Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tata Cara dan Syarat Menjadi Agen BRILink Tahun 2022, Bagi Kamu Yang Ingin Tambahan Penghasilan

Tentang apa saja persyaratan dan bagaimana cara daftar menjadi agen resmi BRI Link ATM Mini tahun 2022 akan dibahas secara terperinci di artikel ini. Lengkap dengan informasi mengenai berapa modal yang dibutuhkan untuk buka usaha jadi agen Brilink.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah cukup banyak masyarakat yang menjalani bisnis sampingan sebagai agen resmi Brilink untuk menambah pendapatan dari usaha yang sedang dikelolanya. Papan nama gerai BRILink terpampang di mana-mana bahkan hingga ke pelosok-pelosok pedesaan, bersanding dengan usaha-usaha lainnya seperti toko maupun warung.

Foto toko yang sekaligus menjadi Agen resmi BRILink

Mengenal Apa itu Agen Brilink?

Sebelum melanjutkan ke tata cara dan persyaratan memiliki usaha BRI Link, ada baiknya teman-teman mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Agen Brilink.

BRILink adalah layanan transaksi keuangan tanpa kantor persembahan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Agen BRILink sendiri merupakan bagian dari Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor, yang merupakan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dengan didukung penggunaan sarana teknologi informasi.

Bisa dibilang, agen BRILink sama dengan cabang berjalan dari unit kerja BRI. Para nasabah BRI bisa melakukan penarikan uang, setor tunai, membayar cicilan, setor angsuran, bayar belanja online, top up BRIZZI dan berbagai layanan perbankan lainnya melalui agen Brilink ATM Mini dimana pun. Transaksi melalui agen Brilink biasanya lebih cepat. Nasabah tidak perlu berlama-lama menunggu atau ambil nomor antrian seperti jika bertransaksi melalui teller di kantor unit cabang BRI.

Keunggulan Agen BRI Link

Di beberapa point, agen Brilink memang lebih unggul dibandingkan kantor unit kerja BRI. Misalnya soal jam kerja. Agen Brilink tentu tidak terbatas jam operasional. Bisa buka kapan saja sesuai keinginan pemiliknya. Hari libur ataupun di akhir pekan hari Sabtu dan Minggu bisa tetap buka. Mau membuka pelayanan hingga pukul dua belas malam atau bahkan buka 24 jam juga boleh-boleh saja.

Keunggulan lainnya dari usaha agen BRILINK ini bisa disandingkan atau digabungkan bersama usaha-usaha yang lainnya. Kamu bisa menjadi agen BRI Link sekalian buka usaha konter HP, toko kelontong, usaha pangkas rambut, jahit menjahit, jasa laundry, rumah makan, coffee shop, toko alat tulis dan fotokopi, gerai pakaian, dan lain sebagainya. Dengan begitu, penghasilan yang didapat dari satu tempat usaha bisa lebih optimal.

Keuntungan Menjadi Agen Resmi Brilink

Dalam membuka sebuah bisnis atau usaha, tentu tidak lepas dari yang namanya mencari laba dan keuntungan. Dan memiliki usaha agen BRILink, keuntungan yang bakal didapatkan cukup menjanjikan. Mengingat setiap hari banyak nasabah BRI yang melakukan transaksi-transaksi keuangan. Mulai dari setor tunai, tarik tunai, top up saldo BRIZZI, transfer duit baik ke sesama BRI maupun ke lain bank lain, pembayaran BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, bayar cicilan pinjaman, pembelian pulsa HP, top up dompet digital seperti Gopay, Ovo, Dana, Link Aja, bayar tagihan listrik, air, pajak, dan beberapa transaksi finansial lainnya

Sebagai Agen BRILink, kamu dapat melayani berbagai transaksi keuangan tersebut secara real time online dengan menggunakan alat berupa mesin Eletronik Data Captured (EDC) BRI, atau aplikasi BRILink Mobile. Nantinya setiap ada pelanggan yang melakukan transaksi, akan dikenakan tarif tertentu. Dan biaya transaksi tersebut akan menjadi pendapatan bagi kamu sebagai agen BRILink dan juga BANK BRI selaku penyedia layanan, yang akan dibagi dengan konsep sharing fee alias bagi hasil.

