Ini Dia Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) Lewat SMS

Kali ini aku akan share bagaimana cara mengecek jumlah saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek melalui layanan SMS 2757. Cek saldo uang Jaminan Hari Tua (JHT) via SMS ini hanya salah satu cara dari berbagai metode cek saldo yang disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau disingkat BPJS TK. Cara mengetahui saldo JHT lainnya bisa lewat aplikasi BPJSTKU, melalui website BPJS Ketenagakerjaan di layanan Personal SERVICE, via ATM BNI atau BRI. Dan bisa juga dengan bertanya langsung ke petugas di kantor cabang BPJS TK, nanti kita akan diberikan print out berisi keterangan jumlah saldo terakhir beserta rinciannya.

Di artikel ini, aku hanya akan membahas tata cara mengetahui saldo tabungan JHT dengan SMS. Karena menurut aku, dari semua cara yang tersedia, cek saldo JHT lewat SMS adalah yang paling mudah, praktis dan ekonomis. Karena untuk melaksanakannya gak butuh jaringan internet dan juga smartphone canggih sebagaimana kalau kalau cek saldo lewat aplikasi BPJSTKU atau lewat E-Service di situs BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Saldo JHT Jamsostek Via SMS

Untuk melihat saldo JHT lewat SMS ini, handphone tipe apa saja bisa digunakan asalkan ada sinyal dan juga pulsa secukupnya. Tarifnya juga nggak mahal. Menggunakan layanan cek saldo lewat SMS ini hanya dikenakan biaya Rp 165 per SMS. Murah banget kan? Makanya tadi aku bilang cara ini paling mudah, praktis dan ekonomis. Sementara provider yang mendukung program ini untuk sementara baru Telkomsel (Kartu As dan Simpati), Indosat (Im3) dan XL Axiata (XL dan Axis).

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi BPJSTKU Untuk Cek Saldo JHT Secara Online

Cara mengetahui total saldo JHT Jamsostek/BPJS TK lewat layanan SMS 2757 ini sebenarnya merupakan pembaruan dari metode cek saldo via SMS yang sebelumnya sudah ada. Dulu beberapa tahun lalu untuk SMS cek saldo kirimnya ke nomor 08111009696. Kalau sekarang kirimnya ke nomer 2757, yang merupakan salah satu fungsi dari Layanan SMS 2757 yang baru-baru ini diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah para pesertanya memperoleh beberapa informasi terkait kepesertaannya.

Secara keseluruhan manfaat Layanan SMS 2757 adalah:


  • Untuk cek status kepesertaan masih aktif atau tidak.
  • Untuk mengganti nomor handphone yang sebelumnya telah terdaftar di kepesertaan.
  • Untuk ganti PIN yang digunakan untuk password akun BPJS TK.
  • Layanan cek jumlah saldo JHT, sebagaimana yang dibahas di postingan ini.

Namun untuk bisa menggunakan seluruh layanan 2757 tersebut termasuk layanan cek saldo lewat SMS, syaratnya nomer HP yang akan digunakan harus nomor yang sudah terhubung dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, artinya nomor henpon tersebut yang dimasukkan saat membuat akun BPJS TK. Baik itu saat buat akun di website BPJS Ketenagakerjaan, maupun ketika daftar akun pada aplikasi BPJSTKU.

Bagi yang belum punya akun tak perlu kuatir, kita tetap bisa kok cek saldo JHT lewat SMS dengan cara mendaftarkan dulu no hape kita ke Layanan SMS 2757. Cara pendaftaran atau registrasi Layanan SMS 2757 juga sangat mudah. Bisa dilakukan lewat SMS. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama persiapkan dulu perlengkapan untuk registrasi Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan yaitu:

  • KTP Elektronik untuk diambil data-datanya.
  • Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek untuk diambil nomor kepesertaannya.
  • Nomor Handphone aktif.
  • Ponsel dengan pulsa secukupnya.

Kalau persiapan tersebut sudah lengkap, selanjutnya langsung saja lakukan registrasi lewat SMS dengan format:

DAFTAR spasi SALDO#NO KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email (jika punya)

Kirim ke 2757.

Perhatikan baik-baik formatnya jangan sampai salah. Nama, tanggal lahir dan NIK juga harus diisi sesuai dengan yang tercantum di KTP elektronik. Sebab registrasi pasti gagal kalau format dan data-datanya salah. Dan selain alamat email, semua huruf harus diketik dengan menggunakan huruf kapital. Untuk alamat email tidak wajib, kalau nggak punya nggak usah diisi.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890009#SUPARMANTO#30-10-1989#11025697118343#suparmanto@gmail.com

Kirim ke 2757

Format Penulisan SMS Cek Saldo JHT BPJS TAK Lewat SMS

Tunggu sampai ada balasan SMS notifikasi bahwa registrasi Layanan SMS 2757 telah berhasil. Namun tidak tertutup kemungkinan pendaftaran akan mengalami kegagalan.

Kenapa registrasi cek saldo JHT lewat SMS bisa gagal? Penyebabnya bisa jadi karena banyaknya peserta BPJS TK yang menggunakan Layanan SMS 2757 ini, harap dimaklumi jika terkadang proses registrasi mengalami kegagalan. Dan jangan menyerah, silakan dicoba lagi secara berkala sampai berhasil.

Sementara kalau pendaftaran dinyatakan sukses, akan ada balasan SMS berisi 'Anda terdaftar terdaftar layanan SALDO. Cara pemakaian ketik SALDO (otomatis tertulis no peserta BPJSTK kamu) kirim ke 2757'. Berarti nomer henpon kamu sudah resmi bisa digunakan buat mengecek jumlah saldo JHT kamu sudah berapa totalnya. Format penulisan SMS untuk pengecekan saldo adalah seperti ini:

SALDO Spasi NO_PESERTA

Kirim ke 2757

Contoh:

SALDO 11025697118343

Kirim ke 2757

Nanti akan ada balasan SMS berisi nama peserta, besarnya upah terakhi, tanggal diterimanya iuran bulanan BPJS TK, dan jumlah akhir saldo JHT.

Contoh SMS Jumlah Saldo JHT Jamsostek

Mudah banget kan?

Enaknya lagi, setelah nomer handphone terdaftar di Layanan SMS 2757, no hp tersebut bisa digunakan untuk cek saldo JHT kapan saja dan di mana saja tanpa perlu melakukan registrasi lagi. Jadi cukup sekali daftar, bisa digunakan untuk mengecek saldo JHT berkali-kali.


Demikianlah artikel ZUCKICI.COM kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang tengah mencari info bagaimana cara cek saldo JHT BPJS TK lewat hp menggunakan layanan SMS 2757.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.