Beberapa Istilah Yang Populer di Wattpad

Sebagai salah satu pemakai Wattpad, pada kesempatan yang sangat luas ini, aku akan berbagi pengetahuan tentang istilah-istilah yang populer di sana. Tapi sebelumnya sudah pada kenal belum sama Wattpad? Kalau belum nggak perlu sedih karena aku akan jelaskan apa itu Wattpad.

Wattpad, atau ada juga yang menyebutnya Watty, adalah sebuah website berisi buku-buku karya para anggotanya dan bisa dibaca gratis secara online. Siapa pun asal memiliki email bisa mendaftar gratis menjadi anggota Wattpad. Dan kalau sudah memiliki akun, selain bisa membaca semua buku yang ada di sana, juga bisa ikut ambil bagian menerbitkan karya tulis baik fiksi maupun non fiksi. Dalam pengertian lebih sederhana, Wattpad semacam komunitas orang-orang yang gemar membaca dan hobi menulis. Lebih kurang seperti itu.


Cover Novel Wattpad
contoh buku-buku di Wattpad

Di era android saat ini, Wattpad juga hadir dalam bentuk aplikasi, yang bisa diunduh di Google Play Store. Adanya aplikasi tersebut, tentu saja semakin memperbanyak pilihan cara membaca buku-buku di Wattpad. Tidak melulu melalui PC dan laptop.

Bagi yang ingin gabung Wattpad, tidak ada salahnya mengetahui dulu beberapa istilah yang bakal kamu hadapi di sana. Atau kamu sudah gabung tapi masih gagal paham dengan beberapa istilah, mudah-mudahan artikelku kali ini bisa banyak membantu.

Inilah berbagai istilah yang populer di Wattpad:

Author

Author adalah sebutan untuk orang yang menulis buku di Wattpad dan biasanya disapa 'Thor'. Sebenarnya tidak hanya di Wattpad, di tempat lainnya seorang penulis buku memang biasa disebut author. Bahkan istilah 'thor' juga cukup populer di kalangan anak-anak, sering mereka nyanyikan, "...meletus balon hijau thor, hatiku sangat kacau..."

Readers

Jika author adalah sang penulis, maka readers adalah para pembaca. Di Wattpad, seorang author kebanyakan pasti juga merangkap sebagai reader. Tapi reader belum tentu seorang author, karena banyak juga orang daftar di Wattpad hanya sekedar untuk membaca, tidak ikut berkarya.

Silent Reader

Silent reader adalah pembaca yang pasif. Mereka diam-diam menyukai sebuah cerita, tapi hanya menikmati saja tanpa sudi memberi apresiasi entah itu vote atau sekedar komen. Silent reader masih termasuk dalam klan stalker. Tukang ngintip. Pemerhati yang tidak berani menunjukkan diri. Pembaca jenis ini paling tidak disukai oleh banyak author Wattpad. Bayangkan saja, sang penulis sudah berjuang keras merangkai kata, tapi sedikitpun tidak mendapat penghargaan. Makanya untuk meminimalisir banyaknya Silent Reader, beberapa penulis mem-private sebagian cerita hanya untuk followers-nya.

Follow

Follow jika ditranslate ke bahasa Indonesia artinya ikuti. Kamu bisa mem-follow penulis-penulis favorit kamu, supaya mendapat pemberitahuan saat sang penulis meng-update atau menerbitkan cerita baru. Nah orang-orang yang mengikuti seperti itu disebut follower.

Kalau teman-teman pengen banget mem-follow aku tapi tidak tahu akunku, inilah akun Wattpad aku: @zukirama

Vote

Vote atau dukungan suara kalau di Facebook semacam Like. Jadi saat kamu membaca sebuah cerita dan kamu memang menyukai cerita tersebut, sempatkanlah memberi vote sebagai penghargaan. Atau walaupun tidak suka, tidak ada salahnya juga memberi vote biar penulisnya seneng dan semangat melanjutkan cerita. Cara memberi vote adalah dengan klik ikon bintang yang terdapat di akhir bagian cerita.

Comment

Selain nge-vote, kamu juga berhak mengomentari cerita-cerita yang kamu baca. Baik berupa saran, kritik, promo cerita kamu dan sebagainya.

Voment

Voment merupakan singkatan dari Vote dan Coment. Masing-masing penjelasannya sudah dijelaskan di atas.

Story Ranking

Di Wattpad, setiap hari buku-buku berdasarkan genre tertentu akan diberikan rank story alias peringkat. Bagus tidaknya Ranking Story sebuah cerita ditentukan oleh jumlah pembaca, vote dan komentar yang diperoleh dalam satu hari.

