Cara Mengetahui Orang yang Tidak Follow Back di Wattpad

Seorang author Wattpad bertanya tentang bagaimana cara mudah mengetahui orang-orang yang tidak mau folback setelah akun mereka difollow. Sebelumnya beliau sudah cari tutorialnya di internet, bertanya ke sesama author, berdiskusi di komunitas, tapi tidak juga memperoleh solusi atau jawaban yang memuaskan.

Akhirnya ia bertanya ke aku via kontak blog ZUCKICI.COM ini. "Bang gimana sih caranya mengecek orang yang folback kita di Wattpad?" Kurang lebih seperti itu inti pertanyaannya. Mungkin karena blog ini banyak membahas tentang Wattpad, dia mengira aku mengerti segalanya tentang dunia jingga tersebut.

Melacak Orang yang Tidak Follow Back di Wattpad

Saat itu aku jawab tidak tahu. Karena aku memang belum tahu bagaimana cara mengetahui orang tidak follow balik di Wattpad. Selain pada dasarnya aku dari dulu nggak terlalu aktif main Wattpad, sehingga nggak begitu perduli dengan urusan folback atau tidak follow back. Kalau aku ingin mengikuti seseorang, ya aku ikuti saja, mau dia author atau bukan. Perkara dia mau balas mengikuti atau tidak itu urusan dia.

Baca Juga: Penyebab Hilangnya Ranking Story di Wattpad


Tapi gara-gara ada yang bertanya seperti itu, aku jadi penasaran ada nggak sih tools ataupun aplikasi yang bisa melacak pengguna-pengguna Wattpad yang tidak folback? Secara ini penting juga buat mendeteksi penulis-penulis Wattpad yang licik dan curang.

Tahu nggak gimana prilaku licik oknum-oknum author Wattpad itu? Jadi mereka tuh follow kita, lalu meminta kepada kita agar follow balik. Nah setelah kita folback, diam-diam tanpa sepengetahuan kita mereka akan unfollow akun kita. Tujuan mereka tentu saja biar dikira author populer, karena memiliki lebih banyak followers ketimbang following.

Makanya aku jadi penasaran juga mencari cara praktis melacak author-author curang seperti itu. Supaya mereka yang telah kita follow back ternyata diam-diam unfol itu, bisa ketahuan seperti apa bentuknya. Kalau sudah ketahuan tinggal kita unfollow saja author sok keren seperti itu.

Sayangnya setelah aku cari sana sini, bertanya kesana kemari, aku memang benar-benar tidak menemukan cara online mengetahui akun yang tidak folback di Wattpad. Kalau teman-teman ada yang tahu, boleh dong berbagai ke aku bagaimana caranya.

Beda sama Twitter dan Instagram. Kalau Twitter dan Instagram, sudah banyak tools yang dibuat pihak ketiga yang bisa digunakannya untuk melacak akun-akun yang ternyata tidak folback. Dan sayangnya  sekali lagi, aku buka programmer atau ahli koding, yang bisa membuat tool atau aplikasi untuk membantu mengetahui user-user Wattpad yang nggak follback.

Jadi apakah memang benar-benar tidak ada cara mengetahui orang yang tidak folback di Wattpad?

Jawabannya adalah ada! Masih ada.

Tapi dengan cara manual. Langkah-langkahnya adalah pertama masuk ke akun Wattpad kita sendiri, lalu lihat akun-akun yang kita ikuti. Setelah itu masuk ke profil orang yang kita ikuti tersebut, lalu periksa di bagian following mereka. Cek siapa saja yang dia ikuti. Jika ada nama kita di sana, berarti dia masih mengikuti kita. Namun jika nama kita tidak ada, berarti syah dia telah unfollow kita!

Walaupun manjur, tapi metode seperti ini jelas sangat memelahkan karena kita musti cek satu persatu. Apalagi kalau orang yang kita ikuti jumlahnya ribuan. Ditambah lagi kalau akun-akun yang akan kita cek itu ternyata juga memfollow ribuan orang. Makin repot nggak karu-karuan! Dan ujung-ujungnya malah jadi kehilangan fokus menulis.

