Cara Daftar Akun BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKU 2019

Cara terbaru membuat atau registrasi akun BPJSTK di aplikasi BPJSTKu tahun 2019. Sengaja diberi topik khusus pendaftaran via aplikasi, karena sebenarnya untuk mendaftar akun Jamsostek juga bisa dilaksanakan di website BPJS Ketenagakerjaan (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/) pada layanan BPJSTKU personal services. Tetapi mengingat hari gini kebanyakan orang sudah memiliki gadget smartphone yang bisa dipasangi bermacam-macam aplikasi, informasi mengenai bagaimana cara buat akun BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi tentunya juga banyak dibutuhkan netizen.

Untuk diketahui, menjadi peserta program-program perlindungan pekerja yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) wajib hukumnya bagi seluruh pekerja Indonesia, baik yang bekerja di tanah air maupun yang sedang merantau ke mancanegara menjadi PMI (Pekerja Migran Indonesia) alias TKI. Bahkan warga negara asing yang telah bekerja di wilayah Indonesia minimal enam bulan, juga wajib ikut BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menjadi anggota BPJSTK atau dulunya dikenal dengan nama Jamsostek ini, pekerja akan mendapat asuransi atau perlindungan sosial. Baik ketika masih bekerja lewat program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian). Maupun ketika sudah tidak bekerja melalui program JHT (Jaminan Hari Tua) dan JP (Jaminan Pensiun).

Cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU tahun 2019

Nah, bagi kamu-kamu yang udah terdaftar menjadi peserta tapi belum punya akun BPJSTK, itu rasanya asli kurang lengkap banget, bro! Bagai sayur kurang banyak. Pasalnya akun BPJS Ketenagakerjaan itu sangat berguna untuk bermacam-macam kepentingan terkait kepesertaan. Buat mengurus pencairan tabungan JHT secara on-line wajib memiliki akun pribadi. Mau menggunakan aplikasi BPJSTKU juga musti mempunyai akun terlebih dahulu.


Khusus mengenai BPJSTKU Apk, aplikasi ini sangat direkomendasikan buat kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan, apalagi kalau dalam kesehariannya menggunakan smart phone. Manfaatnya banyak sekali. Jadi kalau bisa jangan sampai smartphone kamu cuma dipenuhi aplikasi-aplikasi hiburan dan sosial media. Aplikasi informatif kayak BPJSTKu juga perlu diberikan tempat.

Pengen tahu apa saja manfaat dan keuntungan yang bisa kamu peroleh di aplikasi BPJSTKu? Berikut ini beberapa di antaranya:
  • Untuk mengecek berapa jumlah saldo tabungan JHT kamu secara online.
  • Mengetahui alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat lengkap dengan Google map sehingga semakin mempermudah pencarian lokasi.
  • Ada fitur kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan yang fungsi serta kedudukannya setara dengan kartu versi fisik.
  • Informasi seluruh program BPJS Ketenagakerjaan. Biar kamu melek nih, bahwa program BPJS TK gak cuma JHT, melainkan juga ada program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), dan JP (Jaminan Pensiun). Nah di BPJSTKu Apk, semua program tersebut ada rincian penjelasannya.
  • Buat ngecek informasi status kepesertaan kamu. Apakah masih aktif atau sudah non aktif.
  • Email dan PIN atau password akun yang dibuat di BPJSTKU Apk juga bisa dipakai buat log-in ke layanan personal service di website BPJS Ketenagakerjaan melalui browser, baik itu browser komputer/laptop maupun di smartphone. Ini penting banget buat kalian yang ingin mengajukan mencairkan dana JHT secara online pada E-klaim JHT.
  • Dapat info ketika ada Diskon Khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari hotel, restoran, tempat hiburan dan pusat perbelanjaan tertentu yang bekerjasama dengan BPJS TK. Pada demen diskonan kan? Makanya segera instal aplikasi BPJSTKU dan buat akunnya.
  • Ada berita-berita terbaru dan berbagai kegiatan seputar BPJS ketenagakerjaan dari seluruh Indonesia. 
  • Terdapat menu E-klaim JHT buat peserta yang berniat mengurus pencairan uang JHT secara online. Tapi sayangnya, hingga artikel ini ditulis menu tersebut belum bisa digunakan.
  • Dan berbagai manfaat lainnya yang nanti bisa kamu coba dan rasakan sendiri setelah kamu menjadi user aplikasi kece ini.

Segitu banyaknya manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi BPJSTKU, jelas kebangetan banget jika kamu tidak termotivasi untuk memilikinya. Di tambah lagi cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU yang tergolong sangat gampang dan gak butuh waktu lama, seharusnya nggak ada alasan lagi buat kamu untuk males bikin akun.

Baiklah, sekarang langsung ke pembahasan utama yaitu ccara registrasi akun BPJS Ketenagakerjaan di BPJSTKU Apk. Sebagai langkah awal, persiapan dulu hal-hal yang diperlukan untuk registrasi. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  1. KTP elektronik untuk diambil data-data kependudukannya.
  2. Kartu BPJS TK/Jamsostek untuk diambil nomor kepesertaannya.
  3. Email aktif.
  4. Nomor henpon yang masih aktif.
  5. Segelas kopi biar lebih rileks saat mengisi pendaftaran hehe.


Kalau sudah dipersiapkan semuanya, selanjutnya bisa langsung ke proses pembuatan aku. Langkah-langkah registrasi akun BPJSTK TK melalui aplikasi BPJSTKU adalah sebagai berikut:

1. Instal aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore jika ponsel kamu berbasis Android. Kalau kamu pengguna iPhone/iOs, aplikasinya bisa diunduh di App Store. HP monophonic tidak bisa.

2. Setelah aplikasi BPJSTKU sukses terpasang di smartphone kamu, langsung saja buka aplikasinya.

3. Klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU, yang bergambar warna hijau dan ada tulisan angka 4.

4. Atau boleh juga melewati tahap nomer dua di atas, dengan langsung Klik LOGIN, lalu pilih Buat Akun Baru.

5. Submit alamat Email kamu kemudian klik SELANJUTNYA.

6. Periksa inbox e-mail kamu. Akan ada kiriman kode verifikasi berupa angka-angka sebanyak enam digit.

7. Kembali ke aplikasi, lalu masukkan kode verifikasi yang diterima di email tadi. Setelah itu klik VERIFIKASI.

8. Pada halaman Pilih Kepesertaan, karena status kamu karyawan perusahaan, pilih PU (Penerima Upah).

9. Tulis nama lengkap kamu sesuai KTP, dan klik SELANJUTNYA.

10. Submit tanggal bulan dan tahun lahir sesuai e-ktp, lalu klik SELANJUTNYA.

11. Masukkam NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP. Kemudian klik SELANJUTNYA.

12. Masukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau BPJS Ketenagakerjaan. Lalu tekan SELANJUTNYA.

13. Masukkan no hape kamu yang masih aktif. Klik SELANJUTNYA.

14. Cek SMS masuk kiriman dari BPJS Ketenagakerjaan berisi sebuah kode verifikasi.

15. Balik lagi ke aplikasi, terus masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS tadi. Klik VERIFIKASI.

16. Terakhir buat kata sandi atau password minimal 8 karakter.

Kalau bisa sampai pada tahap berhasil membuat kata sandi, berarti proses pendaftaran akun telah rampung. Kamu sudah resmi memiliki akun pribadi di BPJS Ketenagakerjaan. Selamat ya. Akun tersebut bisa digunakan untuk log-in ke aplikasi BPJSTKu dan memanfaatkan berbagai fitur menarik dan informatif yang tersedia di dalamnya. Juga bisa dipakai buat masuk ke layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan pas kamu mau klaim uang JHT secara online ataupun hal-hal lainnya terkait kepesertaan.

Namun jika proses pendaftaran akun BPJSTK kamu tidak berhasil, dengan notifikasi bahwa data-data kamu tidak ditemukan, itu kemungkinan ada data kependudukan kamu yang nggak cocok dengan data kepesertaan. So, silahkan diperbaiki dulu data-data yang nggak singkron tersebut ke pihak-pihak yang terkait.

Atau bisa juga penyebab gagalnya registrasi akun BPJS Ketenagakerjaan adalah akibat email, data-data kependudukan/NIK sudah terdaftar. Peringatan ini bisa muncul jika sebenarnya kamu udah pernah membuat akun, tetapi sudah tidak bisa mengakses e-mail yang digunakan untuk pendaftaran, sehingga tidak bisa digunain untuk pemulihan kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu bisa karena sebelumnya kamu sudah pernah menjadi peserta Jamsostek, tapi uang JHT-nya sudah diambil. Dan sekarang ketika kamu sudah bekerja lagi, lalu kembali menjadi peserta baru BPJS Ketenagakerjaan, tidak dapat mendaftar akun BPJS TK dikarenakan data-data kepesertaan di akun yang lama masih tersimpan.


Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, kamu bisa menghubungi call center atau Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan, untuk meminta penghapusan atau reset akun lama kamu. Nanti setelah akun lawas kamu berhasil direset, baru deh kamu bisa bikin akun BPJSTK lagi.

Seperti itulah tutorial membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tahun 2019. Satu hal lagi, nama email berikut kata sandi email yang kalian pakai untuk registrasi akun tersebut, tolong diingat baik-baik seperti mengingat kenangan indah bersama mantan. Jangan sampai lupa bahkan kalau perlu dicatat di buku diari. Pasalnya kalau sampai nggak bisa lagi mengakses email tersebut, bakalan sulit ntar seandainya mengalami lupa kata sandi akun. Mau login gak bisa, mau buat akun baru juga nggak langsung bisa. Musti reset akun lama terlebih dulu. Dan untuk saat ini prosedur reset akun itu lumayan merepotkan, harus menghubungi pihak BPJS ketenagakerjaan, belum lagi proses peresetannya yang bisa memakan waktu hingga berhari-hari.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.