Casting

Layaknya sebuah sinetron, penulis di Wattpad bisa memasukkan selebritis-selebritis tertentu untuk memerankan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Bebas boleh artis dalam negeri maupun internasional. Demikian itu disebut casting alias pemain.

Genre

Istilah Genre kurang lebih artinya adalah tema atau jenis cerita. Di Wattpad sendiri ada cukup banyak Genre, antara lain Cerpen, Fantasi, Fiksi Remaja, Roman, Puisi, Humor, Acak, Petualangan, Non Fiksi dan banyak lagi yang lainnya.

Hiatus

Hiatus adalah kondisi di mana seorang author Wattpad tidak meneruskan cerita yang sedang dtulisnya dalam waktu yang lama, entah karena sibuk dan alasan lainnya. Tapi suatu saat dia akan kembali lagi. Bisa dibilang hiatus adalah istilah keren untuk author yang vakum sementara.

Mulmed

Mulmed sebenarnya hanya singkatan dari multimedia. Dalam dunia Wattpad, seorang author sering memasukkan multimedia untuk mendukung cerita yamg sedang ditulisnya, baik berupa gambar ataupun video.

Library atau Perpustakaan

Mengingat banyaknya buku yang beredar, Wattpad menyediakan fitur Library untuk memudahkan pembaca menyimpan buku-buku yang disukainya. Saat kamu membaca salah satu buku dan menyukainya, kamu bisa memasukkan buku tersebut ke dalam perpustakaan di akun kamu, sehingga memudahkan jika sewaktu-waktu ingin membaca lagi.

Cara memasukannya juga sangat gampang, cukup klik ikon tanda tambah, maka buku itu sudah berada perpustakaan kamu. Tidak perlu kartu anggota dan musti dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan kayak perpustakaan di sekolah-sekolah.

Reading List

Bukan hanya di Library, kamu juga bisa membuat daftar bacaan alias reading list dan mengumpulkan buku-buku kesukaanmu di sana. Judul-judul daftar bacaan biasanya disesuaikan dengan isi buku-buku yang ada di dalamnya. Misalnya reading list yang diberi judul 'Novel-novel Lucu Banget', berati di dalamnya berisi buku-buku komedi.

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain di Wattpad, tapi memang yang paling populer adalah yang sudah aku bahas di atas. Kalau masih ada istilah-istilah lain yang belum dimengerti, mari kita diskusikan sama-sama di ruang komentar. Salam Bahagia.


Jangan Lewatkan

19 comments:

  1. Pada dasarnya tidak jauh beda ya mas dengan aplikasi lain. Kemaren waktu membaca postingan mas yang sebelumnya tentang watpad saya penasaran dan lansung saya download di store. Memang bagus, sebagai wadah menulis yang ideal. Tapi apalah daya saya masih setia dengan blogspot mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesamaannya adalah sama-sama media memposting karya, cuma kalau di Wattpad lebih banyak karya fiksi. Kira-kira begitu...

      Delete
  2. Aku tak punya jadi gak tau mau nanya apa. Tapi setelah ku baca artikelnya istilah Yang dipakai umum ya....

    Dimana mana banyak silent reader..ckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya memang umum dan banyak dipakai di tempat-tempat lain. Tapi ya nggak apa-apa lah bahas ini, biar blog aku cepet banyak artikelnya. :)

      Delete
  3. Casting

    Layaknya sebuah sinetron, penulis di Wattpad bisa memasukkan selebritis-selebritis tertentu untuk memerankan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Bebas boleh artis dalam negeri maupun internasional. Demikian itu disebut casting alias pemain.
    .
    Nih artisnya minta bayaran ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibayar sebotol mizone + sebungkus kuaci udah mau kok...

      Delete
  4. Replies
    1. Androku remek, Mas. Terjatuh gara-gara dilempar :(

      Delete
  5. Saya belum bikin wattpad nih mas jadi masih agak agak gimana gituh.

    ReplyDelete
  6. di webtoon pengarang komik juga selalu disapa Thor sama pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di twitter juga, penulis buku biasa menyebut dirinya dengan author.:)

      Delete
  7. baru tahu sama mas, hehe saya cek dulu ah wattpad di play store

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tahu ya, Mas? Tempenya kapan nih kapan?

      Delete
  8. menarik sekali alur ceritanya....
    tapi ada teks pada nyanyian anak2 "...meletus balon hijau thor, hatiku sangat kacau..."

    selama ini yang saya tahu ..."...meletus balon hijau dor, hatiku sangat kacau..." mas....ternyata sebenarnya thor ya.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai saja, Mas. Ngggak serius-serius banget kayak baca UUD. :)

      Delete
  9. Replies
    1. Iya, Bro, nggak apa-apa. Mungkin sudah waktunya serius nggak main-main lagi...

      Delete
  10. saya lebih suka jadi silent reader hehe :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.