, berdiskusi dan tanya jawab seputar Wattpad, dan yang tak kalah penting adalah mencari followers sebanyak-banyaknya! Cukup perkenalkan diri kamu dan apa nama akun Wattpadmu, nanti member grup akan ramai-ramai follow kamu -walau kebanyakan mereka juga minta difolback-.

Teruslah Menulis!

Tips terpenting agar followers Wattpadmu terus bertambah adalah harus konsisten dan aktif menulis. Rajin melanjutkan cerita part demi part hingga rampung. Kemudian saat satu cerita selesai, tulis lagi cerita yang baru.

Jika membuat satu cerita saja bertahun-tahun tidak selesai, bagaimana mungkin pengikut akan meningkat? Author yang jarang menerbitkan tulisan baru, atau kelamaan memposting sambungan-sambungan cerita yang telah ditulisnya, dampaknya akan sulit memperoleh pengikut baru, dan bisa membuat pengikut lama kabur satu per satu!

Membaca Karya Buku di Wattpad

Perhatikan saja, para author Wattpad yang telah memiliki ribuan follower dan ceritanya sudah ada yang dibukukan itu, rata-rata mereka telah memposting karya lebih dari satu. Mereka tak menyerah dan tidak peduli meskipun ada cerita mereka yang gagal memperoleh banyak viewer. Mereka tetap menulis!

Dengan rajin menulis kemampuanmu akan semakin terasah, sehingga mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang menarik. Dan kalau cerita-cerita yang kamu publikasikan menarik, percayalah, para pembaca akan datang sendiri kemudian dengan sukarela menjadi pengikut setiamu.



Kurang lebih seperti itulah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan jumlah pengikut di Wattpad. Silakan dicoba, semoga berhasil, and Happy Writing.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

3 komentar:

  1. Aku masih setia jadi follower ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  2. wah boleh juga nich tips, ane baru daftar di wattpad soalnye

    BalasHapus
  3. Boleh tuh, tips khusus followers doang yang bisa baca, nanti part terseru gue privat deh. Wkwkwk

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.