Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

27 Aplikasi Baca Buku Digital atau Novel Online Selain Wattpad

Kali ini aku akan share daftar aplikasi smartphone untuk membaca cerita fiksi bersambung atau novel secara online selain Wattpad. Karena tidak bisa dipungkiri, Wattpad menjadi aplikasi baca buku digital paling populer di Indonesia terutama di kalangan remaja. Cerita-cerita yang bisa dibaca gratis, mudahnya cara menggunakan, tampilannya yang menarik, serta banyaknya jebolan Wattpad yang bukunya sukses best seller bahkan sampai difilmkan, membuat aplikasi ini sulit dikalahkan pesaing-pesaingnya. Selain itu, platform dengan dominasi warna jingga ini memang sudah lebih lama beredar dunia maya sejak tahun 2006. Jadi kayaknya lebih berpengalaman.

Aplikasi Baca Buku Digital atau Novel Online


Padahal ada banyak aplikasi ataupun situs penyedia bacaan cerita fiksi lainnya, yang nggak kalah bagus dengan Wattpad dan siap memenuhi nafsu membaca kamu. Tentunya, dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang untuk membacanya gratis, ada yang premium, ada yang harus beli, ada yang harus membayar dengan koin, ada yang sistemnya meminjam layaknya di perpustakaan, ada yang ceritanya bahasa Inggris semua.

Ada yang tampilannya sangat bagus, ada juga yang sangat sederhana dan bahkan biasa saja. Ada yang aplikasinya masih suka error, dan lain sebagainya. Balik lagi kepada kamu sebagai user, mau pilih aplikasi yang mana yang mau dipasang di smartphone untuk menyalurkan hobi baca kamu dengan cara yang kekinian.

Aku sendiri pernah mencoba beberapa aplikasi baca buku daring, meskipun tidak ada yang bertahan lama. Soalnya rata-rata isinya bukan jenis bacaan yang aku sukai. Bukan tidak bagus lho ya. Bagus, cuma ya, cerita-cerita di dalamnya bukan seleraku saja. Pernah sih menemukan aplikasi yang di dalamnya ada koleksi buku-buku genre kesukaanku, tapi ketika mau dipinjam seringkali stoknya kosong. Begitu stoknya ada, keduluan sama user lain karena rebutan saking banyaknya antrian.

Atau ketika berhasil pinjam, akibat berbagai kesibukan tidak sempat kebaca sampai batas waktu peminjamannya habis. Jadi daripada menuh-menuhin memori handphone, akhirnya aplikasinya aku copot. Karena aslinya aku lebih suka baca buku fisik, daripada baca buku digital atau e-book.

Tapi di era serba digital seperti saat ini, memang banyak hal yang sudah dipermudah berkat hadirnya aplikasi-aplikasi yang bisa dipasang telepon pintar. Termasuk dalam hal membaca buku. Cukup dengan mengunduh aplikasinya via Google Play buat pengguna Android, atau AppStore untuk pengguna iPhone, ditambah dengan data internet secukupnya, sudah bisa membaca untuk buku-buku yang gratis sepuasnya. Atau untuk yang berbayar, bisa dibeli online dengan pulsa ataupun uang digital kayak OVO, Go-Pay ataupun koin. Sudah bisa membaca buku dalam genggaman.

Dan berikut aplikasi-aplikasi penyedia bacaan-bacaan digital.

  1. Google Play Book
  2. Gramedia Digital
  3. Dreame
  4. Cabaca
  5. Storial.co
  6. Amazon Kindle
  7. Inkitt
  8. Kobo Books
  9. Free Books
  10. Joylada
  11. Kwikku
  12. NovelToon
  13. NovelPlus
  14. NovelMe
  15. Novelaku
  16. Webnovel
  17. Ridmi
  18. KBM App
  19. ibuk
  20. E Novel Indonesia
  21. Novel Romantis
  22. La Novel
  23. HiRead
  24. Hottest Love Novel
  25. FunRead
  26. WeRead
  27. iPusnas

iPusnas Apk merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis nasional, hasil kerjasama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dengan Aksamaraya sebagai pengembang aplikasi. Selain tingkat nasional, ada juga aplikasi perpustakaan online yang dikelola oleh pemerintah daerah. Misalnya iJakarta, iJogja, iPustakaAceh, iSalatiga, iKaltim, iBalikpapan, iKalsel, iJateng, iMaluku, iKebumen, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi di atas tidak hanya menyediakan bacaan cerita fiksi, tapi ada juga buku-buku non-fiksi. Dan pastinya, membaca buku digital via aplikasi-aplikasi tersebut tidak melanggar hak cipta alias legal. Karena tidak ada yang dirugikan dalam aplikasi tersebut.

