Widget HTML #1

Wilayah dan Kota-kota Yang Berada di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera

Daerah dan kota-kota yang dilewati jalur lintas barat (Jalinbar) Sumatra, baik itu kota kecamatan, kabupaten dan juga ibukota provinsi yang ada di jalan raya lintas Sumatera atau sering disingkat Jalinsum wilayah barat.

Untuk diketahui, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) merupakan jalan nasional di pulau Sumatera yang membentang dari ujung selatan pulau Sumatera tepatnya di pelabuhan Bakauheni, provinsi Lampung, hingga ujung utara di kota Banda Aceh provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sejauh kurang lebih 2500 Km. Jalinsum sendiri terbagi menjadi empat jalur yaitu Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera dan Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera.

Pemandangan pantai di tepi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera

Untuk artikel kali ini, aku akan menulis tentang wilayah-wilayah yang berada di jalur lintas barat Sumatera atau Jalinbar, yang merupakan rute favorit para rider touring ke Kilometer Nol Indonesia, Sabang. Termasuk saya yang beberapa waktu lalu solo riding ke titik 0 KM Sabang, pada saat berangkatnya juga memilih jalur lintas barat.


Mengetahui kota-kota dan daerah apa saja yang akan dilalui selama di jalan lintas barat tentunya cukup penting bagi siapa saja yang hendak menempuh perjalanan melalui rute tersebut. Entah itu mau mudik atau pulang kampung bawa kendaraan sendiri, traveling jelajah Sumatra via jalur darat, road trip explore pulau Sumatera, touring ke titik KM 0 Sabang, sopir truk dan bus, dan beragam tujuan lainnya.

Dengan mengetahui informasi mengenai tempat-tempat di jalan lintas barat Sumatra, kamu bisa memperkirakan nanti istirahatnya di kota mana saja dan juga untuk mencegah melewati jalanan di wilayah tertentu yang rawan kejahatan di malam hari. Selain itu buat kamu yang ingin touring, bisa memprediksi dalam sehari start riding dari daerah mana dan nantinya finish di kota mana. Makanya cukup penting untuk mengetahui setiap daerah di jalan lintas barat Sumatera. Lebih-lebih bagi kamu yang baru pertama kali melakukannya. Pasalnya jalan lintas barat Sumatera tidak seramai jalan lintas timur ataupun lintas tengah.

Peta jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera
Sumber: Google Map
Gambar Peta Jalan Lintas Barat Sumatera

Jalinbar Sumatera di beberapa titik masih melewati hutan lebat yang begitu sepi dan sama sekali tidak ada perkampungannya. Dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok mulai dari yang sedang hingga kelokan yang super tajam. Kemudian banyak melewati tanjakan dan turunan curam. Dan terkadang, jalan menanjak atau menurun tersebut masih disertai tikungan-tikungan tajam. Tak hanya itu, jalan raya lintas barat Sumatera juga memiliki banyak titik yang rawan longsor karena kanan kirinya terdapat jurang, tebing dan perbukitan. Musti lebih hati-hati jika kamu melintasi Jalinbar di musim hujan.

Walaupun di beberapa tempat kondisi jalannya cukup ekstrim, namun jalan nasional lintas barat Sumatera suasananya sangat menyenangkan untuk perjalanan kendaraan. Jalannya relatif sepi, jarang ada kendaraan besar melintas, dan sepanjang jalan banyak disuguhi pemandangan bagus mulai dari sejuknya pepohonan hutan, hamparan persawahan, tebing-tebing berbatu, pegunungan, hingga deretan pantai-pantai dan laut biru yang bisa dinikmati dari jalan sambil berkendara.

Di bawah ini adalah video touring saya episode perjalanan dari Krui, Lampung hingga ke kota Bengkulu. Di dalam video ini akan tergambar bagaimana indahnya dan serunya Jalan Lintas Barat Sumatera.


