Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Terbaru Buka Rekening Tabungan Bank BRI Secara Langsung di Kantor Cabang

Buat yang ingin tahu bagaimana cara dan apa saja syarat-syarat membuat atau membuka rekening baru di Bank Rakyat Indonesia (BRI), di tulisan kali ini aku akan menjelaskannya berdasarkan pengalaman aku sendiri yang telah beberapa kali bikin rekening tabungan di bank milik pemerintah tersebut. Ya, BRI memang institusi keuangan yang dikelola oleh pemerintah dan termasuk salah satu dari tiga bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Anggota Bank Himbara lainnya yaitu Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Oke, balik lagi ke prosedur dan tata cara bikin rekening tabungan di BRI. Karena saya yakin, ramai masyarakat Indonesia yang ingin memiliki tabungan di salah satu bank dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dengan berbagai tujuan masing-masing. Mungkin untuk mempermudah transaksi jual beli online, biar gampang untuk urusan bayar membayar lewat kartu debit ATM sehingga tidak perlu repot kemana-mana bawa duit cash, sebagai sarana menerima pembayaran gaji, untuk dana simpanan, tabungan dalam jangka panjang, menabung untuk bisa naik haji, mau buka usaha jadi agen BRILink ATM Mini, dan lain sebagainya.

Selain itu, banyaknya kantor unit cabang dan unit ATM Bank BRI yang sampai ke tingkat-tingkat kecamatan dan pedesaan, juga menjadi faktor pendorong kenapa seseorang memilih buka rekening di terbesar dan paling terkenal di tanah air ini. Untuk diketahui, hingga saat ini PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah memiliki sekitar 10 ribu unit kerja atau outlet real time online dan juga lebih dari 22 ribu unit (Anjungan Tunai Mandiri) ATM yang tersebar di seluruh Indonesia!

Foto Kantor cabang unit Bank BRI

Dengan banyaknya jaringan Bank BRI tersebut, tentunya sangat memudahkan para nasabah yang ingin melakukan transaksi. Ditambah lagi berbagai layanan digital seperti E-banking, Aplikasi BRImo, SMS Banking, aplikasi BRI Mobile, yang membuat kegiatan beragam transaksi keuangan semakin gampang, praktis, cepat serta bisa dilakukan real-time kapan saja di mana saja.

Saya sendiri pertama kali punya rekening tabungan ya di bank BRI ini. Malah saya sudah tiga kali bikin rekening di bank komersial terbesar di Indonesia ini. Pertama banget dulu sekitar tahun 2006, aku daftar menjadi nasabah BRI di kantor cabang unit Jeuram, kabupaten Nagan Raya, Aceh. Kebetulan masa itu saya emang lagi merantau bekerja di tanah rencong, dan sebagian uang gaji yang saya dapat tiap bulan saya tabung di BRI. Namun suatu hari karena ada kebutuhan finansial yang mendesak, saluruh saldo tabungan saya ambil dan nggak pernah diisi lagi, sehingga akhirnya nomor rekeningnya terblokir dan gak bisa digunakan lagi.

Kemudian rekening bank BRI kedua, saya bikin di kantor cabang BRI unit Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Riau. Pembuatan rekening tersebut saat itu hanya untuk satu kali transaksi, kalau tidak salah untuk urusan pembayaran jual beli tanah. Jadi ketika urusannya sudah selesai, tidak pernah saya pakai lagi hingga endingnya norek BRI kedua saya inipun juga non aktif alias mati.

Dan rekening BRI yang ketiga saya, juga saya bikin di BRI kantor cabang unit Lipat Kain, sekitar tahun 2014 yang Alhamdulillah masih aktif hingga sekarang ini dan mungkin sudah saya gunakan untuk ribuan transaksi finansial mulai dari menerima pembayaran honor, bayar sesuatu pakai kartu debit ATM, beli pulsa, bayar tagihan listrik, pembelian barang di online shop, dan banyak lagi.