Selain itu, menjadi agen Brilink juga akan mendapatkan beberapa keuntungan lain mulai dari asuransi kecelakaan dan kebakaran di tempat usaha yang merangkap tempat tinggal, pendampingan dari tenaga pembina dari BRI yang jumlahnya saat ini sudah ada puluhan ribu, hingga fee kompetitif dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan.

Dengan banyaknya keuntungan dan keunggulan yang bisa didapatkan oleh para agennya, wajar kalau pertumbuhan agen BRILINK laksana jamur di musim hujan. Banyak kios, ruko, gerai dan berbagai tempat usaha lainnya yang saat ini dilengkapi dengan layanan BRI Link dan ATM Mini.

Nah buat kamu yang berminat menjadi mitra Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan membuka usaha BRILink, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu apa saja persyaratan-persyaratannya. Karena untuk bisa menjadi agen Brilink memang ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi, serta berkas dan dokumen yang wajib dilengkapi sebelum melakukan pendaftaran.

Pasalnya nanti ketika sudah menjadi agen BRILink, kamu akan memegang uang para nasabah BRI yang bisa saja jumlahnya cukup besar. Maka untuk menjaga keamanan uang milik nasabah tersebut, pihak BRI ingin memastikan semua agen BRILink adalah orang yang datanya tercatat dengan jelas. Sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak dari Bank BRI bisa langsung melakukan investigasi dengan menggunakan informasi yang mereka miliki dari agen tersebut.

Syarat Menjadi Agen BRILink

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk menjadi agen resmi BRILink. Mulai dari syarat yang berupa data atau dokumen kependudukan, maupun syarat berupa uang yang harus didepositokan.

Dan berikut syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pendaftaran menjadi agen BRILink!

- Warga Negara Indonesia (WNI) baik perseorangan maupun instansi non berbadan hukum.

- Sudah memiliki rekening simpanan berkartu di BANK BRI.

- Memiliki usaha yang sudah berjalan paling tidak (minimal) 2 tahun, dan usaha tersebut milik kamu sendiri.

- Menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC). Saldo sebesar 3 juta tersebut akan dibekukan sementara dan tidak bisa diambil selama kamu masih menjadi agen Brilink. Saldo baru bisa dicairkan nanti ketika kamu sudah berhenti menjadi agen.

- Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat) dan tentu saja akses internet. Bagi Agen BRILink Mobile sebaiknya juga memiliki printer mobile.

- Memiliki surat keterangan usaha, sekurang-kurangnya dari perangkat desa seperti ketua RT atau RW.

- Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) lainnya. Misalnya kalau kamu sudah menjadi agen laku pandai bank Mandiri atau agen46 BNI, maka kamu tidak bisa mengajukan pendaftaran menjadi agen BRILink.

Cara Mendaftar Menjadi Agen BRI Link

Setelah semua persyaratan umum di atas sudah terpenuhi, langkah berikutnya silahkan datang ke unit kerja Bank BRI terdekat. Boleh Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, atau BRI Unit Kerja untuk proses pengajuan dokumen menjadi agen BRILink. Dan jangan lupa membawa berkas-berkas persyaratan sebagai berikut:

- Fotokopi dokumen identitas pemilik/pengurus berupa KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

- Fotokopi bukti kepemilikan rekening BANK BRI baik buku tabungan maupun rekening koran.

- Fotokopi dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha), akta pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum), dan izin usaha lainnya. Sedangkan bagi individu, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap/SK pensiunan.

Di kantor bank BRI kamu akan diberikan formulir pengajuan Agen BRILink serta perjanjian kerjasama BRILink. Silakan baca dengan teliti, kemudian isi formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap dan benar. Ikuti saja instruksi yang diberikan oleh petugas di kantor unit kerja yang kamu datangi. Dan jangan sungkan bertanya jika ada hal yang tidak dipahami.

Formulir pengajuan dan perjanjian kerjasama yang telah terisi, berserta berkas-berkas persyaratan yang lainnya, akan diproses oleh pihak bank BRI. Tempat usaha kamu nantinya juga akan disurvei sebelum pengajuan menjadi agen BRI Link kamu di-acc atau disetujui.


Demikianlah tata cara dan syarat pendaftaran menjadi agen resmi BRILink ATM Mini di tahun 2022. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan mencoba peluang usaha menjadi agen BRILink dari Bank BRI.

Posting Komentar untuk "Tata Cara dan Syarat Menjadi Agen BRILink Tahun 2022, Bagi Kamu Yang Ingin Tambahan Penghasilan"