Misalnya ketika membaca buku di Gramedia Digital atau Google Play Book, user harus membeli dulu bukunya atau berlangganan premium. Dengan demikian, baik penulis buku maupun penerbit masih akan mendapat royalti. Atau membaca via iPusnas. Meski di sana pengguna bisa membaca gratis tanpa perlu bayar sepeserpun, pihak iPusnas sudah mendapatkan hak untuk menayangkan buku-buku tertentu di dalam aplikasi.

Beda ceritanya kalau kamu mengunduh novel atau buku pdf di sebuah situs, atau beli file pdf bukan dari penjual resmi, atau barter dengan sesama kolektor buku pdf, lalu dibaca menggunakan aplikasi pdf reader, itu adalah perbuatan tercela dan pasti melanggar hak cipta. Bukan PDF Reader Apk-nya yang salah, tapi cara mendapatkan file Pdf tersebut yang tidak dibenarkan.

Membaca karya-karya tulis di aplikasi kayak Wattpad, Webnovel, Kwiku, dan sebagainya juga legal. Karena yang dibaca juga karya-karya sesama pengguna, yang pastinya mereka justru gembira jika cerita banyak yang baca. Ini juga legal asalkan yang ditulis adalah karya sendiri. Karena terkadang ada juga tulisan di Wattpad yang hasil jiplakan bahkan copas dari karya orang lain. Termasuk ada salah satu tulisan saya di blog ini yang dicopy dan diterbitkan ulang di Wattpad tanpa mencantumkan sumber apalagi minta izin. Udah gitu viewersnya banyakan postingan dia yang hasil copy paste, ketimbang postinganku sebagai penulis aslinya. Kampret memang oknum Wattpader kayak gini!

Kiranya sampai disini saja postinganku kali ini. Semoga menambah bisa sedikit menambah wawasan tentang aplikasi-aplikasi baca novel online. Tentunya, dengan semakin banyaknya aplikasi buku digital, semakin banyak alternatif bagi readers untuk mencari aplikasi yang terbaik. Dan mungkin selain yang sudah aku tulis list-nya di atas, masih ada lagi aplikasi-aplikasi penyedia bacaan digital lainnya yang aku belum tahu. Jika teman-teman mengetahuinya, boleh share di kolom komentar. Dan jika berkenan, tolong bagikan artikel ini dengan cara klik tombol Facebook, Twitter atau WhatsApp yang ada di bawah.


Oh, iya. Ada satu aplikasi namanya Goodreads. Banyak yang mengira Goodreads Apk ini sebagai aplikasi baca novel gratis kayak Wattpad, Cabaca, Dreame dan sebagainya. Padahal bukan. Goodreads ini semacam aplikasi untuk para pembaca buku. Di sana pembaca bisa memberikan rating dan review untuk buku-buku yang sudah dibacanya. Aplikasi ini sangat penting baik bagi penulis maupun pembaca.

Bagi pembaca, dengan melihat rating dan review sebuah judul buku, bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli buku tersebut. Aku termasuk yang sering cek penilain di Goodreads dulu sebelum beli bukunya terutama kalau karangan dari penulis baru. Kalau banyak yang memberi testimoni bagus, aku lanjut beli. Sebaliknya kalau banyak dapat review jelek, aku tidak jadi membeli. Kecuali untuk pengarang-pengarang favorit, yang aku sudah tidak meragukan lagi kualitas tulisannya, biasanya aku akan langsung beli tanpa melihat respon pengguna Goodreads terlebih dahulu.

Sementara bagi para author, review-review pembaca di Goodreads juga bermanfaat untuk meningkatkan mutu tulisannya. Pasalnya, review-review yang dicurahkan di Goodreads itu kebanyakan penilain jujur. Kalau puas dengan buku yang dibelinya, pembaca akan memberikan pujian tulus. Tapi kalau kecewa, mereka tidak akan segan-segan menuliskan kritik super pedas!

Posting Komentar untuk "27 Aplikasi Baca Buku Digital atau Novel Online Selain Wattpad"

Berlangganan via Email