Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Bahaya Jika Memiliki Tubuh Terlalu Kurus

Bukan cuma obesitas, memiliki tubuh atau badan yang terlalu kurus juga berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan bahkan penyakit. Makanya sangat penting bagi kita untuk menjaga berat badan agar selalu ideal. Tidak kegemukan, tapi juga tidak langsing yang berlebihan. Kita bisa menerapkan gaya hidup sehat seperti makan teratur dengan makanan yang bergizi seimbang, rajin olahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa menggangu kesehatan seperti merokok dan sering begadang.

Jika obesitas atau badan yang terlalu gemuk bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan yang serius seperti stroke, diabetes, kanker, jantung, gangguan pernapasan, penyakit kandung empedu, encok, hipertensi, depresi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya, tubuh yang terlalu kurus juga bisa memunculkan beberapa masalah kesehatan yang tak kalah membahayakan.

Bahaya dan penyakit Jika Memiliki Tubuh Terlalu Kurus

Seperti berikut ini:

Anemia

Orang yang badannya terlalu kurus sangat beresiko terkena anemia atau kurang darah, dengan timbulnya gejala sakit di kepala, pusing, lemah dan tidak bertenaga. Hal tersebut akibat tidak tercukupi nutrisi penting untuk tubuh terutama zat besi.

Tulang Keropos dan Rapuh (Osteoporosis)

Bobot tubuh yang terlalu ringan, yang jauh di bawah berat badan ideal, bisa menyebabkan tulang seseorang menjadi lemah. Makin kurus seseorang, maka semakin rendah pula kepadatan tulangnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kalsium dan vitamin D di tubuh akibat tubuh kurus.

Orang yang terlalu kurus itu tidak memiliki banyak simpanan lemak, sehingga rentan terkena osteoporosis. Pasalnya lemak sangat dibutuhkan untuk memicu produksi estrogen agar tulang senantiasa sehat. Nah jika estrogennya terlalu sedikit, tentu tulang bisa menjadi keropos dan rapuh.

Munculnya Masalah Kesuburan Pada Pria

Pada pria, tubuh terlalu kurus bisa berakibat pada menurunnya tingkat fertilitas atau kesuburan. Hal tersebut berdasarkan studi dari University of Aberden, Skotlandia. Dijelaskan bahwa lelaki yang berat badannya terlalu rendah sulit untuk memproduksi sperma yang sehat.

Selain itu, konsentrasi jumlah sperma pada laki-laki yang terlalu kurus juga jauh lebih rendah hingga sepertiga dibanding laki-laki dengan berat badan normal ataupun yang berlebih. Penyebabnya karena kurangnya hormon estrogen. Padahal hormon estrogen ini dihasilkan dari lemak. Sementara pria-pria yang terlalu kurus tentu jumlah lemaknya sedikit.

Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Dilangsir dari Medical News Today, perempuan yang memiliki tubuh terlalu kurus, tidak memiliki periode menstruasi yang teratur. Periode haid yang tidak teratur ini bisa menyebabkan gangguan fertilitas di kemudian hari.


Depresi

Bukan hanya orang-orang yang kegemukan (obesitas) saja yang bisa mengalami depresiasi, seseorang yang yang badannya terlalu kerempeng juga beresiko mengalami stress dan depresi. Malah menurut hasil studi terbaru, orang yang terlalu kurus justru lebih rentan mengalami gangguan mental.

Serangan Jantung

Hasil dari penelitian di Mayo Clinic menunjukkan, orang yang kondisi tubuhnya terlalu kurus ternyata tiga kali lebih rentan terkena serangan jantung. Penyebabnya adalah lemak yang terlalu sedikit di persendian pada orang yang terlalu kurus, akan memicu radang sendi dan menyumbat pembuluh darah ke jantung.

Itulah tadi beberapa bahaya dan penyakit yang bisa muncul akibat memiliki tubuh terlalu kurus, yang kami rangkum dari berbagai situs kesehatan terpercaya. Mengingat cukup banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan jika badan terlalu ceking, sebaiknya berhati-hati saat memutuskan untuk melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Syukuri jika sudah mencapai berat badan yang ideal. Terlalu terobsesi untuk lebih langsing lagi takutnya nanti malah kebablasan kelewat kurus, yang ujung-ujungnya bukannya sehat, justru mengalami gangguan-gangguan kesehatan seperti yang telah dituliskan di atas.



Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini lewat tombol sosial media Facebook, Twitter dan WhatsApp yang ada di bawah. Supaya teman-teman yang lain ikut mengetahui informasi kesehatan tentang bahayanya jika badan terlalu kurus ini.

Posting Komentar untuk "Beberapa Bahaya Jika Memiliki Tubuh Terlalu Kurus"

Berlangganan via Email