Dan berikut ini adalah daftar kota atau daerah yang berada di jalan lintas barat Sumatera (Jalinbar), mulai dari propinsi Lampung hingga provinsi Aceh.

LAMPUNG

  1. Bakauheni, kabupaten Lampung Selatan
  2. Kalianda, kabupaten Lampung Selatan
  3. Tarahan, kabupaten Lampung Selatan
  4. Kota Bandar Lampung, ibukota provinsi Lampung
  5. Gedong Tataan, ibukota kabupaten Pesawaran
  6. Gading Rejo, kabupaten Pringsewu
  7. Kota Pringsewu, ibukota kabupaten Pringsewu
  8. Pagelaran, kabupaten Pringsewu
  9. Talang Padang, kabupaten Tanggamus
  10. Gisting, kabupaten Tanggamus
  11. Kota Agung, ibukota kabupaten Tanggamus
  12. Bengkunat, kabupaten Pesisir Barat (Pesbar)
  13. Biha, kabupaten Pesisir Barat
  14. Kota Krui, ibukota kabupaten Pesisir Barat
  15. Malaya, kecamatan Lemong, kabupaten Pesisir Barat

Sebenarnya untuk jalan dari pelabuhan Bakauheni hingga ke kota Bandar Lampung tidak bisa sepenuhnya disebut Jalur Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, mungkin lebih tepat disebut Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) saja. Pasalnya kendaraan dari atau yang akan melalui jalur lintas tengah dan timur Sumatera, juga pasti melalui jalur Bakauheni - Bandar Lampung tersebut.

Jalan tersebut merupakan jalur pertemuan atau jalur bersatunya kendaraan lintas barat, tengah dan timur. Jadi bisa dibilang jalur Bakauheni - Bandar Lampung itu milik lintas barat, tengah dan timur sekaligus. Jalurnya baru akan terpecah ketika sudah tiba di kota Bandar Lampung. Untuk yang lintas tengah dan timur, jalurnya ke arah Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Sementara untuk yang lintas barat, arahnya ke Pringsewu, Kota Agung, Krui dan seterusnya. Jalur lintas barat Sumatera di wilayah Lampung ini nantinya akan melewati tanjakan Sedayu, sebuah jalan yang cukup ekstrim mirip tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat. Juga akan melintasi hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), yang mana di kanan kirinya masih berupa hutan rimba tanpa satupun rumah penduduk. Jadi pastikan kondisi fisik dan juga kendaraan kamu benar-benar bagus dan layak jalan.

Nah, nanti ketika sudah tiba di Jembatan Manula, itu berarti kamu sudah berada di perbatasan antara propinsi Lampung dan tidak lama lagi akan memasuki gerbang selamat datang di provinsi Bengkulu.

Jembatan Manula di jalan lintas barat Sumatera perbatasan Lampung dan Bengkulu

BENGKULU

  1. Nasal, kabupaten Kaur
  2. Maje, kabupaten Kaur
  3. Kota Bintuhan, kabupaten Kaur
  4. Kota Manna, ibukota kabupaten Bengkulu Selatan
  5. Tais, kabupaten Seluma
  6. Kota Bengkulu, ibukota Provinsi Bengkulu
  7. Air Napal, kabupaten Bengkulu Utara
  8. Lais, kabupaten Bengkulu Utara
  9. Ketahun, kabupaten Bengkulu Utara
  10. Seblat, kabupaten Bengkulu Utara
  11. Ipuh, kabupaten Mukomuko
  12. Penarik, kabupaten Mukomuko
  13. Kota Mukomuko, ibukota kabupaten Mukomuko
  14. Lubukpinang, kabupaten Muko-muko

Pada saat saya solo touring tahun 2020 melintasi jalur lintas barat wilayah provinsi Bengkulu, ada beberapa titik yang kondisi jalannya rusak terutama setelah melewati ibukota Bengkulu, tepatnya di Jalinbar daerah Ketahun. Aspalnya sudah terkelupas dan banyak lubang-lubang besar. Bahkan ada yang longsor akibat abrasi karena jalannya tepat di tepi laut.

