Widget HTML #1

Berikut Beberapa Penyebab Obesitas dan Cara Mencegahnya

Penting untuk mengetahui apa saja penyebab obesitas serta bagaimana cara untuk mencegahnya. Dengan memahami penyebab-penyebabnya, kita dapat melakukan pencegahan agar badan kita tidak sampai mengalami kondisi tersebut. Karena jika sudah terlanjur obesitas, bukan cuma akan mengganggu penampilan, tapi juga akan mengganggu kesehatan.

Hipertensi, diabetes melitus tipe 2, stroke dan osteoarthritis adalah contoh gangguan kesehatan serius yang senantiasa mengancam seseorang yang obesitas. Belum lagi kanker payudara, perlemakan hati, prostat, dan jantung koroner juga patut diwaspadai oleh mereka yang berat badannya terlalu berlebihan.

Beberapa Penyebab Obesitas dan Cara Mencegahnya

Orang yang obesitas juga lebih beresiko terkena kolesterol tinggi. Sebab tubuh yang terlalu gemuk merupakan salah satu penyebab resistensi insulin, dan resistensi insulin ini adalah salah satu pemicu gangguan metabolisme kolesterol, yang pada akhirnya menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Oleh sebab itu, kita perlu mempertahankan kadar normal kolesterol di dalam tubuh kita dengan cara menjaga berat badan tetap ideal.

Salah satu cara mencegah agar tidak sampai mengalami obesitas adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menjadi pemicunya. Makanya, pengetahuan tentang faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan seseorang menderita obesitas itu sangat diperlukan.

Beberapa Penyebab Obesitas

Penyebab kenapa seseorang bisa mengalami obesitas bisa karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seseorang yang suka sekali menyantap makanan-makanan cepat saji, dalam jangka panjang berpotensi akan menderita obesitas.

Selain makanan cepat saji, masakan-masakan yang banyak mengandung lemak juga bisa menyebabkan obesitas apabila terlalu sering dikonsumsi, ditambah kalau setiap kali makan porsinya selalu berlebih.

Selanjutnya suka ngemil. Orang senang ngemil juga berisiko mendapatkan tubuh yang obesitas. Lebih-lebih kalau cemilannya berupa gorengan, kerupuk, keripik, dan jajanan lainnya yang pengolahannya direndam dengan minyak.

Sering minum minuman tinggi gula juga merupakan penyebab obesitas. Produk minuman manis dalam kemasan, minuman sachet, dan minuman-minuman kekinian, rata-rata mengandung kalori yang tinggi yang bisa memicu kenaikan berat badan.

Selain faktor makanan, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat membuat seseorang mengalami obesitas. Misalnya suka begadang, malas gerak (mager), jarang sekali atau bahkan tidak pernah berolahraga. Sehari-hari lebih suka rebahan main ponsel. Bahkan ke warung depan yang jaraknya cuma 20 meter saja naik motor, tidak mau jalan kaki.

Bayangkan kalau kombinasi dari semua perilaku di atas dilakukan saban hari. Sering mengkonsumsi makanan siap saji dalam porsi besar, tiap hari ngemil gorengan dan jajan snack, minumnya selalu minuman manis, sering begadang, tidak pernah olah raga, dan justru lebih suka rebahan. Kalau terus-terusan seperti itu, hanya tinggal menunggu waktu saja untuk mengalami obesitas beserta penyakit yang menyertainya seperti kolesterol tinggi.

Orang kegemukan, yang memiliki indeks massa tubuh 30 atau di atasnya, memang lebih berisiko terkena kolesterol tinggi. Teman-teman bisa kunjungi https://kolesterolkita.com/ untuk membaca informasi lebih lengkap tentang kolesterol dan juga mengetahui produk terbaik untuk mengurangi kadar lemak dalam darah tersebut.

Cara Mencegah Obesitas

Setelah mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan obesitas, tentunya kita jadi tahu apa yang musti dilakukan agar terhindar dari kondisi tersebut. Misalnya karena kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan obesitas, tentu cara mencegahnya adalah kita musti tidur secukupnya antara 7 - 8 jam sehari dan jangan sering begadang.

Kemudian karena minuman manis, makanan cepat saji dan gorengan juga bisa menjadi penyebab obesitas. Maka agar tidak obesitas, kita perlu mengurangi atau bahkan kalau bisa berhenti mengkonsumsi makanan-makanan dan minuman tersebut. Ganti dengan pola makan yang sehat seperti lebih banyak mengkonsumsi masakan-masakan yang direbus, mengurangi porsi makan, tidak melupakan sarapan pagi, perbanyak makan buah dan sayuran.

Aktif melakukan aktivitas fisik dan rajin workout juga merupakan tindakan yang bisa melawan obesitas. Dengan banyak beraktivitas fisik dan olahraga teratur, kalori yang didapatkan dari makanan-makanan yang kita konsumsi akan dibakar, sehingga tidak sampai menumpuk menjadi lemak yang bisa mengakibatkan obesitas.

rajin Olahraga jogging agar tidak obesitas

Orang yang malas olahraga, lebih banyak duduk dan rebahan, selain bisa menyebabkan naiknya berat badan, juga bisa menjadi penyebab naiknya kadar kolestrol. Pasalnya enzim yang seharusnya memecah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik, menurun hingga 95% akibat tubuh yang jarang bergerak. Sehingga kolesterol jahat yang jadi lebih tinggi.

Ketika berat badan terus meningkat, apalagi jika disertai munculnya gejala kolesterol tinggi seperti rasa tidak nyaman di kaki, sakit pada leher belakang, nyeri di dada dan jantung mudah berdebar-debar, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan buruk suka rebahan dan bermalas-malasan. Mulai berubah dari yang banyak diam menjadi lebih aktif bergerak. Kemudian menyempatkan diri berolahraga setidaknya 3 sampai 5 kali dalam seminggu, dengan durasi paling tidak 30 menit dalam sekali olahraga.

Dan jenis olahraganya pun tidak perlu yang berat-berat dan berbiaya misalnya masuk club fitnes atau aerobik. Cukup lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan gratis. Misalnya jalan kaki keliling rumah, naik turun tangga, bersepeda, jogging, jumping jack, squat, lompat tali atau skipping, dan lain-lain. Yang penting dilakukan teratur dan berkelanjutan.

Demikian tadi beberapa faktor penyebab obesitas beserta cara mencegahnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang tengah membutuhkan informasi tersebut. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Berikut Beberapa Penyebab Obesitas dan Cara Mencegahnya"