Nah buat teman-teman yang belum pernah punya nomer rekening tabungan dan tertarik membuka rekening baru di bank BRI, berikut tata cara, persyaratan serta prosedur membuat norek di Bank Rakyat Indonesia (BRI) terbaru tahun 2021.

Syarat-syarat Menabung di Bank BRI

Mengingat ada cukup banyak jenis tabungan di bank BRI, seperti tabungan Simpedes, tabungan Simpedes Pekerja Migran Indonesia (PMI), tabungan Simpedes Usaha, tabungan Britama, tabungan Britama Muda, tabungan Britama Bisnis, BRI Junio, TabunganKu BRI, Simpanan Pelajar (Simpel) BRI, tabungan Britama X, tabungan Haji BRI, dan beberapa yang lainnya, maka syarat dan kriterianya juga sedikit berbeda dari masing-masing produk tabungan.

Secara umum berikut persyaratan bikin nomer rekening dan menjadi nasabah bank di BRI.

  1. Usia minimal 17 tahun, kecuali untuk jenis tabungan BRI Junio, TabunganKu BRI, dan Simpanan Pelajar (Simpel) BRI
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) untuk warga negara Indonesia (WNI), atau Kartu Pelajar untuk calon nasabah yang berstatus pelajar dan belum memiliki KTP.
  3. Mempunyai Passport atau Kartu Izin Menetap Sementara (KIMS) untuk warna negara asing (WNA)
  4. Materai 10.000, atau kalau tidak bawa materai sendiri, bisa bayar uang ganti materai 10.000 yang disediakan oleh kantor unit BRI. Harap diketahui, mulai 1 Januari 2021 kemarin, pemerintah telah memberlakukan tarif bea materai Rp 10.000. Boleh tetap pakai materai 6000 namun harus ditempel dua lembar, jadi nilainya menjadi 12.000. Dan ini hanya berlaku sampai akhir tahun 31 Desember 2021 saja. Nanti setelah tanggal tersebut, materai Rp 6.000 tidak akan bisa digunakan lagi.
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Ini bersifat opsional, kalau kamu belum memiliki NPWP kamu tetap boleh mendaftar buka rekening BRI. Jika belum punya NPWP kemungkinan akan diminta mengisi form pernyataan. Dan tidak perlu kuatir, karena formulirnya sudah disediakan oleh petugas bank. Kecuali kalau untuk jenis tabungan SIMPEDES USAHA, untuk tabungan jenis ini memang wajib menyertakan NPWP.
  6. Untuk beberapa pilihan rekening di BRI yang lain, seperti BRI Britama Bisnis, kamu juga perlu membawa surat ijin usaha atau SIUP/TDP dan Akte Pendirian serta Anggaran Dasar dari usaha yang kamu miliki.

Berapa Setoran Awal Menabung di Bank BRI?

Jumlah setoran awal ketika buka rekening tabungan di bank BRI juga berbeda-beda tergantung jenis tabungan yang kita pilih. Untuk produk tabungan Simpedes seperti punya saya ini, uang setoran awalnya minimal Rp. 250.000,- dan setoran selanjutnya minimal 10 ribu rupiah. Untuk BRI Britama Bisnis, dana yang harus diserahkan untuk setoran awal paling sedikit Rp.1.000.000,-.

Untuk tabungan Haji BRI, uang setoran awal setidaknya Rp 50.000, kemudian untuk setoran selanjutnya minimal Rp 25.000. Sementara untuk tabungan BRI Junio, setoran awal di rekening induk minimal sebesar Rp 250.000, kemudian setoran pada tabungan BRI Junio sebesar Rp 100.000, jadi totalnya dalam bentuk bundling sebesar Rp 350.000.

Cara Membuat Rekening Tabungan di Bank BRI

Setelah mengetahui syarat dan kriteria di atas, langkah selanjutnya kamu bisa langsung gerak untuk mengurus pembuatan rekening tabungan di bank BRI.