Di Jalinbar Sumatera wilayah Bengkulu ini memang mayoritas berada di pinggiran laut. Selain itu juga ada berkali-kali persimpangan yang bentuk jalannya mirip dengan Jalinsum. Jadi buat kamu yang baru pertama kali lewat sini, sebaiknya gunakan peta atau Google Map supaya kamu tetap berada di jalur lintas barat.

SUMATERA BARAT

  1. Lunang, kabupaten Pesisir Selatan
  2. Tapan, kabupaten Pesisir Selatan
  3. Inderapura, kabupaten Pesisir Selatan
  4. Kambang, kabupaten Pesisir Selatan
  5. Batang Kapas, kabupaten Pesisir Selatan
  6. Kota Painan, ibukota kabupaten Pesisir Selatan
  7. Barung-barung Balantai, kabupaten Pesisir Selatan
  8. Teluk Kabung, kota Padang
  9. Kota Padang, ibukota Sumatera Barat
  10. Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman
  11. Nagari Parit Malintang, ibukota kabupaten Padang Pariaman
  12. Kayu Tanam, kabupaten Padang Pariaman
  13. Kota Padang Panjang
  14. Kota Bukittinggi
  15. Lubuk Sikaping, kabupaten Pasaman
  16. Panti, kabupaten Pasaman
  17. Tapus, kabupaten Pasaman
  18. Rao, kabupaten Pasaman
Masjid Raya Sumatera Barat tidak jauh dari jalan lintas barat

Jalinbar di bagian provinsi Sumatera Barat ini yang menurut aku sedikit membingungkan. Pasalnya jika mengacu pada Google Map, maka kota-kota dan daerah yang berada di jalur lintas barat Sumatera adalah seperti yang saya tuliskan di atas. Dan rute itu juga yang saya pilih pada saat solo touring kemarin.

Namun jika dilihat dari Wikipedia, setelah kota Parit Malintang, jalinbar di provinsi Sumbar selanjutnya adalah Kota Pariaman, Lubuk Basung, Bukittinggi, Simpang Empat kabupaten Pasaman Barat dan Air Bangis atau Air Bangih kabupaten Pasaman Barat. Jadi tidak melewati kota Padang Panjang.

Yang mana yang benar sampai saat ini saya belum menemukan jawaban yang memuaskan. Saya pribadi tidak terlalu memusingkannya dan kapan-kapan pengen menjajal riding melewati jalinbar wilayah Sumbar yang versi Wikipedia tersebut.

SUMATERA UTARA

  1. Penyabungan, kabupaten Mandailing Natal
  2. Kota Padang Sidempuan
  3. Kota Pandan, ibukota kabupaten Tapanuli Tengah
  4. Kota Sibolga
  5. Tarutung, ibukota kabupaten Tapanuli Utara
  6. Sipoholon, kabupaten Tapanuli Utara
  7. Kota Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara
  8. Dolok Sanggul, ibukota kabupaten Humbang Hasundutan
  9. Parbululuan, kabupaten Dairi
  10. Sidikalang, ibukota kabupaten Dairi
  11. Sibande, kabupaten Pakpak Bharat
  12. Sitellu Tali Urang Jehe, kabupaten Pakpak Bharat

Sama seperti di Jalinbar provinsi Sumatera Barat, di jalinbar wilayah Sumatera Utara ini juga ada dua pendapat. Ada yang mengatakan Jalan Lintas Barat Sumatera bagian Sumatera Utara setelah Sibolga adalah kota Barus dan Manduamas kabupaten Tapanuli Tengah, lalu lanjut ke Aceh Singkil baru kemudian ke Tapak Tuan, Aceh Selatan.

Jadi tidak melewati, Siborong-borong, Dolok Sanggul, Sidikalang hingga Subulussalam seperti yang aku tuliskan di atas. Namun yang aku sebutkan di atas sudah berdasarkan peta jalan yang tercantum di Google Map, dan juga sesuai dengan yang diinformasikan di berbagai sumber lainnya termasuk Wikipedia.