Menulis untuk Sukses di Wattpad

Saran aku sih, daripada buang-buang waktu memikirkan orang-orang yang tidak folback atau sibuk mencari tahu following nakal yang diam-diam unfol, mending digunakan untuk konsen dan konsisten menulis saja. Kalau karya-karyamu bagus, dan mendapat ranking yang bagus juga, dijamin followers akan berdatangan sendiri. Dan seterusnya mereka akan menjadi followers setia yang terus menantikan tulisan-tulisanmu.

Baca Juga: Baca Gratis Novel Komedi Romantis Zuck Linn di Wattpad


Dan teruntuk author-author Wattpad yang suka berbuat curang, yang suka minta follback tapi setelah difolback diam-diam unfol, mending mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Prilaku seperti itu memang nggak melanggar hukum, tapi jelas melanggar etika dan tidak sportif. Ada kok tips-tips mendapatkan banyak followers secara halal, baca aja di sini.

Kiranya sampai di sini saja bahasan mengenai cara melihat akun yang tidak folback di Wattpad. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Happy Writing.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

18 komentar:

  1. pusing bin pening juga yach mbak klu di cek satu2,,,,,mendingan diikhlaskan saja yach mbak . :)

    BalasHapus
  2. Ya meski rada melelahkan tak apalah toh ketemu jawabannya
    kalau dipikir lagi emang betul lebih baik semangat menulis

    BalasHapus
  3. Terima kasih, jadi tahu saya sekarang caranya, meski selama ini gak kepikiran sama sekali.

    BalasHapus
  4. Saya juga suka baca Wattpad, tapi cuma baca doang, ngga pernah nulis. Soalnya ngga pandai bikin cerita. Mungkin karena itu juga, ngga pernah memfollow ataupun difollow :)

    BalasHapus
  5. Kok pada gitu authornya, ya. Kejam amat, siih. Padahal kan baik saling follow. Fufufu

    BalasHapus
  6. dari blog mas Zuki ini saya tau Wattpad
    dari postingan wattpad gratis sama premium
    saya baru mulai nulis di wattpad

    BalasHapus
  7. Cara manual ini yang sungguh melelahkan dan membuang energi serta waktu. Ya ya, focus menulis saja.
    Hal seperti ini mirip di youtube, minta sub eh dianya tidak sub atau nantinya di unsub.

    BalasHapus
  8. saya bahkan tidak tahu apa itu Wattpad.. hehe... jadi berasa tua..^^

    BalasHapus
  9. Wattpad itu semacam blog yah mbak? Wew ga asyik ya kalau masih ada manusia sosmed yang kayak begitu. Salam kenal mba saya mba nana baru pertama kunjungan nih dan baru aja ngefollow, boleh followbacknya mba? Tenang, gak akan aku unfoll kok blog ini terimakasyiii X)

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nana salah panggil,bukan mbak2 adminnya πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  10. belum nyobain main wattpad nih, kalo di unfollow emang ngaruh ke ranking ya mba? belum paham sama wattpad :D

    btw aku follow ya mba, udah sering blogwalking tapi belum saling follow hihi
    salam kenaal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap aku kira mba anggun, salah komen :D ini mas-mas toh yang punya haha (gelii sendiri)

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ciee salah panggil mbaknya

      Hapus
  11. Wattpad apan ya gan? Baru tau ini malah karna jalan2 ke sini..
    Kirain td salah baca jd whatsapp,,
    Lanjut browsing2 lagi deh, kali aja asik juga watpad nya..

    BalasHapus
  12. wahahahahha, emang masih banyak itu yang beranggapan following lebih sedikit daripada follower itu sesuatu.. padahal mah........ ga ngefek apa-apa wkwkkw

    BalasHapus
  13. sama kayak di instagram tu ceritanya . salam kenal mbak

    BalasHapus
  14. Aku tidak daftar di wattpad jadi kurang tahu masalah follow dan unfol. Tapi memang mengesalkan setelah kita folbek malah diam diam dia unfol. Memang sebaiknya sih bikin karya yang bagus nanti tanpa minta kita follow pun orang akan follow ya jadi kita ngga ribet folbek.😁

    BalasHapus
  15. Setuju, menurut saya juga gitu tidak perlu repot" cari tahu siapa yang udh unfollow,
    Mendingan konsen terhadap nulisnya :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.