One Day One Post, Satu Hari Satu Postingan Di Bulan Baik dan Spesial!

Bulan Mei tahun 2020 ini bagiku menjadi bulan baik dan spesial. Udah pasti salah satunya karena sebagian besar bulan Mei berbarengan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan, ibadah wajib agama Islam, yang merupakan keyakinan yang saya anut sejak lahir. Rentang waktu tersebut yaitu dari tanggal 1 hingga 23 Mei, bertepatan dengan pelaksanaan puasa hari kedelapan hingga hari terakhir alias hari ke-30.

Dan puasa tahun ini terasa berbeda banget dengan puasa tahun sebelumnya. Kali ini puasa Ramadhan tahun 1441 H, sedangkan sebelumnya adalah puasa Ramadhan tahun 1440 H, mhehe. Tapi serius sih, bulan puasa tahun ini terasa banget perbedaannya dengan tahun-tahun yang lalu. Puasa kali ini tidak boleh sholat terawih berjamaah di masjid, tidak boleh tadarusan dengan cara berkumpul, tidak boleh ngabuburit, tidak boleh ada acara bukber atau buka bersama, tidak boleh makan dan minum di siang hari (admin blognya stres!), dan yang terbaru juga tidak boleh mudik!

Semua itu gegara bulan puasa tahun ini ada pandemi virus Corona, sehingga semua orang disarankan bahkan diharuskan di rumah saja. Jaga jarak aman. Tidak boleh berkumpul-kumpul demi menekan penyebaran virus yang terkenal dengan julukan COVID-19 (Coronavirus Desease 2019) ini.

Foto Blogger Keren

Kespesialan berikutnya dari bulan Mei ini adalah pada tanggal 24 dan 25 nanti. Iya, benar. Lebaran Idul Fitri 1441 H! Hari besar terbesar bagi umat muslim seantero dunia. Dan beruntung banget aku sudah pulang kampung jauh sebelum virus Corona menyebar di Indonesia, sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah seperti saat ini. Sehingga nanti bisa merayakan hari raya di kampung bersama Bapak, Ibuk dan sanak saudara yang lainnya. Kebetulan saya sudah mudik pada bulan Februari kemarin. Dari Lampung ke Riau.


Dan yang paling spesial dari bulan Mei ini adalah pada tanggal 5 Mei nanti. Jika kamu bertanya kenapa? Jawabannya, karena pada tanggal tersebut aku dilahirkan ke dunia yang katanya panggung sandiwara ini. Intinya aku ultah pada tanggal 5 Mei nanti.

Sebenarnya aku bukan termasuk orang yang suka menspesialkan hari ulang tahun apalagi merayakannya. Bahkan aku sering lupa dengan hari ulang tahunku sendiri. Seumur hidup aku belum pernah memperingati hari ultah dengan perayaan model apapun. Mau makan-makan kek, dibikinin tumpeng, pesta pora, dilempari telur dan tepung, syukuran di panti asuhan, atau apapun namanya sama sekali tidak pernah. Paling sekedar ucapan via SMS dari orang-orang tertentu yang mengingatnya, dan itupun hanya beberapa kali. Dan aku sama sekali tidak mempermasalahkan itu. Karena bagi aku, perayaan ultah bukanlah sesuatu yang penting dan perlu dibesar-besarkan.

Tapi khusus untuk tanggal 5 Mei 2020 ini ada keunikan tersendiri. Uniknya karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, yang mana dulu pada saat aku dilahirkan juga pas bulan puasa seperti ini. Makanya oleh orang tau aku dinamai Marzuki Ramadhan!

Dan seingatku baru ulang tahun kali ini yang bulan kelahiranku bisa kompak antara bulan Masehi dan bulan Hijriyah-nya: Mei + Ramadhan. Tahun-tahun sebelumnya belum pernah. Entah kalau sebenarnya pernah tapi aku tidak menyadarinya. Soalnya seperti yang sudah saya camkan di atas, aku sendiri kerap gak peduli dan gak ingat dengan miladku sendiri. Puasa Ramadhan tahun lalu sebenarnya nyaris unik kayak ini, hanya kurang sehari saja. Di mana saat itu puasanya jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Sementara dirgahayu saya pas satu hari sebelumnya.

Nah untuk mengisi dan merayakan bulan baik yang penuh dengan hari-hari spesial ini, aku membuat program One Day One Post (ODOP) alias 1 Hari 1 Postingan di blog ZUCKICI.COM ini. Satu hari satu postingan selama bulan Mei, dan langsung start dari tulisan ini untuk postingan di hari pertama tanggal 1 Mei 2020.