ACEH

  1. Kota Subulussalam
  2. Trumon, kabupaten Aceh Selatan
  3. Bakongan, kabupaten Aceh Selatan
  4. Kota Fajar, kabupaten Aceh Selatan
  5. Tapak Tuan, ibukota kabupaten Aceh Selatan
  6. Sawang, kabupaten Aceh Selatan
  7. Meukek, kabupaten Aceh Selatan
  8. Labuhan Haji, kabupaten Aceh Selatan
  9. Manggeng, kabupaten Aceh Barat Daya
  10. Blangpidie, ibukota kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)
  11. Padang Sikabu, kabupaten Aceh Barat Daya
  12. Babahrot, kabupaten Aceh Barat Daya
  13. Alue Bilie, kabupaten Nagan Raya
  14. Lamie, kabupaten Nagan Raya
  15. Sukamakmue, ibukota kabupaten Nagan Raya
  16. Simpang Peut, kabupaten Nagan Raya
  17. Langkak, kabupaten Nagan Raya
  18. Meulaboh, ibukota kabupaten Aceh Barat
  19. Kuala Bubon, kabupaten Aceh Barat
  20. Teunom, kabupaten Aceh Jaya
  21. Calang, ibukota kabupaten Aceh Jaya
  22. Patek, kabupaten Aceh Jaya
  23. Lamno, kabupaten Aceh Jaya
  24. Gunung Geurutee, perbatasan kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar
  25. Leupung, Kabupaten Aceh Besar
  26. Lhoknga, kabupaten Aceh Besar
  27. Banda Aceh, ibukota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Dari pengalaman saya pribadi touring pakai motor melewati jalur lintas barat Sumatera wilayah provinsi Aceh, mayoritas jalannya dalam kondisi bagus dan mulus. Apalagi setelah melewati kota Meulaboh, bentuk jalannya benar-benar memanjakan para pengendara. Bagus, mulus dan lebar serta banyak trek lurus, kecuali ketika melewati gunung Geurutee dan pegunungan Paro. Pemandangan alamnya juga indah dan mempesona.

Berikut ini video perjalanan touring saya ketika melewati kerennya jalur lintas barat Sumatera dari Meulaboh ke Banda Aceh.


Meski jalannya mulus, lebar dan banyak yang lurus, kamu musti hati-hati juga. Jangan sembarangan kebut-kebutan. Karena banyak hewan peliharaan seperti kerbau dan sapi yang berkeliaran di jalanan lintas barat Sumatera Meulaboh - Banda Aceh ini.

Dan jika kamu sudah tiba di kota Banda Aceh, itu berarti sudah berada di ujung utara jalan lintas barat Sumatera. Mungkin titik tepat ujungnya di Terminal Batoh kota Banda Aceh. Selanjutnya kalau kamu ingin berwisata ke titik Kilometer 0 Indonesia, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Balohan dan menyeberang ke pulau Weh, Sabang.

Senja di jalan lintas barat Sumatera Meulaboh - Banda Aceh



Itulah tadi daftar kota-kota dan wilayah yang berada atau dilintasi jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera. Di mana Jalimsum bagian barat ini meliputi lima propinsi di pulau Sumatra, yaitu provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Bengkulu dan Lampung. Di artikel selanjutnya, saya akan membahas wilayah-wilayah yang ada di jalan lintas tengah, timur dan juga pantai timur Sumatera.

Mudah-mudahan informasi tersebut berguna bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan melewati jalur tersebut. Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa bagikan artikel ini dengan cara klik gambar sosial media yang ada di bawah mulai dari Facebook, Twitter hingga WhatsApp yang ada di bawah. Agar teman-teman yang lain mengetahui informasi ini.

Posting Komentar untuk "Wilayah dan Kota-kota Yang Berada di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera"