Widget HTML #1

Beberapa Istilah Yang Populer di Wattpad

Sebagai salah satu pemakai Wattpad, pada kesempatan yang sangat luas ini, aku akan berbagi pengetahuan tentang istilah-istilah yang populer di sana. Tapi sebelumnya sudah pada kenal belum sama Wattpad? Kalau belum nggak perlu sedih karena aku akan jelaskan apa itu Wattpad.

Wattpad, atau ada juga yang menyebutnya Watty, adalah sebuah platform atau website berisi buku-buku karya para anggotanya dan bisa dibaca gratis secara online. Siapa pun asal memiliki email bisa mendaftar gratis menjadi anggota Wattpad. Dan kalau sudah memiliki akun, selain bisa membaca semua buku yang ada di sana, juga bisa ikut ambil bagian menerbitkan karya tulis baik fiksi maupun non fiksi. Dalam pengertian lebih sederhana, Wattpad semacam komunitas orang-orang yang gemar membaca dan hobi menulis. Lebih kurang seperti itu.


Cover Novel Wattpad
contoh buku-buku di Wattpad


Di era android saat ini, Wattpad juga hadir dalam bentuk aplikasi, yang bisa diunduh di Google Play Store. Adanya aplikasi tersebut, tentu saja semakin memperbanyak pilihan cara membaca buku-buku di Wattpad. Tidak melulu melalui PC dan laptop.

Bagi yang ingin gabung Wattpad, tidak ada salahnya mengetahui dulu beberapa istilah yang bakal kamu hadapi di sana. Atau kamu sudah gabung tapi masih gagal paham dengan beberapa istilah, mudah-mudahan artikelku kali ini bisa banyak membantu.

Inilah berbagai istilah yang populer di Wattpad:

Author

Author adalah sebutan untuk orang yang menulis buku di Wattpad dan biasanya disapa 'Thor'. Sebenarnya tidak hanya di Wattpad, di tempat lainnya seorang penulis buku memang biasa disebut author. Bahkan istilah 'thor' juga cukup populer di kalangan anak-anak, sering mereka nyanyikan, "...meletus balon hijau thor, hatiku sangat kacau..."

Readers

Jika author adalah sang penulis, maka readers adalah para pembaca. Di Wattpad, seorang author kebanyakan pasti juga merangkap sebagai reader. Tapi reader belum tentu seorang author, karena banyak juga orang daftar di Wattpad hanya sekedar untuk membaca, tidak ikut berkarya.

Silent Reader

Silent reader adalah pembaca yang pasif. Mereka diam-diam menyukai sebuah cerita, tapi hanya menikmati saja tanpa sudi memberi apresiasi entah itu vote atau sekedar komen. Silent reader masih termasuk dalam klan stalker. Tukang ngintip. Pemerhati yang tidak berani menunjukkan diri. Pembaca jenis ini paling tidak disukai oleh banyak author Wattpad. Bayangkan saja, sang penulis sudah berjuang keras merangkai kata, tapi sedikitpun tidak mendapat penghargaan. Makanya untuk meminimalisir banyaknya Silent Reader, beberapa penulis mem-private sebagian cerita hanya untuk followers-nya.

Follow

Follow jika ditranslate ke bahasa Indonesia artinya ikuti. Kamu bisa mem-follow penulis-penulis favorit kamu, supaya mendapat pemberitahuan saat sang penulis meng-update atau menerbitkan cerita baru. Nah orang-orang yang mengikuti seperti itu disebut follower.

Vote

Vote atau dukungan suara kalau di Facebook semacam Like. Jadi saat kamu membaca sebuah cerita dan kamu memang menyukai cerita tersebut, sempatkanlah memberi vote sebagai penghargaan. Atau walaupun tidak suka, tidak ada salahnya juga memberi vote biar penulisnya seneng dan semangat melanjutkan cerita. Cara memberi vote adalah dengan klik ikon bintang yang terdapat di akhir bagian cerita.

Comment

Selain nge-vote, kamu juga berhak mengomentari cerita-cerita yang kamu baca. Baik berupa saran, kritik, promo cerita kamu dan sebagainya.

Voment

Voment merupakan singkatan dari Vote dan Coment. Masing-masing penjelasannya sudah dijelaskan di atas.

Story Ranking

Di Wattpad, setiap hari buku-buku berdasarkan genre tertentu akan diberikan rank story alias peringkat. Bagus tidaknya Ranking Story sebuah cerita ditentukan oleh jumlah pembaca, vote dan komentar yang diperoleh dalam satu hari.

Casting

Layaknya sebuah sinetron, penulis di Wattpad bisa memasukkan selebritis-selebritis tertentu untuk memerankan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Bebas boleh artis dalam negeri maupun internasional. Demikian itu disebut casting alias pemain.

Genre

Istilah Genre kurang lebih artinya adalah tema atau jenis cerita. Di Wattpad sendiri ada cukup banyak Genre, antara lain Cerpen, Fantasi, Fiksi Remaja, Roman, Puisi, Humor, Acak, Petualangan, Non Fiksi dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Daftar Film yang Diangkat dari Cerita atau Novel Wattpad

Hiatus

Hiatus adalah kondisi di mana seorang author Wattpad tidak meneruskan cerita yang sedang dtulisnya dalam waktu yang lama, entah karena sibuk dan alasan lainnya. Tapi suatu saat dia akan kembali lagi. Bisa dibilang hiatus adalah istilah keren untuk author yang vakum sementara.

Mulmed

Mulmed sebenarnya hanya singkatan dari multimedia. Dalam dunia Wattpad, seorang author sering memasukkan multimedia untuk mendukung cerita yamg sedang ditulisnya, baik berupa gambar ataupun video.

Library atau Perpustakaan

Mengingat banyaknya buku yang beredar, Wattpad menyediakan fitur Library untuk memudahkan pembaca menyimpan buku-buku yang disukainya. Saat kamu membaca salah satu buku dan menyukainya, kamu bisa memasukkan buku tersebut ke dalam perpustakaan di akun kamu, sehingga memudahkan jika sewaktu-waktu ingin membaca lagi.

Cara memasukannya juga sangat gampang, cukup klik ikon tanda tambah, maka buku itu sudah berada perpustakaan kamu. Tidak perlu kartu anggota dan musti dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan kayak perpustakaan di sekolah-sekolah.

Reading List

Bukan hanya di Library, kamu juga bisa membuat daftar bacaan alias reading list dan mengumpulkan buku-buku kesukaanmu di sana. Judul-judul daftar bacaan biasanya disesuaikan dengan isi buku-buku yang ada di dalamnya. Misalnya reading list yang diberi judul 'Novel-novel Lucu Banget', berati di dalamnya berisi buku-buku komedi.

Error 1131

Arti dari Wattpad error 1131 adalah efek jika kita terlalu banyak atau terlalu sering mengirim pesan baik di wall mau DM kepada pengguna Wattpad yang lain, biasa dalam rangka mempromosikan cerita. Kalau sudah error, kita tidak mengirim pesan lagi dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, cara mengatasi agar tidak sampai terkena error 1131, berkirim pesan lah secara wajar. Jangan nyepam!

On Going

Arti On Going, yang jika dalam Wattpad bahasa Indonesia tertulis 'Sedang Berlangsung'. Maksudnya ialah cerita yang ditulis tersebut belum selesai, belum sampai pada bagian ending, masih akan bersambung ke part berikutnya. Jika author sudah menamatkan ceritanya, yang tercantum di sana adalah 'Selesai'.

Wattpad Premium

Beberapa waktu lalu sempat muncul Wattpad Premium, tentu saja maksudnya adalah akun Wattpad yang berbayar. Jadi selain yang gratisan seperti yang sudah kita nikmati selama ini, baru-baru ini pihak Wattpad juga telah meluncurkan Wattpad versi premium, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan dibanding yang gratisan.

NC

Arti Nc di Wattpad adalah semacam peringatan bahwa cerita tersebut tidak untuk dibaca oleh anak-anak. Nc merupakan kependekkan dari Not Child. Jadi anak kecil berumur di bawah 18 tahun tidak boleh mengkomsumsi cerita tersebut.

Danmei

Mungkin kamu pernah mendengar istilah Danmei di Wattpad. Arti dari Danmei sendiri adalah sebutan untuk genre fiksi yang berisi cerita hubungan romantis antara sesama laki-laki. Awalnya Danmei hanya ada dalam bahasa China karena memang genre ini berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Namun sekarang novel genre Danmei sudah muncul dalam bahasa-bahasa lainnya termasuk di Wattpad Indonesia.

Jadi Danmei Wattpad artinya adalah genre cerita di aplikasi Wattpad yang bercerita tentang hubungan asmara antara cowok dengan cowok alias boys love (BL).

Romcom

Romcom sebenarnya merupakan kependekan dari Romantic Comedy (Romcom) atau komedi romantis. Di dunia Wattpad, genre Romcom digunakan untuk mendeskripsikan karya tulis yang isinya hubungan asmara muda mudi yang lucu dan romantis.

Juthor

Di dunia Wattpad cukup sering kita mendengar istilah Juthor. Arti dari Juthor sendiri adalah Judul dan Author. Sebutan Juthor biasanya digunakan ketika reader sedang mencari rekomendasi bacaan, dia akan menanyakan apa judul novelnya dan siapa penulisnya.

TBC

Jika kalian menemukan kata TBC pada sebuah cerita di Wattpad itu artinya 'Bersambung'. TBC sendiri sebenarnya singkatan dari To Be Continue.

A/N

Secara umum A/N berarti 'atas nama', tapi dalam dunia Wattpad kata tersebut memiliki arti yang sedikit berbeda. Kata A/N (Author/Note) yang sering banget muncul di setiap chapter cerita ini, sebenarnya hanya sebagai catatan/informasi tambahan dari author untuk para pembacanya.

POV

Jika kamu pernah mendengar istilah POV di Wattpad, itu artinya adalah sudut pandang. POV sendiri merupakan singkatan dari Point Of View (sudut pandang). Dan sebenarnya bukan hanya di Wattpad saja, dalam dunia penulisan cerita pada umumnya, POV artinya memang sudut padang, yang biasa digunakan untuk menentukan dari sudut mana sebuah novel ataupun cerpen ditulis dan diceritakan. Apakah dari sudut pandang orang pertama (aku, saya, gue), sudut pandang orang kedua (kau, kamu, elu) atau sudut pandang orang ketiga (dia).

Wattpad Koin

Wattpad koin merupakan program baru dari platform berwarna jingga ini. Dengan sistem ini, akan ada cerita-cerita tertentu yang untuk membacanya kamu harus menukarnya dengan koin yang kamu miliki, dan untuk memiliki koin tersebut kamu harus membelinya pakai pulsa atau bisa juga pakai uang digital kayak GoPay, Ovo, dan lain sebagainya.

Ini tentu menjadi kabar menyenangkan bagi para author Wattpad, jika selama ini karya-karyanya hanya dibaca gratis, dengan program cerita berbayar ini author bisa mendapatkan penghasilan. Dan mungkin menjadi hal kurang menyenangkan bagi para pembaca yang lebih suka membaca gratisan, hehe. Namun untuk saat ini, mekanisme Wattpad Koin ini baru tersedia di Wattpad bahasa Inggris dan Spanyol. Untuk Wattpad negara Indonesia belum diberlakukan.



Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain di Wattpad, tapi memang yang paling populer adalah yang sudah aku bahas di atas. Kalau masih ada istilah-istilah lain yang belum dimengerti, mari kita diskusikan sama-sama di ruang komentar. Salam Bahagia.

29 komentar untuk "Beberapa Istilah Yang Populer di Wattpad"

Comment Author Avatar
Pada dasarnya tidak jauh beda ya mas dengan aplikasi lain. Kemaren waktu membaca postingan mas yang sebelumnya tentang watpad saya penasaran dan lansung saya download di store. Memang bagus, sebagai wadah menulis yang ideal. Tapi apalah daya saya masih setia dengan blogspot mas hehe
Comment Author Avatar
Kesamaannya adalah sama-sama media memposting karya, cuma kalau di Wattpad lebih banyak karya fiksi. Kira-kira begitu...
Comment Author Avatar
Aku tak punya jadi gak tau mau nanya apa. Tapi setelah ku baca artikelnya istilah Yang dipakai umum ya....

Dimana mana banyak silent reader..ckckk
Comment Author Avatar
Sebenarnya memang umum dan banyak dipakai di tempat-tempat lain. Tapi ya nggak apa-apa lah bahas ini, biar blog aku cepet banyak artikelnya. :)
Comment Author Avatar
Casting

Layaknya sebuah sinetron, penulis di Wattpad bisa memasukkan selebritis-selebritis tertentu untuk memerankan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Bebas boleh artis dalam negeri maupun internasional. Demikian itu disebut casting alias pemain.
.
Nih artisnya minta bayaran ga?
Comment Author Avatar
Dibayar sebotol mizone + sebungkus kuaci udah mau kok...
Comment Author Avatar
mas cobain wattpad diandro mas
Comment Author Avatar
Androku remek, Mas. Terjatuh gara-gara dilempar :(
Comment Author Avatar
Saya belum bikin wattpad nih mas jadi masih agak agak gimana gituh.
Comment Author Avatar
di webtoon pengarang komik juga selalu disapa Thor sama pembaca
Comment Author Avatar
Di twitter juga, penulis buku biasa menyebut dirinya dengan author.:)
Comment Author Avatar
baru tahu sama mas, hehe saya cek dulu ah wattpad di play store
Comment Author Avatar
Baru tahu ya, Mas? Tempenya kapan nih kapan?
Comment Author Avatar
menarik sekali alur ceritanya....
tapi ada teks pada nyanyian anak2 "...meletus balon hijau thor, hatiku sangat kacau..."

selama ini yang saya tahu ..."...meletus balon hijau dor, hatiku sangat kacau..." mas....ternyata sebenarnya thor ya.....?
Comment Author Avatar
Santai saja, Mas. Ngggak serius-serius banget kayak baca UUD. :)
Comment Author Avatar
jarang main wattpad sekarang hehe
Comment Author Avatar
Iya, Bro, nggak apa-apa. Mungkin sudah waktunya serius nggak main-main lagi...
Comment Author Avatar
saya lebih suka jadi silent reader hehe :D
Comment Author Avatar
tapi kalo boleh ku saran mending cba jadi readers ya, jgn silent readers soalnya aku pun yg jadi author ngerasain gk enak nya setiap author pasti pingin karya nya dikasi penghargaan walaupun berbentuk comment or vote hehe
Comment Author Avatar
Dewi ernawati 13 Juni 2018 pukul 08.12
Ka mau nanya, saya ada masalah error 1131 padahal mah ga pernah nyepam kalo promosi juga paling satu akun satu promosi, kalo udah kayak gitu nanti bisa promosi lagi ga ka? Apa ga bisa? Makasih sebelumnya...
Comment Author Avatar
"Kalau sudah error, kita tidak bisa mengirim pesan lagi dalam waktu tertentu" lebih jelasnya sampai kapan ya, kak?
Comment Author Avatar
Kak.. Emg klo aku follow kk bisa d follback kah? :)
Comment Author Avatar
Assalamualaikum kak izin promosi (:

https://my.w.tt/JcL4wrsSL5

Baca ya siapa tau suka hihi^^

Budayakan!!Follow/vote/coment
Comment Author Avatar
terima kasih, Kak. Sangat membantu
Comment Author Avatar
Pemisi, mohon maaf kak izin promotπŸ™πŸ»
Mampir ke cerita aku skuy😁
Siapa tau suka, ya kan? ❤️

Judul cerita: CHAVARO
SINOPSIS:
Menceritakan tentang perjuangan seorang gadis berparas cantik yang berusaha meluluhkan hati seorang kakak kelasnya yang berhati dingin, sadis dan tak tersentuh.

"Sejauh apapun kamu lari, kalo aku jodoh kamu, kamu pasti akan kembali."
~Echa Caroline~

"Gue cuma mau bilang, berjuang sendirian itu memalukan."
~Alvaro Aksa~

Akankah cinta dan perjuangan Echa terbalas?!
Ataukah Echa memilih untuk pergi dan mengalah?

Kalian bisa klik link dibawah
πŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»
https://my.w.tt/Eb3EZ3MDV6
https://my.w.tt/Eb3EZ3MDV6
https://my.w.tt/Eb3EZ3MDV6
πŸ‘†πŸ»πŸ‘†πŸ»πŸ‘†πŸ»

Atau kalian bisa cari di akun wp aku @fitnrlat

Skuylah bacaπŸ™ŒπŸ»
Happy reading guys❤️
Daripada gabut atau kuker karena saat ini sedang di rumah aja. Mending baca wattpad aja buat nemenin kegabutan kalian.

Stay safe, stay healthy, stay at home ya guys
Terimakasih πŸ™πŸ»

Comment Author Avatar
Hai kak

Izin promot ya

Mampir yuk keceritaku,siapa tau suka
https://my.w.tt/kLzaP24ov7

Follow me,follback?bilang aja
Feedback?oke jugaπŸ‘Œ
Comment Author Avatar
Maaf sebelumnya, tapi dari pengalaman dan setau saya, promosi cerita di cerita orang itu kurang sopan. Jadi lebih baik promosi lewat wall (itupun sebagian masih ada yang keberatan) atau bisa lewat dm langsung. Kalo promo di baris komen cerita orang, kesannya kaya menunjukan ceritanya si promotor ini lebih bagus dari pada cerita itu. Cmiiw
Comment Author Avatar
Hai,
Berkenan mampir ke ceritaku(Fantasy-Werewolf) dan memberikan sedikit coretan? Bila ada waktu silahkan mampir❤️

Regards,
Moonstrerax


Blurb:
Cerita ini memuat kehidupan manusia serigala yang diombang-ambing oleh takdirnya. Kamu akan menemukan sedikit humor, action, serta percikan mystery yang membumbui tiap chapternya. Tidak seperti cerita werewolf pada umumnya yang selesai bila sudah menemukan matenya, ia malah dihadapkan dengan masalah-masalah yang tak terduga dan mulai meragukan ikatan dari sepasang mate, hal apa yang memengaruhinya?

Athanasia- berasal dari bahasa yunani yang artinya abadi- shewolf tangguh yang sangat dimanjakan oleh takdir menyenangkan. Adanya undangan ke suatu pesta membuatnya sebuah pertemuan dengan pasangan hidup sejatinya. Bukannya malah senang dan berakhir happy ending, Ia malah berhadapan dengan potongan-potongan rahasia yang akan mengungkap jalan takdirnya yang sebenarnya. Siapakah jati dirinya yang sebenarnya?

Enjoy the adventure and solve the mastermind behind each sentence, have fun.

https://www.wattpad.com/story/238001437

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.