Mengingat bulan Mei berisi 31 hari, itu artinya akan ada 31 artikel baru hingga program ODOP ini berakhir pada tanggal 31 Mei nanti. Dan karena tulisan ini sudah dihitung sebagai entri yang kesatu, berarti aku masih memiliki tugas membuat tiga puluh postingan lagi untuk empat minggu ke depan. Harus memikirkan ide untuk 30 tulisan selanjutnya!

Saat menulis artikel ini, total artikel di blog ZUCKICI.COM sudah berjumlah 178 biji. Jadi jika misi one day one post ini sukses, jumlah seluruh postingan akan naik drastis menjadi 209 postingan! Jelas ini akan menjadi rekor baru sebagai postingan terbanyak dalam 1 bulan. Berdasarkan hasil inspeksi saya ke arsip blog, jumlah posts terbanyak dalam sebulan ada di bulan Juni tahun 2018, dengan jumlah postingan sebanyak 15 buah. Tapi itupun mayoritas hanya tulisan pindahan dari karya fiksi Serial Komedi Zuck Linn yang sebelumnya aku tulis di aplikasi Wattpad. Bukan tulisan baru.

ZUCKICI.COM sendiri sudah berusia hampir empat tahun sejak aku memposting artikel pertama kali pada bulan September 2016 lalu. Dan blog dengan umur 4 tahun, tapi baru menghasilkan 178 artikel, itu jelas bukan prestasi yang bagus dan adminnya layak disebut blogger gak niat. Sementara bayar domain lanjut terus. Makanya, di bulan baik dan spesial Mei 2020 ini, aku ingin membuat tantangan menulis satu artikel setiap hari selama sebulan full. Supaya jumlah postingannya ada peningkatan yang signifikan.

Sudah banyak ide di kepala mengenai topik-topik yang bakal aku tulis dalam program ODOP bulan Mei ini.  Hanya butuh niat dan tekad yang kuat untuk menuliskannya. Ini yang paling sulit mengingat aku sering males-malesan dalam menulis. Tapi demi berhasilnya rencana ODOP ini, aku harus memaksakan diri untuk nulis apapun rintangannya. Dan nanti topik yang bakal aku tulis kayaknya kebanyakan berupa artikel tutorial. Pasalnya postingan jenis ini yang paling banyak mendulang pengunjung dari search engine.

Juga menulis tentang traveling, soalnya banyak banget cerita jalan-jalan saya ke beberapa daerah di Indonesia yang belum aku tulis di blog. Jangankan kegiatan traveling yang terbaru di tahun 2020 ini, jalan-jalan yang di tahun 2019, 2018 dan 2017 saja banyak yang belum aku adaptasi ke dalam artikel blog. Termasuk juga menulis kegiatan road trip dan touring sepeda motor yang baru-baru ini aku laksanakan, yang mana baru aku tulis di 3 artikel saja.

Kalau sempat pengen juga melanjutkan tulisan Serial Komedi Zuck Linn yang saat ini sudah sampai di episode ke #35. Paling tidak satu postingan. Atau kalaupun tidak terkejar ya sudah. Diisi denga artikel tema lain saja. Mengingat untuk membuat postingan berupa cerita fiksi, butuh energi dan imajinasi lebih bagi saya yang sebenarnya nggak berbakat tapi suka menulis fiksi. Terlebih ini genrenya komedi, jadi harus lucu dan menarik.

Dan entah tulisan-tulisan jenis apalagi nanti yang bakal aku posting. Aku akan enjoy aja mengerjar target satu hari satu postingan, tanpa perlu merasa terbebani harus menulis topik-topik tertentu.
Seperti itulah rencanaku untuk blog ZUCKICI.COM selama bulan Mei, bulan baik dan spesial karena di dalamnya terdapat hari-hari puasa Ramadhan, hari lebaran Idul Fitri dan juga hari kelahiran saya sebagai admin situs ini. Selain hari-hari tersebut, sebenarnya bulan Mei 2020 ini memang banyak hari-hari besar dan bersejarah. Antara lain:

  • 1 Mei Hari Buruh Internasional
  • 2 Mei Hari Pendidikan Nasional
  • 7 Mei Hari Raya Waisak 2564
  • 17 Mei Hari Buku Nasional
  • 21 Mei Hari Kenaikan Isa Al-Masih

Akhir kata, mohon doa dan dukungannya agar aku bisa menyelesaikan tantangan 1 hari 1 Postingan di bulan Mei ini. Selamat berpuasa bagi teman-teman yang menjalankannya. Terima kasih. Salam tampan!

Belum ada Komentar untuk "One Day One Post, Satu Hari Satu Postingan Di Bulan Baik dan Spesial!"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel