Apa Saja Bidang Pekerjaan Untuk TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Korea Selatan? Ini Dia Rinciannya

Apa aja jenis atau sektor pekerjaan di Korea Selatan yang bisa dilamar oleh PMI (Pekerja Migran Indonesia)? Bagi kamu yang memiliki keinginan merantau ke Korea jadi TKI atau yang sekarang disebut PMI, pasti pernah muncul pertanyaan demikian walaupun cuma mungkin sekedar di hati. Apakah kerjanya jadi sopir seperti TKI yang di Arab Saudi? Apa jadi pembantu rumah tangga kayak TKW di Hongkong? Apa bekerja di perkebunan kelapa sawit dan karet kayak pekerja Indonesia di Malaysia? Apa kerja kantoran? Jaga toko? Kang ojek?

Untuk diketahui, penempatan TKI ke Korea Selatan yang dikelola BNP2TKI bekerjasama dengan HRD Korea lewat program G to G (Government to Government), setidaknya sampai saat ini tidak ada untuk dijadikan asisten rumah tangga, sopir, merawat orang jompo, apalagi di bekerja di perkebunan sawit atau karet. Pekerjaan untuk TKI di Korea hanya pada sektor tertentu saja, yang mana telah ditetapkan dan disepakati oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Korea Selatan.

Nah kalau kamu penasaran ingin tahu apa aja pekerjaan untuk para Pekerja Migran Indonesia di Korsel, lewat artikel ini saya akan berikan informasinya.



Berdasarkan dari apa yang disampaikan oleh BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) melalui sosial media resminya beberapa waktu lalu, bidang-bidang pekerjaan yang potensial untuk diisi oleh tenaga kerja Indonesia ialah:

1. Sektor Manufaktur


Sektor ini termasuk potensial karena membutuhkan banyak tenaga kerja. Dan memang, TKI yang sedang berada di Korea saat ini kebanyakan memang bekerja di sektor ini, namun tentunya pada industri atau pabrik yang berbeda-beda.

Berikut ini beberapa industri yang bisa dijajal oleh para PMI yang ingin bekerja ke Korea Selatan.

  • Otomotif
  • Elektronik.
  • Furniture
  • Tekstil.

2. Sekror Kontruksi


Seperti di Indonesia, perusahaan-perusahaan di Korea Selatan juga banyak yang bergerak di sektor konstruksi alias kerja bangunan.

Foto pria tampan dan ganteng rela bekerja sebagai buruh bangunan

Selain membangun rumah dan gedung, ada banyak hal lain yang dikerjakan oleh PMI ketika bekerja di sektor konstruksi. Seperti:

  • Pembuatan jalan dan jembatan.
  • Pembangunan fasilitas umum dan khusus.
  • Pembangunan fasilitas kelistrikan dan komunikasi.
  • Perusahaan penyewaan alat untuk pembangunan konstruksi.

3. Sektor Pertanian


Bekerja di sektor ini juga bisa menjadi pilihan bagi para PMI yang ingin bekerja ke Korea Selatan. Beberapa pekerjaan yang ditawarkan di sektor ini untuk para PMI yang ingin bekerja ke Korea Selatan adalah:

  • Memanen buah dan sayur.
  • Penanaman dan perawatan hasil tani.
  • Pengolahan hasil panen.

4. Sektor Jasa


Sektor ini merupakan bidang pelayanan. Ada beberapa bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh para PMI yang ingin bekerja ke Korea Selatan di bidang ini, yaitu:

  • Reparasi alat rumah tangga.
  • Penyewaan jasa gedung.
  • Pelayanan pariwisata.
  • Pelayanan hotel.

5. Sektor Perikanan


Pada sektor perikanan atau fishing ini, tak hanya penangkapan ikan di laut, perusahaan pengolahan ikan juga termasuk. Berikut beberapa pekerjaan yang ditawarkan di sektor ini untuk para PMI yang ingin bekerja ke Korea Selatan:

  • Tambak perikanan.
  • Penangkapan ikan di laut.
  • Budidaya dan pengolahan hasil laut.

Itu saja daftar beberapa sektor pekerjaan untuk tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan. Jadi kalau kamu merantau ke Korea ingin bekerja sebagai supir, pembantu rumah tangga, kerja kantoran, perias artis, perawat orang jompo dan sebagainya, sampai saat ini negara Korea belum membutuhkannya. Cuma bidang pekerjaan yang telah disebutkan di atas tadi.

Dan itu pun, dari semua lowongan tersebut di atas, yang paling sering dibuka hanyalah untuk sektor manufaktur dan perikanan saja. Selebihnya sangat jarang.

Nah jika kamu tertarik menjadi pahlawan devisa ke Korea Selatan pada sektor-sektor pekerjaan yang telah disebutkan tadi, kamu bisa mendaftar ketika ada pengumuman pendaftaran ujian EPS-TOPIK (bahasa Korea) untuk penempatan PMI ke Korea, sesuai bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

Pasalnya setiap kali ada pengumuman pendaftaran, biasanya hanya untuk satu sektor saja. Misalnya, kamu pinginnya bekerja di bidang perikanan, tapi ternyata pengumuman yang muncul adalah pendaftaran untuk sektor industri atau manufaktur. Tentunya kamu jadi tidak ingin mendaftar dan terpaksa harus menanti pengumuman selanjutnya.


Pengumuman pendaftaran CTKI ke Korea tersebut bisa kamu dapatkan di website BNP2TKI. Jadi kamu harus rajin-rajin cek situs BNP2TKI. Karena di website tersebut juga, berbagai informasi tentang penempatan CTKI ke Korea bisa kamu dapatkan, termasuk setiap kali ada pendaftaran penerimaan TKI.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.