Widget HTML #1

Berapa Lama Uang JHT Cair Masuk ke Rekening/ATM Setelah Pengajuan Klaim di Aplikasi JMO Berhasil?

Kapan dan berapa lama dana JHT BPJS Ketenagakerjaan cair lalu terkirim ke ATM atau nomor rekening bank kita, setelah pengajuan klaim JHT melalui aplikasi JMO Jamsostek Mobile berhasil dan disetujui? Buat teman-teman yang barangkali bertanya-tanya demikian, di artikel kali ini saya akan coba menjelaskannya berdasarkan pengalaman beberapa peserta asuransi tenaga kerja BPJamsostek yang telah sukses mengklaim saldo JHT-nya lewat aplikasi JMO.

Memang tidak bisa dipungkiri, pasti ada saja peserta BPJS TK yang sedikit tidak sabar dengan dana JHT-nya yang belum juga ditransfer. Sampai rela bolak-balik ke ATM untuk mengecek, namun dana yang diharap-harapkan tersebut tak kunjung masuk. Padahal proses pengajuan pencairan saldo JHT di JMO Apps telah selesai dan sudah di-acc.

Serta saat di-tracking, status pencairannya masih menunjukkan 'silakan menunggu maksimal 3 hari kerja untuk menunggu proses transfer dari bank pembayar BPJamsostek ke rekening peserta'.

gambar dompet kosong Uang sudah habis kapan dana JHT BPJS TK cair



Untuk diketahui, saat ini menarik saldo tabungan JHT BP Jamsostek melalui aplikasi JMO, merupakan metode klaim online yang paling banyak dilakukannya oleh peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Soalnya lebih dalam pelaksanaannya lebih praktis dibandingkan mencairkan dana JHT secara online lewat layanan Lapak Asik (LASIK).

Dalam mengklaim uang JHT melalui aplikasi JMO, peserta tidak perlu mengunggah file dokumen-dokumen persyaratannya seperti kalau klaim lewat LAPAK ASIK. Juga tidak ada sesi dihubungi oleh petugas BPJS TK lewat video call untuk wawancara dan proses verifikasi berkas asli persyaratan klaim JHT.

Berhubung tidak perlu meng-upload scan dokumen persyaratannya, sehingga para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak bisa mengajukan pencairan dana JHT secara online via layanan Lapak Asik, ataupun secara langsung di kantor cabang BPJAMSOSTEK, akibat berkas persyaratan yang tidak lengkap misalnya tidak memiliki paklaring, uang tabungan JHT-nya akan tetap bisa cair apabila diklaim menggunakan aplikasi JMO. Itulah kenapa klaim JHT pakai aplikasi Jamsostek Mobile menjadi pilihan utama banyak peserta BPJS TK.

Dan yang paling menyenangkan dari prosedur klaim dana JHT secara online lewat Aplikasi JMO ini, prosesnya berlangsung jauh lebih cepat dibanding cara-cara yang lainnya. Saldo bisa cair di hari yang sama ketika melakukan pencairan. Bahkan kalau berdasarkan tagline yang disampaikan BPJS Ketenagakerjaan, tahapan mulai dari pengajuan hingga dananya cair masuk ke rekening tabungan peserta itu hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja!

Gambar petunjuk cara Klaim JHT di aplikasi JMO Jamsostek Mobile dalam hitungan menit sudah berhasil


Namun benar kah secepat itu?

Ya memang benar, tapi tentu ada syarat dan ketentuan berlaku. Tergantung berbagai hal lainnya yang bisa mempengaruhi cepat atau tidaknya proses pengklaiman sampai dananya masuk ke rekening.

Para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhasil mengambil uang JHT lewat aplikasi JMO, memiliki pengalaman yang berbeda-beda terkait durasi proses pengklaiman mereka, mulai dari pengajuan hingga saldonya cair ke rekening.

Ada peserta yang dalam beberapa menit saja sudah cair. Ada yang 20 menit, setengah jam, beberapa jam, berjam-jam, dan bahkan ada yang sampai dua atau tiga hari saldonya baru masuk ke rekening. Tergantung beberapa hal.

Hal yang paling mempengaruhi lamanya uang JHT masuk ke rekening adalah waktu yang kamu pilih ketika mengajukan klaim JHT di Aplikasi JMO Jamsostek Mobile tersebut. Apakah diajukan siang atau malam itu cukup mempengaruhi.

Perlu diketahui, setelah pengajuan klaim JHT di aplikasi JMO dinyatakan berhasil, dana JHT akan dikirim melalui bank pembayar yang bekerjasama BPJS Ketenagakerjaan yaitu bank Mandiri, BCA dan BNI. Dan ditransfer ke nomor rekening peserta. Untuk rekening peserta bebas mau bank saja. Mau bank BRI, Sea Bank, Neo Bank, Bank Jago, dan bank-bank daerah juga bisa, yang penting rekening tersebut atas nama peserta yang bersangkutan.

Dan karena melalui bank, maka proses transfernya hanya dilakukan pada hari dan jam operasional bank yang bersangkutan. Yang mana umumnya hari dan jam kerja bank-bank di Indonesia adalah dari hari Senin sampai Jumat, mulai jam 08.00 WIB pagi hingga jam 15.00 WIB atau pukul 3 sore. Itu artinya dana JHT kamu akan dikirim pada hari-hari dan jam-jam tersebut.

Jadi penyebab kenapa saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu cairnya lama, tidak cepat hanya dalam hitungan menit atau jam seperti orang lain, itu bisa jadi karena ketika kamu mengajukan klaim JHT di aplikasi JAMSOSTEK MOBILE (JMO) di luar jam kerja kantor perbankan.

Misalnya, kamu melakukan pencairan JHT di aplikasi JMO pada Rabu malam, maka paling cepat hari Kamis pagi dananya baru akan dibayarkan. Atau misalkan klaim JHT via aplikasi JMO yang dilakukan hari Jum'at sore, ini tentu akan lebih lama lagi menunggu uang JHT-nya masuk ke rekening. Pasalnya hari Sabtu dan Minggu bank tutup. Paling cepat hari Senin baru akan cair. Itupun kalau pada hari Seninnya bukan hari libur. Kalau pas tanggal merah, maka bakalan lebih lama lagi.

Selain karena dilakukan di luar jam operasional perbankan, hal lain yang bisa menyebabkan terlambatnya dana JHT masuk ke rekening peserta adalah kondisi di bank itu sendiri. Misalnya sedang mengalami gangguan atau perbaikan sistem, sehingga tidak bisa melakukan transfer dana. Atau mungkin sedang terjadi antrian transfer yang cukup tinggi, sehingga transaksi tersendat. Untuk masalah ini tentunya di luar kendali kita sebagai peserta.

Namun yang pasti kita dapat mengupayakan pencairan yang tercepat, yang dananya bisa dikirim di hari yang sama dengan kita melakukan pengajuan, syukur-syukur dalam hitungan menit atau jam sudah cair. Yaitu dengan cara mengajukan pencairan uang JHT BPJamsostek di aplikasi JMO hanya pada hari dan jam kerja perkantoran pada umumnya, yaitu hari Minggu sampai Jum'at jam 08.00 hingga jam 15.00. Jangan klaim JHT di luar jam operasional, di hari Sabtu, di hari Minggu dan di hari-hari libur nasional, agar pembayaran saldo JHT kamu tidak tertunda.



Seperti itulah penjelasannya, bagi teman-teman anggota BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhasil mengklaim saldo JHT via JMO APK, tapi mengapa dananya belum juga masuk ke ATM atau rekening tabungan. Tidak perlu bingung dan panik. Silakan ditunggu saja pasti nanti juga bakal cair. Dan sebaiknya gunakan aplikasi bank yang kamu gunakan untuk bikin rekening, sehingga kamu tinggal cek di aplikasi tersebut jika ada dana masuk. Tidak perlu bolak-balik ke ATM.

Jadi intinya, tentang berapa lama proses klaim uang JHT melalui aplikasi JMO Jamsostek Mobile sampai dana cair ke rekening itu tergantung kapan kamu mengajukan pengklaiman. Apabila ingin cepat, silahkan klaim menyesuaikan dengan jam operasional kantor-kantor perbankan.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Uang JHT Cair Masuk ke Rekening/ATM Setelah Pengajuan Klaim di Aplikasi JMO Berhasil?"