Berikut langkah-langkahnya!

  1. Siapkan semua berkas atau dokumen persyaratannya, baik yang asli maupun salinannya (fotokopi).
  2. Datang ke kantor cabang unit bank BRI terdekat pada hari kerja yaitu dari Senin sampai Jumat. Usahakan datang pagi-pagi banget supaya kamu bisa dapat nomor antrian rendah.
  3. Sesampainya di kantor unit BRI, segera minta nomor antrian pada petugas sekuriti yang bertugas. Atau jika antriannya sudah menggunakan sistem pencet, silakan tekan tombol antrian dengan tujuan pada customer service.
  4. Duduk santai di kursi tunggu menunggu nomor antrian kamu dipanggil. Jangan duduk di luar, karena takutnya pas nomor kamu dipanggil kamu tidak mendengar sehingga kelewatan. Soalnya kalau sampai kelewatan, kamu harus mengulang ambil nomor antrean lagi.
  5. Jika giliran nomor antrian kamu dipanggil, segera datangi bagian customer service.
  6. Customer service yang bertugas akan menjelaskan lebih lengkap apa saja cara dan syarat menabung di BANK BRI. Juga akan menginformasikan tentang produk-produk tabungan yang bisa kamu pilih, apa saja kelebihan dan perbedaan dari masing-masing jenis tabungan.
  7. Kamu akan diberikan formulir pendaftaran membuat rekening baru yang wajib kamu isi sebagai calon nasabah. Jangan sungkan bertanya jika ada hal-hal yang tidak kamu mengerti.
  8. Jika sudah membayar setoran awal, rekening kamu akan segera aktif dan bisa digunakan.

Sampai di sini berarti kamu sudah resmi memiliki nomor rekening tabungan dan menjadi nasabah bank BRI! Selamat, ya.

Setelah itu kamu bisa meminta dibuatkan kartu ATM agar memudahkan kamu ketika nanti ingin bertransaksi. Kamu juga bisa sekalian mengaktifkan BRI Mobile dan juga internet banking, terutama kalau kamu sering melakukan pembelian ataupun pembayaran secara daring. Selain itu kamu juga bisa meminta mengaktifkan notifikasi email dan SMS Banking, supaya ada pemberitahuan ketika ada dana masuk ataupun duit keluar dari rekening tabungan kamu.

Demikianlah tata cara serta syarat-syarat terbaru bagi kamu yang ingin menabung atau membuka rekening di Bank BRI tahun 2021. Intinya, apabila kamu ingin memiliki norek dengan jenis tabungan Simpedes BRI kayak punya saya, kamu bisa daftar di kantor unit BRI terdekat. Cukup dengan membawa KTP dan modal uang untuk setoran awal sebesar 250.000 rupiah, kamu sudah bisa memiliki nomor rekening tabungan. Proses registrasi di costumer service juga tidak lama. Tidak sampai satu jam sudah jadi. Biasanya yang lama justru pada saat menunggu nomor antrian dipanggil.

Penjelasan di atas adalah prosedur bikin rekening baru secara manual dengan datang langsung ke kantor BRI unit cabang terdekat. Selain secara manual (offline), mengurus pembuatan rekening baru di bank BRI sebenarnya juga bisa dilakukan secara digital atau online lewat internet. Caranya dengan mengakses website bukarekening.bri.co.id atau bisa juga dengan cara scan QR Code di web https://bri.co.id/ kemudian mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan di sana. Jadi kamu bisa memilih cara mana yang menurut kamu paling mudah.

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa bagikan artikel ini dengen cara klik menu Facebook, Twitter, dan WhatsApp yang di bawah, agar teman-teman yang lain ikut mengetahui informasi menarik ini.

Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Buka Rekening Tabungan Bank BRI Secara Langsung di Kantor Cabang"

Berlangganan via Email